Kuliah Pendidikan dan Keguruan di Malaysia

Tidak bisa dielakkan bila kualitas pendidikan di Malaysia membuat para pelajar memutuskan untuk kuliah pendidikan dan keguruan di Malaysia...
Share on Facebook Twitter WhatsApp

ilmu pendidikan dan kejuruan bagi yang suka mengajar
Sumber: Pexels.com

Semakin hari dunia berkembang kian pesat. Hal ini tentulah tidak terlepas dari kualitas sektor pendidikan yang semakin baik dari waktu ke waktu. Kualitas sumberdaya manusia menjadi faktor utama yang sangat memengaruhi kualitas pendidikan di sebuah negeri. Apakah Anda berminat untuk berkontribusi terhadap kualitas pendidikan dunia? Apabila ya maka pilihan kuliah Pendidikan dan Keguruan di Malaysia adalah salah satu pilihan tepat.

Kuliah jurusan Pendidikan dan Keguruan di Malaysia boleh dikatakan sebagai salah satu pilihan tepat agar Anda bisa memiliki bekal yang baik lalu mendedikasikan diri pada sektor pendidikan. Jasa Anda akan selalu terkenang meskipun tanpa tanda. Namun, Anda akan senang dan bangga ketika jasa Anda bermanfaat bagi banyak orang hingga seluruh negeri. Semakin tertarik? Tuntaskanlah membaca panduan ini agar Anda mendapatkan informasi penting terkait kuliah pendidikan dan pengajaran di Malaysia.

Apa itu ilmu pendidikan dan keguruan?

Ilmu pendidikan dan keguruan adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara membagikan ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada orang lain sehingga orang tersebut menjadi paham dan mampu menguasai ilmu dan keterampilan tersebut. Program studi Pendidikan dan Keguruan akan membimbing para pelajarnya agar memiliki kemampuan mengajar yang baik.

Jenis pendidikan Anda (spesialisasi jurusan dan jenjang pendidikan) turut menentukan kelas dan karakteristik peserta didik Anda nantinya. Hal ini bertujuan agar para pengajar mendapatkan ilmu khusus dan terfokus sesuai dengan jenjang pendidikan dan karakteristik para pelajar yang berbeda-beda. Ini bisa membuat kualitas pendidikan semakin baik karena diajarkan oleh orang dengan keahlian yang sesuai.

Jadi jika Anda mengambil kuliah S1 dengan spesialisasi jurusan atau peminatan Pendidikan Anak Usia Dini (Early Childhood Education) maka Anda bisa mengajar para siswa prasekolah. Spesialisasi jurusan Primary Education (Pendidikan Dasar) nantinya akan mengajar anak-anak SD, dan Secondary Education (Pendidikan Menengah) akan  mengajar anak SMP dan SMA. Pelajar di tingkat kampus baru bisa diajar oleh lulusan program pascasarjana dengan subyek yang sesuai.

Mengapa kuliah pendidikan dan keguruan di Malaysia?

Tidak sedikit para pelajar yang memilih kuliah pendidikan dan keguruan di Malaysia. Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa banyak yang melirik Malaysia untuk dijadikan tujuan kuliah di luar negeri khususnya pada jurusan pendidikan dan keguruan. Malaysia memang memiliki beberapa keunggulan di mata para pelajar Internasional termasuk pelajar asal Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa alasan umum mengapa memilih kuliah pendidikan dan keguruan di Malaysia:

1. Memberikan banyak manfaat bagi dunia

Sebagaimana yang telah Anda ketahui bahwa sektor pendidikan merupakan salah satu sektor yang sangat penting di dunia ini. Sejarah telah mencatat bahwa kemajuan teknologi yang telah Anda rasakan hingga saat ini tidaklah terlepas dari peranan pendidikan di dalamnya.

Para guru yang berkualitas berkontribusi dalam mencetak sumberdaya manusia unggul yang mampu menyumbangkan buah pemikirannya bagi perkembangan dunia.

