Kuliah Jurusan Pendidikan dan Keguruan di Amerika Serikat

Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

kuliah jurusan pendidikan dan keguruan

Perkenalan
Apa itu jurusan Pendidikan dan Keguruan?
Alasan kuliah jurusan Pendidikan dan Keguruan
Karakter yang cocok untuk jurusan Pendidikan dan Keguruan
Yang dipelajari dalam jurusan Pendidikan dan Keguruan
Syarat masuk universitas jurusan Pendidikan dan Keguruan
Universitas terbaik di Amerika jurusan Pendidikan dan Keguruan
Prospek kerja lulusan Pendidikan dan Keguruan
Prospek gaji lulusan Pendidikan dan Keguruan
FAQ atau Pertanyaan Umum

 

Profesi guru merupakan pekerjaan yang mulia, disamping itu menjadi seorang tenaga pendidik dengan gelar sarjana dan pascasarjana dari luar negeri tentunya membuka peluang untuk menjadi seorang guru profesional dengan pendapatan yang tinggi.

Apa Itu Jurusan Pendidikan dan Keguruan? 

panduan jurusan pendidikan dan keguruan

Kuliah di jurusan pendidikan dan keguruan merupakan salah satu kesempatan yang baik bagi Anda, yang memang ingin menginspirasi generasi berikutnya. Hal tersebut dikarenakan, Anda akan dipersiapkan untuk menuju karir yang bermanfaat untuk banyak orang nantinya.

Kuliah jurusan pendidikan dan keguruan di Amerika serikat, mempersiapkan Anda untuk menduduki sejumlah peran dalam pendidikan, baik tingkat dasar, menengah dan perguruan tinggi. Tidak hanya kuliah teori, namun kuliah praktik juga akan Anda dapatkan menjelang semester akhir nanti.

Beberapa mata kuliah seperti sejarah, sosiologi, psikologi, hingga beberapa mata kuliah terkait pengembangan anak muda, perilaku anak dan keterampilan berkomunikasi akan banyak Anda pelajari dalam kuliah ini.

Setelah lulus dan meraih gelar sarjana jurusan pendidikan dan keguruan di Amerika, maka Anda dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan pascasarjana untuk menjadi seorang profesional di bidang pendidikan.

Tidak hanya menjadi guru, lulusan dari jurusan ini juga dapat bekerja di beberapa sektor penting lainnya, seperti di museum, galeri yang bergabung dengan program pemerintah. 

Menjadi pengajar juga merupakan salah satu pekerjaan yang berat, namun sepadan dengan pendapatanya.

Baca juga: Panduan lengkap kuliah jurusan Pendidikan dan Keguruan

 

Apa Alasan Kuliah Jurusan Pendidikan dan Keguruan di Amerika?

alasan untuk kuliah di amerika

Kuliah jurusan Pendidikan dan Keguruan di Amerika serikat memang dikenal telah meluluskan banyak sarjana dan master yang profesional dan siap menjadi pemimpin dalam dunia pendidikan di manapun, dengan pendapatan yang tinggi.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan utama para mahasiswa dan mahasiswi mancanegara, memilih jurusan Pendidikan dan Keguruan di Amerika. 

Adapun alasan lainnya untuk berkuliah di jurusan Pendidikan dan Keguruan di Amerika sebagai berikut:

1. Berperan Dalam Pembentukan Generasi Muda Berikutnya

Menjadi seorang guru atau tenaga pengajar, secara langsung akan berperan dalam pembentukan generasi muda berikutnya. Karir di bidang pendidikan ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat secara keseluruhan.

Kesan dan cara mengajar yang Anda berikan dalam kelas, akan berlanjut ke generasi berikutnya. Seorang guru akan memotivasi dan menginspirasi siswa dan siswinya untuk mencapai potensi mereka.

2. Universitas Top Dunia

Memilih jurusan pendidikan dan keguruan di Amerika serikat, merupakan pilihan yang tepat, sebab Anda akan kuliah di Negara yang memiliki universitas unggulan tingkat dunia.

Para lulusannya juga akan diakui secara internasional, sehingga nantinya, Anda dapat bekerja menjadi seorang tenaga pengajar yang profesional di Negara lainnya.

Baca juga: Apa keuntungan kuliah di Amerika Serikat?

3. Keterampilan yang Diakui secara Lokal dan Global

Seorang tenaga pengajar atau guru lulusan Amerika, tentunya memiliki keterampilan yang tidak bisa dianggap sepele, termasuk dalam karir. Seorang guru yang memiliki pengalaman mengajar, bisa berkesempatan untuk menjadi pengajar di Negara lain yang ditunjuk. 

