Kuliah Jurusan Konseling di Amerika Serikat

Profesi Konselor semakin banyak dibutuhkan. Jangan ragu untuk mewujudkannya dengan memilih kuliah jurusan Konseling di Amerika Serikat.
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

jurusan psikologi kounseling semakin diperlukan di indonesia

Perkenalan
Apa itu jurusan Konseling?
Alasan kuliah jurusan Konseling
Yang dipelajari dalam jurusan Konseling
Durasi kuliah jurusan Konseling
Syarat masuk universitas jurusan Konseling
Prospek kerja lulusan Konseling
Prospek gaji lulusan Konseling
Biaya kuliah di Amerika jurusan Konseling
Karakter yang cocok untuk jurusan Konseling
Spesialisasi jurusan Konseling
Universitas terbaik di Amerika jurusan Konseling
FAQ atau Pertanyaan Umum

 

Apakah Anda tipe orang yang suka membantu orang lain dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya? Jika begitu, maka Anda cocok memilih profesi sebagai konselor. Itu merupakan pekerjaan yang mulia karena bermanfaat bagi banyak orang.

Impian menjadi konselor bisa diwujudkan dengan memilih kuliah jurusan Konseling. Apabila Anda berencana untuk kuliah Konseling di luar negeri, Amerika Serikat bisa menjadi destinasi yang tepat.

Hal ini dikarenakan negara yang dikenal dengan julukan negeri paman sam tersebut memiliki beberapa alasan yang mendukung prestasi dan karir Anda di masa depan kelak. Oleh karena itu, bacalah panduan kuliah Konseling di Amerika Serikat ini!

Panduan ini berisi informasi yang perlu Anda ketahui seperti pengertian ilmu konseling, alasan kuliah jurusan Konseling di Amerika Serikat, prospek masa depan, kisaran gaji yang bisa didapatkan, biaya kuliah, spesialisasi jurusan, dan lainnya.

 

Apa Itu Ilmu Konseling?

psikologi kounseling di sekolah untuk anak-anak

Ilmu konseling adalah ilmu yang mempelajari cara menggali masalah masalah konseli (orang yang memiliki masalah tertentu) dan membantu konseli dalam menyelesaikan masalahnya tersebut.

Orang yang membantu konseli disebut konselor. Mungkin Anda sedikit bingung antara ilmu Psikologi dan ilmu Konseling. Meskipun sama-sama berada di ranah kesehatan mental, namun ada sedikit perbedaan. 

Cakupan Psikologi lebih luas dari Konseling karena konseling merupakan bagian dari Psikologi. Ada area yang tidak bisa dilakukan oleh konselor namun bisa dilakukan oleh Psikolog. 

Inilah yang membuat Konselor seringkali merujuk konseli ke Psikolog jika mengalami masalah mental yang lebih serius. Namun, jika masalah mental tidak terlalu serius, maka keterampilan Anda bisa membantu mereka. 

Sebagai contoh, konselor laktasi dapat membantu ibu dalam memberikan ASI. Tugas konselor laktasi adalah mendengarkan masalah, meningkatkan kepercayaan diri, menyarankan beberapa alternatif solusi, dan membantu ibu menyusui untuk menentukan solusi mana yang hendak ditempuh.

Baca juga: Panduan lengkap jurusan Konseling

 

Mengapa Kuliah Konseling di Amerika Serikat?

kuliah di amerika serikat

Amerika Serikat merupakan negara destinasi yang tak jarang dipilih oleh pelajar mancanegara yang hendak kuliah Konseling di luar negeri. Bukan tanpa sebab, program studi Konseling yang ada di Amerika Serikat memiliki beberapa daya tarik.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa pilihan kuliah Konseling di Amerika Serikat merupakan pilihan tepat:

1. Mendapatkan akreditasi

Program studi Konseling yang ditawarkan oleh lembaga-lembaga pendidikan tinggi di Amerika Serikat telah mendapatkan akreditasi dari lembaga terkemuka. Lembaga-lembaga tersebut seperti American Psychological Association dan American School Counselor Association.

Akreditasi yang telah didapatkan menunjukkan bahwa program studi Konseling di Amerika Serikat telah memenuhi kualifikasi yang ditetapkan dan mencapai mutu tinggi. Hal ini juga menunjukkan bahwa ijazah program Konseling yang kelak dimiliki diakui kredibilitasnya tingkat global.

Baca juga: Apa keuntungan kuliah di Amerika Serikat?