2. Memiliki sistem pendidikan yang baik

Malaysia adalah salah satu negara yang juga memiliki perhatian tinggi terhadap sektor pendidikan. Jenjang pendidikan di tingkat perguruan tinggi juga termasuk menjadi perhatian khusus bagi pemerintah Malaysia. Pasalnya, Malaysia kerap kali dipilih oleh banyak pelajar Internasional yang berasal dari berbagai negara. Hal inilah yang juga membuat kebijakan pendidikan tinggi begitu banyak mendapat dukungan.

Berbagai universitas di Malaysia, khususnya yang menawarkan jurusan Pendidikan dan Keguruan memiliki sistem pendidikan yang baik. Anda akan mendapatkan metode pengajaran yang berbeda seperti kuliah, seminar, lokakarya, tutorial, dan lainnya.

Anda pun akan dilatih agar bisa belajar mandiri baik secara offline maupun online. Para pengajar yang handal dan ahli siap sedia membimbing akademik Anda.

3. Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait

Banyak institusi kuliah di Malaysia yang telah menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait dengan sektor pendidikan. Lembaga-lembaga yang telah mengadakan kerjasama dengan universitas jurusan Pendidikan dan Keguruan di Malaysia juga memiliki nama dan reputasi yang sangat baik.

Kampus-kampus jurusan Pendidikan dan Keguruan di Malaysia sudah banyak yang bekerja sama dengan lembaga pendidikan dasar yaitu sekolah Internasional di banyak negara.

Jadi, Anda akan memiliki kesempatan untuk magang mengajar di sekolah-sekolah Internasional tersebut. Anda akan mendapatkan banyak pengalaman mengajar secara global.

Ini merupakan bekal yang begitu penting bagi karir Anda kelak setelah lulus. Selain itu, ada juga universitas di Malaysia jurusan Pendidikan dan Keguruan yang telah memiliki kerjasama dengan perusahaan ternama seperti Google sebagai partner dalam hal pendidikan.

4. Banyak pilihan kampus dan spesialisasi jurusan

Apabila Anda memilih kuliah di Malaysia pada jurusan Pendidikan dan Keguruan maka Anda akan memiliki banyak pilihan tempat kuliah. Ada banyak pilihan universitas yang menawarkan jurusan Pendidikan dan Keguruan.

Universitas-universitas tersebut ada yang merupakan universitas negeri dan universitas swasta. Di samping itu, spesialisasi jurusan Pendidikan dan Keguruan di Malaysia cukup bervariasi sehingga memudahkan para calon pelajar untuk memilih salah satunya.

5. Banyaknya peluang profesi setelah lulus kuliah

Sektor pendidikan merupakan sektor yang meliputi hal yang luas dan salah satunya adalah perihal profesi. Para lulusan kuliah Pendidikan dan Keguruan bisa memiliki peluang profesi yang bervariasi. Ada peluang untuk bekerja di beberapa jenis lembaga pendidikan formal seperti sekolah, akademi, dan universitas.

Selain itu, Anda juga berpeluang untuk memiliki profesi pada lembaga pendidikan nonformal seperti lembaga kursus. Ada juga peluang profesi di beberapa lembaga lain atau perusahaan yang bergerak di sektor pendidikan.

6. Kesempatan bekerja di Malaysia dengan penghasilan yang tinggi

Lulusan kuliah jurusan Pendidikan dan Keguruan di Malaysia memiliki peluang yang lebih tinggi untuk bisa bekerja di Malaysia. Hal ini dikarenakan para lulusan telah memiliki kualifikasi pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Malaysia.

Ini mendorong kepercayaan lembaga-lembaga pendidikan di Malaysia terhadap kredibilitas Anda. Bekerja di Malaysia cukup diincar oleh para lulusan asal Indonesia karena bisa mendapatkan gaji yang tinggi. Menurut payscale, rata-rata gaji guru SMP di Malaysia adalah 14 juta per bulan.

Apa saja jenjang program pendidikan yang tersedia pada jurusan Pendidikan dan Keguruan?

