Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi Massa di Australia

Suka menyampaikan informasi lewat sosial media atau blog pribadi?
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Dengan perkembangan media, internet dan juga teknologi, penyampaian informasi yang akurat untuk berbagai kepentingan semakin dibutuhkan. Tak heran jika lulusan komunikasi massa maupun jurnalisme semakin banyak dicari saat ini.

Mulai dari untuk kepentingan berbagai media hingga menjadi ‘wajah’ perusahaan untuk menghadapi berbagai kepentingan stakeholder, lulusan komunikasi massa / jurnalisme biasanya memiliki kompetensi public speaking yang baik, mampu menganalisis dan menyimpulkan berbagai input ke dalam informasi yang baik.

kemampuan berpresentasi sangatlah penting di jurusan komunikasi
Sumber: Pexels

Lulusan komunikasi massa / jurnalisme mampu bekerja di berbagai industri yang berbeda, tak mesti media. Hal ini menjadi salah satu daya tarik jurusan ini di mata pelajar yang masih memilih mau mengambil jurusan saat kuliah nantinya.

Jika sudah mantap memilih ingin kuliah di jurusan komunikasi massa / jurnalisme, memilih kuliah ke luar negeri merupakan pilihan tepat jika Anda memiliki rencana untuk berkarir secara global.

Kuliah komunikasi massa / jurnalisme di Australia bisa jadi pilihan terbaik jika Anda sedang mempertimbangkan ingin kuliah di negara mana. Negara yang letaknya dekat dengan Indonesia ini memiliki banyak universitas kelas dunia yang menawarkan perkuliahan di bidang komunikasi massa dan juga jurnalisme.

Australia juga dikenal ramah terhadap mahasiswa asing yang membuat banyak pelajar Indonesia memilih kuliah di negara ini, baik untuk jenjang S1 hingga S3.

Mengapa Pilih Kuliah Komunikasi Massa / Jurnalisme di Australia?

penampakkan kota sydney di malam hari
Sumber: Pexels

Ada banyak alasan yang bisa mendasari mengapa banyak pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di Australia dan mengambil jurusan komunikasi massa / jurnalisme.

Berikut 5 alasan yang seringkali diutarakan dan jadi pertimbangan mengapa memilih kuliah di Australia.

1. Sistem Pendidikan

Australia dikenal sebagai salah satu negara di dunia dengan sistem pendidikan terbaik yang terstruktur. Mahasiswa asing pun dijamin mendapatkan pengalaman belajar yang komprehensif sesuai dengan jurusan yang dipilih.

Selain itu, Australia juga memiliki banyak universitas terbaik yang menawarkan jurusan komunikasi massa / jurnalisme yang bisa Anda pilih.

2. Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Tidak bisa dipungkiri jika penguasaan Bahasa Inggris level profesional akan sangat bermanfaat ketika mencari pekerjaan. Hampir semua pekerjaan mencantumkan persyaratan bisa berbahasa Inggris.

Dengan kuliah di Australia yang sudah pasti kelas akan dibawakan dalam bahasa Inggris tentu akan membuat kemampuan bahasa Anda ke level fasih.

Tak hanya berguna untuk beraktivitas sehari-hari, mampu berbahasa Inggris dengan baik didukung kompetensi diri yang mumpuni akan membuat Anda mendapatkan pekerjaan yang baik nantinya, baik di Indonesia maupun luar negeri.

3. Karir Global

Dengan kemampuan yang mumpuni di bidang komunikasi dan jurnalisme, bukan tidak mungkin Anda bisa bekerja di perusahaan yang ada di Australia maupun negara lain. Ijazah universitas-universitas di Australia telah diakui di dunia, sehingga tidak ada batasan jika ingin melamar kerja di mana saja sesuai kompetensi yang dimiliki.

4. Dekat dengan Indonesia

Letak Australia yang tak begitu jauh dari wilayah Indonesia juga menjadi salah satu pertimbangan banyaknya pelajar yang memilih Australia sebagai negara untuk melanjutkan pendidikan. Baik mahasiswa maupun orang tua akan mudah untuk bolak balik Indonesia – Australia.

