Kuliah Teknologi Pangan di Amerika Serikat

Menjadi ahli ilmu pangan yang sukses tidak hanya sekedar impian. Wujudkanlah dengan memilih kuliah jurusan ini di Amerika!
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

kuliah teknologi pangan

Perkenalan
Apa itu jurusan Teknologi Pangan?
Yang dipelajari dalam jurusan Teknologi Pangan
Alasan kuliah jurusan Teknologi Pangan
Biaya kuliah di Amerika jurusan Teknologi Pangan
Universitas terbaik di Amerika jurusan Teknologi Pangan
Syarat masuk universitas jurusan Teknologi Pangan
Prospek kerja lulusan Teknologi Pangan
FAQ atau Pertanyaan Umum

 

Apakah Anda memiliki impian untuk menciptakan produk pangan yang inovatif dan menarik? Punya mimpi bisa berkontribusi pada produk makanan dan minuman yang bergizi serta aman dikonsumsi orang banyak?

Jika ya, kuliah di jurusan teknologi pangan bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda. Dengan kuliah di jurusan ini Anda akan bisa mewujudkan keinginan untuk bereksperimen dan membuat produk pangan yang aman, sehat, enak dan tentu saja inovatif sesuai kebutuhan orang-orang masa kini dan yang akan datang.

Tertarik untuk kuliah teknologi pangan di luar negeri? Jangan tanggung-tanggung! Pilih saja kuliah teknologi pangan di Amerika Serikat.

 

Apa Itu Jurusan Teknologi Pangan?

apa itu jurusan teknologi pangan

Teknologi pangan merupakan aplikasi dari ilmu pangan yang mempelajari semua aspek yang berhubungan dengan proses pengubahan bahan baku pangan menjadi produk jadi. Tujuan proses ini untuk menghasilkan bahan pangan yang lebih awet, sehat, enak dan tentunya lebih aman untuk dikonsumsi orang banyak.

Ilmu Teknologi Pangan adalah ilmu yang mempelajari segala aspek yang terkait dengan proses pengubahan bahan baku pangan hingga menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi. Tujuan proses pengubahan tersebut bertujuan untuk menghasilkan bahan pangan yang lebih awet, lebih enak, lebih sehat, atau lebih aman.

Ada beberapa jenis ilmu yang terkait dengan jurusan Teknologi Pangan. Beberapa ilmu yang terkait dengan Ilmu Teknologi Pangan adalah ilmu biologi, ilmu fisika, ilmu matematikan dan teknik. Saat kuliah Ilmu Teknologi Pangan, Anda akan ditekankan pada ilmu pengetahuan teknologi pangan modern dan teknologi pangan canggih.

Dalam jurusan ini Anda akan mempelajari komponen biologis dan juga kimiawi dalam bahan pangan dan efek bagi tubuh manusia.Selain itu, Anda juga akan mempelajari berbagai teknologi pemrosesan, pengawetan, pengemasan, penyimpanan hingga produk tersebut sampai ke konsumen.

Menarik bukan?

Baca panduan selengkapnya mengenai jurusan Teknologi Pangan di sini.

 

Mata Kuliah Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Teknologi Pangan?

yang dipelajari teknologi pangan

Setiap universitas yang menawarkan perkuliahan di bidang teknologi pangan tentu memiliki kurikulum masing-masing, apalagi jika Anda memilih kuliah di luar negeri. Beda negara, bisa jadi beda teknologi maupun regulasi yang mengatur teknologi pangan yang tentunya berpengaruh terhadap mata kuliah yang akan dipelajari selama perkuliahan. 

Sebagai contoh, berikut mata kuliah yang dipelajari di Bachelor of Science in Food Science: Business Emphasis di Cornell University, New York: 

Food Science
  • Science and Technology of Foods

  • Leadership & Career Skills in Food Science

  • Nutrition and Health

  • Intro. to Physiochemical and Biological Aspects of Food

  • Food Analysis

  • Applied & Food Microbiology

  • Food Safety Assurance

  • Capstone Project in Food Science

  • Concepts of Product Development

  • Sensory Evaluation of Foods

  • Food Chemistry I

  • Food Engineering Principles

  • Food Processing A: Unit Operations and Food Packaging

Core Science
  • Introductory Biology I

  • Introductory Biology II

  • General Microbiology Lecture

  • General Microbiology Laboratory

  • Introduction to Chemistry

  • Introduction to Organic Chemistry

  • Calculus I/AP Calculus Credit

  • Physics I/AP Physics Credit

Mata kuliah pilihan (electives)
  • Cooperative Business Management

  • Toward a Sustainable Global Food System: Food Policy for Developing Countries

  • Entrepreneurship for Scientists and Engineers

  • Food and Consumer Packaged Goods Industry Dynamics

 

Mengapa Pilih Kuliah Teknologi Pangan di Amerika Serikat?

kuliah di amerika

Ada banyak alasan yang mendasari mengapa banyak pelajar Indonesia yang memilih melanjutkan kuliah ke Amerika Serikat, khususnya yang mengambil jurusan teknologi pangan.

