Kuliah di Selandia Baru

Kuliah di Selandia Baru

Tertarik ingin kuliah di Selandia Baru? Kamu berada di tempat yang tepat! Dari mana pun asal kamu, kami akan membantu universitas atau college yang tepat sesuai dengan mimpi kamu untuk kuliah di Selandia Baru. Tapi sekarang berikan kami waktu untuk memperkenalkan bagaimana rasanya menjadi mahasiswa di Selandia Baru. 

Perkenalan
Budaya dan Masyarakat
Biaya Hidup
Biaya Kuliah
Universitas di Selandia Baru 
Persyaratan Visa
Waktu Luang

Perkenalan

Selandia Baru

Selandia Baru ada suatu negara kepulauan di barat daya Samudra Pasifik yang berjarak 1,5km dari tenggara Australia. Dengan populasi penduduk yang hanya sekitar 4 juta penduduk membuat Selandia Baru masih bersih dan menjadi negara paling damai keempat di dunia versi Indeks 2016 Global Peace. Selandia Baru/New Zealand (NZ) adalah tempat yang sempurna untuk orang-orang yang menginginkan ketenangan pikiran. Aman, ramah, dan menyambut, itu telah menjadi tujuan yang dipilih untuk siswa yang ingin belajar di luar negeri.

Selain kesempatan dan pengalaman berlimpah, sistem pendidikan yang terkenal adalah juga salah satu alasan mengapa Selandia Baru adalah pilihan terbaik. Sekolah di NZ terus-menerus dipantau dan diuji untuk memastikan mereka memberikan tingkat tinggi secara konsisten pendidikan. Kontrol kualitas, seperti New Zealand Qualifications Framework (NZQF) dan New Zealand Qualifications Authority (NZQA) dilaksanakan agar sekolah memenuhi standar pendidikan tertinggi. Ini termasuk Kode Praktek untuk Pastoral Care of International Students. Ini juga dikenal sebagai 'Kode', ini melihat bahwa siswa berpengetahuan luas, aman, dan dijaga dengan benar. Dengan badan-badan lembaga ini, NZ memastikan bahwa siswa dapat yakin dengan pilihan mereka, sehingga mereka memutuskan untuk pergi ke perguruan tinggi mereka.

 

Budaya dan Masyarakat.

Menurut Education Counts, alasan terpenting mengapa para calon mahasiswa memilih Selandia Baru sebagai tempat destinasi belajar mereka adalah karena lingkungan yang berbasis Bahasa Inggris, aman, kualifikasi terpercaya secara internasional, dan kualitas edukasi. Faktor menarik lainnya adalah pemandangan di Selandia Baru. Negara ini adalah campuran yang indah dari kota hidup dan pemandangan alam yang menakjubkan - sempurna untuk pilihan kegiatan di luar ruangan. Apakah seseorang memilih untuk menikmati pemandangan budaya dan suara dari kota atau bersantai di antara gletser yang bertiup, gunung, hutan hujan dan garis pantai, pasti ada tempat yang baik untuk bersantai di antara proses belajar.

 

Biaya Hidup.

Untuk negara di kawasan Eropa, biaya kehidupan kamu disini tentu lebih mahal dibandingkan di Indonesia. Karena mata uang negara mereka yang tinggi dan negara mereka yang makmur membuat Selandia Baru mempunyai biaya hidup yang cukup mahal. Pemerintah Selandia Baru sendiri mempunyai kebijakan pajak sebesar 15% untuk GST (Goods and Services Tax).

Dibawah ini rangkuman beberapa aktivitas penting yang dapat kamu jadikan gambaran mengenai biaya hidup di Selandia Baru.

Deskripsi Biaya di IDR Biaya di NZD
Akomodasi (1 Kamar tidur di luar pusat kota) 13,000,000 - 19,000,000 1,400 – 2,000
Transportasi / bulan 900,000 - 1,800,000 100 - 190
Makan  130,000 - 240,000 14 - 25
Paket Internet / bulan 300,000  40
Pakaian (1 pasang Levis Jeans) 700,000 - 1,400,000 80 - 140
Tiket Bioskop 140,000 - 180,000 15 - 20

 

Biaya Kuliah.

Untuk Biaya kuliah di Selandia Baru memang tidak murah dibandingkan dengan negara-negara di Asia karena Selandia Baru termasuk negara maju dan berada di kawasan Eropa. Untuk kamu yang tertarik belajar di Selandia Baru dan ingin mendapat gelar dan pengalaman tinggal di Selandia Baru, di bawah ini kisaran biaya kuliah disana dan bisa kamu jadikan gambaran umum tentang biaya kuliah di Selandia Baru.

