Kuliah Bisnis dan Manajemen di Irlandia

Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai kuliah Bisnis dan Manajemen di Irlandia yang perlu kamu ketahui.
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Ada banyak jurusan perkuliahan yang menarik, salah satunya jurusan manajemen. Jurusan manajemen ini menjadi salah satu jurusan yang cukup popluer dan menjadi yang favorit di setiap universitas. Baik itu universitas di dalam negeri maupun universitas di luar negeri. Tak heran jika untuk fakultas bisnis dan manajemen selalu memiliki kelas yang penuh karena banyak mahasiswa yang menaruh minat untuk bidang ini cukup banyak.

Program perkuliahan untuk kuliah jurusan bisnis manajemen, memiliki skema yang simple dan terbilang praktis. Karena materi pembelajaran yang di ajarkan memiliki keterkaitan dalam kehidupan sehari – hari, sehingga mudah untuk di praktekan. Lingkup fokus pembelajaran yang dapat dipilih meliputi; keuangan, akuntansi, administrasi perkantoran, manajemen, pemasaran, kewiraswastaan, manajemen sumber daya manusia, ilmu pengetahuan bisnis, mengenai ritel dan distribusi, hingga transportasi dan logistik.

Lulusan dari kuliah bisnis manajemen merupakan lulusan yang selalu mendapatkan perhatian lebih di berbagai perusahaan besar, maka tak heran jika banyak mahasiswa memilih untuk melanjutkan pendidikan mereka dan fokus pada bidang manajemen yang akan di pilih. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa universitas yang bisa menjadi rekomendasi untuk mahasiswa memilih kuliah jurusan bisnis dan manajemen, namun pastinya ada perbedaan yang membuat kuliah di dalam negeri dan di luar negeri adalah sesuatu yang tak bisa di samakan.

Mengapa Memilih Kuliah Bisnis dan Manajemen di Irlandia?

kuliah bisnis manajemen di irlandia

Karena jurusan di bidang ini cukup populer dan memiliki peminat yang banyak, maka banyak para siswa mempertimbangkan untuk melanjutkan study mereka hingga ke perguruan yang ada di luar negeri. Karena kuliah jurusan binis manajemen ini sebagai salah satu awal jenjang karir yang dapat dikembangkan, terlebih mengasah kemampuan diri dalam pengetahuan manajerial yang baik sehingga mampu memanage segala sesuatu hal dengan semestinya.

Alasan – alasan ini mungkin bisa di jadikan bahan pertimbangan untuk para siswa melanjutkan pendidikan bisnis dan manajemen mereka di luar negeri khususnya di Irlandia, yaitu:

  • Banyaknya bidang manajemen yang bisa dipilih

  • Mendapatkan kesempatan belajar di universitas ternama di Irlandia

  • Mendapatkan mutu pendidikan yang lebih baik, khususnya tentang bisnis dan manajemen

  • Mengasah kemapuan dalam berbahasa internasional, Bahasa Inggris

  • Kurikulum bisnis dan manajemen yang berbeda dari yang ada Indonesia

  • Berkesempatan medapatkan karir lebih baik

  • Lebih siap mengadapi persaingan di dunia kerja

  • Mendapatkan refrensi dari kampus di berbagai industri kerja

Di Irlandia sendiri sudah banyak universitas yang telah bekerjasama dengan perusahaan – perusahaan besar untuk menyalurkan lulusan – lulusan terbaik dari fakultas bisnis dan manajemen mereka sebagai rekomendasi. Hal inilah yang membuat banyak pelajar di Indonesia yakin untuk melanjutkan study mereka ke luar negeri bukanlah hal yang sia – sia.

Persiapan dan Syarat Kuliah Bisnis Manajemen di Irlandia

Bagi Mahasiswa yang berniat melanjutkan pendidikan mereka di universitas luar negeri, telebih yang memilih jurusan bisnis dan menajemen ada hal – hal yang harus di penuhi terlebih dahulu, yaitu:

