Kuliah Ilmu Komputer dan IT di Irlandia

Selengkapnya tentang kuliah jurusan ilmu komputer dan IT di Australia yang penting untuk diketahui.
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Kuliah di luar negeri merupakan dambaan setiap pelajar, terutama bagi yang memiliki passion dan kemampuan di bidang teknologi. Karena hampir semua yang merupakan lulusan IT dan belajar di luar negeri menjadi seseorang yang sukses dan mampu menciptakan inovasi yang baru dan berbeda dalam dunia teknologi. Tak hanya itu, banyak cerita sukses yang di alami oleh beberapa orang, seperti pengembang software pada perangkat aplikasi smartphone yang banyak orang gunakan. Dari sinilah para ahli telah lahir dengan kemampuan yang luar biasa untuk bisa menciptakan ide – ide kreatif mengembangkan teknologi yang saat ini semakin canggih.

kuliah di irlandia

Kuliah jurusan IT di Irlandia sendiri merupakan jurusan yang paling populer dari semua jurusan yang ada. Karena hampir semua universitas di Irlandia berfokus pada pengembangan teknologi, kampus untuk para ahli IT terkemuka. Kuliah jurusan ilmu komputer dan IT ini banyak memiliki lingkup fokus pembelajaran yang nantinya akan sangat di butuhkan di industry kerja, seperti teknik informatika, jaringan komputer, software engineering, sistem informasi, sistem operasi, analisis perancangan sistem, mobile programming, ilmu komputas dan teknik komputer.

Mengapa Kuliah Ilmu Komputer dan IT di Irlandia?

Irlandia merupakan salah satu negara yang memiliki dampak besar dalam perubahan teknologi di Eropa, dan menjadi negara yang menarik minat para pelajar untuk melanjutkan study mereka. Dibanding negara lainnya, Irlandia memiliki kelebihan yang tidak ada di negera – negara lain di Eropa lainnya.

Apa yang membuatnya berbeda? Irlandia mempunyai peran penting di berbagai industri teknologi, terlebih pada bidang IT. Sebagian besar kampus – kampus ternama di Irlandia telah menjamin lulusan mereka mendapatkan posisi terbaik di berbagai perusahaan besar maka dari itu, hal ini menjadi pertimbangan bagi para pelajar yang berniat kuliah di luar negeri dan memilih Irlandia sebagai negara pilihan.

Beberapa hal ini bisa menjadi keuntungan dan pertimbangan bagi para pelajar yang ingin melajutkan study mereka di luar negeri, terlebih di Irlandia;

Kualitas Pendidikan Terbaik dan Kurikulum Terbaru

Setiap universitas di Irlandia sudah menetapkan kurikulum terbaik mereka demi menghasilkan lulusan – lulusan yang berkualitas. Khususnya bagi perkuliahan di bidang teknologi ini, sebagai ahli IT pastinya harus jeli terhadap peluang dan kesempatan untuk memberikan ide – ide dan dapat berkompetisi menciptakan inovasi yang kreatif. Maka dari itu, pelajar dengan lulusan kuliah jurusan IT harus mampu meciptakan sesuatu yang bisa di bilang istimewa dan mampu bersaing dengan pelajar lainnya dengan lebih matang.

Reputasi Universitas Setara Dengan Ranking Universitas Internasional

Hampir selurh universitas yang ada di Irlandia merupakan kampus berstandar internasional. Bayangkan saja, untuk bisa masuk dan lolos di salah satu universitas di Irlandia harus memenuhi syarat dan kualifikasi tertentu, kemudian jika hasil test mencapai hasil yang memuaskan, baru setelah itu secara resmi telah menjadi mahasiswa pilihan dari kampus yang bersangkutan.

Jenjang Karir yang Menjanjikan

Banyak orang mengharapkan setelah mereka menyelesaikan pendidikan mereka, terlebih yang belajar di luar negeri memiliki masa depan karir yang cemerlang. Terlebih yang mengambil kuliah jurusan IT akan bekerja di perusahaan ternama atau bahkan membuat start up company mereka sendiri. Hal seperti ini sudah sering terjadi di beberapa negara dan bukan tidak mungkin juga di Indonesia.

Berkesempatan Kuliah di Kampus Popular

Siapa yang tidak mengingikan kuliah di universitas ternama dengan kredibilitas yang tinggi serta memiliki history reputasi yang baik? Pastinya hal ini menjadi sebuah impian bagi beberapa siswa, khususnya dari Indonesia.

