Kuliah Ilmu Komputer dan IT di Korea

Kemajuan dunia hiburan di Korea yang maju amat pesat memacu tingkat pendidikan dalam bidang ilmu komputer dan sistem informatikanya…
Share on Facebook Twitter WhatsApp

suasana kelas kuliah IT di korea selatan
Sumber: DepositPhotos

Di negara Korea yang dikenal sebagai negara maju, tenaga profesional di bidang teknologi informasi (IT) akan sangat dibutuhkan, mengingat di Korea semuanya serba canggih. Sektor teknologi informasi di hampir seluruh negara yang ada di dunia akan selalu dibutuhkan. Hal ini menimbulkan minat dan bakat bagi sebagian besar orang yang ingin mempelajarinya dan ingin bekerja di bidang IT, dengan melanjutkan pendidikan di bidang ini.

Untuk Anda yang berminat di bidang ini, dan berencana untuk kuliah di Korea, harus mengetahui bagaimana mempelajari IT di tingkat perguruan tinggi di Korea serta mengambil program kuliah yang berkaitan bidang tersebut. Namun, apa perbedaan dari kuliah ilmu komputer dan kuliah IT tersebut? Keduanya merupakan spesifikasi dalam sektor IT yang masing-masing memiliki peluang tersendiri dalam dunia kerja.

Apa Bedanya Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi?

 

Ilmu Komputer

Teknologi Informasi

Who they are

Desainer & pengembang teknologi

Yang mengimplementasikan dan mempraktisi teknologi.

Career focus

Profesi di bidang ini mempelajari desain dan tujuan dari komputer, terutama mekanika, prosesi data, dan pengontrolan sistemnya.

Mereka memahami kompleksitias dari teori di ilmu komputer dan menguasai algoritma matematika yang diperlukan untuk menulis kode dan membangun inovasi dalam perangkat keras & lunak, dan sistem operasinya.

Profesi di bidang ini menggunakan komputer, perangkat lunak, dan network untuk memproses, dan distribusi data.

Mereka mencari solusi teknis ke sebuah bisnis dengan cara mengadaptasi, mempertahankan, dan menyebarkan sistem operasi yang didesain oleh ahli ilmu komputer.

What they study

Cara kerja dari komputer yang sebagian besarnya dipelajari dengan perspektif matematika dan teoritis.

Umumnya, beberapa mata kuliah yang dipelajari seperti teori, bahasa pemrograman, algoritma serta arsitektur. Anda yang pintar logika dan matematika sangat cocok kuliah jurusan Ilmu komputer.

Jurusan ini lebih fokus kepada beberapa mata kuliah seperti perangkat lunak, jaringan dan basis data.

Di dunia kerja nanti, kedua bidang ini sebenarnya bisa menjadi satu kesatuan yang disebut teknologi informasi. Namun, sekarang ini diperlukan skill yang lebih spesifik dalam bidang IT, maka keduanya dipelajari secara terpisah.

Informasi selengkapnya tentang kuliah ilmu komputer dan IT di luar negeri bisa dilihat disini.

Apa Alasan Memilih Kuliah Jurusan Ilmu Komputer dan IT di Korea?

jurusan ilmu komputer paling laku di korea selatan
Sumber: SBS.com.au

Saat ini banyak orang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Memilih Korea sebagai tempat melanjutkan kuliah di perguruan tinggi, menjadi alternatif dari masalah ini. Korea tidak hanya menjadi destinasi liburan favorit orang Indonesia, tapi  juga menjadi tujuan pendidikan yang dianggap berkualitas bagi siswa dari Indonesia dan mancanegara. Selain itu perkembangan dunia IT di negeri gingseng ini juga sangat pesat. Terbukti, salah satu perusahaan produksi smartphone merek Samsung dan elektronik LG berpusat di Korea.

Berikut ini alasan mengapa harus memilih kuliah di jurusan Ilmu Komputer dan IT di Korea:

  • Terdapat banyak pilihan universitas yang berkualitas, kualitas rata-rata universitas di Korea memang tidak perlu diragukan, selalu menghasilkan lulusan terbaik.

