Kuliah Hukum di Korea Selatan

Naiknya jumlah perusahaan asing dari Korea Selatan yang berinvestasi di tanah air meningkatkan keperluan untuk mengetahui hukum negaranya…
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Korea Selatan kini semakin diminati sebagai tujuan untuk melanjutkan pendidikan. Bukan hanya karena budaya K-wave yang populer di dunia, namun Korea Selatan juga dikenal memiliki banyak universitas kelas dunia yang telah diakui secara internasional.

suasana pemandangan di kota besar krorea selatan
Sumber: Pixabay

Dari sekian banyak jurusan yang tersedia di universitas yang ada di Korea Selatan, jurusan hukum termasuk salah satu jurusan favorit di negara ini. Dilansir dari QS World University Rankings 2018, ada enam universitas terbaik untuk jurusan hukum yang berada di Korea Selatan.

Selain itu, Korea Selatan dikenal sebagai salah satu negara yang ramah terhadap mahasiswa asing dari berbagai sisi, seperti biaya kuliah, akomodasi, makanan hingga budaya yang terbuka terhadap mahasiswa asing. Tak heran banyak pelajar Indonesia yang memutuskan untuk kuliah di Korea Selatan dan mengambil jurusan hukum, baik untuk jenjang S1 maupun S2.

Mengapa Pilih Kuliah Hukum di Korea Selatan?

Ada banyak alasan yang bisa mendasari mengapa banyak pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di Korea Selatan dan mengambil jurusan hukum. Berikut 5 alasan yang seringkali diutarakan dan jadi pertimbangan mengapa memilih kuliah di Korea Selatan.

1. Sistem Pendidikan

Seperti disebutkan di atas, Korea Selatan memiliki banyak universitas terbaik kelas dunia yang membuka kuliah di jurusan hukum. Hal ini merupakan salah satu indikasi jika sistem pendidikan Korea Selatan terbukti berkualitas dan sesuai dengan perkembangan jaman. Korea Selatan dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan ketat dan kompetitif, sehingga mahasiswa asing yang belajar di negara ini akan mendapat kualitas pendidikan terbaik yang ditawarkan Korea Selatan.

2. Karir Global

Tak sedikit universitas di Korea Selatan yang menjalin kerjasama dengan perusahaan besar di negara tersebut maupun perusahaan asing yang semakin memastikan kesempatan kerja bagi lulusannya. Perusahaan-perusahaan ini biasanya akan merekrut lulusan universitas rekanan sesuai dengan kualifikasi dan juga kebutuhan perusahaannya. Selain itu, lulusan hukum dari universitas di Korea Selatan juga bisa berkarir di dalam maupun luar negeri sesuai dengan kompetensi karena ijazah dan gelar yang diakui secara global.

3. Budaya yang Menarik

Terlepas dari sistem pendidikannya yang diakui, Korea Selatan juga memiliki budaya menarik. Mulai dari empat musim yang tentunya tidak ditemukan di Indonesia, makanan yang beragam, teknologi yang berkembang pesat, salah satu pusat fashion dunia dan tentu saja k-pop yang menjadi salah satu magnet terbesar wisata di Korea Selatan. Semua bisa dinikmati dalam dinamika masyarakat lokal yang semakin terbuka terhadap mahasiswa asing, sehingga selama kuliah di negara ini Anda akan mendapat banyak pengalaman menarik.

4. Kualitas Pendidikan

Tak perlu diragukan lagi jika Korea Selatan memiliki kualitas pendidikan berkelas internasional dan terbaik. Seoul National University misalnya. Universitas terbaik di Korea Selatan ini memiliki banyak jurusan terbaik yang jadi incaran calon mahasiswa, termasuk di dalamnya jurusan hukum yang sering melahirkan pemimpin-pemimpin terkenal di Korea Selatan.

5. Kesempatan Bekerja di Perusahaan Korea

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan Korea Selatan yang melakukan investasi di Indonesia. Hal ini membutuhkan profesional yang mengerti hukum yang berlaku di Korea dan juga Indonesia. Tak heran jika banyak calon mahasiswa yang ingin kuliah hukum di Korea untuk meningkatkan kesempatan bisa bekerja di perusahaan Korea.

