Kuliah Jurusan Teknik Kimia di Amerika Serikat

Meskipun memiliki nama "Kimia", jurusan teknik yang satu ini tidak semata-mata belajar tentang reaksi kimia saja. Apa saja dong?
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

jurusan teknik kimia

Perkenalan
Apa itu Teknik Kimia?
Alasan kuliah jurusan Teknik Kimia
Yang dipelajari dalam Teknik Kimia
Durasi kuliah Teknik Kimia
Persyaratan kuliah jurusan Teknik Kimia
Prospek kerja lulusan jurusan Teknik Kimia
Biaya kuliah jurusan Teknik Kimia
Keterampilan yang diperlukan
Spesialisasi yang bisa diambil
Gaji lulusan Teknik Kimia
Universitas terbaik di A.S.

 

Hampir semua penduduk dunia membutuhkan produk-produk hasil industri untuk memenuhi kebutuhan harian.

Beberapa produk industri seperti sabun, kosmetik, oli, obat-obatan, makanan, dan lainnya begitu lekat bagi masyarakat di masa kini.

Apakah Anda tertarik memiliki keahlian untuk membuat produk-produk industri? Pilihan kuliah Teknik Kimia di Amerika Serikat bisa menjawab keinginan Anda!

Bacalah panduan kuliah jurusan Teknik Kimia di Amerika Serikat ini yang berisi beberapa informasi penting dan bermanfaat bagi Anda.

Penjelasan ini mengandung pengertian Teknik Kimia, keunggulan program studi Teknik Kimia di Amerika Serikat, biaya kuliah Teknik Kimia di Amerika Serikat, persyaratan masuk kuliah, spesialisasi jurusan, mata kuliah, prospek karir, tempat kuliah terbaik, dan informasi terkait lainnya.

 

Apa Itu Teknik Kimia?

perbedaan jurusan teknik kimia dan kimia murni

Teknik Kimia adalah jurusan yang mempelajari proses reaksi kimia dengan tujuan untuk mengubah bahan baku menjadi produk baru.

Perubahan bahan tersebut ditujukan agar bahan mentah tersebut memiliki nilai manfaat dan nilai ekonomis yang lebih tinggi.

Jurusan Teknik Kimia juga mempelajari cara merancang pabrik atau industri mulai dari proses alat-alat untuk produksi hingga sistem pengolahan limbah.

Meski namanya Teknik Kimia, program studi ini tidak hanya belajar Kimia.

Beberapa disiplin ilmu seperti Fisika, Matematika, dan Biologi juga akan dipelajari.

Mungkin Anda bingung apa bedanya Kimia murni dengan Teknik Kimia. Apa perbedaan antara teknik kimia dan ilmu kimia murni? Berikut adalah penjelasanny:

  • Kimia murni hanya mempelajari sifat-sifat kimia dari bahan baku tertentu. Contohnya: sifat dan struktur zat, serta interaksi antara materi-materi penyusun zat
  • Teknik Kimia mempelajari cara mengubah bahan baku agar menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi dengan memanfaatkan sifat-sifat kimia yang dimilikinya.

 

Mengapa Kuliah Teknik Kimia di Amerika Serikat?

kuliah jurusan teknik kimia dia amerika serikat

Salah satu negara yang seringkali dipilih oleh para pelajar untuk melanjutkan kuliah jurusan Teknik Kimia adalah Amerika Serikat (AS).

Negeri Paman Sam itu memiliki beberapa alasan kuat yang cukup berpengaruh terhadap keputusan para calon pelajar.

Inilah beberapa keunggulan kuliah Teknik Kimia di Amerika Serikat yang sulit ditolak oleh para pelajar asal Indonesia, termasuk Anda!

1. Menjadi solusi atas kebutuhan banyak orang

Pada zaman sekarang, begitu banyak orang yang tidak bisa lepas dari kehadiran produk-produk hasil olahan industri seperti obat-obatan, kosmetik, perlengkapan toilet, makanan, dan lainnya.

Produk industri tersebut memiliki manfaat tertentu dan merupakan solusi atas kebutuhan harian. Para lulusan kuliah Teknik Kimia memiliki kontribusi besar di dalam produksi barang-barang tersebut.

