Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi dan Media Massa di Malaysia

Ilmu Komunikasi dan Media Massa adalah salah satu jurusan yang paling menarik karena keterlibatan media massa dan komunikasi dalam kehidupan kita sehari-hari...
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Mengenai Jurusan Ilmu Komunikasi dan Media Massa

penjelasan mengenai jurusan ilmu komunikasi 2019

Banyak orang yang kurang mengerti dan tahu mengenai jurusan ini, dan banyak juga yang memiliki salah pengertian. Hal ini menyebabkan jurusan Mass and Media Communication alias Ilmu Komunikasi (Singkatnya dalam bahasa Indonesia) disalah artikan sebagai ilmu komputer oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Sejatinya, Ilmu Komunikasi dan Media Massa ini adalah jurusan yang mempelajari cara berkomunikasi serta media yang digunakan oleh massa untuk berkomunikasi dan menyampaikan pesan.

Hal ini termasuk mempelajari mengenai sejarah media massa, periklanan, jurnalistik, marketing, public relation, public speaking, fotografi, dan masih banyak.

Kenapa Ilmu Komunikasi dan Media Massa?

Meski banyak orang yang salah mengartikan jurusan ini, Mass and Media Communication adalah salah satu jurusan yang berperan penting dalam kehidupan sehari-hari umat manusia.

Mengapa begitu?

Coba saja pikirkan, hampir seluruh dari apa yang kita lihat adalah komponen dari Mass and Media Communication mulai dari iklan, social-media, SMS, program TV, YouTube, hingga billboard di tepi jalan pun masih merupakan komponen Mass and Media Communication.

Simpelnya, Mass and Media Communication selalu mengelilingi kehidupan kita tanpa kita sadari.

Hal ini membuktikan bahwa keberadaan komponen jurusan tersebut memiliki peran besar dalam kehidupan manusia sehari-harinya.

Contohnya saja iklan dapat membantu dalam membuat keputusan untuk membeli atau mengkonsumsi suatu produk, social media menjadi pilihan banyak orang sebagai sarana berkomunikasi karena efisiensinya.

Banyak perusahaan yang menggunakan public relation sebagai teknik andalan untuk mendapatkan hati para konsumen, dan masih banyak lagi.

Komponen-komponen Ilmu Komunikasi dan Media Massa

Jurusan Mass and Media Communication umumnya terbagi menjadi 3 arah jurusan, yakni:

  • Film and TV
  • Marketing Communication
  • Jurnalistik

Masing-masing dari ketiga komponen diatas memiliki spesifikasi belajar masing-masing dengan prospek kerja yang cukup berbeda antara satu dengan yang lainnya yang meliputi berbagai departemen di dunia pekerjaan.

Program Akademik untuk Ilmu Komunikassi dan Media Massa

kelas penyiaran kalau mengambil jurusan ilmu komunikasi

Sumber: Pixabay

Dengan ruang lingkup yang begitu luas, tentunya anda penasaran dengan program akademik, alias mata kuliah apa saja yang ditawarkan di jurusan ini.

Berdasarkan beberapa universitas ternama di Malaysia, berikut daftar mata kuliah yang akan dipelajari jika anda mengambil jurusan Mass and Media Communication:

  • Sejarah komunikasi
  • Media Massa dan sejarahnya
  • Perkenalan  terhadap jurnalistik, perfilm-an, dan marketing komunikasi
  • Ekonomi
  • Sosiologi
  • Psikologi

Di semester lanjutan, akan ada lagi subjek-subjek lebih spesifik yang akan dipelajari, seperti:

  • Hukum media di Malaysia
  • Media Writing
  • Photojournalism
  • Visual Communication
  • Public Speaking
  • Public Relation

Selebihnya, mata kuliah di tahun terakhir akan menjurus sesuai dengan komponen Mass and Media Communication yang dipilih oleh masing-masing mahasiswa; yang memilih perfilm-an akan mempelajari video production, yang memilih marketing komunikasi akan mempelajari kampanye iklan, dan seterusnya.

Kenapa Malaysia?

tentang jurusan ilmu komunikasi di malaysia

Pasti anda bertanya-tanya mengapa anda harus berkuliah di Malaysia. Padahal alasannya cukup simpel.

Berkuliah di luar negeri tentu saja memberi kita beberapa keberuntungan lainnya daripada berkuliah di dalam negeri.

Salah satu keuntungan utama yakni dalam faktor bahasa. Berkuliah di luar negri tentu saja tidak akan mempergunakan bahasa Indonesia, melainkan bahasa Inggris. Rata-rata kampus di Malaysia banyak yang menggunakan bahasa inggris saya sebagai bahasa pengantar, terutama kampus swasta. Dengan begini, anda memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggrismu.

Keuntungan kedua, anda bisa menghemat waktu hingga 1 tahun. Saat berkuliah di Indonesia memerlukan waktu 4 tahun untuk mencapai jenjang Sarjana, di Malaysia rata-rata program kuliah hanya memerlukan 3 tahun untuk mencapai S1.Hal ini mengijinkan anda untuk melakukan suatu hal lainnya yang bisa membantumu mencari pengalaman. Contohnya saja bekerja paruh waktu atau magang, serta anda juga bisa langsung mencari pekerjaan

Prospek Kerja di bidang Ilmu Komunikasi dan Media Massa

Nah, berbicara soal cari kerja, tentunya anda ingin mengetahui pekerjaan apa saja yang berpotensi menjadi mata pencaharian anda jika anda mengambil jurusan ini.

Dengan semua mata kuliah yang begitu umum dan juga jarang dipelajari di jurusan lainnya, lulusan Mass and Media Communication sejatinya memiliki peluang dan prospek kerja yang cukup besar dibandingkan jurusan lainnya.

