Institusi telah disimpan didalam daftar anda

Universitas Trisakti

Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia
Pengaturan Urban
Biayah Hidup Informasi tidak terdapat
populasi murid Large
murid internasional Informasi tidak tersedia
Tipe institusi Swasta

tentang Universitas Trisakti

Universitas Trisakti mempunyai peran penting sebagai kekuatan moral dalam pembentukan bangsa dan masyarakat yang demokratis. Hal itu menuntut Usakti untuk mampu mengikuti perkembangan dan menerapkan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (Ipteksen) yang relevan dengan kebutuhan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan keadilan sosial berdasarkan kearifan lokal. Terutama dalam menghadapi diterapkannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2015 sehingga Usakti terus meningkatkan kualitas lulusannya agar dapat mengikuti perkembangan dunia kerja.

Seiring dengan perkembangan kondisi eksternal dan berdasarkan masukan dari para pemangku kepentingan serta keinginan untuk memperbaiki diri dalam meningkatkan mutu peran penting secara berkelanjutan, Usakti pada tahun akademik 2012/2013 telah menyempurnakan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran (VMTS) Usakti.  Visi Usakti yang ditetapkan pada tahun 2012 adalah:

Visi:
Menjadi Universitas yang andal, berstandar Internasional dengan tetap memperhatikan nilai-nilai lokal dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
Sejalan dengan perubahan visi, misi juga disempurnakan dengan menunjukkan komitmen Usakti kepada tata kelola universitas yang baik (good university governance), sebagai berikut:

Misi:

  1. Meningkatkan peran serta Usakti dalam menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan intelektual, berstandar internasional, dan berkarakter Trikrama Trisakti melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berbasis nilai-nilai  lokal  guna menjawab permasalahan nasional dan meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
  3. Meningkatkan peran serta Usakti dalam  mendukung kebutuhan masyarakat dan industri melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Meningkatkan  komitmen Universitas Trisakti dalam menegakkan good university governance.

Dalam upaya mewujudkan visi yang lebih memiliki dimensi internasional dengan cakupan capaian global, maka telah ditetapkan 8 Tujuan dan 15 Sasaran. Unversitas Trisakti juga telah   memiliki  Rencana Induk Pengembangan (RIP) tahun 2014 - 2030. Dalam RIP tersebut ditetapkan bahwa pada tahun 2030 Usakti mencapai kualifikasi standar internasional Five Stars University versi Quacquarelli Symonds (QS) Stars Rating System. Penggunaan standar QS Stars sebagai acuan yang ingin dicapai pada tahun 2030 merupakan pilihan yang tepat karena standar pemeringkatan yang digunakan pada QS Stars Rating System jelas dan transparan.

Disesuaikan dengan sumber daya yang dimiliki, pencapaian kualifikasi Five Stars QS pada tahun 2030 tersebut, dibagi menjadi tiga tahapan pencapaian, yaitu tahun 2014-2020: pencapaian Three Stars University versi QS Stars, tahun 2020-2025: pencapaian Four Stars University versi QS Stars, serta tahun 2025-2030: pencapaian Five Stars University versi QS Stars.

Guna mencapai Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Universitas Trisakti 2030, maka perlu kita lihat secara mendalam capaian kita sampai dengan akhir 2013/2014 sebagai basis pijakan dalam membuat strategi pencapaian secara tepat dan akurat.
Berdasarkan Misi utama Usakti, telah ditetapkan sasaran utama yaitu dihasilkannya lulusan yang dapat bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lain, baik di dalam maupun luar negeri, dan dikembangkannya Program Studi bertaraf Internasional yang sesuai  kebutuhan masyarakat, industri dan pemerintahan.

Keberhasilan capaian Usakti dalam memenuhi sasaran tersebut dapat diukur dari pengakuan dunia luar terhadap posisi Universitas Trisakti secara umum dan khususnya  tingkat kuantitas dan kualitas serapan dunia kerja terhadap lulusan.