Tingkat Kuliah Biaya, Per Tahun dalam IDR Biaya, Per Tahun dalam NZD
Foundation / Pre-U 56,580,000 - 94,300,000 6,000 - 10,000
Diploma 188,600,000 - 377, 400,000 20,000 - 40,000
Sarjana (S1) 235,800,000 - 377,400,000 25,000 - 40,000
Magister (S2) 188,600,000 - 377, 400,000 20,000 - 40,000

 

Universitas di Selandia Baru.

Pendidikan tinggi di NZ tidak hanya universitas - ada juga politeknik, institut teknologi, perusahaanswasta, dan organisasi pelatihan industri. Auckland, kota terbesar di Selandia Baru ini adalah rumah dari Universitas peringkat tertinggi, berdasarkan QS World University Ranking 2016, University of Auckland berada di peringkat ke 82, Peringkat kedua di selandia baru di rebut oleh University of Otago. Universitas yang didirikan pada tahun 1869 ini berada di peringkat ke 173 di dunia. Dan juga universitas yang terletak di Pulau Selatan, tepatnya di kota terbesar, University of Canterbury, Christchurch adalah universitas tertinggi ketiga di Selandia Baru dan ke 211 di dunia.

Selandia Baru

 

Persyaratan Visa.

Visa Pelajar adalah hal yang wajib untuk para siswa agar dapat masuk ke universitas yang diinginkan. Di bawah ini rangkuman tentang dokumen-dokumen yang perlu kamu siapkan untuk mendapatkan Visa Pelajar ke Selandia Baru.

  • Memiliki surat penerimaan kuliah dari pihak universitas (Confirmation Letter) yang diakui pemerintah New Zealand. Bersamaan surat pernyataan dari pihak universitas, bahwa biaya pendidikan yang wajib dibayar sudah di lunasi oleh siswa.
  • Siswa harus membuktikan bahwa siswa memiliki uang yang cukup untuk membayar biaya hidup, biaya pendidikan dan perjalanan untuk selama siswa tinggal di Selandia Baru.
  • Persyaratan kesehatan dan medis: Jika siswa tinggal di Selandia Baru selama lebih dari 6 bulan maka siswa wajib diperiksa untuk tuberkulosis. Untuk waktu tinggal yang lebih lama, sertifikat medis dan sinar-X harus disediakan.
  • Surat Jaminan (bagi pelajar yang berusia di bawah 18 tahun): Sebuah dokumen tertulis dari institusi atau orang yang menyatakan bahwa pelajar tersebut memiliki layak akomodasi yang telah disiapkan di Selandia Baru.
  • Bukti kemampuan bahasa Inggris: Nilai IELTS untuk menunjukkan kemampuan bahasa Inggris diperlukan untuk mengajukan aplikasi visa pelajar untuk belajar di Selandia Baru. Tetapi beberapa institusi pendidikan mempertimbangkan nilai bahasa Inggris siswa di kelas 12.

Semua persyaratan diatas mungkin membuat kamu bingung, tapi kamu tidak perlu khawatir, Kaunselor kami dan pihak universitas akan membantu kamu dalam proses tersebut.

 

Proses Aplikasi

Selandia Baru

 

Waktu Luang.

Selandia Baru memiliki banyak danau dan sungai, terutama di bagian selatan pulau ini. Ini memberikan banyak peluang untuk berpergian dengan perahu, memancing, kayak, berselancar, kano dan melakukan kiteboarding. Auckland yang disebut “kota berlayar” merupakan tempat yang bagus untuk berlayar. Di beberapa negara, kegiatan-kegiatan ini hanya bisa dinikmati oleh orang-orang kaya, tapi tidak di Selandia Baru. Negara ini merupakan negara yang menciptakan bungee-jumping, black-water rafting dan zorbing. Oleh karena itu negara ini sangat suka dengan pertualangan. Ribuan pemuda-pemudi melatih diri dan bersaing dalam kegiatan yang memerlukan mental yang kuat. Ini juga mencakup lari trialthon yang sangat terkenal di negara ini dimana peserta harus menyebrang pantai pulau Tasmania selatan, lalu lari ke laps lalu ke pantai pasifik di Christchurch. Selain dari atraksi-atraksi kehidupan alam, kamu juga akan menemukan sisi lain negara ini yang dapat dilihat dari pertumbuhan kebudayaan dan kesenian negara ini.

Selandia Baru memiliki galeri dan museum yang menarik untuk dijelajahi. Hampir di seluruh pusat kota mempunyai orkestra kelas nasional dan orkestra-orkerstra daerah yang bagus. Seluruh pusat kota memiliki perusahaan-perusahaan teater internasional dan juga perusahaan balet dan opera. Wellington dan Auckland menyelenggarakan festival kesenian internasional di tahun-tahun tertentu secara bergantian yang telah menarik peran nama-besar, dan juga ada tempat lain yang menyelenggarakan festival lokal lainnya. Di antara mereka, festival World of Wearable Arts yang merupakan perayaan yang heboh dengan seni tekstil yang selalu laku dibeli tiap tahunnya.

Universitas unggulan