Kuliah Bahasa dan Sastra di Korea Selatan

Tak hanya kualitas pendidikannya saja yang menggiurkan, prospek kerjanya juga bagus lho!
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Dengan popularitas Korea yang semakin mendunia, tak hanya ekonominya saja yang menjadi sorotan dunia, namun budaya dan juga bahasanya semakin menarik perhatian.

Apalagi didukung dengan k-wave yang terus tersebar ke seluruh dunia. Musik, film dan drama Korea semakin digemari dan menimbulkan keinginan besar untuk belajar bahasa Korea.

Semakin banyak calon mahasiswa yang ingin belajar bahasa dan sastra di Korea akhir-akhir ini. Namun ternyata jurusan bahasa dan sastra Korea maupun bahasa-bahasa asing lainnya sudah banyak tersedia di universitas-universitas top di Korea, lho!

Belajar bahasa Korea di negara asalnya tentu lebih berasa bukan? Selain itu, tersedia juga jurusan untuk bahasa asing lainnya. Tak heran jika semakin banyak mahasiswa asing yang ingin kuliah di Korea Selatan mengambil jurusan bahasa dan sastra baik untuk jenjang S1 bahkan hingga S2.

kuliah di korea selatan
Sumber: Pixabay

Mengapa Pilih Kuliah Bahasa dan Sastra di Korea Selatan?

Ada banyak alasan yang bisa mendasari mengapa banyak pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di Korea Selatan dan mengambil jurusan bahasa dan sastra. Berikut 5 alasan yang seringkali diutarakan dan jadi pertimbangan mengapa memilih kuliah di Korea Selatan.

1. Lebih Cepat Fasih

Anda pasti tahu kan jika belajar bahasa asing langsung di negaranya maka kemampuan untuk bisa lancar berbahasa tersebut semakin besar karena Anda secara tidak langsung ‘dipaksa’ untuk menggunakan bahasa tersebut dalam aktivitas sehari-hari.

Jika Anda mengambil jurusan bahasa dan sastra Korea, tentu akan sangat mudah mempraktekkan materi kuliah, serta bisa mengasah kemampuan bahasa Anda setiap saat karena semua orang pasti menggunakan bahasa tersebut.

2. Belajar Budaya Baru

Mempelajari bahasa asing juga berarti mempelajari sejarah dan budaya suatu negara. Selain bagian dari kelulusan, namun mempelajari budaya baru tentu akan memperkaya wawasan dan meningkatkan kemampuan sosial di tengah masyarakat.

Hal ini akan menambah perspektif baru maupun kemampuan untuk menghargai budaya negara lain dan menjadi pemacu untuk menghormati orang dari negara lain dan menguasai bahasanya untuk kepentingan yang diinginkan. Apakah ingin bekerja di negara tersebut atau menyebarkan kemampuan bahasa asing di negara asal?

3. Kesempatan Kerja Terbuka Lebar

Semakin populernya Korea membuka lebar banyak bidang pekerjaan baru untuk lulusan yang bisa berbahasa Korea maupun bahasa asing lainnya dengan baik. Mari ambil contoh untuk bahasa Korea. Kebutuhan terhadap orang yang fasih bahasa Korea sangat tinggi di Indonesia.

Bisa untuk translator bagi artis-artis yang datang ke Indonesia, translator bagi perusahaan Korea yang beroperasi di Indonesia, penulis berita artis-artis Korea dan sebagainya. Selain itu minat masyarakat Indonesia untuk belajar bahasa Korea juga semakin tinggi, menjadi guru bimbingan maupun membuka les privat tentu bisa jadi pilihan.

4. Karir Global

Dengan kemampuan bahasa asing yang mumpuni, lulusan jurusan ini juga memiliki kesempatan untuk berkarir di Korea Selatan atau negara lain. Selain itu tak sedikit universitas di Korea Selatan yang menjalin kerjasama dengan perusahaan besar di negara tersebut maupun perusahaan asing untuk merekrut lulusan dari universitasnya. Hal ini tentu memperbesar kesempatan untuk bisa bekerja secara global.

5. Masyarakat Multikultural

Meski bahasa Korea adalah bahasa resmi di negara ini, namun dengan banyaknya orang asing yang datang untuk liburan atau belajar di negara ini membuat Korea semakin multikultural. Hal ini juga akan sangat membantu mahasiswa untuk belajar banyak bahasa baru, mempelajari budaya baru serta mempraktekkan bahasa asing yang dipelajari agar cepat fasih dan bisa lulus kuliah dengan baik.