Informasi Kampus

Universitas Trisakti memiliki sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan Tridharma, antara lain ruang kuliah, ruang praktikum dan laboratorium, studio, galeri, klinik, perpustakaan, ruang kerja pimpinan, ruang kerja dosen, ruang tata usaha, dan ruang penunjang lainnya. Ruang kuliah tersebar pada gedung-gedung tersebut di atas sejumlah 363 ruang kuliah. Selain itu terdapat 137 laboratorium dan studio yang tersebar di 9 fakultas dan berada dalam kondisi sangat memadai dan baik sehingga mampu mendukung kegiatan belajar mengajar. Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi juga telah memiliki klinik, Rumah Sakit Gigi dan Mulut, serta Rumah Sakit yang akan dikembangkan menjadi Rumah Sakit Pendidikan.

Kampus utama terletak di Grogol, Jakarta Barat. Karena terletak di pusat kota Jakarta yang merupakan pusat kegiatan pemerintahan dan ekonomi, Universitas Trisakti diharapkan menjadi institusi yang dapat merubah dan mendorong pembangunan daerah dan nasional, serta memberikan kontribusi nyata kepada pemerintah daerah serta masyarakat di daerah sekitarnya.

Lokasi Kampus Universitas Trisakti:

  • Kampus A, Jalan Kyai Tapa Nomor 1, Grogol - Jakarta 11440
  • Kampus B, Jalan Kyai Tapa Nomor 260, Grogol - Jakarta 11440
  • Kampus F, Jalan Ahmad Yani, Jakarta 10510
  • Kampus Mega Kuningan, Menara Anugrah Building, Kantor Taman E.33 No.C3, Jalan Mega Kuningan, Jakarta Selatan
  • Kampus Nagrak, Jalan Rafei, Desa Ciangsana, Nagrak, Gunung Putri, Bogor

Info tambahan

INSTITUSI PENELITIAN

  • Pusat Studi Perkotaan
  • Pusat Studi Lingkungan
  • Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan Terapan Studi Industri
  • Pusat Komunitas dan Populasi Studi
  • Pusat Pendidikan Studi Pembangunan
  • Pusat Inovasi dan Sumber Daya Pemanfaatan
  • Pusat Pengelolaan Sains dan Teknologi Sumber Daya

INSTITUSI KOMUNITAS PELAYANAN

  • Pusat Komunitas dan Pembangunan Daerah
  • Pusat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat
  • Pusat Kerja Siswa Kewirausahaan dan Teknologi Terapan

INSTITUT BUDAYA

Institusi budaya memiliki tugas untuk mengakomodasi dan memenuhi bahasa dan seni permintaan dari kedua komunitas akademik dan non-akademik di sekitar Universitas Trisakti. Memiliki dua kegiatan utama, yaitu pengembangan kapasitas internal dan layanan eksternal untuk komunitas akademik dan non-akademik, baik di dalam maupun di luar kampus.

PROGRAM SARJANA INTERNASIONAL

  • Program Kelas Magister Internasional
    • Program Gelar Ganda di Magister Manajemen - Magister Business Administration (MBA - MM) dengan Maastricht School of Management, Belanda.
  • Program Magister kolaboratif (program akademik Joint)
    • Magister Ilmu Ekonomi jurusan Syariah {Ekonomi Islam dan Keuangan) program akademik dengan Markfield Institute of Higher Education, UK, dan LaTrobe University, Australia.
    • Magister Manajemen jurusan program akademik Manajemen Perhotelan dengan Prince of Songkla University, Thailand.
    • Magister Manajemen jurusan program akademik Corporate Social Responsibility panjang dengan Universitas Uni Emirat Arab, dan Asian Institute of Management, Filipina.
  • Program Kelas Doktor Internasional
    • Doktor Ilmu Ekonomi jurusan program akademik Manajemen dan Administrasi Bisnis bekerjasama dengan Maastricht School of Management, Belanda.
    • Doktor Ilmu Ekonomi jurusan program akademik Berkelanjutan Manajemen Pembangunan bekerjasama dengan Colorado State University, USA.
  • Program Doktor Kolaborasi (Program Academic Joint)
    • Doktor Ilmu Ekonomi Jurusan Syariah (Islamic Economic and Finance) program akademik bekerjasama dengan Markfield Institute of Higher Education, UK, dan La Trobe University, Australia.

Foto

Jurusan yang tersedia 49

Accounting and Finance 12 Architecture, Building & Planning 4 Business and Management 6 Creative Arts & Design 6 Engineering 15 Health and Medicine 5 Law 3

kontak

Ulasan 0

Belum ada yang menulis ulasan disini.
Jadilah yang pertama!

Bagikan ini