Anda telah melihat bahwa salah satu alasan mengapa memilih kuliah jurusan Pendidikan dan Keguruan di Malaysia adalah karena Malaysia memiliki banyak pilihan universitas yang menyediakan berbagai jenjang pendidikan.

Berikut ini adalah beberapa jenjang program pendidikan jurusan Pendidikan dan Keguruan di Malaysia:

  • Diploma

  • Sarjana (S1)

  • Magister (S2)

  • Doktoral (S3)

  • Sertifikasi: 2-8 bulan

  • Dan lainnya

Apa saja spesialisasi jurusan atau peminatan yang ada pada bidang Pendidikan dan Keguruan di Malaysia?

Banyak pilihan spesialisasi jurusan Pendidikan dan Keguruan di Malaysia juga merupakan alasan memilih kuliah di Malaysia yang seringkali menjadi daya tarik bagi para pelajar Internasional termasuk Indonesia. Berbagai Institusi kuliah di Malaysia menawarkan spesialisasi jurusan yang bervariasi sehingga Anda bisa memiliki banyak pilihan konsentrasi.

Ada beberapa pemfokusan (minor) jurusan yang bisa Anda dapatkan dalam jurusan pendidikan dan keguruan di Malaysia, di antaranya:

  • Perkembangan anak

  • Pendidikan Usia Dini

  • Pendidikan SD

  • Pendidikan SMP

  • Pendidikan SMA

  • Pendidikan Usia Dewasa

  • Pendidikan Perkebutuhan Khusus

  • Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Rohani

  • Pendidikan Ilmu Sains

  • Bimbingan dan Konseling

  • Kurikulum & Instruksi

  • TESOL dan TESL

  • Dan lainnya

Silahkan menghubungi EasyUni untuk berkonsultasi dengan Penasihat profesional kami agar Anda bisa mengetahui spesialisasi yang sesuai. Konsultasi ini tidak dipungut biaya.

Apa saja daftar mata kuliah pada jurusan Pendidikan dan Keguruan?

suasana kelas ketika dosen mengajar
Sumber: Pixabay.com

Sebelumnya memutuskan mengambil spesialisasi jurusan tertentu pada bidang Pendidikan dan Keguruan maka sebaiknya Anda mengetahui daftar mata kuliah yang ada pada spesialisasi jurusan tersebut.

Daftar mata kuliah penting untuk diketahui para calon pelajar sehingga para calon pelajar bisa memiliki gambaran tentang mata kuliah apa saja yang nantinya akan dipelajari di bangku kuliah. Anda perlu mencari tahu daftar mata kuliah spesialisasi jurusan yang Anda ingin pilih di universitas yang hendak dituju.

Di bawah ini adalah contoh mata kuliah program sarjana spesialisasi jurusan Early Childhood Education di Management & Science University (MSU) :

  • Learning Through Play

  • Art and Craft for Young Children

  • Philosophy of Early Childhood Education

  • Guiding Young Children’s Positive Development

  • Computers for Young Children

  • Cognitive Development of Young Children

  • Social and Emotional Development of Young Children

  • Children with Special Needs

  • Gifted Children and Early Childhood Education

  • Music and Movement for Young Children

  • Curriculum and Learning Activities for Nursery

  • Developing Critical and Creative Thinking for Young Children

Bagaimana prospek kerja lulusan kuliah Pendidikan dan Keguruan yang telah lulus dari kampus-kampus Malaysia?

Tidak perlu ragu dan bimbang lagi untuk memilih kuliah jurusan Pendidikan dan Keguruan di Malaysia karena Anda akan memiliki prospek kerja atau karir yang cerah di masa depan. Pasalnya, jika Anda adalah lulusan kuliah pendidikan dan keguruan di luar negeri termasuk Malaysia maka ijazah Anda akan dihargai baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hal ini dikarenakan Anda telah memiliki kualifikasi yang baik dan bermutu tinggi sebagaimana reputasi mayoritas kampus di Malaysia.