Berikut ada beberapa alasan penting mengapa memilih kuliah teknologi pangan di Amerika yang sering diutarakan pelajar:

1. Sistem pendidikan

Sudah bukan rahasia lagi jika Amerika Serikat memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Banyak universitas di Amerika Serikat yang menduduki peringkat teratas dari berbagai badan resmi di dunia yang tentu saja menjadi indikator mengenai kualitasnya.

2. Akses ke fasilitas yang lengkap dan canggih

Kuliah di bidang teknologi pangan banyak melakukan praktek atau riset di lab, dan Amerika Serikat dikenal memiliki berbagai fasilitas ruang praktek hingga lab canggih untuk mendukung kegiatan perkuliahan. Hal ini akan sangat membantu mahasiswa dalam belajar dan juga terjun langsung melakukan penelitian hingga memproses produk pangan selama masa perkuliahan.

Baca juga: Apa keuntungan kuliah di Amerika Serikat?

3. Kesempatan magang

Termasuk dalam ilmu praktikal,mahasiswa jurusan teknologi pangan di Amerika Serikat akan mendapatkan kesempatan magang maupun studi lapangan langsung ke perusahaan di industri pangan. Tak hanya berguna untuk menambah pengetahuan dan pengalaman mahasiswa, kegiatan ini akan membantu mahasiswa untuk membangun jaringan profesional yang akan berguna saat mencari pekerjaan saat lulus kuliah nantinya. 

Hal ini tentu akan beri kesempatan unik bagi mahasiswa untuk bekerja secara langsung di industri terkait sembari menyelesaikan berbagai masalah di bidang pangan yang tengah dihadapi.

4. Kurikulum berbasis industri

Kurikulum untuk jurusan food technology  di Amerika Serikat dibuat selaras dengan kebutuhan industri pangan saat ini, sehingga mahasiswa yang lulus dari jurusan ini bisa langsung bekerja sesuai pilihan karirnya.

5. Peluang kerja besar

Kebutuhan terhadap profesional di bidang teknologi pangan semakin besar dan persaingannya belum terlalu tinggi karena jika dibanding jurusan lain, masih sedikit yang mengambil jurusan ini. Sehingga Anda memiliki peluang besar untuk bekerja di bidang pangan dan mendapat gaji di atas rata-rata. 

Baca juga: Siapa saja yang kuliah di Amerika Serikat?

 

Berapa Biaya Kuliah di Amerika Serikat?

Biaya kuliah memang selalu menjadi faktor penting saat memutuskan kuliah di luar negeri. Nah, bagi Anda yang ingin kuliah di Amerika, Anda harus tahu berapa perkiraan uang kuliah di Amerika Serikat. 

Dikutip dari berbagai sumber, berikut perkiraan rata-rata biaya kuliah di Amerika Serikat untuk program gelar sarjana (S1), master (S2) dan juga doktor (S3) per tahunnya untuk berbagai jurusan. 

Kualifikasi

Dalam USD

Dalam Rupiah*

S1

25.000-70.000

350jt-1M

S2

30.000-60.000

450jt-850jt

S3

28.000-50.000

200jt-700jt

*Perkiraan biaya kuliah dalam Rupiah dapat berubah-ubah sesuai kurs yang berlaku

Namun Anda disarankan untuk mengecek biaya kuliah di universitas yang diinginkan agar tidak ada biaya tersembunyi yang terlewat. Silakan hubungi EasyUni untuk mengetahui informasi akurat seputar uang kuliah di Amerika Serikat. Tenang, sesi tanya jawab dan konsultasi di EasyUni gratis kok!

 

Universitas Terbaik di Amerika Serikat untuk Kuliah Teknologi Pangan

Saat kuliah ke luar negeri, memilih universitas terbaik sangat penting untuk memastikan Anda mendapatkan pendidikan terbaik. Apalagi jika Anda memutuskan kuliah ke Amerika Serikat yang sudah dikenal memiliki uang kuliah yang tidak murah. Memilih universitas tentu tidak boleh asal-asalan. 

Jika Anda tertarik untuk kuliah teknologi pangan di Amerika Serikat, berikut 5 universitas top untuk jurusan teknologi pangan berdasarkan laman Collegefactual

1. Cornell University

cornell university di amerika

Yang pertama ada Cornell University yang berlokasi di New York. Universitas ini menawarkan program S1 dan S2 di bidang food science technology. Universitas swasta yang berada di Ithaca ini berdiri sejak tahun 1865 dan dikenal sebagai salah satu universitas dengan riset terbaik di hampir segala bidang. Mulai dari klasik hingga sains, termasuk salah satunya adalah bidang food technology. 

2.University of California, Davis

UC davis di amerika

Universitas ini menawarkan program S1 dan S2 di bidang food science technology. Dengan 84,1% instruktur dan dosen yang bekerja secara full time, mahasiswa tentunya memiliki banyak kesempatan untuk belajar, berinteraksi dan diskusi langsung dengan instruktur.

