Kuliah Jurusan Arsitektur di Amerika Serikat

Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

arsitektur di amerika

Perkenalan
Apa itu Jurusan Arsitektur
Alasan kuliah jurusan Arsitektur
Yang dipelajari dalam jurusan Arsitektur
Keterampilan yang diperlukan Arsitek
Spesialisasi dalam jurusan Arsitektur
Keterampilan yang diperlukan Arsitek
Universitas terbaik di Amerika
Prospek kerja lulusan jurusan Arsitektur
Durasi kuliah jurusan Arsitektur
Persyaratan kuliah jurusan Arsitektur
Biaya kuliah di Amerika jurusan Arsitektur
FAQ atau pertanyaan umum

 

Arsitektur merupakan ilmu yang mempelajari mengenai perancangan bangunan. Beberapa ahli dan praktisi di bidang arsitektur belakangan ini memperluas definisi tersebut menjadi tidak hanya bangunan, namun juga lingkungan binaan.

Lingkup studi arsitektur saat ini telah diperluas. Selain merancang bangunan, perancangan berbagai lingkungan binaan seperti ruang terbuka, lansekap, bahkan perancangan fisik kota, telah termasuk ke dalam lingkup studi arsitektur.

 

Apa itu Jurusan Arsitektur?

apa yang dipelajari ilmu arsitektur

Arsitektur merupakan ilmu yang mempelajari mengenai perancangan bangunan. Beberapa ahli dan praktisi di bidang arsitektur belakangan ini memperluas definisi tersebut menjadi tidak hanya bangunan, namun juga lingkungan binaan.

Lingkup studi arsitektur saat ini telah diperluas. Selain merancang bangunan, perancangan berbagai lingkungan binaan seperti ruang terbuka, lansekap, bahkan perancangan fisik kota, telah termasuk ke dalam lingkup studi arsitektur.

Secara umum, arsitektur termasuk ke dalam disiplin teknik. Akan tetapi, arsitektur tidak sepenuhnya mempelajari aspek keteknikan dari suatu bangunan, namun juga aspek seni atau estetika dari bangunan tersebut.

Baca juga: Panduan lengkap jurusan Arsitektur

Di Indonesia, disiplin ilmu arsitektur merupakan salah satu yang telah lama berkembang. Sejak zaman kolonial Belanda, arsitek Belanda telah banyak membuat bangunan dengan ciri khas kolonial Hindia Belanda yang dirancang untuk beradaptasi dengan iklim tropis di Indonesia.

Hal ini membuat lulusan jurusan arsitektur telah diakui di Indonesia sejak lama dan banyak dibutuhkan oleh berbagai bidang, seperti pemerintah, BUMN, atau swasta. Selain itu, banyak juga lulusan jurusan arsitektur yang bekerja merancang bangunan secara pribadi atau membuka biro arsitektur sendiri.

Apabila anda berkeinginan untuk melanjutkan studi ke jurusan arsitektur, Amerika Serikat merupakan salah satu pilihan yang dapat dijadikan pertimbangan. Amerika Serikat memiliki beberapa pilihan universitas yang menyediakan jurusan teknik kelas dunia, khususnya arsitektur.

Lulusan jurusan arsitektur dari Amerika Serikat akan memiliki keahlian yang cukup untuk dapat berkarir dalam bidang keteknikan, khususnya teknologi dan perancangan bangunan. Melalui karir di bidang tersebut, anda akan mendapat banyak keuntungan baik secara personal maupun profesional.

Baca juga jurusan terkait: Kuliah jurusan Seni Kreatif dan Desain di Amerika

 

Mengapa Kuliah di Jurusan Arsitektur di Amerika Serikat?

kuliah di amerika

Berikut beberapa alasan untuk melanjutkan kuliah jurusan arsitektur di Amerika Serikat:

1. Sejarah Arsitektur yang Beragam dari Masa ke Masa

Amerika Serikat merupakan negara dengan sejarah yang relatif muda. Akan tetapi, dalam waktu singkat tersebut telah terdapat banyak karya arsitektur yang dihasilkan dengan karakteristik yang berbeda-beda pula dari masa ke masa. 

