Kuliah Jurusan Teknologi Pangan di Singapura

Menjadi ahli ilmu pangan yang sukses tidak hanya sekedar impian. Wujudkanlah dengan memilih kuliah jurusan ini di Singapura!
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

kuliah ilmu teknologi pangan

Perkenalan
Apa itu jurusan Teknologi Pangan?
Yang dipelajari dalam jurusan Teknologi Pangan
Alasan kuliah jurusan Teknologi Pangan
Biaya kuliah di Singapura jurusan Teknologi Pangan
Universitas terbaik di Singapura jurusan Teknologi Pangan
Syarat masuk universitas jurusan Teknologi Pangan
Prospek kerja lulusan Teknologi Pangan
FAQ atau Pertanyaan Umum

 

Sering penasaran bagaimana makanan dan minuman yang dijual di pasar maupun supermarket bisa sampai ke setiap rak maupun toko hingga ke konsumen?

Atau apakah Anda sering merasa takjub dengan variasi dan modifikasi produk makanan serta minuman baik di dalam maupun luar negeri?

Jika ya, sepertinya kuliah di jurusan teknologi pangan adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Bidang ilmu yang semakin naik daun ini memiliki prospek yang cemerlang di masa depan karena kebutuhan makanan dan minuman tidak akan pernah habis, namun memerlukan inovasi dan variasi sesuai kebutuhan zaman. Di sinilah lulusan jurusan teknologi pangan mengambil peran!

Tertarik untuk kuliah teknologi pangan di luar negeri? Tidak perlu jauh-jauh karena Singapura juga menawarkan perkuliahan di bidang ini lho! Berikut EasyUni punya penjelasan menyeluruh sebagai referensi bagi Anda yang ingin kuliah teknologi pangan di Singapura.

 

Apa Itu Jurusan Teknologi Pangan?

apa itu jurusan teknologi pangan

Teknologi pangan merupakan aplikasi dari ilmu pangan. Dalam jurusan ini Anda akan mempelajari komponen biologis dan juga kimiawi dalam makanan dan minuman kemasan yang dapat menimbulkan efek bagi tubuh manusia.

Ilmu Teknologi Pangan adalah ilmu yang mempelajari segala aspek yang terkait dengan proses pengubahan bahan baku pangan hingga menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi. Tujuan proses pengubahan tersebut bertujuan untuk menghasilkan bahan pangan yang lebih awet, lebih enak, lebih sehat, atau lebih aman.

Ada beberapa jenis ilmu yang terkait dengan jurusan Teknologi Pangan. Beberapa ilmu yang terkait dengan Ilmu Teknologi Pangan adalah ilmu biologi, ilmu fisika, ilmu matematikan dan teknik. Saat kuliah Ilmu Teknologi Pangan, Anda akan ditekankan pada ilmu pengetahuan teknologi pangan modern dan teknologi pangan canggih.

Produk pangan yang dihasilkan pun akan memiliki nilai ekonomis dan karakteristik yang lebih baik dari bahan bakunya.

Selain itu, Anda juga akan mempelajari berbagai teknologi pemrosesan, pengawetan, pengemasan, penyimpanan hingga produk tersebut sampai ke konsumen.

Jurusan ini akan sangat menarik bagi Anda yang memiliki ketertarikan di bidang makanan dan minuman serta nutrisi/gizi dan retail.

Baca panduan selengkapnya mengenai jurusan Teknologi Pangan di sini.

 

Mata Kuliah Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Teknologi Pangan?

apa yang dipelajari teknologi pangan

Setiap universitas yang menawarkan perkuliahan di bidang teknologi pangan tentu memiliki kurikulum masing-masing, apalagi jika Anda memilih kuliah di luar negeri. Beda negara, bisa jadi beda teknologi maupun regulasi yang mengatur teknologi pangan yang tentunya berpengaruh terhadap mata kuliah yang akan dipelajari selama perkuliahan.