Dengan begitu, jika Anda memilih kuliah jurusan Teknik Kimia, maka Anda bisa membantu banyak orang yang mendapatkan solusi atas kebutuhan hidup mereka sehari-hari.

Bayangkan, jika ada bahan pembersih yang bisa membersihkan kerak kotoran membandel secara ampuh dan cepat.

Tentunya, itu akan membantu orang menjaga kebersihan rumahnya dan menghemat waktu seseorang. Ilmu dan keterampilan Anda sangat membantu bukan?

2. Banyak universitas terkemuka tingkat dunia

Amerika Serikat adalah negara yang banyak diincar oleh para pelajar dari berbagai dunia termasuk Indonesia untuk program studi Teknik Kimia.

Pasalnya, ada banyak universitas terkemuka tingkat dunia yang menawarkan jurusan Teknik Kimia di negeri Paman Sam ini.

Dilansir dari World University Rankings 2019, ada lebih dari 50 universitas di Amerika Serikat yang menduduki 200 universitas terbaik dunia untuk jurusan Teknik Kimia.

3. Mendapatkan akreditasi Internasional dan proefsional

sertifikasi jurusan teknik kimia

Para pelajar yang hendak melanjutkan pendidikan tinggi jurusan Teknik Kimia di Amerika Serikat tidak perlu khawatir dengan kualitas pendidikan yang akan didapatkan.

Banyak universitas di Amerika Serikat yang telah mendapatkan akreditasi dari ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology).

Berbagai universitas di Amerika Serikat yang menawarkan jurusan Teknik Kimia memiliki rancangan kurikulum dan pelaksanaan kegiatan pendidikan yang berkualitas.

Dengan begitu, ilmu dan keterampilan yang nantinya Anda dapatkan merupakan ilmu dan keterampilan unggul tingkat Internasional.

Tak hanya itu, jika Anda memilih kuliah di Amerika Serikat jurusan Teknik Kimia, maka Anda juga akan mendapatkan akreditasi profesional dari The Institution of Chemical Engineers.

4. Kerjasama dengan banyak industri

Negara Amerika Serikat memang cocok dijadikan tujuan kuliah di luar negeri untuk jurusan Teknik Kimia.

Hal ini dikarenakan hampir semua universitas terbaik di Amerika Serikat yang memiliki program studi Teknik Kimia telah menjalin kerjasama dengan berbagai industri ternama. Adapun beberapa bentuk kerjasama yang terjalin seperti program magang, pertukaran pelajar, proyek-proyek penelitian, dan lainnya.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh para pelajar yang kuliah Teknik Kimia di AS. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, Anda bisa menambah ilmu, keterampilan, dan pengalaman profesional.

Anda tidak akan canggung lagi ketika nanti bekerja untuk pertama kalinya karena sudah memiliki bayangan di tempat kerja ketika magang.

Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan wawasan, jaringan profesional, dan peluang mendapat rekomendasi karir.

5. Kemudahan bekerja dan kesuksesan karir

Jurusan yang rencana Anda pilih, yaitu Teknik Kimia adalah jurusan yang berlaku dan dibutuhkan oleh banyak orang.

Semua negara telah terjamah industri dan warga negaranya telah tergantung pada kehadiran produk-produk industri.

Oleh karena itu, Anda memiliki kesempatan kerja di berbagai belahan dunia. Anda juga memiliki peluang yang lebih besar untuk bekerja di Amerika Serikat dengan bayaran yang memuaskan.

 

Apa Saja Mata Kuliah yang Akan Anda Pelajari pada Jurusan Teknik Kimia?

mahasiswa jurusan teknik kimia ganten

Daftar mata kuliah adalah informasi perkuliahan yang cukup penting diketahui sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pendaftaran kuliah. Ketahuilah daftar mata kuliah jurusan Teknik Kimia di universitas yang hendak Anda tuju.

Ini merupakan langkah persiapan penting ketika nanti mulai masuk kuliah. Jadi, Anda tidak akan kaget ketika nanti mempelajari materi-materi akademis di bangku kuliah.