Dengan begitu, keterampilan seorang guru lulusan Amerika tentunya dapat diakui secara lokal maupun global

4. Lebih Menghargai Tradisi dan Inovasi

Menjadi seorang guru, maka Anda memasuki profesi yang sangat menghargai inovasi dan tradisi. Seorang pengajar akan menggunakan pengetahuan mereka sendiri, serta pengetahuan rekan-rekan lainnya yang menginspirasi. 

Maka dari itu, seorang guru dapat merancang pelajaran secara berbeda untuk setiap kelompok belajarnya yang beragam.

5. Pemimpin dalam Pendidikan

Seorang tenaga pengajar atau guru, merupakan profesi dimana kita dapat menyaksikan orang yang lebih muda dari kita untuk belajar dan bertumbuh secara luar biasa. 

Selain itu, kita juga menjadi saksi akan pencapaian dari potensi para siswa dan siswi kita, untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. 

Bisa dibilang menjadi seorang lulusan sarjana atau pasca sarjana jurusan pendidikan dan keguruan di Amerika, dapat menjadikan Anda seorang pemimpin dalam dunia pendidikan.

 

Apa Saja Karakter yang Cocok untuk Kuliah Jurusan Pendidikan dan Keguruan?

karakter yang cocok untuk jadi guru

Menjadi seorang guru atau tenaga pengajar, membutuhkan banyak keterampilan. Salah satunya adalah bisa menjaga ketenangan saat Anda dibawah tekanan, juga memiliki pengetahuan dalam bidang studi tertentu.

Dibawah ini, Anda yang berminat dengan kuliah jurusan pendidikan dan keguruan akan mengetahui karakter apa saja, serta keterampilan apa yang harus dimiliki setiap guru.

1. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Anda yang memang suka mengobrol dengan teman dan mereka berpendapat bahwa obrolan Anda sedikit banyak mempengaruhi pola pikir mereka, sangat cocok memilih kuliah jurusan ini. 

Nantinya, Anda harus pandai menjelaskan suatu pelajaran saat sedang mengajar. Anda juga harus jelas ketika mendengarkan, menanggapi pertanyaan dan mengajukan pertanyaan sendiri kepada siswa-siswi Anda sendiri.

2. Memiliki Kesabaran Tinggi

Seseorang yang memiliki karakter sabar yang cukup tinggi, juga cocok untuk kuliah di jurusan pendidikan dan keguruan di Amerika. 

Pasalnya, Seseorang yang sabar bisa mengetahui bagaimana sulitnya menjadi siswa dan siswi saat harus menerima pelajaran yang beragam. Dengan kesabaran yang tinggi, seorang siswa juga akan memandang Anda sebagai seorang profesional.

3. Berpikiran Adil

Sangat penting untuk berpikiran adil saat Anda menjadi guru, pasalnya seorang pengajar sebaiknya memperlakukan murid-muridnya dengan sama, terlepas dari bagaimana mereka bertindak saat sedang belajar.

4. Menjadi Manusia Biasa

Seseorang yang kuliah di jurusan pendidikan dan keguruan, harus belajar menjadi manusia yang biasa. Pasalnya, saat telah menjadi guru nanti, maka pastikan metode pengajaran Anda harus seimbang.

Antara kondisi serius belajar, selingan humor dan berbicara hal lainnya selain pendidikan. Seorang guru yang bisa memerankan berbagai karakter tersebut adalah seorang yang profesional.

Bagaimana dengan biaya hidup di Amerika Serikat? 

Baca juga:

 

Apa yang Dipelajari di Jurusan Pendidikan dan Keguruan di Amerika?

bidang dan jurusan pendidikan dan keguruan

Kuliah jurusan pendidikan dan keguruan di beberapa universitas di Amerika, umumnya terbagi dalam beberapa spesialisasi sebagai berikut:

  • Art and Humanities

  • Biobehavioral Science

  • Health and Behaviour Studies

  • Mathematics, Science and Technology

  • Curriculum and Teaching

  • Counseling and Clinical Psychology

  • Organization And Leadership

  • International and Transcultural Studies

  • Human Development

  • Education Policy and Social Analysis

Adapun mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan pendidikan dan keguruan, berdasarkan spesialisasinya akan berbeda-beda, tergantung dari spesialisasi yang diambil. Berikut beberapa contoh mata kuliah yang dipelajari:

Mata Kuliah Umum

  • Communication and Education

  • Creative Technologies

  • Design and Development of Digital Games

  • Economics and Education

  • Education Policy

  • Instructional Technology and Media

  • History and Education

  • Philosophy and Education

  • Sociology and Education

  • Anthropology and Education

  • International and Comparative Education

  • Learning Analytics

  • Measurement, Evaluation and Statistics

  • Bilingual Education

  • Adult Education Guided Intensive Study (AEGIS)

  • Adult Learning and Leadership

  • Adult Learning and Leadership for Medical Educator

  • Applied Linguistics and the Teaching of English to Speaker or Other Languages

 

Apa Saja Persyaratan Kuliah Jurusan Pendidikan dan Keguruan di Amerika?

