Kuliah Teknik di Korea Selatan

Tak hanya budayanya, negara ginseng ini juga dikenal dengan jurusan terbaiknya di bidang teknik!
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Sebagai salah satu negara maju di bidang manufaktur dan teknologi, tak heran jika Korea Selatan memiliki banyak universitas terbaik level dunia yang menawarkan perkuliahan teknik di berbagai bidang. Selain itu, Korea Selatan juga banyak melakukan riset dan penelitian untuk inovasi baru di bidang teknologi maupun manufaktur/produksi yang membuat negara ini seperti ‘surga’ bagi Anda yang memiliki ketertarikan terhadap teknik dan juga teknologi.

Dengan popularitas Korea yang semakin mendunia, tak hanya budayanya yang menjadi sorotan, namun perkembangan teknologi, mulai dari infrastruktur, IT, teknologi dan juga manufaktur hingga nuklir semakin menarik perhatian dunia.

pilihan yang tepat untuk kuliah di korea selatan

Kemajuan teknologi ini tentu saja tak lepas dari kemajuan pendidikan di negeri dan kampus-kampusnya yang berhasil menghasilkan lulusan yang berkontribusi bagi kemajuan teknologi di negeri ini. Tak heran jika semakin banyak mahasiswa asing yang ingin kuliah di Korea Selatan mengambil jurusan teknik di berbagai bidang, baik untuk jenjang S1 hingga S2.

Mengapa Pilih Kuliah Teknik di Korea Selatan?

Ada banyak alasan yang bisa mendasari mengapa banyak pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di Korea Selatan dan mengambil jurusan teknik. Berikut 5 alasan yang seringkali diutarakan dan jadi pertimbangan mengapa memilih kuliah di Korea Selatan.

1. Sistem Pendidikan

Korea Selatan memiliki banyak universitas terbaik kelas dunia yang membuka kuliah di jurusan teknik dalam berbagai bidang. Korea Selatan dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan ketat dan kompetitif, sehingga mahasiswa asing yang belajar di negara ini akan mendapat kualitas pendidikan terbaik yang ditawarkan Korea Selatan.

2. Masyarakat yang Kompetitif

Meski Korea Selatan memiliki banyak universitas bergengsi, namun untuk bisa kuliah di universitas top Korea bukanlah hal yang mudah. Hal ini yang menimbulkan sifat kompetitif yang memacu setiap mahasiswa untuk berusaha sebaik mungkin saat perkuliahan atau melakukan riset. Hal ini tentu saja menghasilkan lulusan terbaik yang siap bekerja dan berkompetensi di bidangnya.

3. Pusat Teknologi Dunia

Bukan rahasia lagi jika Korea Selatan memiliki banyak perusahaan teknologi dan manufaktur yang produk-produknya begitu terkenal di dunia. Sebut saja Samsung, LG di bagian mobile dan smart device, ada juga KIA, Hyundai yang memproduksi mobil dan sebagainya. Belajar di negara yang menjadi pusat teknologi tentu akan memberikan banyak peluang serta eksposur yang baik bagi mahasiswa.

4. Karir Global

Tak sedikit universitas di Korea Selatan yang menjalin kerjasama dengan perusahaan besar di negara tersebut maupun perusahaan asing yang semakin memastikan kesempatan kerja bagi lulusannya. Perusahaan-perusahaan ini biasanya akan merekrut lulusan universitas rekanan sesuai dengan kualifikasi dan juga kebutuhan perusahaannya. Jadi kemungkinan Anda bisa bekerja di Korea Selatan terbuka lebar.

5. Budaya yang Menarik

Terlepas dari sistem pendidikannya yang diakui dunia, Korea Selatan juga memiliki budaya menarik. Mulai dari empat musim, makanan yang beragam, salah satu pusat fashion dunia dan tentu saja k-pop yang menjadi salah satu magnet terbesar wisata di Korea Selatan. Masyarakat lokal juga semakin terbuka terhadap mahasiswa asing, sehingga selama kuliah di Korea Selatan Anda tentu akan mendapat banyak pengalaman menarik.

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Teknik?