Universitas Terbaik di Korea Selatan untuk Kuliah Hukum

kuliah hukum di korea dengan buku tebal
Sumber: Pixabay

Memilih universitas terbaik merupakan langkah utama yang penting saat memutuskan untuk kuliah di luar negeri agar mendapat pendidikan terbaik, sesuai dengan biaya yang akan dikeluarkan. Korea Selatan memiliki banyak universitas bergengsi yang menawarkan kuliah  di jurusan hukum.

Dilansir dari QS World University Rankings 2018 berikut ini adalah 5 universitas terbaik di Korea Selatan untuk jurusan hukum.

1. Seoul National University

Seoul National University ini berada di Seoul, ibukota Korea Selatan dan merupakan universitas terbaik di Korea. Universitas yang berdiri sejak tahun 1946 ini merupakan universitas negeri pertama sekaligus universitas paling bergengsi se-Korea untuk jenjang pendidikan S1 hingga S3.

Universitas ini juga tergabung dalam kelompok universitas terkemuka di Korea yang dikenal dengan nama SKY University yang anggotanya terdiri dari universitas top Korea, seperti Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dan Yonsei University.

Hukum merupakan salah satu jurusan yang terdapat di universitas ini. Di Korea sendiri, lulusan dari universitas ini biasanya menjadi pemimpin di Korea maupun komunitas internasional. Kuliah menggunakan bahasa Inggris di beberapa kelas juga menjadi salah satu poin plus universitas yang menawarkan pendidikan kelas dunia ini.

2. Korea University

Terletak di Seoul, Korea University merupakan salah satu universitas tertua dan bergengsi di Korea Selatan yang sudah berdiri sejak tahun 1905. Universitas ini merupakan universitas swasta pertama di Korea yang dibiayai secara penuh oleh orang asli Korea.

Jurusan hukum menjadi salah satu primadona di universitas ini beserta jurusan kedokteran, teknik, dan administrasi bisnis. Arsitektur kampus yang terletak di jantung kota Seoul ini sangat menarik; Gothic style ala Abad Pertengahan Eropa. Di dalam universitas ini tersedia fasilitas lengkap yang mendukung pendidikan serta penelitian yang dilakukan mahasiswa S1 hingga S3.

3. Sungkyunkwan University

Sungkyunkwan University adalah universitas swasta yang memiliki berbagai penelitian komprehensif di berbagai bidang. Universitas ini didirikan pada tahun 1398 oleh Dinasti Joseon di jantung Kota Seoul.

Universitas yang juga masuk dalam warisan budaya Korea Selatan ini benar-benar berfokus pada penelitian dan pengembangan teknologi yang menjadi ‘surga’ bagi mahasiswa yang ingin menjadi ilmuwan di berbagai bidang.

Penelitian di universitas ini dibiayai oleh berbagai sponsor besar seperti Samsung, Hyundai dan lembaga pemerintah. Universitas ini dikenal menghasilkan ilmuwan kelas dunia dengan penemuan-penemuan terbaik yang berkontribusi bagi dunia.

4. Yonsei University

Universitas yang masuk dalam list kategori SKY University ini merupakan universitas swasta yang juga aktif melakukan penelitian ilmiah dan masuk dalam list universitas bergengsi di Korea Selatan. Yonsei University didirikan pada tahun 1885 dan termasuk salah satu universitas tertua di Korea Selatan.

Bagi masyarakat lokal, kuliah di Yonsei University dianggap sangat prestisius karena akan sangat berpengaruh pada karir dan status sosial. Hukum menjadi salah satu jurusan yang menarik di universitas ini dan terbuka bagi mahasiswa asing yang ingin mendaftar.

Yang kerennya, universitas ini memiliki ratusan klub mahasiswa aktif dan juga asrama keren bagi mahasiswanya yang ada di Yonsei International Campus yang terletak di Songdo.

5. Hanyang University (urutan ke 151-200)

Universitas swasta yang terletak di Seoul ini dikenal sebagai salah satu universitas terbaik di Korea, terutama di bidang teknik. Universitas ini awalnya bernama DongA Engineering Institute dan berdiri pada tahun 1939, lalu menjadi Hanyang University yang diambil dari nama ibukota Korea saat Dinasti Joseon. Saat ini, universitas ini memiliki dua lokasi kampus; satu di Seoul dan lainnya di Ansan.

Universitas yang juga banyak melakukan penelitian ilmiah ini setiap tahunnya menerima ribuan mahasiswa asing yang ingin belajar di universitas bergengsi di Korea ini dan memiliki lebih dari 700 universitas rekanan di 76 negara di dunia.