Universitas Terbaik di Korea Selatan untuk Kuliah Bahasa dan Sastra

Tertarik untuk kuliah bahasa dan sastra di Korea Selatan? Pastikan untuk memilih universitas terbaik agar mendapat pendidikan yang terbaik pula. Apakah ingin mempelajari bahasa Korea atau bahasa lainnya, ada banyak universitas di Korea yang bisa dijadikan tujuan untuk melanjutkan pendidikan.

Berikut ini adalah 5 universitas terbaik di Korea Selatan untuk jurusan bahasa dan sastra yang bisa jadi referensi tujuan kuliah Anda.

1. Hankuk University of Foreign Studies (HUFS)

Universitas swasta yang terletak di Seoul ini berdiri sejak tahun 1954 untuk mengajarkan berbagai bahasa asing setelah Perang Korea berakhir. Selain kampus di Seoul, universitas ini juga memiliki kampus di Yongin.

Hankuk University of Foreign Studies memiliki 60 departemen dan menawarkan perkuliahan dengan 53 jurusan bahasa di dunia! Universitas ini termasuk dalam universitas terbaik di Korea, terutama di bidang bahasa asing dan ilmu sosial.

Universitas ini juga memiliki program pertukaran pelajar dengan 431 universitas dan 139 institusi di 88 negara di dunia! HUFS juga memiliki sistem evaluasi dan sertifikasi kemahiran bahasa yang dinamakan FLEX (Foreign Language EXamination). Semua mahasiswa yang mengambil double major harus mendapatkan nilai FLEX tertentu untuk bisa lulus dari universitas ini.

Semua mahasiswa yang mengambil jurusan bahasa dan sastra juga harus mengikuti ujian untuk sertifikasi dan diharuskan lulus dan fasih dalam jurusan bahasa yang diambil. Saat ini terdapat 26 bahasa asing yang tersedia tesnya di FLEX dan universitas ini berencana menambah hingga 26 bahasa lainnya di masa depan. Tes bahasa yang tersedia misalnya bahasa Inggris, Mandarin, Jerman, Rusia, Turki, India, Vietnam, Belanda dan masih banyak lainnya.

seoul national university di korea selatan
Sumber: Hankuk

2. Seoul National University

Seoul National University ini berada di Seoul, ibukota Korea Selatan dan merupakan universitas terbaik di Korea. Universitas yang berdiri sejak tahun 1946 ini merupakan universitas negeri pertama sekaligus universitas paling bergengsi se-Korea.

Universitas ini juga tergabung dalam kelompok universitas terkemuka di Korea yang dikenal dengan nama SKY University yang anggotanya terdiri dari universitas-universitas top di Korea, seperti Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dan Pohang University of Science and Technology (POSTECH).

Universitas ini memiliki Korean Language Education Center yang menyediakan pendidikan bahasa Korea bagi orang asing. Program bahasa di Seoul National University ini merupakan satu dari tiga program bahasa Korea yang diapprove oleh Blakemore Foundation.

3. Pusan National University

Universitas yang juga sering disebut dengan nama Busan National University ini masuk ke dalam list 10 universitas terbaik di Korea Selatan. Terletak di Busan, universitas ini pertama kali berdiri di tahun 1946.

Ada banyak jurusan yang tersedia di universitas ini, termasuk di dalamnya jurusan bahasa dan sastra.

Jurusan yang tersedia antara lain bahasa dan sastra Korea, bahasa dan sastra Rusia, bahasa dan sastra Jerman, bahasa dan sastra Perancis, Linguistik, bahasa dan sastra Inggris, bahasa dan sastra Jepang, bahasa dan sastra China dan sastra Korea dengan aksara China.

Jurusan bahasa dan sastra ini berada di bawah Departemen Bahasa dan Sastra Korea yang terbentuk di tahun 1948.

4. Ewha Womans University

Ewha Womans University yang berdiri sejak tahun 1886 ini merupakan lembaga pendidikan khusus wanita terbesar di dunia dan termasuk universitas top di Korea Selatan.

Universitas ini berkolaborasi dengan 830 universitas partner di 64 negara di dunia, termasuk Harvard University, University of South Carolina, Peking University, Nanyang Technological University, University of Kuala Lumpur, University of British Columbia, King’s College London, Australian National University, University of California, University of Hong Kong dan masih banyak lainnya.

