Kuliah Di Irlandia

Segala sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang belajar di Irlandia.
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Kuliah di Irlandia

Mengejar cita – cita adalah salah satu cara yang harus di lakukan oleh semua siswa – siswi di semua tingkat pendidikan, untuk itu diperlukan kerja keras dengan tekun belajar agar kemampuan dan pengetahuan semakin bertambah. Belajar merupakan suatu hal yang penting, terlebih dalam memilih kualitas pendidikan yang baik demi tercapainya cita – cita yang di inginkan.

Tak hanya itu saja memilih pendidikan yang tepat tidak selalu berdasarkan kualitas dari pendidikan itu sendiri namun juga di tekankan untuk bersungguh – sungguh menekuni materi pelajaran yang di dapatkan. Seperti halnya jika memilih untuk belajar di luar negeri, baik itu untuk jenjang pendidikan sekolah menegah atau tingkat perguruan tinggi.

Negara Irlandia mempunyai jajaran kampus perguruan tinggi ternama dengan refrensi dan kualitas pendidikan yang bisa di katakan sempurna. Banyak lulusan – lulusan terbaik yang di berasal dari kampus – kampus dengan reputasi yang cukup baik. Kuliah di Irlandia bisa jadi pilihan para mahasiwa untuk melanjutkan jenjang pendidikan perguruan tinggi yang sesuai dengan jurusan yang dipilih.  

Lalu bagaimana caranya untuk bisa belajar dan kuliah di luar negeri? Apa saja yang harus di persiapkan? Hal – hal ini bisa Kamu persiapkan jika ingin menempuh pendidikan lanjutan di luar negeri;

  • Survei kampus yang di tuju. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih kampus tujuan yang di inginkan untuk kuliah. Pastinya banyak kampus ternama dengan refrensi yang baik yang bisa di jadikan bahan pertimbangan untuk melanjutkan pendidikan dengan standar dan kualitas yang baik bagi karir kedepan nantinya.

  • Mencari informasi seputar kampus. Sebelum benar – benar memilih kampus yang tepat, ada baiknya mencari informasi tentang kampus yang di tuju,  mulai dari sistem pendidikan, perkuliahan, management kampus, hingga lingkungan kampus dan organisasi. Khususnya kampus – kampus yang ada di Irlandia.

  • Bahasa yang fasih. Memilih untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri pastinya harus menggunakan Bahasa Internasional yaitu Bahasa Inggris. Namun biasanya beda negara beda juga Bahasa yang memiliki negara tersebut.  Ini jadi kesempatan untuk para mahasiswa Indonesia belajar Bahasa setempat, Bahasa Irlandia.

Memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, terlebih untuk kuliah di Irlandia adalah hal yang positif dan tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar disana, terlebih jika mendapatkan kesempatan beasiswa atau program pertukaran pelajar.

Dari data survei yang di lakukan sebanyak lebih dari 81 persen warga Indonesia memilih untuk melanjutkan pendidian mereka di luar negeri, terlebih untuk jenjang pendidikan perguruan tinggi S1 dan S2 bahkan untuk program Doktor sekaligus.

Meskipun memilih untuk belajar dan kuliah di luar negeri terdengar lebih exclusive dan tak biasa, namun bukan berarti kualitas pendidikan yang ada di dalam negeri tidaklah bagus. Hanya saja, untuk menempuh pendidikan di luar negeri tidak akan sama dari yang ada di dalam negeri. Mulai dari sistem pendidikan yang di terapkan, penggunaan Bahasa selama masa kuliah, hingga pengalaman dan bentuk organisasi yang di dapat mahasiswa di dunia kampus.

Hal inilah yang mendorong beberapa mahasiswa untuk memilih pendidikan lanjutan mereka di luar negeri karena ada pengalaman yang tidak mereka dapatkan jika belajar di perguruan dalam negeri. Tak hanya itu, belajar di luar negeri juga bisa menambah wawasan tentang negara dan budaya setempat yang pastinya berbeda dari budaya Indonesia.