Hanyang University secara aktif melakukan banyak penelitian di bidang lingkungan, ilmu biologi, kedokteran, sumber daya alam, media dan komunikasi serta administrasi bisnis. Hukum juga termasuk jurusan populer yang ditawarkan oleh universitas ini.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Hukum

Sudah bukan rahasia umum lagi jika hukum merupakan salah satu jurusan bergengsi yang diincar pelajar di seluruh dunia. Pekerjaan bagi lulusan hukum pun banyak yang dianggap bergengsi dan bisa menaikkan status sosial seseorang.

Secara umum, lulusan hukum baik dari universitas dalam maupun luar negeri memiliki prospek kerja yang cerah dan mencakup industri yang luas. Pekerjaan di bidang hukum sangat bervariasi dan bagi lulusan dari Korea Selatan tentu ada peluang untuk bisa bekerja di negara tersebut atau di negara lainnya. Hal ini karena ijazah dari universitas top Korea sudah diakui secara global dan memiliki reputasi baik dalam menghasilkan lulusan yang berkompetensi di bidangnya masing-masing.

Beberapa contoh prospek kerja bagi lulusan hukum yang bisa menjadi pilihan karir yang baik untuk masa depan adalah sebagai berikut:

  • Pengacara. Profesi yang satu ini merupakan profesi idaman lulusan hukum di mana pun. Namun dibutuhkan masa pendidikan tambahan hingga magang untuk bisa menjadi advokat secara resmi di Indonesia. Namun pekerjaan ini tetap saja diminati dan menjadi salah satu pekerjaan impian bagi lulusan jurusan ini.

  • Notaris. Sama seperti pengacara, untuk menjadi seorang notaris juga diperlukan persyaratan tambahan selain lulus S1. Anda harus mengambil kuliah Magister Kenotariatan selama 2 tahun terlebih dahulu, lalu mendaftar ke Ikatan Notaris Indonesia (INI) yang dilanjutkan dengan ikut ujian Kode Etik dan jika lulus baru akan diangkat sebagai notaris resmi. Panjang memang prosesnya, namun pekerjaan yang satu ini juga tak kalah bergengsi lho!

  • Hakim. Profesi yang sangat populer di bidang hukum ini juga bisa jadi pilihan karir cemerlang. Anda perlu mengikuti Pendidikan Hakim yang diadakan oleh Mahkamah Agung berupa pendidikan dan juga pelatihan (diklat) setelah lulus jurusan hukum jika ingin menjadi hakim di berbagai pengadilan di Indonesia.

  • Jaksa. Profesi yang satu ini juga tak kalah menariknya di bidang hukum. Menjadi jaksa di Indonesia juga harus mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) yang diselenggarakan oleh Kejaksaan.

  • Staf Legal. Pekerjaan yang ini bisa langsung dilakoni begitu lulus S1, tak perlu kuliah tambahan. Hampir semua perusahaan bahkan instansi pemerintahan membutuhkan staf legal yang mengurusi operasional kantor/instansi agar sesuai dengan hukum yang berlaku.

Biaya Kuliah di Korea Selatan

Biaya yang harus dibayar untuk menempuh pendidikan S1 hingga S3 di Korea Selatan untuk jurusan hukum tergantung pada universitas yang dipilih. Disarankan untuk selalu mengecek biaya kuliah secara terperinci di universitas yang dituju. Hal ini karena terkadang biaya kuliah di setiap universitas bisa berbeda-beda, terutama untuk mahasiswa asing.

Berikut ini merupakan perkiraan rata-rata biaya pendidikan untuk program gelar sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) jurusan hukum di Korea Selatan bagi mahasiswa asing.

Kualifikasi

Universitas Negeri & Nasional

Universitas Swasta

S1

27-62 juta / semester

34-40 juta / semester

S2

33-70 juta / semester

50-98 juta / semester

Perlu diperhatikan jika umumnya universitas di Korea mewajibkan mahasiswa internasional untuk memiliki asuransi kesehatan per bulan. Ada juga biaya modul (materi kuliah) hingga akses ke berbagai fasilitas yang mungkin dikenakan biaya tambahan oleh universitas.


Sudah siap untuk kuliah hukum di Korea Selatan? Atau masih ingin tahu lebih lanjut mengenai serba serbi kuliah di Korea Selatan? Jangan ragu untuk menghubungi EasyUni jika Anda memiliki pertanyaan atau butuh referensi lebih banyak mengenai jurusan ini.

You might be interested in...