Universitas khusus wanita ini memiliki banyak jurusan yang tersedia, termasuk bahasa dan sastra yang berada di divisi Liberal Arts. Jurusan yang tersedia untuk bidang ini yaitu Korean Language & Literature, Chinese Language & Literature, English Language & Literature, French Language & Literature danGerman Language & Literature.

5. Sogang University

Universitas yang berdiri sejak tahun 1960 di Seoul dengan dasar pendidikan jesuit ini memiliki fakultas humaniora dan budaya internasional yang menawarkan perkuliahan di bidang bahasa dan sastra.

Jurusan yang ditawarkan pun beragam, seperti bahasa dan sastra Korea, bahasa Eropa dan budaya, budaya Jerman, budaya China, budaya Perancis, budaya Jepang dan literatur Inggris & ilmu bahasa.

Sogang University termasuk dalam top 3 universitas swasta terbaik di Korea Selatan dan nomor 4 untuk universitas terbaik se Korea Selatan.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Bahasa dan Sastra

Siapa bilang lulusan jurusan bahasa dan sastra tidak ada prospek kerja yang cerah? Pendapat tersebut benar-benar salah! Di era globalisasi yang semakin cepat dengan perubahan teknologi di dunia ini membutuhkan banyak profesional yang fasih di berbagai bahasa untuk berbagai posisi pekerjaan.

Beberapa contoh prospek kerja bagi lulusan bahasa dan sastra yang bisa menjadi pilihan karir yang baik untuk masa depan adalah sebagai berikut:

  • Translator. Ada banyak industri yang membutuhkan penerjemah dari bahasa asing ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya. Penerjemah biasanya dibutuhkan di perusahaan multinasional yang memiliki cabang maupun transaksi dengan perusahaan di luar negeri. Saat ini translator juga sia merambah bidang lain yang terkesan lebih santai namun penghasilannya juga tetap menjanjikan. Misalnya menjadi penerjemah lepas, penerjemah untuk artis-artis Korea yang datang ke Indonesia dan sebagainya.

  • Penulis / Editor. Lulusan bahasa dan sastra asing juga bisa menjadi  penulis baik di media cetak maupun digital. Banyak sekali berita maupun naskah yang bisa diterjemahkan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya. Bisa juga menulis buku sendiri mengenai pengalaman selama kuliah di Korea atau tulisan fiksi.

  • Wartawan. Kemampuan bahasa yang baik juga bisa membuka peluang Anda untuk berkarir sebagai wartawan lho!

  • Pramugari. Dengan kemampuan bahasa asing, bukan tidak mungkin Anda bekerja di perusahaan maskapai penerbangan sebagai pramugari yang harus bertemu dengan penumpang dari berbagai wilayah di dunia.

  • Staf Diplomatik. Tak hanya lulusan hubungan internasional saja yang bisa bekerja di kantor konsulat luar negeri, namun lulusan bahasa dan sastra juga dibutuhkan lho!

Biaya Kuliah di Korea Selatan

Biaya yang harus dibayar untuk menempuh pendidikan S1 hingga S2 di Korea Selatan untuk jurusan hukum tergantung pada universitas yang dipilih. Disarankan untuk selalu mengecek biaya kuliah secara terperinci di universitas yang dituju. Hal ini karena terkadang biaya kuliah di setiap universitas bisa berbeda-beda, terutama untuk mahasiswa asing.

Berikut ini merupakan perkiraan rata-rata biaya pendidikan untuk program gelar sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) di Korea Selatan bagi mahasiswa Indonesia.

Kualifikasi

Universitas Negeri Nasional

Universitas Swasta

S1

27-62 juta / semester

34-40 juta / semester

S2

33-70 juta / semester

50-98 juta / semester

Perlu diperhatikan jika umumnya universitas di Korea mewajibkan mahasiswa internasional untuk memiliki asuransi kesehatan per bulan. Ada juga biaya modul (materi kuliah) hingga akses ke berbagai fasilitas yang mungkin dikenakan biaya tambahan oleh universitas.

Oleh karena itu dianjurkan untuk double check ke universitas bersangkutan mengenai biaya-biaya yang harus dibayar mahasiswa asing.

Sudah mantap untuk kuliah bahasa dan sastra di Korea Selatan? Jangan ragu untuk menghubungi EasyUni jika Anda memiliki pertanyaan atau butuh referensi lebih banyak mengenai kuliah di Korea Selatan ya.

You might be interested in...