Sebagai contoh, inilah daftar mata kuliah program pendidikan tingkat Sarjana jurusan Chemical Engineering dengan spesialisasi Polymer Science and Engineering di University of Pennsylvania, Amerika Serikat:

Tahun pertama
  • Kalkulus

  • General Chemistry I & II

  • General Chemistry Lab I & II

  • Social Science/Humanities

  • Introduction to Biotechnology 

  • Introduction to Chemical Engineering

  • Principles of Physics

  • Writing

Tahun kedua
  • Material and Energy

  • Kalkulus III & IV

  • Organic Chemistry I & II

  • Thermodynamics of Fluids

  • Engineering Computer Elective

Tahun ketiga
  • Fluid Mechanics

  • Advanced Chemical Engineering

  • Physical Chemistry 

  • Heat and Mass Transport

  • Separation Processes

  • Chemistry Lab Elektif

Tahun ke-4
  • Process Design

  • Chemical Engineering Lab

  • Chemical Reactor Design

  • Technical Elective

  • Process System Design

  • Chemical Process Control

  • CBE Elective

  • Technical Elective

Mata kuliah spesialisasi (kalau ada):
  • Interfacial Phenomena

  • Structural and Biomaterials

  • Soft Materials: Colloids, Polymers, Gels

  • Structure of Materials

  • Materials Selection

  • Polymers and Biomaterials

  • Physical Chemistry of Polymers

 

Berapa Lama Durasi Kuliah yang Dibutuhkan?

Durasi kuliah setiap program pendidikan jurusan Teknik Kimia di Amerika Serikat berbeda-beda tergantung pada jenis jenjang pendidikan.

Selain itu, faktor berupa spesialisasi jurusan juga turut mempengaruhi durasi kuliah yang harus diselesaikan.

Foundation

1 tahun

Diploma

1,5 - 2 tahun

Sarjana (S1)

4 tahun

 

Magister (S2)

3 - 5 tahun

Doktoral (S3)

2 -3 tahun

Jika Anda mengambil program sertifikasi jurusan Teknik Kimia, maka durasi kuliah yang dibutuhkan adalah beberapa bulan hingga 1 tahun.

 

Apa Persyaratan Masuk Kuliah Teknik Kimia?

Apabila Anda ingin kuliah di suatu universitas, maka Anda harus memenuhi persyaratan masuk kuliah yang telah ditentukan oleh pihak universitas yang hendak dituju.

Jangan mengira bahwa semua universitas memiliki kebijakan yang sama dalam menetapkan poin detail pada persyaratan masuk kuliah.

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa persyaratan masuk kuliah jurusan Teknik Kimia di kampus yang Anda inginkan.

Di bawah ini adalah contoh persyaratan masuk kuliah Teknik Kimia tingkat Sarjana di University of Washington, Amerika Serikat:

UN SMA Lulus, jurusan SMA. Min. rerata 8,0
TOEFL 76 (internet-based), 540 (paper-based)
IELTS 6,0 - 6,5 (Overall)
Foundation Jurusan IPA, IPK min. 3,0

 

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Kuliah Teknik Kimia?

Kehidupan umat manusia yang semakin modern tentunya akan meningkatkan permintaan masyarakat dunia pada produk-produk hasil industri.

Hal tersebut merupakan kabar baik bagi para lulusan kuliah bidang Teknik Kimia.

Dalam rangka memenuhi hajat hidup orang banyak, pihak-pihak yang bergerak di sektor industri pun membutuhkan lulusan Teknik Kimia.

Jadi, prospek masa depan Anda cukup cerah.

Berikut ini adalah beberapa bidang perusahaan di mana lulusan Teknik Kimia bisa bekerja:

  • Farmasi

  • Perminyakan

  • Elektronik

  • Pangan

  • Kimia

  • Lembaga Jasa Perancangan Pabrik

  • Lembaga konsultan

  • Instansi Pemerintah

  • Instansi Pendidikan

  • Perbankan

  • Wirausaha

 

Berapa Kisaran Gaji untuk Setiap Peluang Profesi Lulusan Teknik Kimia?

Para pelajar yang hendak melanjutkan kuliah Teknik Kimia di Amerika Serikat memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan yang cukup besar. Penghasilan yang akan didapatkan oleh lulusan Teknik Kimia tergantung pada jenis industri dan tingkat pengalaman.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari CareerExplorer, kisaran gaji Insinyur Kimia adalah Rp61.000.000-150.000.000 per bulan. Namun, kisaran gaji tersebut bisa berbeda tergantung padaa jenis industri.