Akan banyak benefit yang di dapatkan dari kuliah di universitas Irlandia yang memiliki reputasi yang baik, seperti memiliki refrensi dari universitas jika ingin melamar pekerjaan, di beberapa perusahaan besar terdapat beberapa kebijakan yang mengutamakan dari lulusan universitas terkemuka dengan mengandalkan refrensi dari kampus terkait.

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Asing, Berorganisasi dan Wawasan Luas

Kuliah di luar negeri pastinya harus menggunakan Bahasa internasional, yaitu English yang fasih dan aktif. Hal ini pastinya menjadi syarat yang paling umum bagi pelajar yang ingin melanjutkan study mereka di Irlandia. Tidak hanya itu saja, di lingkungan kampus pastinya mengikuti club atau yang biasa di kenal dengan ekstra kurikuler untuk membantu para mahasiswa berorganisasi dan mengasah kemapuan di luar akademik. Hal ini pastinya akan menambah wawasan yang lebih luas dan cara bersosialisasi dengan pelajar lainnya.

Universitas Terbaik Ilmu Komputer dan IT di Irlandia

Irlandia merupakan salah satu negara dengan standar pendidikan yang terbaik di Eropa, oleh karenanya banyak pelajar Indonesia yang melanjutkan pendidikan mereka di Irlandia dan memilih universitas tenama dan terbaik di Irlandia. Untuk jurusan ilmu komputer dan IT ini ada banyak pilihan yang dapat di jadikan rekomendasi, yaitu:

  1. Dublin Institute of Technology
  2. Institute of Technology Carlow
  3. Institute of Technology Tallagh (ITT Dublin)
  4. Galway Mayo Institute of Technology (GMIT)
  5. University College Cork
  6. University College Dublin
  7. Cork Institute of Technology
  8. Institute of Tehcnology Tralee
  9. Trinity College Dublin
  10. Waterford Institute of Technology
  11. College of Computing Technology
  12. Institute of Technology Blanchardtown (ITB)
  13. Dublin City University
  14. University of Limerick
  15. Maynooth University

Daftar universitas ini yang populer untuk kuliah jurusan ilmu komputer dan IT, tak heran jika banyak sekali peminat untuk bidang teknologi yang mendaftar di kampus – kampus ini baik itu untuk program S1 ataupun S2 dan berasal dari pelajar di berbagai belahan dunia.

Untuk kuliah jurusan IT ini terdapat beberapa bagian jurusan, yaitu:

  • Computer Engineering (CE)
  • Computer Science (CS)
  • Information System (IS)
  • Information Technology (IT)
  • Software Engineering (SE)

Kampus – kampus ini umumnya memiliki hampir semua jurusan di bidang teknologi komputer ini. Dan di pecah kembali menjadi beberapa jurusan yang lebih sepesifik. Untuk universitas yang ada di Irlandia ini tak jauh berbeda dengan pembagian jurusan yang ada di Indonesia, namun jika kuliah di Irlandia pastinya jurusan yang di inginkan jauh lebih lengkap dan detail dari pada jurusan ilmu komputer dan IT yang ada di dalam negeri.

Biaya Kuliah Program S1 dan S2 di Irlandia

Kuliah jurusan IT di Irlandia pastinya memerlukan biaya yang tak sedikit, untuk itu para mahasiswa ini perlu mempertimbangkan dan memperkirakan biaya yang harus mereka keluarkan untuk bisa kuliah di Irlandia, yaitu;

Program Euro IDR
S1 € 9.000 – € 17.000 148 juta – 279 juta
S2 € 9.100 – € 19.000 151 juta – 311 juta

Biaya ini merupakan biaya tahunan untuk 2 semester baik itu untuk program S1 dan S2 jurusan ilmu komputer dan IT di Irlandia.

Akomodasi dan Biaya Hidup Selama Kuliah di Irlandia

Bagi pelajar yang memutuskan untuk kuliah di luar negeri juga harus memikirkan tentang akomodasi dan biaya hidup selama kuliah di Irlandia. Untuk itu para mahasiswa juga harus cermat memilih tempat tinggal yang nyaman, layak dan berada di lingkungan yang aman bagi mahasiswa.

Rincian biaya hidup bagi mahasiswa di Irlandia berkisar antara € 1.200 sampai € 2.000 per bulan atau setara dengan 19 juta rupiah hingga 32 juta rupiah dalam sebulan, yang berarti dalam setahun bisa menghabiskan biaya mulai dari € 14.000 hingga € 24.000 atau setara dengan 230 juta rupiah sampai 393 juta rupiah selama setahun. Angka ini sudah termasuk untuk biaya listrik, biaya makan, biaya binatu, hingga membeli keperluan buku untuk kuliah dan keperluan lainnya sehari – hari.