  1. Memilliki sertifikat untuk skor TOEFL dan IELTS. Untuk bisa kuliah bisnis dan manajemen di Irlandia, memiliki tes dengan hasil yang memuaskan adalah sebagai bukti menguasai kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. Untuk bisa mendapatkan skor terbaik di tes TOEFL, para pelajar harus bisa lolos ujian reading, listening, speaking dan writing section. Sedangkan untuk test IELTS harus lolos tes secara lisan pada bagian speaking section dan lolos semua tes ujian tangan atau writing. Terdapat beberapa perbedaan, yang pertama dalam tes TOEFL dan IELTS, pada tes ujian TOEFL menggunakan Bahasa Inggris Amerika, sedangkan untuk tes ujian IELTS menggunakan Bahasa Inggris British. Kedua pada tes TOEFL berlangsung selama 4 jam sedangkan tes IELTS hanya berkisar 2 jam 45 menit.
  2. Memiliki sertifikat GMAT (Graduate Management Admission Test). Untuk tes GMAT ini di tujukan bagi mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang master atau S2. Tes ini merupakan tes komputer dalam Bahasa Inggris untuk mengukur sejauh mana kemampuan yang dimiliki mahasiswa untuk bisa menempuh pendidikan pascasarjana di bidang bisnis dan manajemen. Tes GMAT berdurasi sepanjang 3 jam 30 menit. Dalam  ujian tes GMAT terdapat beberapa bagian, pertama Quantitavite Section yang berhubungan dengan aljabar aretmatika dan geometri. Yang kedua Verbal Section yang bertujuan untuk bisa membaca dan mengoreksi kalimat. Ketiga, Integrated Reasoning Section yang berhubungan dengan kemampuan analisa dan mengevaluasi data diri dan suatu sumber. Dan yang keempat, Analytical Writing Assessment (AWA) yang diharuskan untuk menulis essay yang bertujuan mengetahui kemampuan menyampaikan argumentasi melalui sebuah tulisan.
  3. Memiliki SAT (Scholastic Assessment Test). Untuk bisa kuliah bisnis dan manajemen di Irlandia, salah satu persyaratan yang harus dimiliki yaitu memiliki sertifikat SAT. Meski tidak semua universitas membutuhkan berkas sertifikat tes SAT namun persyaratan ini menjadi salah satu yang harus dimiliki jika ingin kuliah di luar negeri. Tes SAT merupakan tes Bahasa Inggris dan matetatika yang terdiri dari Evidence based for reading dan writing, tes membaca secara fasih dan jelas, tes menulis dan tes Bahasa, tes matematika hingga menulis essay. Untuk ujian tes menulis essay menjadi pilihan yang tidak di wajibkan, hanya untuk menambah nilai plus pada skor yang di dapatkan nantinya. Ketentuan skor yang harus di dapatkan adalah 2400, karena jika mendapatkan skor lebih dari 2000 maka peluang untuk di terima di universitas ternama akan semakin terbuka. Namun batas skor aman minimal 1600, jika kurang dari itu kesempatan untuk di terima menjadi kecil.
  4. Memiliki GRE (Graduate Record Examination). Sama halnya dengan tes SAT, untuk tes GRE ini tidak di haruskan namun memiliki nilai plus yang harus dimiliki untuk melanjutkan kuliah bisnis manajemen di luar negeri. Untuk bisa memiliki sertifikat skor GRE yang merupakan hasil tes komputerisasi yang biasa di lakukan oleh beberapa negara meliputi 3 bagian yaitu analytic writing, quantitative reasoning, dan verbal reasoning.

Rata – Rata Biaya Perkuliahan Bisnis dan Manajemen di Irlandia

Bagi para pelajar mempersiapkan masa depan pastinya adalah hal ang penting terlebih dalam urusan pendidikan, termasuk untuk memperkirakan biaya kuliah bisnis dan manajemen di Irlandia. Dari jajaran universitas tenama di Irlandia, berikut ini adalah biaya rata – rata yang biasa di keluarkan untuk kuliah jurusan bisnis dan manajemen:

Kualifikasi Biaya Kuliah (Euro) Biaya Kupiah (Rp)
S1 15.000 - 26.000 152 - 275 juta
S2 15.000 - 48.000 152 - 507 juta

Di Irlandia sendiri menggunakan mata  uang Euro, yang berkisar antara € 9.000 – € 15.000 untuk program S1 dan berkisar antara € 9.000 – € 30.000 untuk program S2. Biaya ini telah di perhitungkan dalam per 12 bulan atau selama setahun.

Bagi mahasiswa internasional pastinya akan mempersiapkan tempat tinggal dan perkiraan biaya hidup selama masa perkuliahan di Irlandia. Maka dari itu para mahasiswa internasional yang datang dari berbagai negara juga harus memikirkan hal ini.

Umumnya para mahasiswa internasional akan tinggal di asrama kampus yang telah di sediakan, namun jika diluar itu harus menyewa tempat tinggal berupa apartemen kecil. Untuk menyewa tempat tersebut dan memenuhi kebutuhan sehari – hari lainnya di butuhkan sekitar 140 juta rupiah – 150 juta rupiah. Biaya ini sudah di kalkulasikan dalam setahun, yang berarti setiap bulannya akan menghabiskan sekitar 11 jutaan – 12 jutaan.

Pilihan Universitas Bisnis Manajemen Terbaik di Irlandia

Sebelum benar – benar matang menentukan akan memilih kampus mana yang di tuju, pastinya para mahasiswa telah menyeleksi universitas yang menjadi sasarannya. Dengan berbagai pertimbangan, pastinya para mahasiswa ini telah menyeleksi kampus – kampus mana yang memiliki fasilitas lebih untuk fokus pada bidang bisnis dan manajemen.

