Gimana sih sistem Pendidikan di Jepang dan kualifikasinya?

Sama seperti di Indonesia, pendidikan tingkat tinggi di Jepang dimulai setelah seseorang menyelesaikan 12 tahun masa pendidikan yang termasuk pendidikan dasar (SD) selama 6 Tahun dan pendidikan menengah pertama (SMP) selama 3 tahun dan pendidikan menengah atas (SMA) selama 3 tahun. Bagi kamu yang ingin kuliah di Jepang, terdapat 5 jenis lembaga pendidikan tinggi yang bisa dimasuki mahasiswa asing terdiri dari Colleges of Technology (Koutou Senmongakkou), Specialized Training Colleges (Senshugakkou/ Senmonkatei), Junior Colleges (Tanki Daigaku), Universitas dan Pascasarjana yang terbagi secara garis besar menjadi Universitas Negeri, Universitas Local Publik dan Universitas Swasta.

Kualifikasi Masuk 

Bagi kamu yang tertarik untuk masuk, Universitas, Junior Colleges, Professional Training Colleges dan Program Transfer ini kualifikasinya,

  • Pelajar harus telah menyelesaikan pendidikan sekolah selama 12 (11) tahun dinegara asalnya.
  • Pelajar yang lulus pada ujian kesetaraan yang setara dengan pendidikan sekolah selama 12 (11) di negara asal dan berusia 18 (17) tahun.

  • Pelajar yang lulus sekolah bagi orang asing yang berada di jepang yang ditunjuk sebagai sekolah yang setara dengan SMA di negara asal dan berusia 18 (17) tahun.

  • Pelajar yang sudah berusia 18 (17) tahun dan sudah memiliki kualifikasi masuk universitas di luar negeri seperti baccalaureat, abitur, baccalaureat internasional.

  • Pelajar yang telah berusia 18 (17) tahun dan sudah lulus pendidikan selama 12 (11) tahun di Sekolah Internasional yang telah bersertifikat badan evaluasi Internasional (WASC, CIS, ACSI)

  • Pelajar yang telah berusia 18 (17) tahun atau lebih dan telah berhasil lulus ujian kualifikasi akademik yang setara dengan SMA di Jepang.

  • Pelajar yang telah berusia 18 tahun dan diakui berdasarkan pemeriksaan kualifikasi masuk universitas secara individu di universitas yang akan di tuju dan memiliki kemampuan akademik setara SMA atau di atasnya.

  • Pelajar yang memiliki kualifikasi masuk Universitas lebih dari keterangan diatas.

Untuk point ke 1 hingga 3, apabila kamu menyelesaikan pendidikan sekolah kurang dari 12 (11) tahun, harus telah menyelesaikan pendidikan persiapan masuk Universitas dan atau mengikuti pelatihan yang diadakan oleh lembaga akreditasi. Selain itu, untuk kualifikasi program transfer ke Colleges of Technologies, harus dilakukan menggantikan waktu korespondensi yang tidak sesuai dengan kualifikasi.

Jadi intinya, untuk mendaftarkan diri ke perguruan tinggi di Jepang, kamu harus menyelesaikan pendidikan formal 12 tahun. Selain itu, bagi pelajar yang hanya menyelesaikan pendidikan dalam 10 atau 11 tahun, kamu harus memastikan kamu sudah menyelesaikan program persiapan masuk universitas yang di tunjuk oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Pengetahuan dan Teknologi jepang dan pastikan kamu menyelesaikan pendidikan yang setara dengan sekolah menengah di Jepang.

Cukup jelaskan? Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi, www.jasso.go.jp

Diposting pada 09 Okt 2017
Jurusan

Bagikan ini