Sebagai contoh, berikut mata kuliah yang dipelajari di Bachelor of Science (Food Science and Technology) di NUS:

Level 1
  • Science and Technology of Foods

  • Fundamentals of Food Engineering

  • Organic Chemistry for Engineers

  • Experiments in Chemistry 1

  • Molecular Cell Biology

  • Statistics For Life Sciences

Level 2
  • Chemistry of Food Components

  • Post Harvest Food Processing

  • Food Analysis and Lab

  • Food Safety Assurance

  • Metabolism and Regulation

Level 3
  • Food Microbiology & Fermentation

  • Advanced Food Engineering

  • Food Product Development and Packaging

  • Sensory and Flavour Science

  • Professional Placement Programme in Food Science & Technology

Mata kuliah pilihan
  • Independent Study in Food Science and Technology

  • Nutrition and Disease Prevention

  • Vitamins & Minerals in Health & Diseases

  • Independent Study in Food Science and Technology

  • Nutrition and Disease Prevention

  • Vitamins & Minerals in Health & Diseases

  • Advanced UROPS in Food Science & Technology I

  • Instrumental Analysis II

  • Computational Thinking and Programming in Chemistry

  • Purchasing & Materials Management

Mata kuliah pilihan
  • Current Topics in Food Science and Technology

  • Nutritional Biochemistry

  • Food Forensics

  • Advanced Food Fermentation

  • Advanced Food Microbiology and Safety

  • Advanced Current Topics in Food Science I

  • Evidence-based Functional Foods

  • Current Topics in Food Science and Technology

  • Nutritional Biochemistry

  • Modern Human Nutrition

 

 ​​Mengapa Pilih Kuliah Teknologi Pangan di Singapura?

kuliah di singapura pelajar indonesia

Ada banyak alasan yang mendasari mengapa banyak pelajar Indonesia yang memilih melanjutkan kuliah ke Singapura, khususnya yang mengambil jurusan teknologi pangan.

Berikut ada beberapa alasan penting mengapa memilih kuliah teknologi pangan di Singapura yang sering diutarakan pelajar:

1. Fasilitas lengkap

Kuliah di bidang teknologi pangan banyak melakukan praktek atau riset di lab, dan Singapura dikenal memiliki berbagai fasilitas hingga lab canggih untuk mendukung kegiatan perkuliahan.

Tidak hanya laboratorium maupun ruang praktek, jurusan ini juga biasanya dilengkapi fasilitas lab riset lengkap dengan peralatan pendukung terbaik, mulai dari pemrosesan pangan hingga peralatan & teknologi produksi pangan terbaru.

Baca juga: Kenapa kuliah di Singapura?

2. Kerja sambil belajar

Mahasiswa jurusan teknologi pangan mendapat waktu 28 minggu penempatan kerja dibawah program Integrate Work Study Programme (IWSP) di berbagai perusahaan yang tergabung dalam industri makanan di Singapura.

Hal ini tentu akan beri kesempatan unik bagi mahasiswa untuk bekerja secara langsung di industri terkait sembari menyelesaikan berbagai masalah di bidang pangan yang tengah dihadapi.

3. Jumlah mahasiswa per kelas

Jika biasanya perkuliahan dilakukan dalam ruangan besar dengan puluhan mahasiswa sekaligus, namun pada jurusan teknologi pangan biasanya dilakukan dengan jumah mahasiswa yang lebih sedikit dan berfokus pada pembelajaran secara praktikal untuk memecahkan berbagai masalah di bidang pangan.

Baca juga: Berencana Kuliah di Singapura? Bagaimana Kehidupannya Ya?

4. Akreditasi dan pengakuan profesional

Akreditasi merupakan hal penting yang bisa menjadi salah satu ‘nilai jual’ yang tinggi saat Anda lulus kuliah nantinya.