 

Berikut ini adalah hal – hal yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk belajar dan kuliah di Irlandia;

Tentukan arah jurusan dan bidang yang ingin di tekuni

Sebelum memutuskan untuk kuliah di luar negeri, pastinya harus menentukan ingin memilih bidang atau majors yang ingin di dalami. Untuk itu harus tau apa yang menjadi minat yang disukai agar kemampuan yang ada pada diri sendiri dapat terasah.

Karena ‘passion’ adalah salah satu faktor yang bisa menentukan kesiapan dan kematangan dalam proses mempelajari bahan materi yang di dapat di perkuliahan. Karena akan berdampak pada semangat untuk menghadapi tantangan dan kesulitan yang akan dihadapi nantinya.

Memiliki Kualifikasi yang cukup

Jika memilih untuk belajar di luar negeri Kamu harus tau kualifikasi yang dimiliki di prestasimu sebelumnya. Seperti sertifikat, atau reward lain di suatu bidang, contohnya jika memilih jurusan designer maka mengumpulkan hasil desain – desain yang pernah di buat dan di jadikan portofolio sebagai bahan pertimbangan untuk lolos ke universitas ternama di luar negeri.

Jika Kamu berniat belajar dan kuliah di luar negeri dengan jalur beasiswa, maka ada hal – hal yang juga harus di persiapkan untuk memenuhi syarat dan kualifikasi yang sesuai standar. Akan tetapi terdapat perbedaan ketentuan – ketentuan di setiap universitas atau bahkan negara, terlebih Irlandia.

Kualifikasi sesuai jurusan yang di ambil

Setap universitas di Irlandia memiliki standar yang berbeda bagi mahasiswa baru yang ingin mendaftar masuk, salah satunya memenuhi kualifikasi dari masing – masing jurusan yang ada di kampus yang bersangkutan. Untuk jurusan yang umum seperti management, ekonomi, satrsa dan biasanya tidak ada kualifikasi khusus, namun berbeda yang jurusan yang lebih spesifik seperti kedokteran, IT, desain, sampai bidang seni sekaligus.

Kualifikasi standar TOEIC dan TOEFL

Untuk bisa masuk dan belajar di luar negeri memiliki score TOEIC ataupun TOEFL adalah sebuah keharusan. Pasalnya standar nilai ini di jadikan tolak ukur kemampuan Bahasa inggris yang dimiliki siswa untuk bisa kuliah di Irlandia.

Score yang memenuhi standar dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pihak kampus di Irlandia untuk menerima mahasiswa tersebut, dan hasil test yang di tunjukan memiliki sertifikat yang dan grade yang baik atau mendekati score yang sempurna.

Untuk test TOEFL di butuhkan setidaknya 550 score untuk yang berbasis kertas dan 220 score untuk TOEFL berbasis komputer. Dan khusus Irlandia, untuk bisa di terima di universitas di negara ini ada test tambahan yaitu IELTS yang membutuhkan score minimal 6,5.

Persiapkan Lembaran Essay

Meski tidak semua universitas di Irlandia memerlukan essay sebagai gambaran diri dari siswa yang bersangkutan, namun bukan berarti persyaratan ini di abaikan begitu saja. Lemaran Essay ini sebagai personal statement bagi mahasiswa pada kampus yang dituju.

Maka dari itu, essay ini harus di buat semenarik mungkin dan bersifat unique sesuai individual mahasiswa yang melamar, agar pihak kampus dapat melihat sisi lain dari mahasiswa tersebut dan layak untuk di terima sebagai mahasiswa.

Cara Kuliah di Luar Negeri

Ada du acara yang bisa Kamu tempuh untuk bisa kuliah di luar negeri, yang pertama yaitu jalur pendaftaran manual melalui test yang di selenggarakan oleh kampus yang bersangkutan dan melalui education consultant, kemudian option terakhir melalui jalur beasiswa.

Jika kamu memilih untuk menggunakan jalur yang pertama, melalui pendaftaran manual dengan melakukan test maka kamu harus memiliki refrensi dan history score selama di sekolah dengan grade yang baik. Tidak hanya itu, kamu juga harus mengurus refrensi yang di butuhkan ke lembaga tertentu sendiri.