Jika mahasiswa tinggal dan kuliah di luar ibu kota Irlandia yaitu Dublin, biaya tersebut dapat bekurang. Karena seperti yang di ketahui bahwa tingginya biaya hidup di ibu kota akan berbeda dari kota – kota biasa dalam suatu negara layaknya Indonesia. Meski begitu, mahasiswa juga harus pandai mengatur keuangan mereka untuk bisa membeli keperluan lainnya seperti keperluan mendadak dan menjadi biaya tak terduga.

Mahasiswa internasional juga perlu mempertimbangkan jenis tempat tinggal yang akan mereka tempati, karena ada pilihan akomodasi yang menjadi kebutuhan masing – masing pelajar;

  • Pertama on-campus yang biasanya memiliki rate harga yang cukup mahal dan sedikit sulit untuk di dapatkan.

  • Kedua off-campus yang merupakan kamar yang bisa di tempati lebih dari satu orang atau lebih dengan cara sharing, berkisar antara € 350 per bulannya atau setara dengan 5,8 juta rupiah. Dan ada juga tipe kamar off-campus yang merupakan kamar pribadi yaitu kamar yang hanya bisa di tempat oleh satu orang saja dengan kisaran harga € 700 per bulannya atau setara dengan 11,5 juta rupiah.

Bagi mahasiswa yang tertarik untuk memiliki pekerjaan sambilan selagi masa kuliah, di Irlandia memiliki ketentuan yang berbeda dari pekerja pada umumnya. Jika mahasiswa tersebut memiliki kartu GNIB maka di perbolehkan untuk memiliki pekerjaan sambilan dengan ketentuan waktu 20 jam per minggu atau 4 jam per hari saat masa perkuliahan, dan ketentuan 40 jam per minggu atau 8 jam per hari selama musim liburan. Ketentuan hari kerja paruh waktu ini berlaku mulai senin – jumat, dalam seminggu hanya bekerja selama 5 hari kerja weekdays.

Cara Daftar Kuliah Jurusan Ilmu Komputer dan IT di Irlandia

Sebelum bisa mendaftar di universitas yang di tuju, hal pertama yang harus dilakukan adalah memenuhi syarat – syarat umum untuk kepentingan kualifikasi secara individual, yaitu:

  • Memiliki nilai skor di atas standar untuk TOEFL dan IELTS

  • Memiliki nilai skor yang memuaskan untuk GMAT

  • Memiliki nilai skor yang memuaskan untuk SAT

  • Memiliki nilai skor terbaik untuk GRE

Bagi yang tetarik untuk melajutkan kuliah jurusan IT di Irlandia, harus memenuhi persyaratan umum tersebut baru setelah memenuhi persyaratan yang di ajukan oleh universitas terkait. Dengan memiliki persyaratan umum ini, akan menjadikan nilai plus bagi mahasiwa dan memiliki kesempatan di terima di kampus tersebut semakin besar.

Jika pelajar yang bersangkutan memiliki track record kelakuan baik dan di iringi dengan prestasi yang baik juga, akan menjadi bahan pertimbangan selanjutnya bagi pihak kampus. Karena ada beberapa cara untuk bisa kuliah di Irlandia, diantaranya:

  1. Melalui Jalur Mandiri. Bagi mahasiswa yang mencoba mendaftar dengan jalur mandiri dan mengatur semuanya sendiri harus melalui prosedur yang berbeda. Seperti aktif mencari informasi seputar pendaftaran dari kampus yang bersangkutan, meminta persetujuan langsung dari professor yang mengajar (untuk program S2), hingga melengkapi semua dokumen syarat – syarat sendiri.

  2. Melalui Jasa Education Consultant. Untuk bisa kuliah di Irlandia, mahasiswa juga bisa menggunakan jasa education consultant untuk mengurusi segala keperluan pendaftaran mahasiswa. Mulai dari pengisian form formulir, kelengkapan dokumen persyaratan umum, hingga persetujuan dan pengajuan siswa sebagai rekomendasi dari professor tertentu di jurusan yang di inginkan. Pastinya hal ini sangat memudahkan bagi mahasiswa tersebut untuk bisa kuliah di luar negeri.