Teknik memiliki bidang luas dengan spesialisasi tertentu yang bisa dipilih sesuai keinginan. Mulai dari teknik di bidang pertambangan, nuklir, kimia hingga teknologi informasi, komputer jaringan hingga arsitektur. Akibatnya, ada banyak sekali peluang kerja yang terbuka bagi lulusan teknik.

pekerjaan teknisi komputer di korea selatan
Sumber: Pexels

Beberapa contoh prospek kerja bagi lulusan hukum yang bisa menjadi pilihan karir yang baik untuk masa depan adalah sebagai berikut:

1. Programmer Komputer

Posisi ini bertugas untuk mendesain program software melalui flow chart logis yang kemudian diterjemahkan dalam salah satu bahasa pemrograman yang dimengerti komputer. Pekerjaan ini begitu populer saat ini dan diprediksi akan terus bertambah permintaannya di masa depan seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dunia. Pekerjaan ini cocok bagi lulusan teknik di bidang komputer dan informasi.

2. Developer Aplikasi

Saat ini, aplikasi semakin dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dengan meningkatnya pemakaian smartphone. Pekerjaan sebagai app developer atau pengembang aplikasi merupakan pilihan karir menjanjikan bagi lulusan jurusan teknik komputer dan teknologi di masa depan.

3. Clinical Engineer

Lulusan teknik biomedis bisa menjadi clinical engineer yang bertugas pada kegiatan pelayanan kesehatan, seperti memilih alat kesehatan yang sesuai, menyusun prosedur untuk pemeliharaan berbagai peralatan kesehatan di klinik maupun rumah sakit dan sebagainya.

4. Insinyur Konstruksi

Pekerjaan ini bisa diisi oleh lulusan teknik sipil. Posisi ini merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap desain, manajemen dan supervisi berbagai proyek konstruksi. Dalam melakukan pekerjaannya, insinyur konstruksi bekerja sama dengan bidang profesi lainnya seperti arsitek, surveyor, manajer konstruksi dan bagian perencanaan.

5. Drafter

Pekerjaan yang satu ini juga bisa ditekuni oleh lulusan teknik sipil. Drafter merupakan pekerja yang bertugas untuk membuat gambar detail yang dijadikan acuan dalam melakukan pembangunan di lapangan. Gambar perencanaan bangunan yang dibuat drafter bisa juga digunakan sebagai pedoman menghitung rencana biaya anggaran bangunan dan pelaksanaan pembangunan.

6. Biomedical Design Engineer

Posisi ini tak hanya memiliki keterampilan di bidang pelayanan kesehatan, namun lulusan jurusan teknik biomedis juga dapat bertindak sebagai desainer maupun pengembang perangkat biomedis sesuai kebutuhan.

Universitas Terbaik di Korea Selatan untuk Kuliah Teknik

Memilih universitas terbaik merupakan langkah utama yang penting saat memutuskan untuk kuliah di luar negeri agar mendapat pendidikan terbaik. Sebagai salah satu negara dengan industri manufaktur dan teknologi yang terus tumbuh, Korea Selatan memiliki banyak universitas bergengsi yang menawarkan kuliah di jurusan teknik.

Dilansir dari QS World University Rankings 2018 berikut ini adalah 5 universitas terbaik di Korea Selatan untuk jurusan teknik yang bisa jadi tujuan kuliah Anda.

universitas KAIST top di korea selatan
Sumber: KAIST University

1. KAIST – Korea Advanced Institute of Science & Technology

Universitas yang terletak di Daejeon, Korea Selatan ini merupakan universitas negeri yang berfokus pada sains dan teknik berbasis research. Berdiri pada tahun 1971, KAIST menjadi salah satu universitas bergengsi di Korea yang memiliki banyak sekali peminat.

KAIST juga memiliki program double degree dengan universitas rekanan yang ada di berbagai negara. Seperti misalnya Technical University of Denmark, Georgia Institute of Technology, Carnegie Mellon University, Technical University of Munich dan Technical University of Berlin.

Reputasi KAIST dalam jurusan teknik dan sains memiliki reputasi yang diakui dunia. Kota Daejeon tempat kampus ini berada dijuluki sebagai Silicon Valley-nya Korea karena ada banyak lokasi riset pemerintah.

Di universitas ini hampir semua kelas disampaikan dalam bahasa Inggris. Namun kemampuan bahasa Korea juga tetap dibutuhkan, terutama bagi yang berminat kuliah S1 teknik di KAIST wajib memiliki sertifikasi TOPIK tingkat 2, sedangkan untuk S2 dan S3 tidak ada syarat bahasa khusus. Di KAIST juga dilakukan berbagai riset dan penelitian dengan topik tertentu sesuai badan atau lembaga yang membiayai.