  • Memiliki program pendidikan yang lengkap, program pendidikan di Korea juga bisa disesuaikan, mulai dari program sarjana, pascasarjana hingga gelar doktoral.

  • Kualitas pendidikan di Korea yang jempolan, itulah sebabnya banyak siswa internasional yang kuliah di Korea, karena pendidikan yang berkualitas.

  • Tersedia banyak pilihan spesialisasi, tidak hanya kuliah di jurusan IT, banyak juga pilihan spesialisasi mata kuliah lainya seperti ekonomi, teknik dan juga seni.

  • Lulus dengan gelar Internasional berdasarkan spesialisasi, lulusan dari salah satu universitas di Korea, akan mendapatkan gelar Internasional yang diakui di beberapa Negara lainya.

  • Akrab dengan lingkungan global, banyak siswa internasional yang berkuliah disana, sehingga membuka akses pertemanan dan perkuliahan secara global.

  • Memiliki kesempatan magang di beberapa perusahaan ternama, ini merupakan salah satu kesempatan bagi para lulusan universitas di Korea, karena dapat bekerja magang di beberapa perusahaan ternama untuk beberapa bidang.

Mata Kuliah Apa saja yang Dipelajari Jurusan Ilmu Komputer dan IT  ini?

apa yang dipelajari di perkuliahan jurusan ilmu komputer
Sumber: Tutellus

Ketika memasuki tahun pertama kuliah di jurusan Ilmu komputer dan IT di Korea ini, Anda akan belajar beberapa mata kuliah penting yang berkaitan dengan jurusan ini. Berikut ini uraian mata kuliah yang akan dipelajari:

Jurusan Ilmu Komputer dan IT umumnya memiliki mata kuliah seperti:

  1. Matematika

  2. Fisika Dasar

  3. Kimia Dasar

  4. Pengantar  dan Desain

  5. Bahasa Inggris

  6. Dasar Pemrograman

  7. Struktur data dan Algoritma

  8. Aljabar Linier

Untuk selanjutnya, beberapa mata kuliah yang dipelajari seperti:

  1. Pemrograman berorientasi objek

  2. Sistem Operasi

  3. Basis data

  4. Logika informatika

  5. Sistem Operasi

  6. Sistem parallel

  7. Analisis numerik

Dengan melihat beberapa mata kuliah di atas, Anda sudah bisa menentukan apakah Anda cocok untuk memilih jurusan Ilmu komputer dan IT ini.

Seperti Apa Karakter yang Cocok untuk Kuliah Jurusan Ilmu Komputer dan IT ?

apa yang bisa dipelajari dari jurusan ilmu komputer di korea selatan

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa sebagian besar orang yang kuliah di jurusan Ilmu komputer dan  IT, harus orang yang jenius dan pintar. Sebenarnya, patokan untuk bisa kuliah di jurusan ini dapat ditentukan oleh karakter pribadi sendiri. Berikut ini karakter yang cocok kuliah di jurusan Ilmu komputer dan IT:

  • Teliti

  • Detail

  • Senang dengan angka

  • Senang dengan riset

  • Tekun

  • Senang menganalisa

  • Kritis

Seperti Apa Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komputer dan  IT?

prospek kerja lulusan ilmu komputer
Sumber: IDN Times

Seperti hal nya bidang kesehatan yang memiliki beberapa spesialisasi seperti kedokteran gigi, spesialis jantung dan lain sebagainya, jurusan Ilmu komputer, IT dan  ini juga memiliki spesialisasi yang beragam. Agar lebih mudah saat mempelajarinya nanti, Anda bisa mempelajari dulu beberapa hal berikut:

  • Programming dan bahasa pemrograman dengan Python

  • Mempelajari HTML, CSS, Javascript untuk memahami web development

  • Mempelajari tentang Linux dan mencoba untuk membangun sistem administrasi dari perangkat komputer milik Anda sendiri

  • Mempelajari desain grafis dan animasi

  • Belajar untuk membuat jaringan administrasi kecil, dengan menginstal simulator router di komputer Anda

Adapun beberapa prospek kerja untuk lulusan IT dan Ilmu komputer umumnya bisa bekerja sebagai:

  • Web Developer, profesi yang bertugas untuk membangun serta mengembangkan website milik perusahaan, termasuk untuk membuat web desain dan web programmer.