University of California, Davis menawarkan banyak fasilitas menarik untuk mahasiswa jurusan food science and technology. Seperti misalnya The Food Tech Club yang merupakan organisasi mahasiswa yang sering mengadakan berbagai acara menarik untuk mahasiswa, seperti field trip ke perusahaan, seminar khusus dengan speaker dari industri terkait dan pakar di bidang pangan dan masih banyak lainnya.

Ada juga The Institute of Food Technologists Student Association (IFTSA) dan The Food Science Brewing Club yang dikhususkan bagi mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan dan jaringan profesional serta akademis.  

3.University of Florida

University of Florida

Jurusan food science technology di University of Florida tersedia dalam program S1 hingga S3. Jurusan yang masuk dalam fakultas Food Science and Human Nutrition ini memiliki berbagai jurusan yang berhubungan dengan pangan. 

Untuk program S1-nya terdapat tiga jurusan, yaitu Dietetics, Food Science dan Nutritional Sciences.

Sedangkan untuk S2-nya University of Florida menawarkan dua gelar, yaitu M.S. Dietetic Internship Program dan M.S. Food Science and Human Nutrition. Selain itu ada juga Ph.D. Food Science dan Ph.D. Nutritional Sciences.

4. University of Illinois at Urbana - Champaign

University of Illinois at Urbana - Champaign

Universitas ini menjadi pilihan yang menarik bagi Anda yang tertarik dengan jurusan food technology di Amerika serikat. Berada dalam Department of Food Science and Human Nutrition, terdapat 3 jurusan baik untuk level S1 maupun S2 di bidang pangan, yaitu:

  • dietetics food science
  • hospitality management
  • human nutrition.

Uniknya, universitas ini memiliki fasilitas yang dimanage oleh mahasiswa sendiri yang diperuntukkan sebagai praktek lapangan dalam memproses makanan secara langsung. Terdiri dari kafe, food labs, metabolic kitchen, research lab dan sebagainya. 

5. Clemson University

clemson university

Terletak di South Carolina, Clemson University menawarkan program S1 hingga S3 untuk departemen Food, Nutrition, and Packaging Sciences.

Terdapat tiga jurusan yang bisa dipilih, yaitu:

  • Food Science and Technology
  • Nutrition and Dietetics
  • Packaging Science.

 

Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknologi Pangan?

Seperti telah disebutkan di atas, jurusan teknologi pangan memiliki banyak peluang kerja baik di dalam maupun luar negeri. Tak hanya berkutat pada industri makanan dan minuman, lulusan jurusan teknologi pangan juga bisa bekerja di bagian manajemen hingga membuka usaha sendiri.

Beberapa contoh pekerjaan yang bisa ditekuni oleh lulusan teknologi pangan di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Food Safety Officer

  • Food Scientist

  • Food Audit Officer

  • Food Hygiene Officer

  • Food Microbiologist

  • Quality Control/Pengendalian Mutu

  • Konsultan Pangan dan Gizi

  • Market Development Executive

  • Pengembangan Produk / R&D dept

  • Production Management

  • Laboratory Technologist

  • Packaging Technologist

  • Assistant Food Technologist / Food Technologist

  • Sales & Marketing Executive

  • Wirausaha/ Pengusaha Pangan


 

FAQ atau Pertanyaan Umum Seputar Jurusan Teknologi Pangan

1. Mengapa harus pilih kuliah jurusan teknologi pangan di Amerika Serikat?

Hal ini karena sebagai negara maju di dunia, Amerika Serikat menyediakan berbagai fasilitas lengkap penunjang belajar yang akan membuat mahasiswa bisa belajar lebih komprehensif. Selain sistem pendidikannya yang baik, lulusan dari universitas Amerika Serikat pun memiliki semacam prestise yang tinggi dan sedikit banyak mempengaruhi saat mencari pekerjaan nantinya.

2. Apakah lulusan teknologi pangan memiliki karir yang menjanjikan?

Tentu saja. Lulusan dari jurusan ini masih tergolong sedikit, sedangkan kebutuhan akan profesional di bidang ini semakin meningkat, sehingga tak hanya memiliki sedikit persaingan, Anda pun akan mendapat gaji lebih tinggi di atas rata-rata. Sebagai contoh, teknisi pangan di Amerika bisa mendapatkan gaji hingga Rp 100.000.000. Menarik kan?

3.  Apakah kuliah jurusan teknologi pangan termasuk populer?

Tidak juga, namun popularitas jurusan ini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Jadi tak ada salahnya Anda mengambil jurusan teknologi pangan ini! 

Sudah siap untuk kuliah teknologi pangan di Amerika Serikat? Atau masih ingin tahu lebih lanjut mengenai informasi lengkap kuliah di luar negeri? Jangan ragu untuk menghubungi EasyUni karena konsultasi ini tidak dipungut biaya.

You might be interested in...