Kuliah di Cina

Kuliah di Cina

Negara Cina dengan cepat telah menjadi pesaing utama di dunia, dalam bentuk industri, ekonomi dan pendidikan tinggi. Negara ini juga bisa menjadi alternatif murah untuk pendidikan tinggi kelas dunia dibandingkan dengan negara lainnya seperti Amerika Serikat, Australia dan lain sebagainya. Baca panduan di bawah ini untuk mencari tahu apakah kuliah di Cina adalah pilihan untuk Anda.

Perkenalan
Budaya dan Masyarakat
Biaya Hidup
Pendidikan di cina
Biaya Kuliah
Universitas di Cina
Top 10 Universitas di Cina
Admission requirements
Student pass dan visa
Proses Aplikasi
Waktu Luang

 

Perkenalan

Map of China

1,3 miliar mungkin terlihat banyak, tetapi tidak untuk pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, yang telah terjadi kepada Cina beberapa dekade terakhir ini. Cina juga dikenali sebgai ekonomi terbesar kedua di dunia, hanya satu peringkat di bawah Amerika Serikat. Oleh karena itu, bukan hanya bekerja di sana menjadi sangat bermanfaat, tetapi kuliah di Cina juga akan sangat berguna untuk masa depan kamu.

Beberapa Asia dan universitas top dunia milik Cina, seperti Universitas Tsinghua dan Universitas Peking di Beijing. Menurut Departemen Pendidikan Cina, pada 2014 ada 377.054 mahasiswa internasional di negara ini. Selain itu, pemerintah China sangat aktif dalam mendorong pengembangan pendidikan negara untuk lebih tinggi, baik dalam kuantitas dan kualitas.

Negara Cina memperlihatkan tradisi dan modernitas mereka dengan sejarah yang kaya dan dikenali lebih dari 5.000 tahun silam. Sejarah ini termasuk tujuh tempat warisan dunia UNESCO  seperti Kota Terlarang dan Shanghai. Selain itu, negara ini terletak di tempat yang mempunyai pemandangan bukit-bukit, danau, dan bidang yang terbuka lebar dan indah. Budaya Cina juga merupakan konsep dan sejarah yang menarik untuk dipelajari dan dengan alami kamu akan menjadi bagian dari kehidupan tersebut jika kamu memilih untuk kuliah di Cina.

 

Budaya dan Masyarakat.

Mungkin kamu akan mengalami hambatan bahasa ketika kuliah di Cina. walaupun beberapa masyarakat di Cina fasih dalam berbahasa Inggris tapi masih banyak dari mereka yang tidak fasih. Kamu perlu mempersiapkan diri kamu dan memikirkan kembali keputusan kamu. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena negara ini mempunyai masyarakat yang sangat murah hati dan bersedia membantu kamu sehingga kamu tidak akan terjebak di antara perbedaan di negara tersebut.

Mempelajari bahasa cina mungkin akan memberikan kamu kemudahan semasa kuliah di Cina dan dengan menguasainya, ini tidak menutup kemungkinan untuk kamu hidup dan menikmati layaknya seperti masyarakat asli cina. Ini juga bermanfaat untuk kamu yang memutuskan untuk kuliah di Cina. Mengingat bahasa cina adalah salah satu bahasa yang populer di dunia jadi dengan memperoleh sertifikasi untuk bahasa cina akan sangat berguna untuk memperlengkap soft skill kamu dan resume kamu.

Tidak seperti beberapa negara tujuan lainnya, mahasiswa akan menemukan budaya di Cina dapat memberikan dampak kepada setiap aspek kehidupan, mulai dari makanan, wisata atau hiburan. Sejarah dan budaya cina saja dapat menarik wisatawan asing untuk mempelajarinya lebih mendalam dan menghabiskan waktu untuk memperdalam pengalamannya.

 

Biaya hidup

Mulai dari biaya kuliah maupun biaya hidup, Cina adalah surga bagi para mahasiswa mencari pendidikan dan kehidupan mahasiswa yang berkualitas baik tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Bahkan kota besar dan mewah di cina seperti, Shanghai mempunyai total pengeluaran yang lebih rendah dibandingkandengan kota di Amerika Serikat. Kota terpadat di Cina seperti Beijing umumnya lebih mahal dalam hal biaya hidup, sementara kota kecil akan menyediakan gaya hidup dan pengeluaran yang lebih terjangkau.Biaya persyaratan siswa dasar di Cina tercantum di bawah ini.

Deskripsi Biaya dalam CNY (per bulan) Biaya dalam IDR (per bulan)
Akomodasi 2000 - 3,300 3,950,000 - 6,502,000
Transportasi (Satu tiket) 2 3,950
Makanan 10 19,700
Tiket Bioskop 40 79,000
Paket Internet 88 173,500
Pakaian  500 985,000
Travel (1 hari di kota) 300 591,000

 

Pendidikan di Cina

Dalam hal pendidikan tinggi, pemerintah Cina menargetkan 500.000 calon mahasiswa mendaftar di universitas di cina pada tahun 2020. Jumlah ini menunjukkan sejauh mana rencana telah dibuat untuk mempromosikan universitas di dalam negeri, dan mendorong mahasiswa dari mancanegara untuk kuliah di cina

 

Biaya Kuliah

Untuk pendidikan yang berkualitas, biaya kuliah Cina termasuk sangat rendah. Hal ini membuat negara ini menjadi destinasi yang lebih terjangkau bagi mereka yang mencari pendidikan luar negeri dengan kualitas yang baik. Pada umumnya biaya kuliah tahunan dapat mencapai USD15.000 di beberapa negara di seluruh dunia, tapi di Cina mahasiswa dapat memperoleh gelar sarjana dari 50 universitas hanya dengan membayar biaya tahunan yang cukup terjangkau USD1500.