  • Programmer, profesi dengan tugas untuk membuat suatu program dengan bantuan bahasa pemrograman untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan software.

  • Sistem Administrator, Profesi ini tugasnya untuk mengelola serta mengoperasikan website yang sudah jadi, seperti instalasi domain ke hosting serta melakukan update content di sebuah website

  • Network Engineer, seorang NE ini memiliki tugas yang cukup banyak, namun salah satunya adalah untuk mengevaluasi hardware serta software dari sistem yang ada

  • Desainer UI/ UX, bekerja untuk membuat desain pada layout website, mulai dari sketsa kertas, wireframe hingga desain tampilan keseluruhan.

  • Bisnis Analis, profesi ini bertugas untuk membantu menyelesaikan masalah bisnis dengan teknologi informasi

  • IT Project Manager, tugasnya untuk mengendalikan dan menjalankan rencana suatu proyek yang cukup rumit dengan memanfaatkan teknologi informasi

  • Software Tester, profesi ini memiliki tugas untuk melakukan pengecekan atau tester terlebih dulu pada suatu program atau aplikasi, jika terjadi bug (error).

Beberapa jenis pekerjaan di atas ini banyak dibutuhkan di Korea dengan tawaran gaji yang tinggi. Berdasarkan informasi dari SalaryExpert, berikut ini rata-rata gaji untuk pegawai yang bekerja di bidang IT :

Jenis pekerjaan

Rata-rata gaji (pertahun)

Senior Engineer

Samsung Electronic

KRW 70.000.000
IDR 900 juta

Senior Software Engineer

Samsung Electronic

KRW 60.000.000

IDR 770 juta

Software Engineer

Samsung Electronic  

KRW 45.000.000

IDR 570 juta

Web Designer & Developer

Lulusan Muda

KRW 25.000.000

IDR 320 juta

Web Designer & Developer

Berpengalaman

KRW 43.000.000

IDR 550 juta

Progarammer

Berpengalaman

KRW 52.000.000

IDR 660 juta

Programmer

Lulusan Muda

KRW 30.000.000

IDR 380 juta

Selain itu, dengan menguasai keterampilan dalam bidang ilmu komputer dan IT, Anda juga bisa bekerja freelance (tenaga lepas) mengerjakan per project seperti:

  • Membuat aplikasi sederhana untuk smartphone (mobile app)

  • Membuat website untuk bisnis

  • Mempelajari wireframing

  • Meningkatkan kemampuan bahasa inggris seputar IT

Apa Saja Syarat Masuk Jurusan Ilmu Komputer dan IT di Korea?

Syarat masuk kuliah merupakan suatu tahapan yang penting dan wajib dilakukan oleh setiap calon mahasiswa dan mahasiswi yang akan mendaftar kuliah di luar negeri. Khusus untuk Korea, beberapa universitas di Negara ini juga mengharuskan beberapa syarat wajib untuk setiap program kuliah yang diambil untuk jurusan seputar IT ini, seperti :

Program Sarjana (S1)

  • STTB - Surat Tanda Tamat Belajar dari SMU atau SMA di jurusan IPA

  • Bukti kompetensi berbahasa korea dengan menyertakan sertifikat TOPIK (Test of Profiency in Korea)

  • Sertifikat kemampuan berbahasa Inggris; terbagi dengan nilai minimal 5.5 untuk IELTS, TOEFL 550 (paper-based), 79-85 (internet-based)

Program Pascasarjana (S2)

  • Lulus sarjana dari jurusan yang sama (bidang IT)

  • Memiliki pengalaman kerja minimal 5 tahun dalam bidang IT dan Ilmu komputer

  • Bukti kecakapan berbahasa korea dengan menyertakan sertifikat TOPIK (Test of Profiency in Korea)

  • Memiliki kemampuan bahasa inggris dengan dibuktikan oleh sertifikat TOEFL dengan skor minimal 550 atau IELTS dengan skor minimal 5.5

Beberapa syarat masuk kuliah di atas bisa saja berbeda-beda di setiap universitas, tergantung kebijakan universitas masing-masing. Silahkan untuk mengunjungi website universitas terkait secara langsung.