2. Menekankan akar pemahaman teori konseling yang kuat

Salah satu syarat untuk menjadi konselor handal adalah menguasai teori ilmu konseling. Jika Anda memilih kuliah di Amerika Serikat, maka Anda akan dapat menguasai hal tersebut. Hal ini dikarenakan sistem pengajaran jurusan Konseling di Amerika Serikat cukup ketat untuk menanamkan akar teori ilmu Konseling. 

Dengan begitu, para pelajar sudah memiliki fondasi keilmuan yang cukup kuat. Tentunya, kelak di masa depan para pelajar bisa mengaplikasikannya di kehidupan nyata dan mengembangkannya melalui penelitian.

3. Kurikulum berbasis praktik

Selain teori, kampus-kampus jurusan Konseling di Amerika Serikat juga menerapkan metode belajar yang berorientasi pada praktik. Ada praktik internal dan praktik eksternal. Praktik internal berada di dalam kampus yang juga melibatkan para dosen ahli.

Dosen-dosen tersebut merupakan praktisi yang akan memberikan ilmu teori dan praktik kepada para pelajar. Anda pun memiliki peluang untuk mendapatkan ilmu yang sudah diterapkan di dunia nyata. 

Praktikum internal sudah mulai berjalan sejak tahun pertama, sedangkan praktikum eksternal dilakukan pada tahun kedua, ketiga, atau keempat. Praktikum eksternal biasanya dilakukan di pusat-pusat konseling. Para pelajar dapat melatih keterampilannya dan menerapkan teori melalui konseling dengan klien di dunia nyata.

4. Kesempatan terlibat dalam berbagai penelitian

Amerika Serikat memang layak dipilih sebagai negara tujuan untuk melanjutkan kuliah jurusan konseling di luar negeri karena memberikan kesempatan kepada pelajarnya untuk terlibat aktif dalam berbagai kegiatan penelitian.

Para pelajar bisa menerapkan teori dan keterampilan yang dipelajarinya selama kuliah. Selain itu, kegiatan penelitian juga bermanfaat agar para pelajar bisa mendapatkan data dan mengembangkan teori yang bisa berguna bagi banyak orang.

5. Mendongkrak keterampilan

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sistem pengajaran jurusan Konseling di Amerika Serikat memiliki kualifikasi tinggi. Dimulai dari penanaman teori yang kuat hingga metode belajar secara praktik.

Tentunya, hal tersebut bisa mendongkrak banyak keterampilan pelajar. Beberapa keterampilan yang seharusnya berkembang seperti keterampilan komunikasi, keterampilan interpersonal, menganalisis, meningkatkan motivasi, pemecahan masalah, dan lainnya.

Baca juga: Siapa saja yang kuliah di Amerika Serikat?

6. Kemudahan berkarir tingkat global

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa Amerika Serikat merupakan negara maju khususnya dalam dunia karir. Sebagian besar orang Indonesia yang berkarir di Amerika Serikat memiliki kesejahteraan yang bagus. Ingin seperti itu? Kuliah konseling di Amerika Serikat memberi kemudahan untuk bisa berkarir di negeri super power ini atau negara lain.

 

Apa Saja Mata Kuliah yang Akan Anda Pelajari pada Jurusan Konseling?

Hampir semua pelajar tentunya ingin memiliki prestasi akademis yang baik dan tidak mengalami hambatan selama perkuliahan. Salah satu tipsnya adalah mengetahui materi yang akan dipelajari. 

Anda bisa mengetahuinya dengan melihat daftar mata kuliah. Namun, ketahuilah daftar mata kuliah jurusan Konseling di universitas ingin Anda tuju karena setiap universitas memiliki susunan daftar mata kuliah yang bervariasi.

Di bawah ini adalah contoh mata kuliah untuk program pendidikan Bachelor of Science jurusan Counseling di Lesley University, Amerika Serikat:

Tahun ke-1:

  • Lifespan Development

  • English Composition

  • Math and Science Core

  • Liberal Arts Core

  • Arts & Humantities Core

  • Intro to Counseling

  • Foundation & System in the Helping Professions

  • Writing and the Literary Arts

Tahun ke-2:

  • Concepts and Skills in Professional Practice

  • Social Sciences Core

  • Math and Science Core

  • Liberal Arts Core

  • Art and Humanities Core

  • Theories of Personality

  • Research Methods in the Social Sciences

  • Liberal Arts Core

  • Arts and Humanities Core

Tahun ke-3:

  • Abnormal Psychology

  • Family Interventions

  • Free Electives

  • Counseling Internship and Seminar I

  • Social Policy

  • Free Electives

Tahun ke-4:

  • Contemporary Issues in Counseling

  • Counseling Children, Adolescents, and Young Adults

  • Free Electives

  • Counseling Internship and Seminar II

  • Applied Group Dynamics

  • Free Electives

 

Berapa Lama Durasi Kuliah yang Dibutuhkan?