Tingkat Studi Biaya Kuliah, Per Tahun, dalam CNY Biaya Kuliah, Per Tahun, dalam IDR
Foundation / Pre-U Diantara 13,000 - 20,000 Diantara 25,700,000 - 39,000,000
Diploma Diantara 10,000 - 17,000 Diantara 19,700,000 - 33,500,000
Sarjana (S1) Diantara 13,000 - 27,000 Diantara 25,700,000 - 53,200,000
Magister Diantara 20,000 - 33,000 Diantara 39,000,000 - 65,000,000

 

Universitas di Cina

Proyek penting juga telah dimulai, seperti Project 211 yang bertujuan untuk meningkatkan standar perguruan tinggi menuju kelas dunia, dan Project 985, yang dapat membantu dalam mendirikan beberapa universitas kelas dunia di abad ke-21. Dengan misi ini, pemerintah telah mengeluarkan sejumlah dana yang cukup besar dana untuk universitas tertentu yang bertujuan untuk membantu meningkatkan fasilitas, membangun pusat penelitian, menarik mahasiswa terpelajar dan fakultas dari seluruh dunia dengan perkembangan lainnya.Selain itu, Project 985 telah menghasilkan C9 League - versi Cina dari US Ivy League. Dengan proyek yang berlangsung ini, jumlah perguruan tinggi dan universitas telah meningkat dua kali lipat, beberapa di antaranya telah berhasil mendapatkan posisi dalam peringkat terbaik di dunia untuk ilmu pengetahuan dan matematika.

 

Top 10 Universitas di Cina

Beberapa universitas di China berhasil merebut dalam peringkat top 300 universitas di dunia, dan di peringkat Asia dan juga BRIC. Top 20 universitas di Cina sebagai berikut.

 

Persyaratan Pendaftaran

Banyak jurusan di Cina menggunakan bahasa cina dan bukan dalam bahasa Inggris. Maka, jika kamu berencana untuk mengambil jurusan dalam bahasa cina, kamu akan diminta untuk memberikan sertifikat kelulusan ujian Hanyu shuiping Kaoshi (HSK), antara tingkat 3 untuk 8. sertifikat ini dapat diperoleh dengan mengambil kursus intensif selama 1-2 tahun belajar bahasa cina. Hal ini akan memungkinkan kamu untuk tidak hanya memahami mata pelajaran kuliah, tetapi juga berkomunikasi dengan penduduk Cina pada umumnya untuk kenyamanan dan kemudahan kamu sendiri.

Namun seperti kebanyakan mahasiswa pada umumnya akan memilih untuk mengejar gelar dalam bahasa Inggris, kamu mungkin tidak diperlukan untuk belajar bahasa cina, tapi kamu mungkin akan diminta untuk mengambil dan menunjukkan bukti lulus tes bahasa Inggris, biasanya IELTS atau TOEFL.

 

Student pass dan visa

Setelah kamu menerima surat tawaran dari universitas pilihan, keputusan harus dibuat sesuai dengan jenis visa pelajar yang diperlukan untuk mengajukan permohonan. visa pelajar di Cina dibagi menjadi dua: X1 dan X2. X1 adalah visa yang di khususkan untuk mahasiswa yang berencana belajar di China selama lebih dari enam bulan, sedangkan X2 adalah visa yang dikhususkan untuk mereka yang akan belajar di negara itu selama kurang dari enam bulan.

Setelah itu, kamu harus pergi ke konsulat Cina atau kedutaan di negara masing - masing untuk mengajukan visa, bersama dengan dokumen-dokumen berikut.

  • surat tawaran dari universitas
  • formulir aplikasi visa (JW201 atau JW202)
  • Hasil pemeriksaan fisik
  • Paspor asli
  • Satu Pas Foto terbaru

Setelah kamu telah memenuhi semua kriteria aplikasi dan mendapatkan persetujuan visa, kamu dapat meninggalkan negara kamu dan berangkat kuliah di Cina. Setelah tiba di cina, mahasiswa internasional diharuskan untuk mengunjungi karantina Kesehatan untuk mengkonfirmasi laporan pemeriksaan fisik. Jika mahasiswa gagal memenuhi kriteria, kamu akan diminta untuk mengulang yang sudah kamu lalui sebelumnya.

 

Proses Aplikasi.

Dari awal perjalanan kamu untuk kuliah di Cina hingga akhir, ini langkah-langkah yang kamu perlukan mulai dari mencari jurusan, universitas, mengajukan visa pelajar, dan hingga akhirnya kamu lulus dengan gelar yang kamu impikan.

Cina

 

Waktu Luang.

Ada banyak bentuk hiburan yang dimiliki penduduk Cina termasuk karaoke, makan di luar dan minum teh. Namun, kamu mungkin menemukan selama beberapa bulan pertama studi di Cina, kamu mungkin ingin pergi bepergian ke kota utama seperti Beijing di Shanghai, atau tempat dengan pemandangan alam yang indah seperti,Anhui dan Fujian. Kamu akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berpetualang di Cina dan mempelajari sejarah dan budaya negara ini.

Universitas unggulan