Semua industri dan setiap perusahaan akan membutuhkan tenaga kerja di bidang ilmu komunikasi: dari industri kesehatan hingga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Dibawah ini adalah beberapa prospek pekerjaan untuk jurusan Mass and Media Communication:

  • SEO Specialist

pekerjaan ini sangat marak di era digital ini dan banyak perusahaan yang berusaha merekrut staf dengan spesialisasi SEO (Search Engine Optimization).

  • Pekerjaan di bidang jurnalistik

salah satu komponen dari Mass and Media Communication adalah jurnalistik, sangat natural bahwa lulusan dari Mass and Media Communication bisa mendapatkan pekerjaan di bidang jurnalistik, seperti reporter, jurnalis, news editor, dan masih banyak lagi.

  • Pekerjaan di bidang perfilm-an

sama halnya dengan jurnalistik, perfilm-an juga merupakan salah satu komponen inti dari Mass and Media Communication.

Bahkan cukup banyak orang yang mengambil Mass Communication memilih komponen atau spesialisasi di bidang perfilm-an.

  • Pekerjaan di bidang marketing

marketing adalah salah satu komponen Mass and Media Communication yang paling diminati. Semua perusahaan tentunya memerlukan departemen marketing, jadi bisa anda bayangkan rekrutmen staf marketing?

  • Pekerjaan di bidang PR

Public Relation adalah salah satu bidang yang sulit dikuasai. Dengan mengambil jurusan Mass and Media Communication, anda berkesempatan mempelajari ilmu mengenai Public Relation yang sulit dikuasai. Sama halnya dengan marketing, hampir setiap perusahaan juga membutuhkan departemen public relation.

Prospek kerja yang disebutkan diatas hanyalah beberapa pekerjaan umum untuk jurusan Ilmu Komunikasi dan Media Massa

Jadi masih banyak lagi prospek pekerjaan lainnya yang lebih spesifik. Untuk lebih lanjutnya, anda bisa langsung mengunjungi EasyUni disini.

Universitas Terbaik Malaysia yang Menawarkan jurusan bidang Mass and Media Communication

Jadi, sudah yakin untuk mengambil jurusan Mass and Media Communication setelah semua informasi diatas? Tentu saja kami juga punya daftar Universitas terbaik di Kuala Lumpur, Malaysia yang menawarkan jurusan bidang Mass and Media Communication.

UCSI University

Swasta

Taylor’s University

Swasta

HELP University

Swasta

Asia Pacific University

Swasta

INTI Internationational University & Colleges

Swasta

University Teknologi Mara

Negeri

Tunku Abdul Rahman College

Swasta - Negeri

Nah, selain universitas di atas, kamu juga bisa langsung menanyakan pada pihak EasyUni mengenai universitas lainnya yang merupakan pilihan kamu. Jangan segan-segan untuk menghubungi kami walaupun hanya sekedar bertanya.

Berapa Biaya Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi di Malaysia?

Selain daftar universitas terbaik yang menawarkan jurusan ini di Malaysia, anda juga tentunya ingin mengetahui berapa biaya yang harus anda siapkan untuk berkuliah dalam rupiah.

Informasi dibawah ini adalah biaya kuliah jurusan Mass and Media Communication per-tahunnya ya:

Tingkat

Biaya (per tahun)

Pra-Universitas

IDR 30 - 50 juta

Sarjana (S1)

IDR 70 - 120 juta

Magister (S2)

IDR 65 - 90 juta

Informasi di atas adalah perkiraan harga berkuliah jurusan Mass and Media Communication di Malaysia, namun tentu saja setiap universitas memiliki harga  yang berbeda-beda.

Apa Saja Dokumen yang Diperlukan Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi di Malaysia?

Tentu saja saat anda sudah yakin untuk berkuliah, anda harus memastikan semua dokumen yang anda butuhkan ada ditangan anda. Untuk memudahkan anda serta untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, kami sudah mempersiapkan daftar dokumen yang anda perlukan.

Berikut dokumen yang diperlukan untuk mendaftar kuliah:

Sarjana (S1)

  • Fotokopi paspor (identitas + semua halaman)
  • Transkrip nilai Ujian Akhir/ Ujian Nasional SMA
  • Sertifikat bahasa Inggris dengan skor min. -- IELTS: 5.5 - 6.0, TOEFL: 60-78 (iBT), 450 - 500 (PBT), 190-213 (CBT)

Magister (S2)

  • Fotokopi paspor (identitas + semua halaman)
  • Transkrip nilai hasil program S1
  • Sertifikat bahasa Inggris dengan skor min. -- IELTS: 6.5 - 7.0, TOEFL: 563 dan TOEFL minimum 550 - 613 (PBT), 79 - 103 (iBT), 213 - 240 (CBT)

Daftar dokumen di atas adalah dokumen yang umumnya diperlukan untuk mendaftarkan diri anda, namun tentu saja beberapa universitas mungkin akan meminta data-data tambahan lainnya. Dengan demikian, anda boleh mengakses  situs EasyUni untuk mencari informasi lebih lanjut.

Berapa Lama Durasi yang Diperlukan untuk Pendaftaran Mahasiswa Baru di Malaysia?

Jika tekad anda sudah pasti, pendaftaran online untuk universitas anda bisa dilakukan melalui situs resmi mereka. Agar anda ada di zona aman alias bisa menyelesaikan pendaftaran tepat waktu, anda bisa melakukan pendaftaran dari sekarang hingga Juni tahun depan. Namun anda juga harus mengingat bahwa setiap universitas memiliki periode semester yang berbeda.

Jadi kalau anda ingin informasi lebih lanjut, jangan segan-segan menghubungi kami.

You might be interested in...