Sejarah arsitektur di Amerika Serikat dimulai pada masa pra kemerdekaan, kemudian dilanjutkan dengan arsitektur neoklasik yang banyak mengadaptasi bangunan Yunani kuno. Setelah memasuki akhir abad ke-19, gaya arsitektur di Amerika Serikat didominasi oleh pencakar langit dan arsitektur postmodernisme setelahnya.

2. Berbagai Rancangan Bangunan Ternama

Amerika Serikat banyak melahirkan berbagai rancangan bangunan yang memperoleh pengakuan internasional. Salah satu contoh terkenal di antaranya adalah Empire State Building, pencakar langit terkenal yang terletak di New York City.

Selain pencakar langit, salah satu contoh bangunan lain dengan rancangan yang berkarakter adalah Museum Solomon R. Guggenheim yang terletak di New York City.

Apabila anda memutuskan untuk melanjutkan kuliah di jurusan arsitektur di Amerika Serikat, anda akan berkesempatan untuk mempelajari lebih dekat rancangan bangunan-bangunan tersebut. 

3. Sektor Pekerjaan yang Beragam

Apabila anda memutuskan untuk bekerja sebagai arsitek setelah lulus dari jurusan arsitektur, anda dapat memperoleh penghasilan tinggi sebagai arsitek yang bekerja di berbagai sektor.

Sektor yang membutuhkan tenaga kerja berkeahlian di bidang arsitektur sangat beragam, seperti pemerintah, swasta, maupun BUMN. Apabila merasa tidak cocok bekerja untuk instansi, anda bisa bekerja secara individu maupun membuat biro arsitektur sendiri.

4. Kesempatan untuk Menapaki Karir Internasional

Universitas-universitas terbaik di luar negeri telah diakui oleh berbagai akreditor dari banyak negara di dunia maupun internasional.

Lulusan jurusan arsitektur dari Amerika Serikat telah diakui oleh berbagai perusahaan dan institusi di bidang teknik dan desain bangunan dengan jenjang karir internasional.

 

Apa Saja yang Akan Dipelajari di Jurusan Arsitektur di Amerika Serikat?

Di jurusan arsitektur, anda akan mempelajari berbagai hal terkait dengan perancangan bangunan, lingkungan binaan, teknologi bangunan, hingga sejarah arsitektur. Mata kuliah yang akan anda ambil umumnya didominasi oleh studio perancangan arsitektur.

Sebagai contoh, berikut beberapa mata kuliah yang akan anda pelajari pada jurusan arsitektur yang dapat anda temukan di Cornell University di antaranya:

Tahun Pertama

  • Perancangan Arsitektur
  • Gambar Tangan Arsitektur
  • Sistem Lingkungan Berkelanjutan
  • Sejarah Arsitektur
  • Konsep Struktur
  • Media Representasi

Tahun Kedua hingga Akhir

  • Perancangan Arsitektur (Lanjutan)
  • Analisis Arsitektur
  • Sistem Struktur
  • Materi dan Metode Bangunan
  • Elemen Struktur
  • Dinamika Bangunan
  • Arsitektur Kota dan Lansekap
  • Proyek Akhir

 

Bagaimana Karakter yang Sesuai untuk Kuliah di Jurusan Arsitektur?

Berikut adalah karakteristik ideal mahasiswa jurusan arsitektur:

1. Kreatif dan Imajinatif

Jurusan arsitektur menuntut anda untuk kreatif serta mampu mengembangkan imajinasi. Hal ini penting karena bidang arsitektur menuntut anda untuk dapat menghasilkan karya yang orisinil dan mampu menjawab permasalahan desain yang ada.

Untuk bekerja di bidang arsitektur, anda perlu membiasakan untuk berpikir out of the box. Banyak inovasi di bidang arsitektur yang terinspirasi dari hal-hal yang belum pernah terpikirkan oleh orang lain sebelumnya.

2. Sabar dan Mampu Perhatian Terhadap Detil

Menempuh perkuliahan di jurusan arsitektur memerlukan kesabaran yang tinggi. Khususnya dalam kuliah studio perancangan arsitektur, anda akan dituntut untuk mengerjakan suatu rancangan dan harus siap memperbaiki banyak kesalahan.

Anda juga akan memerlukan perhatian yang tinggi terhadap detil. Kesalahan yang umumnya dibuat mahasiswa arsitektur adalah pada tingkat detil sehingga dibutuhkan perhatian khusus untuk memudahkan pekerjaan anda.