Berbeda dengan cara yang kedua, yaitu melalui education consultant. Dengan menggunakan cara ini, kamu tidak akan sendiri dalam mengurus persyaratan yang harus di penuhi, karena dari pihak education consultant pastinya akan membantu segala keperluan persyaratan yang di butuhkan siswa untuk bisa masuk ke universitas di Irlandia. Tak hanya itu, education consultan akan membimbing pesiapan siswa untuk bisa lolos kualifikasi dari universitas terkait, termasuk pilihan kampus untuk bisa kuliah di Irlandia.

Untuk cara yang ketiga, melalui jalur beasiswa. Cara ini pastinya berbeda dengan kedua cara yang lainnya, karena jalur beasiswa biasanya menggunakan rekomendasi siswa terbaik dari seleksi siswa – siswa yang berkompeten. Untuk bisa mendapatkan jalur ini, kebanyakan siswa mengikuti test dan seleksi yang di adakan oleh suatu badan tertentu atau organisas yang di tujukan untuk bisa belajar di unitervitas ternama di luar negeri. Pastinya hasil seleksi ini juga harus memenuhi standar di atas rata – rata.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui untuk bisa kuliah di Irlandia:

  • Deretan kampus ternama di Irlandia

  • Biaya kuliah

  • Tempat tinggal selama masa kuliah

  • Visa pelajar

Berapa Biaya Perkuliahan di Irlandia?

Untuk bisa belajar di luar negeri, terlebih kuliah di Irlandia para siswa yang berniat dengan usaha mereka sendiri harus mengetahui berapa biasa kuliah yang akan di keluarkan. Mulai dari pendaftaran masuk, biaya kuliah per semester hingga biaya ujian akhir universitas yang terkait.

Sarjana (S1)

Di Irlandia masa perkulihan untuk S1 membutuhkan waktu selama 3 tahun, jangka waktu ini pastinya berbeda dengan program S1 yang ada di Indonesia yaitu 4 tahun. Irlandia menggunakan mata uang Euro yang berarti 1 Euro sama dengan Rp 16.679,-. Perkiraan biaya kuliah di Irlandia sesuai dengan jurusan yang di ambil, dengan rincian.

Jurusan Rp
Kedokteran 31.000 - 50.000 500 - 850 juta
Sains 9.100 - 16.500 150 - 300 juta
Bisnis 9.000 - 15.500 150 - 300 juta
Seni dan Humaniora 9.000 - 15.500 150 - 300 juta
Teknik 9.000 - 20.000 150 - 350 juta

Gelar Master (S2)

Untuk program pascasarjana di Irlandia dapat menempuh waktu selama 2 tahun, namun jika ingin mendapatkan Higher Certificate bisa mempercepat waktu kelulusan. Untuk rincian biaya perkuliahan S2 di Irlandia adalah:

Jurusan Rp
Kedokteran 12.000 - 37.000 200 - 650 juta
Sains 9.100 - 18.000 150 - 300 juta
Bisnis 9.000 - 30.000 150 - 600 juta
Seni dan Humaniora 9.000 - 20.000 150 - 350 juta
Teknik 9.000 - 20.000 150 - 350 juta

Keuntungan Apa Yang Di Dapat Jika Kuliah Di Irlandia?

Sebelum benar – benar menetapkan untuk kuliah di luar negeri, pasti ada bahan pertimbangan yang akan di pikirkan, seperti keuntungan apa yang akan di dapat jika kuliah di Irlandia. Kelebihan yang akan para siswa dapatkan nanti setelah menempuh pendidikan lanjutan di luar negeri tidaklah sedikit, seperti:

  • Kemampuan Bahasa Inggris yang jauh lebih baik dari sebelumnya, bahkan bisa menguasai Bahasa daerah setempat karena memiliki lingkungan yang berbeda.

  • Memiliki lingkungan baru, seperti menjalin pertemanan dari mahasiswa dari berbagai negara.