2. Seoul National University

Seoul National University ini berada di Seoul, ibukota Korea Selatan dan merupakan universitas terbaik di Korea. Universitas yang berdiri sejak tahun 1946 ini merupakan universitas negeri pertama sekaligus universitas paling bergengsi se-Korea.

Universitas ini juga tergabung dalam kelompok universitas terkemuka di Korea yang dikenal dengan nama SKY University yang anggotanya terdiri dari universitas-universitas top di Korea, seperti Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Pohang University of Science and Technology (POSTECH) dan Yonsei University.

Teknik merupakan salah satu jurusan populer yang banyak diincar calon mahasiswa. Jadi tak heran jika untuk masuk ke universitas ini sangat kompetitif.

3. Pohang University of Science and Technology (POSTECH)

Universitas swasta yang didirikan pada tahun 1986 di Pohang oleh POSCO yang merupakan salah satu perusahaan baja terkenal di dunia dengan tujuan untuk menyediakan pendidikan intensif dan maju untuk bidang sains dan juga teknologi.

POSTECH telah lama diakui sebagai salah satu universitas paling menjanjikan untuk periset di seluruh dunia. Di POSTECH, jumlah mahasiswa master lebih banyak dibandingkan S1, menyediakan asrama kampus dan lingkungan kampus yang kondusif dan berkualitas tinggi dari setiap aspek.

POSTECH juga termasuk salah satu universitas yang memberikan beasiswa dengan jumlah tertinggi di Korea yang membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin belajar tak peduli background ekonominya. Universitas ini melakukan banyak penelitian di bidang sains, material, kimia dan juga fisika.

Di universitas ini ada banyak sekali jurusan teknik yang bisa dipilih untuk jenjang S1-S2. Sebut saja teknik kimia, teknik creative IT (CiTE), teknik komputer dan masih banyak lainnya.

4. Korea University

Korea University merupakan salah satu universitas tertua dan bergengsi di Korea Selatan yang sudah berdiri sejak tahun 1905. Terletak di Seoul, universitas ini memiliki sistem pendidikan level internasional yang diakui secara luas.

Jurusan teknik menjadi salah satu jurusan primadona di universitas ini beserta jurusan hukum, kedokteran, dan administrasi bisnis. Khusus untuk jurusan teknik, tersedia banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan minat. Sebut saja biomedical engineering, teknik komputer dan komunikasi, computer and science engineering, material science dan engineering, chemical engineering and biological engineering, civil environmental; architectural engineering dan masih banyak lainnya.

5. Yonsei University

Universitas yang masuk dalam list kategori SKY University ini merupakan universitas swasta yang juga aktif melakukan penelitian ilmiah dan masuk dalam list universitas bergengsi di Korea Selatan. Yonsei University didirikan pada tahun 1885 dan termasuk salah satu universitas tertua di Korea Selatan.

Bagi masyarakat lokal, kuliah di Yonsei University dianggap sangat prestisius karena akan sangat berpengaruh pada karir dan status sosial.Teknik menjadi salah satu jurusan yang populer di universitas ini dan terbuka bagi mahasiswa asing yang ingin mendaftar.

Biaya Kuliah di Korea Selatan

Biaya yang harus dibayar untuk menempuh pendidikan S1 hingga S3 di Korea Selatan untuk jurusan hukum tergantung pada universitas yang dipilih. Disarankan untuk selalu mengecek biaya kuliah secara terperinci di universitas yang dituju. Hal ini karena terkadang biaya kuliah di setiap universitas bisa berbeda-beda, terutama untuk mahasiswa asing.

Berikut ini merupakan perkiraan rata-rata biaya pendidikan untuk program gelar sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) di Korea Selatan bagi mahasiswa Indonesia.

Kualifikasi

Universitas Negeri Nasional

Universitas Swasta

S1

27-62 juta / semester

34-40 juta / semester

S2

33-70 juta / semester

50-98 juta / semester

Perlu diperhatikan jika umumnya universitas di Korea mewajibkan mahasiswa internasional untuk memiliki asuransi kesehatan per bulan. Ada juga biaya modul (materi kuliah) hingga akses ke berbagai fasilitas yang mungkin dikenakan biaya tambahan oleh universitas. Oleh karena itu dianjurkan untuk double check ke universitas bersangkutan mengenai biaya-biaya yang harus dibayar mahasiswa asing.

Sudah siap untuk kuliah teknik di Korea Selatan? Jangan ragu untuk menghubungi EasyUni jika Anda memiliki pertanyaan atau butuh referensi lebih banyak mengenai kuliah di luar negeri.

You might be interested in...