3. Mampu Menghadapi Tekanan

Karir di bidang arsitektur sangat ketat dalam urusan tenggat waktu. Untuk itu, anda perlu terbiasa bekerja cepat dan tepat untuk memenuhi seluruh permintaan atasan atau klien.

Anda akan banyak menghadapi tekanan dan kritik dalam karir di bidang arsitektur, baik oleh atasan maupun oleh klien. Oleh karena itu, diperlukan mental yang tahan banting apabila anda berminat untuk bekerja di bidang arsitektur.

4. Mampu Bekerja Sendiri Maupun dalam Kelompok

Banyak proyek arsitektur yang menuntut anda untuk dapat bekerja secara individu. Akan tetapi, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa akan terdapat proyek yang harus dikerjakan bersama dalam tim. 

Untuk menghadapi hal ini, lulusan jurusan arsitektur perlu memiliki fleksibilitas yang tinggi terkait dengan rekan kerja.

Jika anda merasa memiliki seluruh karakter yang disebutkan di atas, anda adalah orang yang tepat untuk menjalani perkuliahan di jurusan arsitektur.

Anda memiliki potensi untuk dapat diterima oleh jurusan arsitektur serta dapat lulus dengan hasil yang memuaskan.

 

Universitas Terbaik Mana Saja di Amerika Serikat yang Menawarkan Jurusan Arsitektur?

Banyak universitas dan akademi yang dapat anda pilih di Amerika Serikat jika hendak kuliah di jurusan arsitektur. Berikut daftar beberapa universitas terbaik di Amerika Serikat di bidang arsitektur menurut QS Universities:

Universitas

Peringkat Dunia

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

2

Harvard University

5

University of California, Berkeley

6

Columbia University

14

University of California, Los Angeles

16

Georgia Institute of Technology

24

Cornell University

28

Stanford University

30

University of Michigan

31

University of Texas at Austin

35

 

Bagaimana Prospek Karir Lulusan Jurusan Arsitektur di Amerika Serikat?

Prospek karir utama lulusan jurusan arsitektur terletak di bidang terkait perancangan bangunan dan lingkungan binaan seperti teknologi bangunan, perancangan arsitektur, perancangan lansekap, dan perencanaan kota.. Setelah lulus, anda dapat memilih berbagai jenis karir profesional di bidang tersebut.

Beberapa prospek karir yang dimungkinkan bagi lulusan jurusan arsitektur di antaranya:

  • Arsitek

  • Ahli teknologi bangunan

  • Desainer interior

  • Surveyor bangunan

  • Perencana kota

  • Perekayasa struktur

Gaji yang dapat anda peroleh sebagai lulusan jurusan arsitekturdi luar negeri umumnya sangat tinggi, bergantung pada bidang pekerjaannya.

Berikut merupakan bidang pekerjaan yang umum ditempuh oleh lulusan jurusan arsitektur di Amerika Serikat beserta kisaran gajinya menurut PayScale:

Pekerjaan

Kisaran Gaji

Arsitek

42,000 - 101,000 USD per tahun

Ahli teknologi bangunan

50,000 - 98,000 USD per tahun

Desainer interior

35,000 - 69,000 USD per tahun

Perencana kota

41,000 - 92,000 USD per tahun

Perekayasa struktur

52,000 - 97,000 USD per tahun

 

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Kuliah di Jurusan Arsitektur di Amerika Serikat?

Pada umumnya, waktu yang akan anda perlukan untuk kuliah di jurusan arsitektur di Amerika Serikat tidak jauh berbeda dengan waktu kuliah di Indonesia. Waktu kuliah ditentukan oleh jenjang kuliah dan jurusan yang anda ambil.

Sarjana (S1)

3 tahun

Magister (S2)

1-2 tahun

 

 

Bagaimana Persyaratan untuk Dapat Diterima di Jurusan Arsitektur di Amerika Serikat?

Masing-masing universitas di Amerika Serikat memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk dapat menerima mahasiswa baru di jurusan arsitektur. Persyaratan ini bergantung kepada kebijakan masing-masing universitas.