Kenapa Ambil Program Foundation di Korea?

Bagi Anda yang memilih program sarjana (S1) di Korea, bisa mengikuti program foundation Korea. Program ini merupakan program korea dan para orang asing yang hendak melanjutkan pendidikan di negeri gingseng. Bisa dibilang program ini juga disebut Pre-University. Keuntungan mengikuti program ini adalah Anda bisa belajar bahasa korea, kebudayaan korea serta beberapa mata kuliah dasar seperti Matematika dan Bahasa Inggris.

Berapa Lama Durasi Kuliah di Jurusan Ilmu Komputer dan IT di Korea?

Anda yang memilih kuliah di Korea dengan jurusan seputar IT ini rata-rata akan menghabiskan waktu kuliah untuk program sarjana (S1) rata-rata 3 hingga 4 tahun. Untuk program pascasarjana (S2) bisa menghabiskan waktu kuliah hingga 2.5 tahun. Di Korea sendiri, Anda akan menemukan kelas summer (musim panas) dan kelas winter (musim dingin) untuk berkuliah, hal ini berdasarkan musim yang sering terjadi di Korea.

Berapa Biaya Kuliah Jurusan Ilmu Komputer dan IT di Korea?

Setelah membahas mengenai biaya pendidikan dan durasi kuliah di Korea, saatnya Anda mengetahui mengenai beberapa universitas terbaik yang direkomendasikan, serta menawarkan jurusan ilmu komputer dan  IT yang berkualitas. Berikut ini biaya kuliah di beberapa universitas di Korea dengan jurusan Ilmu komputer dan IT :

Program Sarjana (S1)

Untuk program S1 di jurusan Ilmu komputer dan IT di beberapa universitas di Korea seperti  Korea university menawarkan biaya kuliah rata-rata dari USD 10.000 hingga USD 12.000 atau sekitar Rp. 146 jutaan – Rp. 175 jutaan per tahun.

Program Pascasarjana (S2)

Untuk program S2 di jurusan Ilmu komputer dan IT di beberapa universitas di Korea seperti KAIST University menawarkan biaya kuliah rata-rata USD 24.000 hingga USD 26.000 atau sekitar Rp. 350 jutaan hingga Rp. 379 jutaan per tahun.

Biaya kuliah di Korea ternyata cukup mahal juga, tetapi hal ini sebanding dengan kualitas pendidikan yang diberikan serta sarana dan prasarana yang tersedia. Dan tentunya pengalaman dan kehidupan di Korea Selatan yang tidak ada harganya.

Untuk informasi panduan kuliah di Korea selengkapnya disini.

Pilihan Universitas Terbaik di Korea Jurusan Ilmu Komputer dan IT di Korea

Jurusan Ilmu komputer dan IT di Korea merupakan salah satu jurusan yang paling populer dan diminati siswa dari Korea juga dari Internasional. Oleh sebab itu, banyak universitas terbaik di negeri gingseng ini, bahkan beberapa diantaranya menempati top ranking university, menawarkan program pendidikan di jurusan bersangkutan, seperti:

  1. Seoul National University

  2. KAIST – Korea Advanced Institute of Science and Technology

  3. Pohang University of Science and Technology (POSTECH)

  4. Korea University

  5. Sungkyunkwan University

  6. Yonsei University

  7. Hanyang University

  8. Kyung Hee University

Masing-masing universitas di atas, mulai membuka pendaftaran kuliah untuk mahasiswa dan mahasiswi baru sekitar bulan Mei tahun 2019 nanti.



Untuk informasi seputar universitas lainya yang ada di Korea, Anda juga dapat menghubungi Tim EasyUni untuk informasi yang lebih lengkap.

You might be interested in...