Sebagai contoh, NUS telah mendapatkan akreditasi oleh IUFoST (International Union of Food Science & Technology) sejak 2013 untuk dua jurusan di bidang teknologi pangan, yaitu Bachelor of Science (Food Science and Technology) and the Bachelor of Science (Honours) (Food Science and Technology).

5. Industri pangan yang terus berkembang

Tidak dipungkiri jika pangan sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia terus mengalami perkembangan untuk menghadirkan produk yang sesuai kebutuhan konsumen dan juga terjaga nutrisi dan kandungannya serta sesuai regulasi pemerintah.

Hal ini membuat lulusan jurusan teknologi pangan banyak dibutuhkan untuk industri makanan dalam maupun luar negeri.

 

Berapa biaya kuliah di Singapura?

Biaya kuliah memang selalu menjadi faktor penting saat memutuskan kuliah di luar negeri. Nah, bagi Anda yang ingin kuliah di Singapura, Anda harus tahu berapa uang kuliah di Singapura.

Biaya yang harus dibayar untuk menempuh jenjang pendidikan S1 hingga S2 tergantung pada universitas yang dipilih.

Anda disarankan untuk selalu mengecek biaya kuliah secara terperinci di universitas yang dituju untuk menghindari kesalahan informasi. Hal ini karena terkadang biaya kuliah di setiap universitas bisa berbeda-beda, terutama untuk mahasiswa asing.

Berikut ini merupakan perkiraan rata-rata biaya kuliah di Singapura untuk program gelar sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) bagi mahasiswa asing dari berbagai sumber:

Kualifikasi

Biaya Kuliah
Per Tahun

S1

220-660 juta

S2

330-990 juta

Baca juga:

 

Universitas Terbaik di Singapura untuk Kuliah Teknologi Pangan

Saat kuliah ke luar negeri, memilih universitas terbaik sangat penting untuk memastikan Anda mendapatkan pendidikan terbaik serta karir menjanjikan setelah lulus kuliah nantinya.

Jika Anda tertarik untuk kuliah teknologi pangan di Singapura, Anda bisa memilih level diploma hingga master di 3 universitas berikut ini!

 1. NUS (National University of Singapore)

national university singapore

Universitas terbaik di Singapura ini memiliki Department of Food Science and Technology yang merupakan yang pertama di sektor pendidikan tinggi di Singapura. Departemen ini baru saja diumumkan pada 8 Agustus 2019 lalu. Sebagai informasi, NUS sudah memperkenalkan jurusan di bidang Food Science and Technology (FST) sejak 20 tahun lalu. 

Jurusan FST di NUS, yaitu Bachelor of Science (Food Science and Technology) dan the Bachelor of Science (Honours) (Food Science and Technology) sudah diakreditasi oleh IUFoST (International Union of Food Science & Technology) sejak 2013 lalu. 

2. NTU (Nanyang Technology University)

ntu di singapura

Tersedia jurusan Food Science and Technology di NTU sebagai Second Major programme dalam kolaborasi antara NTU dengan Wageningen University (WUR) dari Belanda yang memiliki jurusan Food Technology terbaik dan paling inovatif di Eropa. Jurusan ini bisa diambil (double degree) oleh mahasiswa yang mengambil program BSc/BEng.

Mahasiswa yang mengambil jurusan ini mendapatkan kesempatan pertukaran mahasiswa di Wageningen University dan juga study trip ke Wageningen University ​serta industri visit ke berbagai perusahan makanan dan industri pangan di Belanda.

3. Singapore Institute of Technology (SIT)

singapore institute of technology

SIT menawarkan program Bachelor of Food Technology with Honours di bidang food technology dengan masa kuliah 3 tahun. Jurusan ini merupakan program joint antara SIT dengan Massey University di Selandia Baru.

Jurusan ini menawarkan kurikulum yang berfokus pada food product technology, menggabungkan food science, food engineering dengan bisnis pangan. Mahasiswa akan belajar fundamental dalam food science dan juga skill di applied food technology yang sesuai dengan kebutuhan di industri pangan saat ini. 