Sarjana (S1)

Ujian Nasional

Lulus (jurusan IPA)

IELTS

Minimal 5.5 - 6.0 (overall band)

TOEFL

Minimal 550 (paper based) atau 80 (internet based)

Magister (S2)

Ijazah S1

IPK minimum 2.5 - 3.0

IELTS

Minimal 6.0 - 7.0 (overall band)

TOEFL

Minimal 575 (paper based) atau 85 (internet based)

 

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Kuliah Jurusan Arsitektur di Amerika Serikat?

Biaya kuliah di Amerika Serikat bervariasi, bergantung pada universitas dan jurusan yang dipilih. Perkiraan biaya kuliah rata-rata per tahun untuk jurusan arsitektur secara umum di beberapa universitas terbaik di Amerika Serikat di antaranya sebagai berikut:

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

USD 53,450

Stanford University

USD 52,450

Harvard University

USD 67,580

University of California, Berkeley (UCB)

USD 47,293

 

Biaya tersebut umumnya hanya merupakan biaya kuliah dan tidak termasuk biaya hidup. Biaya hidup yang dibutuhkan untuk kuliah di Amerika Serikat bergantung dari kebutuhan dan gaya hidup masing-masing mahasiswa.

 


FAQ atau Pertanyaan Umum

1.   Apakah perbedaan antara jurusan arsitektur dan teknik sipil?

Jurusan arsitektur terfokus pada metode dan teknik perancangan bangunan, sementara jurusan teknik sipil lebih terfokus pada struktur bangunan. Pada jurusan teknik sipil, perancangan bangunan tidak diajarkan.

Selain itu, arsitektur lebih terfokus pada kegunaan bangunan bagi manusia atau aspek interaksi sosial dari bangunan atau lingkungan binaan.

Apabila anda menyenangi matematika dan fisika, mungkin jurusan teknik sipil lebih sesuai bagi anda. Namun apabila anda lebih menyenangi perancangan dan estetika, jurusan arsitektur mungkin lebih sesuai.

2.   Apakah mahasiswa arsitektur sering kekurangan waktu untuk istirahat?

Secara umum, tugas studio perancangan arsitektur akan sangat menyita waktu anda. Banyak mahasiswa arsitektur yang menghabiskan waktunya di studio untuk berkonsentrasi penuh pada tugas perancangannya.

Akan tetapi, hal ini tidak berarti anda tidak akan punya waktu istirahat sama sekali. Semua sangat bergantung pada bagaimana anda mengatur waktu antara pekerjaan dan waktu luang.

3.   Bagaimana menyiapkan diri saya untuk kuliah di jurusan arsitektur?

Anda dapat mempersiapkan diri untuk menempuh perkuliahan di jurusan arsitektur dengan sering berjalan-jalan dan mengunjungi banyak tempat. Anda dapat mengamati interaksi antara manusia dan tempat tersebut.

Sebagai contoh, anda dapat pergi ke suatu pusat perbelanjaan dan melihat apakah tata letak toko di pusat perbelanjaan tersebut sudah sesuai, apakah toiletnya terlalu jauh, di mana letak tangga daruratnya, dan lain sebagainya.

Anda juga perlu terbiasa untuk membuat sketsa tempat-tempat yang anda kunjungi. Hal ini penting karena kemampuan visual anda akan sangat diuji di jurusan arsitektur.

4.   Bagaimana cara memilih kampus yang baik untuk kuliah di jurusan arsitektur?

Anda sebaiknya memilih kampus yang anda rasa cocok dengan diri anda. Beberapa faktor yang dapat anda pertimbangkan di antaranya lingkungan kampus, lokasinya, dan harganya.

Berbagai informasi mengenai sekolah arsitektur di luar negeri dapat anda peroleh secara bebas di internet. Anda juga dapat menghubungi EasyUni untuk dapat berkonsultasi mengenai jurusan teknik di luar negeri yang sesuai bagi anda.

Kapan Saya Bisa Mendaftar untuk Kuliah Jurusan Arsitektur di Amerika Serikat?

Jika anda berminat untuk menjalani perkuliahan di jurusan arsitektur di Amerika Serikat, pembukaan pendaftaran umumnya bergantung pada kebijakan masing-masing universitas. Sebagai contoh, tenggat waktu pendaftaran program arsitektur di Cornell University adalah pada awal November setiap tahunnya.

Anda dapat mendaftar melalui portal online masing-masing universitas atau melalui jasa konsultasi pendidikan seperti EasyUni!

 

You might be interested in...