Berikut adalah gaji lulusan Teknik Kimia di beberapa jenis industri:

Jenis Industri

Gaji per bulan

Petroleum and coal

Rp 133.000.000,-

Basic chemical

Rp 118.000.000,-

Resin, synthetic rubber, artificial synthetic fibres, etc

Rp 117.000.000,-

Research and development

Rp 117.000.000,-

Engineering services

Rp 114.000.000,-

 

Berapa Biaya Kuliah Teknik Kimia dalam Rupiah?

Biaya pendidikan Teknik Kimia di Amerika Serikat memiliki kisaran yang berbeda. Perbedaan biaya pendidikan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Beberapa faktor yang memengaruhi biaya kuliah tersebut di antaranya adalah lokasi universitas, jenis universitas, jenjang pendidikan, dan spesialisasi jurusan. Biaya kuliah Teknik Kimia di Amerika Serikat untuk berbagai jenjang memiliki kisaran antara Rp 40.000.000,- hingga lebih Rp 2.000.000.000,- per tahun.

Untuk informasi yang tepat tentang biaya kuliah silahkan menghubungi EasyUni.

 

Karakter seperti apa yang cocok kuliah jurusan Teknik Kimia?

Para pelajar perlu memiliki beberapa karakter penting yang harus dimiliki oleh setiap calon pelajar jurusan Teknik Kimia di luar negeri. Beberapa karakter ini cukup penting karena bisa memengaruhi kelancaran kuliah dan prestasi akademis Anda.

Inilah beberapa karakter yang cocok untuk dimiliki para pelajar yang ingin kuliah Teknik Kimia di Amerika:

  1. Menyukai pelajaran matematika, kimia, fisika, biologi

  2. Teliti dan cermat

  3. Bisa menganalisis

  4. Memiliki pemikiran kritis dan kreatif

  5. lMemahami kebutuhan konsumen

 

Apa saja peminatan atau jurusan pada bidang Teknik Kimia di Amerika Serikat?

Spesialisasi yang ada pada jurusan Teknik Kimia ini cukup beragam.

Pasalnya, jurusan Teknik Kimia menjadi program studi strategis di sektor industri.

Sebagaimana kita ketahui bahwa sektor industri mencakup bidang yang cukup luas, seperti industri pangan, industri farmasi, industri kosmetik, industri elektronik, dan lainnya. Sudah tahu ingin pilih spesialisasi apa? Kalau belum tahu, yuk simak penjelasannya di bawah!

Berikut adalah pemfokusan (minor) jurusan yang bisa Anda dapatkan dalam jurusan Teknik Kimia:

  • Chemical processes

  • Biomedical engineering

  • Pharmaceutics and Biotechnology

  • Biotechnology

  • Polymer Science and Engineering

  • Environmental Engineering

  • Food science

  • Materials science

  • Nanotechnology

  • Computer-aided design

  • Electronic materials

  • Economic analysis

  • Dan lainnya

Silahkan menghubungi EasyUni untuk berkonsultasi dengan Penasihat profesional kami agar Anda bisa mengetahui spesialisasi yang sesuai. Konsultasi ini tidak dipungut biaya.

 

Di mana universitas terbaik di Amerika Serikat untuk kuliah Teknik Kimia?

Masih bingung cari universitas jurusan Teknik Kimia di Amerika Serikat? Jangan khawatir, Anda tidak perlu bingung memilih tempat kuliah untuk menimba ilmu Teknik Kimia di Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan, ada banyak universitas terbaik di Amerika Serikat yang menawarkan program studi Teknik Kimia.

Berikut ini adalah beberapa universitas terbaik di Amerika Serikat untuk jurusan Teknik Kimia menurut World University Ranking 2019:

No

Nama Universitas

1.

Stanford University

2.

Massachusetts Institute of Technology

3.

California Institute of Technology

4.

Princeton University

5.

Yale University

6.

Johns Hopkins University

 


Apakah tekad Anda memilih kuliah Teknik Kimia di Amerika Serikat semakin bulat? Jangan ragu untuk bertanya kepada EasyUni seputar kuliah di luar negeri yah. Penasihat profesional EasyUni akan selalu siap membantu Anda untuk mewujudkan rencana pendidikan di luar negeri.

You might be interested in...