  3. Melalui Beasiswa. Jika berniat mengajukan beasiswa atau telah mendapatkan beasiswa maka ada syarat tambahan yang harus di sertai saat mendaftar selain persyaratan umum. Yaitu legalitas dan putusan bahwa telah menerima beasiswa dari instansi atau lembaga pendidikan tertentu. Hal ini dilakukan untuk memberikan identitas bagi siswa – siswa yang mendaftar melalui jalur beasiswa. Dan sebagai rekomendasi siswa tersebut memiliki reputasi prestasi yang baik pula.

Visa Pelajar

Untuk bisa kuliah jurusan IT di Irlandia, pastinya memerlukan visa sebagai izin memasuki negara tertentu. Bagi para pelajar yang ingin kuliah di luar negeri di anjurkan untuk mengurus visa pelajar. Untuk pengajuan visa ini memiliki syarat yang paling pertama yang harus di penuhi adalah surat konfirmasi dari universitas yang di tuju. Jadi pastikan bahwa pelajar yang bersangkutan harus sudah di terima sebagai mahasiswa di salah satu universitas di negara tersebut agar memudahkan persyaratan lainnya.

Kemudian, mengisi form formilir permohonan visa pelajar di irlandia. Untuk bisa mendapatkan persetujuan ini harus menyertakan dokumen – dokumen laiinya seperti paspor yang masih berlaku, akte kelahiran dan pas foto ukuran paspor.

Jika pelajar yang bersangkutan mendapatkan beasiswa, surat pernyataan penerimaan beasiswa juga harus di lampirkan sebagai bukti. Namun jika pelajar tersebut melalui jalur mandiri dan membiayai kuliahnya sendiri, harus menyertakan surat pernyataan telah melunasi biaya kuliah atau penanggung jawab pelajar yang bersangkutan sebagai wali di negara tersebut.

Untuk proses pengajuan visa ini, memakan waktu yang tidak sebentar karena banyaknya antrian menjadi sebab terlambatnya visa terbit. Maka dari itu, jadwal pendaftaran sebagai mahasiswa di universitas di Irlandia ini juga di barengi dengan mengajuan pembuatan visa pelajar di Irlandia.

Umumnya pengajuan visa pelajar memakan waktu selama 14 hari atau 2 minggu lamanya. Dan visa pelajar ini harus sudah siap minimal 2 bulan sebelum resmi menjadi mahasiswa di Irlandia. Pengurusan ini bisa di lakukan di kantor kedutaan Irlandia yang ada di Indonesia. Dan pengurusan ini tidak di haruskan membayar atau gratis. Jika visa pelajar sudah di dapatkan, mahasiswa yang bersangkutan harus mendaftar di Garda National Immigration Bureau (GNIB) untuk bisa mendapatkan kartu GNIB.

Prospek dan Keuntungan Lulusan IT dari Irlandia di Masa Depan

Bagi mahasiswa lulusan ilmu komputer dan IT di Irlandia memiliki keuntungan yang sangat menarik dan mendapatkan refrensi dari universitas tempat ia kuliah di berberapa perusahaan ternama. Tak hanya perusahaan yang ada di Indonesia bahkan hingga perusahaan internasional meski bukan berasal dari Irlandia. Karena memiliki reputasi kampus dan bertaraf internasional maka hal ini cukup menjadi nilai plus untuk penilaian individual bagi perusahaan nantinya.

Hampir semua mahasiswa lulusan universitas populer di Irlandia memiliki kualifikasi terbaik untuk bisa terjun di industri kerja. Terutama pada perusahaan pengembang teknologi, seperti Google, Apple, Facebook, Linkedin, HP, IBM, Twitter, hingga Genzyme dan Pfizer. Irlandia yang merupakan pusat teknologi di Eropa ini menjadi negara yang terdapat lebih dari 1.000 perusahaan teknologi terbesar di dunia.

Berikut ini adalah prospek pekerjaan yang mungkin di miliki oleh seorang ahli IT dari lulusan universitas di Irlandia:

  1. Software engineer
  2. Software tester
  3. Developer software
  4. Front end developer
  5. Back end developer
  6. Full stack developer
  7. Web programmer
  8. Desktop programmer
  9. Java programmer
  10. Mobile programmer
  11. System Analyst & integrator
  12. Product engineer
  13. Database engineer
  14. Technical support
  15. Web administrator

Dan masih banyak yang lainnya sesuai dengan focus dan pembagian dari struktur IT enginner di perusahaan yang bersangkutan.

You might be interested in...