Tidak seperti jurusan lainnya, jenjang pendidikan jurusan Konseling di Amerika Serikat cukup sederhana, yaitu Sarjana, Magister, dan Doktoral. Setiap jenjang tersebut memakan waktu yang berbeda-beda.

Berikut ini adalah durasi kuliah berdasarkan jenjang pendidikan pada jurusan Konseling di Amerika Serikat:

 

  • Sarjana : 4 tahun

  • Magister : 2-3 tahun

  • Doktoral : 4-8 tahun

 

Apa Persyaratan Masuk Kuliah Konseling?

Banyak yang mengatakan bahwa universitas-universitas di Amerika Serikat menetapkan persyaratan masuk yang cukup tinggi. Anda perlu tahu bahwa persyaratan masuk di setiap universitas berbeda-beda. Ketahuilah persyaratan masuk kuliah di universitas impian Anda.

Di bawah ini adalah contoh persyaratan masuk kuliah tingkat Magister untuk jurusan Konseling di Wichita State University (WSU), Amerika Serikat:

  • Nilai IPK akhir minimal 3,20;

  • Skor GMAT yang memuaskan (GMAT harus diambil dalam 6 tahun terakhir).

  • Kualifikasi setara lainnya yang diterima oleh universitas.

Komponen lain yang penting sebagai persyaratan kuliah di Amerika adalah Paspor dan visa pelajar Amerika yang wajib dimiliki.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses pembuatan visa pelajar untuk kuliah di luar negeri, Silahkan mengunjungi website universitas pilihan Anda, atau bertanya langsung kepada tim EasyUni melalui aplikasi yang tersedia.

 

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Kuliah Konseling?

Mirip seperti Psikologi, prospek masa depan jurusan Konseling juga cukup cerah. Pasalnya, generasi muda masa kini memiliki perhatian yang besar terhadap banyak hal. Semakin banyak orang yang berminat melakukan konseling pendidikan, pernikahan, laktasi, dan lainnya.

Dengan demikian, profesi konseling semakin banyak dibutuhkan untuk jangka panjang. Lulusan kuliah jurusan Konseling memiliki beberapa pilihan profesi untuk digeluti. Sudahkah Anda menentukan pilihan?

Inilah beberapa pilihan profesi yang bisa ditekuni oleh lulusan Konseling (tergantung tingkat pendidikan dan area spesialisasi):

  • Counselor

  • Mental Health Counselor

  • Mental Health Clinician

  • Behavioral Health Counselor

  • Marriage and family counselor

  • Career Counselor

  • Rehabilitation Counselor

  • Educational Counselor

  • Substance Abuse Counselor

  • Child Welfare Specialist

  • Developmental Disabilities Specialist

  • Human Resources Manager

  • Dan lainnya

 

Bagaimana Prospek Gaji Lulusan Psikologi Konseling?

Para lulusan Konseling memiliki peluang untuk berpenghasilan cukup besar terutama jika bisa berkarir di luar negeri khususnya di negara maju. Akan tetapi, gaji yang bisa didapatkan ini juga tergantung pada tingkat pendidikan, jenjang karir, tingkat pengalaman, jabatan, dan lainnya.

Berikut ini adalah rata-rata gaji untuk beberapa contoh profesi yang berkaitan dengan Konseling jika Anda bekerja di luar negeri menurut Glassdoor.

No.

Jenis Profesi

Rata-Rata Gaji

1.

Career Counselor

Rp48.700.000/bulan

2.

Mental Health Counselor

Rp53.500.000/bulan

3.

School Counselor

Rp58.600.000/bulan

4.

Drug Alcohol Counselor

Rp59.000.000/bulan

5.

Substance Abuse and Behavioral Disorder Counselor

Rp62.600.000/bulan

 

Berapa Biaya Kuliah Konseling di Amerika Serikat dalam Rupiah?

Biaya pendidikan yang perlu dikeluarkan oleh setiap pelajar bervariasi. Ini terjadi karena ada faktor-faktor yang memengaruhi besarnya biaya kuliah. Beberapa faktor tersebut yakni pilihan universitas, spesialisasi jurusan, jenjang pendidikan, lokasi, dan lainnya. 

Kisaran biaya kuliah Konseling di Amerika Serikat mulai dari Rp150.000.000,- hingga lebih dari Rp600.000.000,- per tahun. Biaya tersebut belum termasuk biaya akomodasi dan biaya hidup selama kuliah di Amerika Serikat.