  • Koneksi yang meluas, dilihat dari lingkungan bergaul dan pertemanan pastinya akan mendapatkan koneksi yang lebih banyak dari sebelumnya.

  • Pastinya pengetahuan umum dan cara pola pikir akan bebeda dari sebelumnya, karena belajar di luar negeri pasti akan aktif untuk mengungkapkan pendapat baik itu saat pelajaran maupun saat beroganisasi.

  • Refrensi yang baik, dalam memperdalam suatu mata kuliah akan mendapatkan lebih banyak refrensi yang mendukung yang belum tentu di dapatkan jika kuliah di perguruan tinggi dalam negeri.

  • Kemampuan berkonsentrasi yang lebih baik, fokus saat melakukan sesuatu terlebih pada mata pelajaran dan tugas yang di berikan selama masa perkuliahan.

Kuliah di luar negeri juga termasuk salah satu prestasi yang membanggakan.

Daftar Kampus – Kampus Ternama Di Irlandia

Irlandia memiliki deretan kampus – kampus ternama yang mempunyai reputasi terbaik untuk bisa di jadikan pilihan sebagai kampus pilihanmu. Kampus – kampus tersebut adalah:

University College Dublin

Universitas ini biasa di sebut UCD yang merupakan universitas riset di Dublin, Irlandia. Di kampus ini terdapat 1.480 fakultas dengan 32.000 mahasiswa yang belajar disini. Universitas College Dublin termasuk salah satu kampus terbesar di Irlandia dan terpopuler di Eropa. Maka tak heran jika kampus ini memiliki segala bidang jurusan yang cukup lengkap dengan jumlah mahasiswa yang fantastis.  Universitas College Dublin berada di Belfield, Dublin 4, Irlandia dengan luas 133 hektar.

University College Cork

University College Cork atau yang juga di kenal dengan UCC adalah salah satu kampus kelas dunia yang sudah ada sejak tahun 1845. Kampus ini terkenal dengan kualitas program akademik yang sangat baik, keelokan gedung kampus yang megah layaknya istana dan lingkungan kampus yang nyaman. University College Cork memiliki 19.000 mahasiswa dan 3.000 di antaranya adalah mahasiswa asing dari berbagai negara.

Trinity College Dublin

Trinity College Dublin adalah salah satu universitas riset yang berada di kota Dublin. Kampus ini merupakan kampus yang di dirikan oleh Ratu Elizabeth pada tahun 1592. Universitas ini di anggap sebagai salah satu kampus yang paling bergengsi di Eropa, karena di lihat dari sejarah kampus ini dengan prosedur penerimaan yang sangat ketat dan sulit. Trinity College Dublin juga memiliki hubungan dan reputasi yang baik dengan Universitas Oxford dan Universitas Cambridge. Tak heran jika kampus ini banyak di incar para siswa untuk bisa terdaftar sebagai pelajar disini.

Dublin City University

Dublin City University yang juga di kenal dengan sebutan DCU ini merupakan kampus yang di dirikan sejak tahun 1845 dan menjadi salah satu universitas riset terkemuka di wilayah Eropa. Kampus ini memiliki 17.000 mahasiswa dan telah menghasilkan lebih dari 50 ribu lulusan dengan predikat yang baik. Dan 12.000 mahasiswa e-learning yang terhubung dengan DCU Connected. Dublin City University juga memperoleh predikat universitas terbaik secara konsisten dari waktu ke waktu baik itu wilayah Irlandia ataupun cakupan dunia.

Dengan mempertibangkan dan mempersiapkan segala hal yang menjadi standar masuk di universitas di Irlandia secara matang maka bukan tidak mungkin jika berkesempatan lolos untuk bisa kuliah di luar negeri. Jika memiliki tekad yang kuat maka untuk bisa menuntut ilmu di perguruan luar negeri maka akan kamu raih dengan mudah.

Meksi tidak semua orang menaruh perhatian dalam hal pendidikan dengan porsi yang besar, namun menuntut ilmu adalah sebuah keharusan agar diri menjadi lebih baik dan berkembang sesuai perkembangan jaman saat ini.

 

You might be interested in...