20 Tips Untuk Mahasiswa Tingkat Pertama Di Universitas

1. Hadirilah Semua Program Orientasi

Meskipun anda telah menghadiri program yang mirip bernama GO. Semakin anda familiar dengan kampus, orang-orangnya dan acara-acaranya, maka anda akan semakin siap jika anda memiliki masalah. Dan jika anda harus bertanya pada orang lain untuk arah ke gedung apa saja, ingatkan diri anda, bahwa anda akan terbiasa dengan hal-hal ini.
 

2. Kenalilah Teman Sekamar Dan Teman Lainnya Di Tempat Anda Tinggal

Merekalah yang akan menjadi orang yang menyadari jika anda hilang dan mereka jugalah orang pertama yang dapat membantu anda, di jam 2 pagi sekalipun.
 

3. Carilah Tempat Ideal Untuk Belajar

Mencari lingkungan yang sesuai untuk belajar merupakan hal penting untuk dapat belajar dengan baik. Beberapa orang membutuhkan suara latarbelakang sedangkan beberapa orang lainnya membutuhkan ketenangan. Mencari tempat yang sesuai akan meningkatkan motivasi dan ketertarikan anda. Ingatlah, salah satu alasan penting anda kuliah adalah untuk belajar.
 

4. Masuk Kelas

Sangat menggoda untuk bolos kelas-kelas di pagi hari. Akan tetapi pergi ke kelas sangatlah penting karena ini tidak hanya berkaitan dengan apa yang anda pelajari untuk tes atau perubahan batas waktu tugas, akan tetapi anda juga akan memperlajari hal-hal yang tidak perlu anda pelajari sendiri.
 

5. Persiapkan Kalender Untuk Mengatur Semuanya

Sediakan kaleder di kamar anda dengan semua acara-acara penting, batas waktu dan kelas. Ini akan membantu anda agar tepat waktu untuk semua kegiatan dan membantu anda merencanakan waktu anda lebih efisien.

(Source:studentaffairs.stonybrook.edu)
 

6. Temukan Keseimbangan – Tetap Menikmati Hidup

Kampus merupakan tempat untuk belajar, akan tetapi juga tempat untuk menemukan jati diri, ketertarikan anda dan juga membentuk kenangan sepanjang hidup. Jangan batasi diri anda dengan berada di kamar anda setiap malam untuk belajar. Keluar, bentuk pertemanan baru, coba sesuatu yang baru. Di waktu yang bersamaan, jangan pernah kehilangan tujuan anda dan membuang semua waktu anda.
 

7. Berpartisipasi

Bergabunglah dengan klub, proyek pelayanan komunitas dan olah raga. Ini penting untuk dilakukan daripada pergi ke kelas. Anda akan bertemu teman baru dan mempelajari hal baru. Akan tetapi ingatlah untuk tidak berlebihan.
 

8. Gunakan Fasilitas Dan Pelayanan Kampus

Sebagian besar kampus memiliki pendukung teknologi, pengajar, tempat belajar, pusat kesehatan dan banyak lagi yang gratis. Gunakan mereka sebagai manfaat untuk menghemat waktu dan biaya anda.
 

9. Tetap Sehat, Makan Teratur

Pilihlah pilihan sehat dan makanlah secara teratur.
 

10. Berhemat

Rencanakan budget dan taati. Jika tidak, anda akan kekurangan uang setelah melewati minggu pertama. Cari cara untuk membuat uang anda bertahan sampai akhir. Ini merupakan lathan sepanjang hidup anda. Belajarlah mengatur uang anda secara efisien. Ini akan membuat anda stress ketika anda mendapatkan dan menghabiskan uang anda dengan cepat.
 

11. Tidur

Kekurangan tidur tidak hanya membuat kantung mata anda bengkak, mereka juga dapat menyakiti kesehatan anda dan membuat anda lebih rentan terkena banyak penyakit contohnya penyakit jantung. Istirahatlah yang cukup. Hal ini merupakan mitos yang mengatakan bahwa anda hanya bisa mendapatkan nilai bagus atau tidur yang cukup.

(Source:ctvnews.ca)
 

12. Jangan Terlalu Fokus Pada Nilai A - Pelajarilah Sesuatu Atau Menghabiskan Waktu

Jangan memberi banyak beban terhadap diri anda, akan tetapi cobalah untuk menghadiri kelas-kelas yang sulit. Tantang diri anda, ini akan membantu anda belajar lebih banyak dan menjadi dewasa sebagai mahasiswa dan seseorang. Sekarang merupakan waktu yang tepat di kehidupan anda untuk mempelajari hal baru dan mencoba.
 

13. Buatlah Catatan Dan Berpartisipadi Di Kelas

Bertanyalah dan catat semua informasi penting. Ini tidak hanya akan membantu anda untuk memahami topik tersebut lebih baik, akan tetapi anda akan mempertahankan lebih banyak informasi.
 

14. Lakukan Sekarang, Jangan Tunggu

Jangan berpikir bahwa anda tidak dapat melakukannya sekarang karena anda adalah orang baru atau anda memiliki banyak waktu. Seiring berjalannya waktu, anda akan bertambah sibuk. Tidak ada waktu seperti sekarang.
 

15. Selalu Simpan File Cadangan Anda

Kehilangan 15 halaman esai anda yang berhubungan dengan 20% nilai anda satu hari sebelum dikumpulkan merupakan hal yang paling buruk. Anda tidak akan pernah tahu kapan komputer anda akan menyusahkan anda, selalu simpan cadangan file anda di beberapa tempat.
 

16. Kenalilah Professor Anda

Mereka tidak berada disana hanya untuk mengajari anda selama satu jam satu minggu. Mereka merupakan koneksi yang sangat baik untuk masa depan nanti. Mereka telah berada di area∕jurusan tersebut lebih lama daripada anda. Mereka juga merupakan kesempatan bagus untuk membuat rekomendasi kokoh ketika anda mendaftarkan diri untuk pekerjaan atau lanjut sekolah.
 

17. Jangan Taruh Jam Weker Anda di dekat Anda

Kampus dan pagi-pagi subuh merupakan satu paket. Jika tombol snooze berada dalam jangkauan yang dekat, anda tidak akan bangun tepat waktu. Paksa diri anda berjalan untuk mematikan alarm anda, dengan begitu anda akan terbangun.
 

18. Belajar

Kampus merupakan tempat untuk belajar. Jangan lupa kenapa anda telah mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan sedukasi. Tetap ikuti kelas dan tugas anda.
 

19. Bersiaplah Untuk Merasakan Perasaan Berlebihan

Kampus merupakan tempat yang memiliki tekanan besar dan anda harus mengatur kehidupan dan melakukan semuanya sendirian untuk pertama kali. Semua hal tidak semudah yang anda bayangkan, akan tetapi itu bukan berarti anda melakukan hal yang salah.
 

20. Bernafas

Ini merupakan hal yang paling penting diantara tips lainnya. Ini merupakan kehidupan anda selama empat tahun yang akan anda ingat selamanya. Jangan biarkan mereka mengelilingi dan membuat anda merasa tertekan. Ambil waktu senggang dan pulang ke rumah, atau pergi jalan-jalan dengan teman-teman anda. Buatlah kenangan. Tetap tenang. Habiskan waktu untuk mencari diri anda sendiri.

(Source:big.assets.huffingtonpost.com)
Diposting pada 09 Okt 2017
Tips & saran

Bagikan ini