Persyaratan kuliah jurusan  pendidikan dan keguruan di Amerika tentunya menjadi hal penting yang harus disiapkan oleh para calon mahasiswi dan mahasiswa dari mancanegara, termasuk dari Indonesia. 

Pada umumnya, jika ingin melanjutkan kuliah meraih gelar sarjana (S1) dan (S2) di Amerika  akan memerlukan:

  • Sertifikat kemampuan Bahasa inggris seperti IELTS atau TOEFL

  • Ijazah sekolah menengah atas (SMA) dengan nilai rata-rata keseluruhan minimal 80% dengan bukti lulus ujian nasional pastinya

Adapun informasi syarat-syarat masuk atau pendaftaran kuliah di Amerika seperti berikut:

Gelar Sarjana (S1)

Ujian Nasional (UN)

Lulus ujian nasional SMA dengan nilai Minimal 80% 

IELTS

Skor 6.5 - 7.0

TOEFL

PBT   570 - 600

Gelar Magister (S2)

Program kuliah (S1) 

Lulus dari gelar sarjana (S1) dengan IPK minimal  3.00

IELTS

Skor Minimal 6.5 -  7.0

TOEFL 

Minimal 570 - 600

lainya

Pengalaman Mengajar min - 2 tahun dan lulus dari jurusan pendidikan dan keguruan (S1)

Komponen lain yang penting sebagai persyaratan kuliah di Amerika adalah Paspor dan visa pelajar Amerika yang wajib dimiliki.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses pembuatan visa pelajar untuk kuliah di luar negeri, Silahkan mengunjungi website universitas pilihan Anda, atau bertanya langsung kepada tim EasyUni melalui aplikasi yang tersedia.

 

Apa Saja Universitas Terbaik untuk Kuliah Pendidikan dan Keguruan di Amerika?

Amerika menjadi salah satu negara tujuan favorit untuk kuliah di luar negeri. Banyak universitas terbaik Top dunia, menawarkan berbagai program kuliah dan jurusan yang banyak diminati. Khusus untuk kuliah jurusan pendidikan dan keguruan, berikut ini beberapa universitas yang  direkomendasikan :

1. Stanford University

stanford university di amerika

Kampus ini memiliki program kuliah yang disebut STEP atau Stanford Teacher Education Program, yang menawarkan beberapa program kuliah. Program tersebut untuk gelar sarjana, Pascasarjana, Doktor hingga kursus untuk profesional guru.

Durasi Kuliah

Rata- rata 4 Tahun (S1)

In take 

Maret 

Estimasi biaya kuliah 

$ 53.152

2. California Institute of Technology

Program kuliah CLTO atau Center for Teaching, Learning & Outreach merupakan pilihan program kuliah untuk yang ingin mengambil jurusan pendidikan dan keguruan di kampus ini. 

Durasi Kuliah

2 - 4 Tahun

In Take

September

Estimasi biaya kuliah 

$ 50.487

3. Princeton University

princeton university di amerika

Program in teacher preparation ditawarkan oleh University Princeton, bagi Anda yang ingin mengambil kuliah jurusan pendidikan dan keguruan untuk gelar sarjana atau sertifikat profesional. 

Durasi Kuliah

Rata-rata 4 tahun

In Take

Juli 

Estimasi biaya kuliah 

$ 51.870

4. Columbia University

Durasi Kuliah

Rata-rata 4 Tahun

Application Deadline

Januari 

Estimasi biaya kuliah 

$ 25.968 

5. Roosevelt University

Roosevelt University di amerika

Fakultas Pendidikan yang ditawarkan oleh Roosevelt university juga cukup beragam. Mulai dari pendidikan khusus hingga teaching and learning bisa Anda jadikan alternatif kuliah di jurusan pendidikan dan keguruan.

Durasi Kuliah

1 - 5 Tahun

Application Deadline

September

Estimasi biaya kuliah 

$ 30.876

Baca juga: Panduan memilih universitas di Amerika Serikat

 

Karir dan Pekerjaan Apa Saja yang Ditawarkan untuk Lulusan Pendidikan dan Keguruan di Amerika?

Pada umumnya, karir atau pekerjaan yang ditujukan untuk lulusan pendidikan dan keguruan, akan banyak dibutuhkan di bidang pendidikan, baik dasar, menengah hingga atas. Maka dari itu, lulusan jurusan pendidikan dan keguruan, paling banyak dibutuhkan, termasuk untuk sekolah anak usia dini hingga universitas.