 

Apa Saja Persyaratan Pendaftaran Kuliah di Singapura?

Setiap universitas memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk pendaftaran mahasiswa baru, terutama mahasiswa asing yang biasanya memiliki beberapa hal tambahan yang harus disertakan/dipenuhi sebelum mendaftar. 

Untuk calon mahasiswa asal Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan program gelar sarjana di Singapura, maka wajib menyelesaikan pendidikan SMA dan mendapatkan sertifikat “General Certificate of Education Ordinary Level” atau sering disebut sebagai GCE O Level.

Sertifikat ini diperlukan karena negara British Commonwealth termasuk Singapura, mengadaptasi “International General Certificate of Secondary Education” atau IGCSE dengan modifikasi yang dikenal sebagai kurikulum Cambridge Singapore untuk syarat melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah.

Di bawah ini adalah contoh persyaratan masuk kuliah dii Singapore University of Social Sciences, Singapura:

  • Lulus UAN atau

  • Cambridge International Examinations (3 ‘A’ Level passes) atau

  • International Baccalaureate Diploma (passes in 3 HL and 3 SL subjects, including English, TOK and EE)

Komponen lain yang penting sebagai persyaratan kuliah di Singapura adalah Paspor dan visa pelajar Irlandia yang wajib dimiliki.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses pembuatan visa pelajar untuk kuliah di luar negeri, Silahkan mengunjungi website universitas pilihan Anda, atau bertanya langsung kepada tim EasyUni melalui aplikasi yang tersedia.

 

Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknologi Pangan?

Seperti telah disebutkan di atas, jurusan teknologi pangan memiliki banyak peluang kerja di berbagai industri karena jurusan ini berhubungan dengan proses produksi hingga distribusi produk pangan.

Beberapa contoh pekerjaan yang bisa ditekuni oleh lulusan teknologi pangan di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Assistant Food Technologist / Food Technologist

  • Quality Control/Pengendalian Mutu

  • Food Safety Officer

  • Konsultan Pangan dan Gizi

  • Market Development Executive

  • Pengembangan Produk / R&D dept

  • Food Scientist

  • Food Audit Officer

  • Production Management

  • Food Microbiologist

  • Food Hygiene Officer

  • Laboratory Technologist

  • Packaging Technologist

  • Sales & Marketing Executive

  • Wirausaha/ Pengusaha Pangan 


 

FAQ atau Pertanyaan Umum Seputar Jurusan Teknologi Pangan

1. Mengapa harus pilih kuliah jurusan teknologi pangan?

Hal ini karena kebutuhan makanan dan minuman akan selalu ada dan cenderung meningkat. Jadi kebutuhan terhadap profesional di bidang teknologi pangan sangat terbuka lebar.

Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai industri yang berhubungan dengan makanan dan minuman serta ritel seperti supermarket chain.

2.  Apakah kuliah jurusan teknologi pangan mahal?

Tidak juga. Tergantung negara dan universitas yang dipilih, Anda bisa membandingkan uang kuliah antar universitas dan fasilitas yang didapatkan sebelum memilih universitas.Selain itu, ada banyak skema grant maupun beasiswa yang bisa dieksplor untuk mahasiswa asing.

3. Apakah lulusan teknologi pangan memiliki potensi karir yang menjanjikan?

Tentu saja. Lulusan dari jurusan teknologi pangan semakin banyak dibutuhkan mengingat kebutuhan akan inovasi serta pengadaan pangan yang terus meningkat seiring dengan semakin bervariasinya kebutuhan setiap orang.

Sudah siap untuk kuliah teknologi pangan di Singapura? Atau masih ingin tahu lebih lanjut mengenai informasi lengkap kuliah di luar negeri? Jangan ragu untuk menghubungi EasyUni karena konsultasi ini tidak dipungut biaya.

You might be interested in...