Apa saja peluang profesi bagi lulusan kuliah Pendidikan dan Keguruan?

apa yang dosen ajarkan di kelas inspirasi para siswa jurusan pendidikan
Sumber: Pxhere.com

Setelah lulus kuliah jurusan Pendidikan dan Keguruan di salah satu universitas di Malaysia maka Anda akan memiliki beberapa pilihan profesi. Informasi ini juga mengartikan bahwa tersedianya banyak lapangan kerja bagi para lulusan kuliah Pendidikan dan Keguruan. Jika Anda adalah lulusan Malaysia maka Anda juga bisa mengisi posisi profesi ini tidak hanya di dalam negeri melainkan juga bisa berkarir di luar negeri.

Berikut ini adalah beberapa peluang profesi bagi lulusan kuliah jurusan keguruan dan pendidikan:

  • guru PAUD dan TK

  • guru SD

  • guru SMP dan SMA

  • dosen di politeknik atau perguruan tinggi

  • kepala sekolah

  • konselor atau penasihat pendidikan

  • peneliti di bidang pendidikan

  • psikoterapis anak-anak

  • guru siswa berkebutuhan khusus

  • pengajar privat (online or tatap muka)

  • penulis bertema pendidikan

  • dan lainnya

Apa persyaratan kuliah jurusan Pendidikan dan Keguruan di Malaysia?

Persyaratan kuliah merupakan hal wajib untuk dimiliki oleh para calon pelajar yang berminat kuliah di institusi kuliah tertentu pada suatu jurusan. Kebijakan penetapan persyaratan kuliah ini berbeda-beda pada setiap universitas yang ada di Malaysia. Selain itu, ada juga persyaratan kuliah tambahan pada beberapa spesialisasi jurusan. Anda wajib tahu daftar persyaratan kuliah yang ada pada jurusan dan universitas pilihan Anda.

Berikut ini adalah contoh persyaratan kuliah jurusan English Education di Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR), Malaysia:

  • Ijazah SMA dengan nilai rata-rata 7 - 9 atau

  • Ijazah D3 atau

  • A Level with 2 passes atau

  • Foundation in Arts or Science in UTAR

  • Persyaratan Bahasa Inggris

    • IELTS 6.0

    • TOEFL 550

    • English O Level 3B/ B (3)

    • kualifikasi setara lainnya

Berapa besar biaya kuliah Pendidikan dan Keguruan di Malaysia?

Biaya kuliah jurusan pendidikan dan keguruan di Malaysia memiliki kisaran antara Rp 65.000.000,- hingga Rp 550.000.000,- per tahun. Biaya pendidikan ini memang memiliki rentang yang cukup jauh karena faktor jenjang pendidikan dan spesialisasi jurusan yang turut memengaruhi. Selain itu, jenis universitas (negeri dan swasta) juga merupakan variabel di dalam biaya kuliah di Malaysia.

Untuk informasi yang tepat tentang biaya kuliah silahkan menghubungi EasyUni.

Di mana universitas terbaik di Malaysia untuk kuliah jurusan Pendidikan dan Keguruan?

Malaysia memiliki beberapa pilihan institusi kuliah dengan reputasi yang baik di mata dunia pada jurusan Pendidikan dan Keguruan. Apabila Anda sedang cari universitas jurusan Pendidikan dan Keguruan di Malaysia maka Anda bisa melihat informasi yang tersaji pada tabel di bawah.

Berikut ini adalah beberapa institusi kuliah jurusan Pendidikan dan Keguruan di Malaysia:

No

Nama Universitas

Jenis Universitas

1

University of Malaya

Negeri

2

Universiti Sains Malaysia

Negeri

3

Taylor’s University

Swasta

4

Universiti Tunku Abdul Rahman

Swasta

5

University of Nottingham Malaysia

Swasta

6

Management and Science University

Swasta

7

UNITAR International University

Swasta

8

SEGi University

Swasta

9

International Islamic University of Malaysia

Swasta


Setelah membaca panduan ini, apakah Anda semakin tertarik untuk memilih kuliah Pendidikan dan Keguruan di Malaysia? Jangan sungkan untuk menghubungi EasyUni jika Anda ingin berkonsultasi lebih jauh mengenai kuliah di luar negeri.

You might be interested in...