Untuk informasi yang tepat tentang biaya kuliah silahkan menghubungi EasyUni.

Biaya tersebut umumnya hanya merupakan biaya kuliah dan tidak termasuk biaya hidup. Biaya hidup yang dibutuhkan untuk kuliah di Australia bergantung dari kota tempat universitas berada.

Baca juga:

 

Karakter Seperti Apa yang Cocok Kuliah Jurusan Konseling?

bidang kounseling di perkatoran sumber daya manusia (SDM) (HRD)

Sebelum masuk kuliah jurusan Konseling, sebaiknya pastikanlah bahwa Anda cocok kuliah pada jurusan ini. Ini penting karena kecocokan pelajar dengan jurusannya dapat memengaruhi kuliah dan prestasi akademis. Anda dapat mengetahuinya dengan memeriksa beberapa karakter yang perlu dimiliki,

Berikut ini adalah beberapa karakter yang perlu dimiliki oleh pelajar jurusan Konseling:

  1. Kepedulian tinggi

  2. Memiliki kesabaran

  3. Memiliki empati

  4. Pendengar yang baik

  5. Wawasan luas

  6. Bijaksana

  7. Pandai berkomunikasi

  8. Mampu menganalisis masalah

  9. Kemampuan memecahkan masalah

 

Apa Saja Peminatan atau Spesialisasi Jurusan pada Bidang Konseling di Amerika Serikat?

Permasalahan mental manusia bisa terjadi pada usia berapa pun dan kondisi apa pun. Kita telah melihat sendiri bahwa masalah bisa terjadi pada anak-anak, remaja, rumah tangga, keuangan, karir, dan lainnya. Oleh karena itu, peminatan jurusan Konseling pun cukup beragam.

Berikut adalah pemfokusan (minor) jurusan yang bisa Anda dapatkan dalam jurusan Konseling di Amerika Serikat:

  • Marriage and Family Counseling

  • Children Counseling

  • Education Counseling

  • Career Counseling

  • Economic Counseling

  • Addictions Counseling

  • Behavioral Health Counseling

  • Mental Health Counseling

  • Clinical Rehabilitation Counseling

  • Drugs and Alcohol Abuse Counseling

  • Human Services

  • Dan lainnya

Silahkan menghubungi EasyUni untuk berkonsultasi dengan Penasihat profesional kami agar Anda bisa mengetahui spesialisasi yang sesuai. Konsultasi ini tidak dipungut biaya lho!

 

Di mana Universitas Terbaik di Amerika Serikat untuk Kuliah Konseling?

Ada beberapa kampus bergengsi di Amerika Serikat yang menawarkan program studi Konseling. Apakah Anda sudah tahu daftar universitas tersebut? Yuk, simak daftarnya!

Berikut ini adalah daftar universitas terbaik di Amerika Serikat untuk jurusan Konseling:

  1. Harvard University

  2. Stanford University

  3. University of California, Berkeley & Los Angeles

  4. Yale University

  5. Massachusetts Institute of Technology

  6. University of Michigan


 

FAQ atau Pertanyaan Umum

1. Bagaimanakah cara memilih spesialisasi jurusan Konseling yang tepat?

Anda telah mengetahui beberapa spesialisasi jurusan Konseling yang tersedia di Amerika Serikat. Cobalah menyelami diri Anda sendiri cenderung pada yang mana. Jika Anda suka dengan dunia anak-anak, maka sebaiknya memilih Children Counseling.

2. Berapa biaya hidup di Amerika Serikat?

Biaya hidup di Amerika Serikat berkisar antara Rp10.000.000 hingga Rp20.000.000,-. Biaya tersebut meliputi akomodasi, makan, transportasi, komunikasi, dan hiburan. Namun, besarnya biaya hidup ini juga tergantung pada gaya hidup Anda.

3. Bagaimana tahapan menjadi Konselor profesional?

Ada tahapan yang harus ditempuh pelajar jika ingin berkarir sebagai Konselor profesional.. Beberapa tahapan pendidikan Konselor, yaitu lulus Sarjana, lulus Magister, praktikum, memilih konsentrasi tertentu, dan mengambil ujian lisensi profesional. Setelah itu, Anda bisa langsung berkarir atau ingin melanjutkan ke jenjang doktoral.

Apakah Anda semakin berminat untuk kuliah Konseling di  Amerika Serikat? Apabila Anda memiliki pertanyaan yang tidak tersedia pada panduan ini, maka Anda bisa menghubungi tim EasyUni.

You might be interested in...