Berikut ini adalah daftar universitas yang populer untuk kuliah jurusan bisnis manajemen, yaitu:

  • University College Dublin
  • National University of Ireland, Galway
  • Dublin City University
  • Galway Mayo Institute of Technology
  • Institute of Technology Sligo
  • Dundalk Institute of Technology
  • Dublin Business School
  • Institute of Public Administration
  • Limerick Institute of Technology
  • Institute of Technology Carlow

Terdaftar di salah satu universitas ternama di jurusan bisnis dan manajemen pastinya adalah sebuah kesempatan yang tidak semua pelajar dapatkan, oleh karenanya untuk bisa di terima dan lolos selelksi sebagai mahasiswa di kampus – kampus ini merupakan kehormatan.

Beasiswa untuk Kuliah Jurusan Bisnis dan Manajemen

Bagi yang ingin melanjutkan kuliah jurusan bisnis dan manajemen dengan menggunakan jalur beasiswa pastinya akan berbeda dengan mahasiswa yang menggunakan jalur biasa secara mandiri. Mahasiswa yang menggunakan jalur beasiswa ini memiliki persyaratan dan ketentuan yang berbeda. Terlebih siswa tersebut harus memiliki resume yang mendekati sempurna dengan memiliki kemampuan akademik yang sangat baik.

Ada hal – hal yang harus di lewati para pencari beasiswa di luar negeri ini, seperti:

  1. Membuat resume terbaik. Siswa yang berprestasi dalam akademik pastinya memiliki resume yang baik, terlebih jika siswa tersebut memiliki sederet reward dari prestasi yang telah di dapatkannya seperti mengikuti olimpiade, debat khusus, hingga menjadi juara di suatu bidang tertentu. Hal ini pastinya akan membuat resume memiliki nilai plus hingga mendapatkan rekomendasi untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Dengan memiliki resume yang sempurna ini akan membuka peluang kesempatan mendapatkan beasiswa akan terbuka lebar, baik itu full beasiswa kuliah maupun dengan rincian biaya hidup selama masa perkuliahan.
  2. Mempersiapkan persyaratan umum seleksi beasiswa. Jika sudah mempersiapkan persyaratan secara akademik dan refrensi, para pencari beasiswa juga harus mempersiapkan syarat – syarat lainnya seperti surat keterangan medical check up yang bersih. Artinya memiliki kesehatan yang baik dan tidak mempunyai riwayat penyakit kronis. Hal ini di lakukan agar dapat mempehatikan kesehatan para calon mahasiswa penerima beasiswa benar – benar dalam kondisi yang fit.
  3. Mencari Informasi seputar beasiswa. Jika berminat untuk melanjutkan kuliah di luar negeri para pelajar harus aktif mencari informasi seputar beasiswa yang sedang di adakan suatu instansi atau lembaga pendidikan. Contohnya seperti aktif mencari informasi beasiswa secara online di lembaga tertentu atau bisa dengan cara berlangganan new letters di forum beasiswa pendidikan luar negeri. Tak hanya secara online saja, para siswa yang sedang mencari beasiswa ini juga harus aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler sebagai penunjang kemampuan diri di suatu bidang. Karena mendaptkan beasiswa tidak salalu berdasarkan akademik namun juga dari skill di luar akademik.
  4. Memiliki Acceptance Letter (LoA). Untuk syarat yang satu ini terdapat syarat – syarat lainnya yang harus di penuhi terlebih dahulu, seperti Ijasah dan transkip nilai yang sudah di translate ke dalam Bahasa Inggris, memiliki sertifikat kemampuan berbahasa inggris fasih, baik dan benar (TOEFL, IELTS, GMAT, GRE), curriculum vitae, motivation letter, hingga recommendation letter yang di terbitkan dari kampus atau dosen pembimbing (syarat ini berlaku untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan S2).

Prospek Karir di Masa Depan Bagi Mahasiswa Lulusan Bisnis dan Manajemen

Bagi mahasiswa lulusan jurusan bisnis dan manajemen, pastinya memiliki prospek karir di masa depan yang cukup menjanjikan. Banyak mahasiswa yang kuliah jurusan bisnis manajemen ini memiliki profesi yang tak main – main dan merupakan peran penting di hampir semua industri. Baik itu untuk lulusan sarjana S1 maupun lulusan master S2.

Profesi – profesi ini yang nantinya akan di dapatkan oleh mahasiswa lulusan bisnis manajemen di Irlandia, seperti:

  • Konsultan bisnis
  • Human resources dan atau recruiter
  • Konsultan perbankan
  • Entrepreneur
  • Ahli di bidang marketing
  • Ahli di biang operasional
  • Akuntan dan finance

Dengan jajaran posisi dan profesi yang cukup menarik dan menjadi awal jenjang karir yang baik di masa depan, bukan tidak mungkin jika nantinya akan memiliki pengalaman berkarir di dunia kerja secara luas. Baik itu untuk persaingan di industri dalam negeri maupun luar negeri.

Karena hampir semua universitas yang ada di Irlandia telah bekerjasama dengan banyak perusahaan besar secara global untuk bisa merekomendasikan lulusan – lulusan terbaik mereka untuk mampu bersaing dan berkontribusi secara nyata.

 

You might be interested in...