5. Kesempatan Kerja Sambil Kuliah

Australia memiliki aturan memperbolehkan mahasiswa asing yang ingin bekerja sampingan di sela waktu belajarnya di universitas di Australia dengan persyaratan tertentu dan jam kerja yang dibatasi. Meski demikian bisa bekerja sambilan tentu menguntungkan dari segi pendapatan tambahan dan pengalaman kerja serta memahami budaya kerja dan masyarakat Australia secara keseluruhan.

Universitas Terbaik di Australia untuk Kuliah Komunikasi Massa / Jurnalisme

Memilih universitas terbaik merupakan langkah utama yang penting saat memutuskan untuk kuliah di luar negeri agar mendapatkan pendidikan terbaik, sesuai dengan biaya yang akan dikeluarkan. Australia memiliki banyak universitas bergengsi yang menawarkan kuliah di jurusan komunikasi massa / jurnalisme.

Dilansir dari QS World University Rankings 2018 berikut ini adalah 5 universitas terbaik di Australia untuk jurusan komunikasi massa / jurnalisme yang bisa jadi referensi tempat kuliah nantinya.

1. The University of Melbourne

Universitas yang menyandang gelar universitas #1 di Australia ini merupakan universitas kedua tertua di Australia. Sudah berdiri sejak 1853, The University of Melbourne ini memiliki kampus utama di Parkville dan kampus lain yang letaknya di daerah lain dalam kawasan Victoria.

Universitas ini memiliki banyak pusat penelitian untuk menunjang proses perkuliahan mahasiswa di berbagai jurusan. Sebut saja ada Walter and Eliza Hall Institute of Medical Research, Grattan Institute, Florey Institute of Neuroscience and Mental Health dan Melbourne Institute of Applied Economic and Social Research. Universitas ini juga memiliki total 10 asrama mahasiswa yang berada di area kampus dan ada juga yang di luar wilayah kampus.

Menurut 2019 QS Graduate Employability Rankings, The University of Melbourne berada di posisi 6 yang merupakan indikator jika lulusan dari universitas ini hampir semuanya diterima bekerja setelah lulus.

2. Queensland University of Technology

Universitas swasta yang berada di Brisbane ini telah berdiri sejak tahun 1989 dan memiliki berbagai jurusan untuk diploma, S1, S2 hingga PhD seperti arsitektur, bisnis, industri kreatif, pendidikan, kesehatan, IT, bahasa, hukum, matematika, teknik dan lainnya.

Jumlah mahasiswa asing di universitas ini terus bertambah di tiap tahunnya. Di 2015 saja tercatat ada 8,218 mahasiswa asing dari 100 negara yang kuliah di Queensland University of Technology (QUT) ini.

Universitas ini memiliki tiga kampus yang setiap kampusnya dilengkapi dengan fasilitas micro-community, kegiatan belajar mengajar, tempat rekreasi dan fasilitas bantuan untuk mahasiswa.

Ketiga kamus tersebut adalah Gardens Points yang terletak di pinggir Sungai Brisbane untuk fakultas bisnis, hukum, science dan juga teknik. Kedua ada Kelvin Grove yang menjadi pusat untuk fakultas industri kreatif, pendidikan, kedokteran dan juga QUT International College dan Institute of Health and Biomedical Innovation.

Kampus yang terakhir adalah Canberra campus yang berada di Deakin, Canberra. Kampus berukuran kecil ini khusus untuk program Executive Master of Business Administration (EMBA).

https://scholarship-positions.com/business-academic-excellence-scholarship-queensland-university-technology-australia/2018/09/06/

3. The University of Sydney

Universitas yang sering disingkat sebagai Sydney Uni ini merupakan universitas pertama di Australia yang berdiri sejak tahun 1850. Universitas ini juga masuk dalam list universitas terbaik dan bergengsi di Australia.

Sydney Uni merupakan Sandstone University yang merupakan universitas-universitas tertua di Australia yang sudah berdiri sejak era kolonialisme. The University of Melbourne juga merupakan universitas kategori ini.

Menurut 2019 QS Graduate Employability Rankings, The University of Sydney berada di posisi 4 yang menandakan tingginya angka lulusan universitas ini yang diterima bekerja setelah lulus kuliah. Selain itu, universitas ini juga dikenal memiliki banyak alumni yang menduduki banyak jabatan penting di penjuru Australia. Sebut saja pemenang Nobel, tujuh perdana menteri, dua gubernur jenderal, sembilan gubernur negara bagian dan administrator wilayah serta 24 hakim agung.

