Institusi telah disimpan didalam daftar anda

Universitas Muslim Indonesia

Sulawesi Sel., Sulawesi Selatan, Indonesia
Pengaturan Informasi tidak terdapat
Biayah Hidup Informasi tidak terdapat
populasi murid Large
murid internasional Informasi tidak tersedia
Tipe institusi Swasta

tentang Universitas Muslim Indonesia

Keberadaan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, belum tergoyahkan sebagai salah satu Perguruan Tinggi Islam Swasta tertua, terbesar dan terkemuka di Kawasan Indonesia Timur. Kebesarannya tampak pada aspek keilmuan dan profesionalisme, yang diwarnai dengan etika, moral dan intelektual yang berlandaskan keislaman. Tidak heran jika UMI sampai saat ini tetap menjadi kebanggaan umat Islam di Indonesia Timur. Juga satu-satunya universitas swasta di Indonesia Timur yang sudah TERAKREDITASI INSTUTUSI dari pemerintah Nomor : 036/BAN-PT/Ak-I/Ins/III/2008, dan UMI satu-satunya universitas swasta di Indonesia Timur yang diberi kepercayaan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan Pendidikan Doktor (S-3).

Kelahiran UMI berawal dari keprihatinan dan kegelisahan para tokoh masyarakat, alim ulama dan para raja di Sulawesi, khususnya di Makassar, karena belum adanya perguruan tinggi Islam ketika itu, sedang penduduknya mayoritas muslim. Melihat kenyataan tersebut, dan disadari oleh para tokoh masyarakat dan ulama di Makassar, bahwa jika kondisi itu dibiarkan maka anak bangsa yang ada di wilayah ini (Sulawesi) akan ketinggalan jauh dibidang pendidikan, di banding dengan daerah-daerah lain, sementara potensi tenaga pengajar di Makassar cukup memadai untuk membuka perguruan tinggi.

Catatan: Silahkan hubungi univeristas untuk informasi lengkap

Informasi Kampus

Univesitas Muslim Indonesia memiliki 2 kampus:

  • Kampus I Kakaktua
  • Kampus II Urip

Yang didalamnya terdapat 12 fakultas:

  1. Fakultas Teknik
  2. Fakultas Kedokteran
  3. Fakultas Pertanian
  4. Fakultas Perikanan & Kelautan
  5. Fakultas Teknologi Industri
  6. Fakultas Ilmu Komputer
  7. Fakultas Kesehatan Masyarakat
  8. Fakultas Farmasi
  9. Fakultas Agama Islam
  10. Fakultas Ekonomi
  11. Fakultas Hukum
  12. Fakultas Sastra

Dan juga tersedia program pascasarjana bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya.

Kota Makassar sebelumnya dikenal sebagai Ujung Pandang. Kota ini tergolong sebagai kota metropolitan. Ini disebabkan pembangunan dan infrastruktur yang ada dikota ini sudah cukup maju, didukung dengan pertumbuhan perekonomian yang positif. Disamping itu, Makassar juga salah satu kota di Indonesia yang padat penduduknya.

Dengan status metropolitan, kebutuhan masyarakat dari segi transportasi cukup terpenuhi. Telah tersedia nya Bus Trans Makassar yang memudahkan masyarakat dalam kota. Transportasi lain nya, baik darat, laut dan udara sudah tersedia dengan sangat baik untuk mendukung pariwisata kota Makassar.

Akomodasi

  • UMI menyiapkan asrama mahasiswa berupa RUSUNAWA (Rumah Susun Sederhana Sewa) berlantai 5 dengan 120 kamar yang dapat menampung 400 mahasiswa. Untuk tahap pertama ini yang bisa tinggal di asrama tersebut adalah mahasiswa perempuan, yang khusus diperuntukkan bagi mereka dari luar Kota Makassar yang tidakmemiliki tempat tinggal di Makassar dan baru diterima di UMI.
  • Rumah Sakit Ibnu Sina berfungsi sebagai Rumah Sakit Pendidikan bagi profesional kesehatan dari berbagai jenjang pendidikan bidang kesehatan di UMI (Fakultas Kedokteran, Farmasi dan Kesehatan Masyarakat)
  • Perpustakaan Utsman Bin Affan UMI dipusatkan di Kampus II
  • Bagi mahasiswa dan mahasiswi UMI yang ingin memperdalam dan memperlancar bacaan alqurannya, dapat bergabung dengan mahasiswa penghafal Alquran, dan disiapkan pemondokan (asrama) gratis, bahkan disiapkan disiapkan kebutuhan lauk pauk setiap hari. Asarama mahasiswa Tahfidz UMI untuk putra berlokasi berlokasi di Lanraki Kelurahan Daya Makassar, sedang untuk putri asramanya berlokasi di Jl. Pampang belakang kampus II UMI.
  • Pesantren Darul Mukhlisin UMI, dikhususkan sebagai tempat Pencerahan Qalbu bagi civitas akademika UMI dan masyarakat umum. Pesantren ini berlokasi di Desa Padanglampe Kab. Pangkep, kehadirannya tak lepas dari cita-cita luhur para pendiri UMI, untuk membina dan mempertinggi derajat masyarakat lewat pendidikan dan pembinaan keagamaan.

Foto

Jurusan yang tersedia 0

kontak

Ulasan 0

Belum ada yang menulis ulasan disini.
Jadilah yang pertama!

Bagikan ini