Institusi telah disimpan didalam daftar anda

Universitas Sam Ratulangi

Sulawesi Utara, Sulawesi Utara, Indonesia
Pengaturan Informasi tidak terdapat
Biayah Hidup Informasi tidak terdapat
populasi murid Informasi tidak terdapat
murid internasional Informasi tidak tersedia
Tipe institusi Negeri

tentang Universitas Sam Ratulangi

Visi Universitas Sam Ratulangi jangka panjang adalah Bersama menata Universitas Sam Ratulangi menjadi universitas unggul dan berbudaya. Visi ini adalah visi jangka panjang dengan pemahaman bahwa ”universitas unggul dan berbudaya” bersifat relatif terhadap tahapan waktu. Selain itu, universitas unggul dan berbudaya dapat berlaku pada wilayah lokal, nasional, regional dan selanjutnya internasional. Visi ini akan terus diperjuangkan selama universitas ini berdiri.

Selanjutnya, berdasarkan pada rumusan Visi di atas, maka Universitas Sam Ratulangi menetapkan Misi berikut.

  • Meningkatkan kualitas Tridharma PT secara berkelanjutan  dimaksudkan untuk peningkatan kualitas program Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian pada masyarakat mulai dari proses perencanaan, penyelenggaraan/implementasi, pelaporan, monitoring, dan evaluasi melalui standar terukur terhadap tahap masukan (input), proses (process), hasil (output), dan dampak (outcomes).
  • Mengembangkan Inovasi dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni-Budaya yang berorientasi Kawasan Pasifik, dimaksudkan untuk  peningkatan daya saing melalui penguasaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan inovasi teknologi yang memiliki relevansi dengan posisi geografis kawasan dimana UNSRAT berada.
  • Meningkatkan Akses dan peran PT bagi peningkatan Taraf dan Kualitas hidup Masyarakat, dimaksudkan untuk peningkatan akses belajar di perguruan tinggi, dan pemerataan mengecap pendidikan tinggi, serta meningkatkan peran dalam perekonomian masyarakat melalui peluang kerjasama dan kemitraan demi peningkatan taraf dan kualitas hidup masyarakat.
  • Meningkatkan Tatakelola Pendidikan Tinggi, dimaksudkan untuk menata UNSRAT menuju institusi dengan sistem tatakelola PT yang otonom , akuntabel, efektif dan efisien dalam penyelenggaraan fungsi-fungsi institusi.

Nama tokoh pahlawan nasional Dr. G.S.S.J. Ratulangi dipilih sebagai nama lembaga perguruan tinggi negeri di Provinsi Sulawesi Utara. Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi adalah pahlawan, maha putera Indonesia dengan panggilan sehari-hari, Sam. Beliau juga merupakan pejuang kemerdekaan dari daerah Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara. Ia dilahirkan tanggal 5 November 1890 di Tondano, Ibukota Kabupaten Minahasa. Sam meninggal tanggal 30 Juni 1949 di Jakarta. Di tahun 1965 itu juga.
Dengan diabadikannya nama beliau pada universitas di Provinsi Sulawesi Utara ini sebagai Universitas Sam Ratulangi, diharapkan cita-cita dan perjuangan beliau yang terangkai dalam falsafah hidupnya Si Tou Timou Tumou Tou, yang berarti manusia dilahirkan untuk memanusiakan orang lain, akan tetap terpatri dan berkobar di dalam dada dan setiap hati insan akademik Universitas Sam Ratulangi, dalam menuntut ilmu dan mengabdikannya demi pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.

Catatan: Silahkan hubungi univeristas untuk informasi lengkap

Informasi Kampus

Universitas Sam Ratulangi adalah perguruan tinggi negeri dengan Sebelas Fakultas dan satu Program Pasca Sarjana yakni :

  1. Fakultas Kedokteran
  2. Fakultas Teknik
  3. Fakultas Pertanian
  4. Fakultas Peternakan
  5. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  6. Fakultas Ekonomi
  7. Fakultas Hukum
  8. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  9. Fakultas Sastra
  10. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  11. Fakulas Kesehatan Masyarakat, dan
  12. Program Pasca Sarjana

Provinsi Sulawesi Utara merupakan provinsi yang beribukota Kota Manado. Kota Manado berada di tepi pantai Laut Sulawesi persisnya di Teluk Manado, terletak tidak jauh dari pantai Kota Manado adalah Taman Laut Bunaken.

Kota ini seringkali disebut sebagai Menado. Motto Sulawesi Utara adalah Si Tou Timou Tumou Tou, sebuah filsafat hidup masyarakat Minahasa yang dipopulerkan oleh Sam Ratulangi, yang berarti: "Manusia hidup untuk memanusiakan orang lain" atau "Orang hidup untuk menghidupkan orang lain". Dalam ungkapan Bahasa Manado,sering kali dikatakan: "Baku beking pande" yang secara harafiah berarti "Saling menambah pintar dengan orang lain".

 

Foto

Jurusan yang tersedia 0

kontak

Ulasan 0

Belum ada yang menulis ulasan disini.
Jadilah yang pertama!

Bagikan ini