4. The University of Queensland

Universitas swasta yang terletak di Queensland ini berdiri sejak tahun 1909 dan merupakan universitas tertua kelima di Australia. The University of Queensland juga masuk ke dalam kategori Sandstone University, sama seperti The University of Melbourne dan The University of Sydney.

University of Queensland (UQ) termasuk universitas bergengsi dan terbaik di Australia dan peringkat ke-48 universitas terbaik di dunia. Universitas ini juga pendiri dari konsorsium pembelajaran online edX dan juga pendiri Group of Eight dan Universitas 21.

Universitas iin memiliki beberapa kampus di wilayah Queensland dan menerima mahasiswa untuk jenjang pendidikan mulai dari diploma, S1, S2, S3 hingga level pendidikan tinggi lainnya dalam enam fakultas. UQ juga sudah bekerjasama dengan institut penelitian seperti Boeing Research and Technology Australia Centre.

5. The University of New South Wales (UNSW Sydney)

Universitas yang berada di Sydney ini menempati urutan ke-4 sebagai universitas terbaik di Australia. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1949 ini memiliki sembilan fakultas untuk jenjang S1 hingga S3. Kampus utamanya berada di area seluas 38 hektar di Kensington, Sydney.

UNSW Sydney menempati peringkat 45 untuk kategori universitas terbaik di dunia versi 2018 QS World University Rangkings.

Universitas ini juga merupakan pendiri Group of Eight yang merupakan koalisi universitas-universitas di Australia yang berfokus pada penelitian dan juga pendiri Universitas 21 yang merupakan jaringan universitas penelitian di seluruh dunia.

Mahasiswa di universitas ini berkesempatan mengikuti program pertukaran pelajar dunia di lebih dari 200 universitas di seluruh dunia.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Komunikasi Massa / Jurnalisme

Seperti disebutkan di atas jika lulusan jurusan komunikasi massa / jurnalisme memiliki kesempatan bekerja di berbagai industri / bidang, sehingga prospek kerja untuk lulusan jurusan ini terbuka lebar. Dengan kemampuan komunikasi yang baik secara lisan dan tulisan, lulusan jurusan ini bisa mengisi berbagai posisi di instansi / perusahaan yang berhubungan dengan penyampaian informasi ke berbagai pihak yang berkepentingan.

Beberapa contoh pekerjaan yang bisa ditekuni lulusan komunikasi massa / jurnalisme yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut.

  • Public relation specialist
  • Marketing communication
  • Brand manager
  • Advertising/ promotion manager
  • Campaign manager
  • Creative director
  • Jurnalis
  • Editor
  • Media analyst
  • Master of Ceremony (MC)
  • Redaktur
  • Reporter
  • Event organizer
  • Scriptwriter
  • Copywriter
  • Content writer
  • Dan sebagainya

Biaya Kuliah di Australia

Biaya yang harus dibayar untuk menempuh pendidikan S1 hingga S3 di Australia tergantung pada universitas yang dipilih. Disarankan untuk selalu mengecek biaya kuliah secara terperinci di universitas yang dituju. Hal ini karena terkadang biaya kuliah di setiap universitas bisa berbeda-beda, terutama untuk mahasiswa asing karena biasanya ada biaya-biaya tambahan yang harus dibayar.

Berikut ini merupakan perkiraan rata-rata biaya pendidikan untuk program gelar sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) di Australia bagi mahasiswa asing.

Kualifikasi

Dalam AUD (per Tahun)

dalam IDR (per Tahun)

S1

AUD 15.000 - 33.000

Rp 160 juta - 350 juta

S2

AUD 20.000 - 37.000

Rp 215 juta - 400 juta



Sudah siap untuk kuliah komunikasi massa / jurnalisme di Australia? Atau masih ingin tahu lebih lanjut mengenai serba serbi lengkap kuliah di Australia? Jangan ragu untuk menghubungi EasyUni jika Anda memiliki pertanyaan atau butuh referensi lebih banyak mengenai kuliah ke luar negeri, ya!

You might be interested in...