Adapun karir atau pekerjaan yang cocok untuk lulusan pendidikan dan keguruan dari Universitas di Amerika, dengan berbagai spesialisasi jurusan dan  gelar (S1) dan (S2), dilansir dari EasyUni dan Online Degree sebagai berikut:

  • Kepala Sekolah, bertugas atas semua administrasi sekolah menengah, memberikan umpan balik untuk kinerja guru hingga mengambil keputusan pendanaan dan peraturan sekolah

  • Guru Pendidikan Khusus, bertugas untuk mendidik siswa, mencatat mental dan fisik dan menyesuaikan metode pengajaran dengan para siswa

  • Profesor, bertugas untuk mengajar di perguruan tinggi dan universitas. Membuat silabus kursus dan modul penilaian dan mengajar lebih dari satu mata pelajaran.

  • Guru Anak Usia Dini, Guru pra- sekolah yang bertugas untuk mengajar anak-anak di antara usia tiga dan lima tahun dan mempersiapkan mereka untuk memasuki sekolah taman kanak-kanak

  • Konselor Sekolah, bertugas untuk membantu siswa dan siswi yang berjuang secara sosial atau memiliki masalah psikologis dan masalah di rumah. Mereka juga membantu proses pendaftaran siswa ke jenjang perguruan tinggi

  • Konsultan Pendidikan, bertugas bersama guru, administrasi, dalam membuat kebijakan, meningkatkan  kurikulum dan meningkatkan inisiatif pendidikan

  • Pengembang Kurikulum, bertugas sebagai pengembang kurikulum atau spesialis pengajaran dan meningkatkan kurikulum untuk suatu sekolah

  • Penulis Konten, bertugas untuk penerbitan dan banyak menulis garis besar pelajaran dan konten untuk buku teks pendidikan

 

Bagaimana Prospek Gaji Lulusan Pendidikan dan Keguruan di Amerika?

Lulusan program kuliah gelar sarjana (S1)  atau pasca sarjana (S2) dari jurusan pendidikan dan keguruan memiliki kesempatan untuk bisa bekerja di bidang pendidikan, terutama di sekolah-sekolah tingkat dini, dasar, menengah, atas hingga perguruan tinggi.

Sektor-sektor pemerintah yang terkait dunia pendidikan juga menjadi kesempatan karir yang baik untuk jurusan ini.

Lalu berapa ekspektasi pendapatan bagi lulusan pendidikan dan keguruan dari universitas di Amerika?  Dilansir dari Online degree berikut ulasannya:

Pekerjaan

Rata-rata Pendapatan
Per Tahun 

Gaji Dalam Rupiah
Per Tahun

Konsultan Pendidikan

$ 97.090

Rp. 1.3 Miliar 

Pengembang Kurikulum

$ 60.041

Rp. 844 Juta

Profesor (Experienced)

$ 102.402

Rp. 1.4 Miliar

Kepala Sekolah (Experienced)

$ 102.390 

Rp. 1.4 Miliar

Guru Pendidikan Khusus

$ 53.075

Rp. 746 Juta

*Sesuai Kurs Rupiah September 2019

Bagaimana? Sudah yakin untuk memilih kuliah jurusan pendidikan dan keguruan di Amerika? Jika Anda masih ragu, segera hubungi tim Easyuni yang akan selalu siap membantu Anda untuk berbagi informasi seputar kuliah di luar negeri.


 

FAQ Pertanyaan Umum Seputar Jurusan Pendidikan dan Keguruan di Amerika

1. Apa yang Saya Butuhkan untuk Kuliah Pendidikan dan Keguruan di Luar Negeri?

Setiap Negara memiliki persyaratan masuk kuliah yang berbeda-beda. Umumnya, di Amerika serikat, setidaknya kamu harus memiliki sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang baik (IELTS), serta persyaratan lain seperti ujian SAT yang mungkin diminta pihak kampus.

2. Kualifikasi Apa yang Diperlukan untuk Bisa Menjadi Guru di Luar Negeri?

Anda harus kuliah di jurusan pendidikan dan keguruan untuk meraih gelar Sarjana selama 4 tahun dan gelar pasca sarjana selama 1 tahun. Kemudian, Anda mengikuti sertifikasi khusus untuk menjadi seorang guru di Negara tertentu.

3. Bagaimana untuk Mendapatkan Sertifikat Guru di Luar Negeri?

Untuk mendapatkan sertifikat, Anda harus lulus terlebih dulu dari pendidikan tinggi di jurusan pendidikan dan keguruan, dengan bidang peminatan yang sesuai dengan keinginan Anda. Setelah itu, selesaikan program magang, lulus dan ikuti tes untuk menjadi guru dan mendapatkan lisensi.

You might be interested in...