Cover Image

Kuliah Culinary Arts di Malaysia

Setiap kali anda melihat timeline instagram dan facebook anda, pastinya anda akan menemukan beberapa foto atau video mengenai makanan. Meski hal ini hanya beberapa komponen dari seni kuliner, tapi sudah tampak betapa berpengaruhnya hal ini terhadap pribadi kita.

Find your university

Mau Berkuliah Seni Kuliner di Malaysia?

Apa sih sebenarnya Culinary Arts (Seni Kuliner) itu?

Seni kuliner atau yang lebih dikenal dengan bahasa inggrisnya, yakni Culinary Arts adalah salah satu jurusan kuliah yang mempelajari komponen-komponen makanan. Hal ini termasuk persiapan, proses memasak, serta proses penyajian makanan tersebut.

Namun, selain membedah proses membuat serta menyajikan makanan, jurusan culinary arts juga mengajarkan ilmu dasar mengenai bisnis, manajemen restoran dan pengetahuan umum lainnya.

Apa pentingnya Culinary Arts?

chef juna yang terkenal dari master chef indonesia
Sumber: Kompas

Banyak yang mengira bahwa mempelajari seni kuliner adalah sesuatu yang tidak cukup berguna jika anda ingin memiliki gaji besar dan hidup sukses. Namun nyatanya banyak juga lulusan culinary arts yang berhasil membesarkan nama mereka dan hidup senang serta bahagia. Salah satunya saja Gordon Ramsay, dan Chef Juna di Indonesia sendiri.

Siapa sangka bahwa selain mengerti tentang makanan, mempelajari culinary arts juga memiliki banyak manfaat yang berdampak pada kehidupan anda sehari-hari.

Contoh simpelnya saja, anda bisa mempelajari uniknya budaya lain melalui makanan dan masakan mereka, juga belajar untuk menghargai makanan dalam bentuk kebudayaan.

Selain itu, mempelajari kuliner berarti anda juga akan mempelajari nilai-nilai kesehatan. Setelah anda tahu nilai kesehatan dari makanan tersebut, tentunya anda akan tahu mana yang sehat dan mana yang tidak. Hal ini bisa menjadi motivasi untuk hidup lebih sehat.

Ditambah lagi, unsur diet dari kuliner merupakan bagian yang terpenting. Pasalnya, ilmu kesehatan berkaitan amat erat dengan persiapan makanan.

Yang paling penting, yakni anda akan belajar bagaimana cara menghargai makanan sebagai seni, karena sejatinya makanan bukanlah hanya sebuah bahan pangan namun juga usaha yang sudah dikontribusikan dalam proses pembuatannya serta rasa puas setelah mengkonsumsinya.

Mata Kuliah yang Dipelajari pada Jurusan Culinary Arts

Sampai saat ini, masih juga banyak orang tua yang bertanya-tanya sebenarnya apa saja yang akan anaknya pelajari di jurusan culinary arts ini; Apakah hanya memasak dan soal makanan? Kalau itu juga saya bisa ajarkan. Namun apakah benar hanya itu yang akan anda pelajari?

Dibawah ini adalah beberapa mata kuliah umum untuk program seni kuliner:

  • Pengoperasian dapur dan kuliner (Culinary & kitchen operations)
  • Kue-kue/Bakery (Patisserie)
  • Bakery versi Prancis (Boulangerie Viennoiserie)
  • Keamanan dan Sanitasi Makanan (Food safety & sanitation)
  • Minuman (Beverages studies)
  • Perkenalan pada perhotelan dan turisme (Introduction to hospitality and tourism industry)
  • Masakan klasik (Classic cuisine)
  • Masakan kontemporer (Contemporary cuisine)
  • Kontrol dalam pengeluaran dan biaya (Purchasing and cost control)
  • Lingkungan bisnis (Business environment)
  • Manajemen perhotelan (Hospitality management)
  • Seni kuliner (Culinary artistry)
  • Prinsip akuntansi dan marketing (Principles of accounting and marketing)
  • Kewirausahaan (Entrepreneurship)

Universitas di Malaysia dengan Jurusan Culinary Arts Beserta Biayanya

Nah, selain itu, tentu ada diantara anda yang berencana berkuliah di luar negeri, dan pilihan yang cepat dan mudah yakni; Malaysia. Mengapa? Karena Malaysia adalah negara tetangga yang lokasinya cukup dekat untuk kembali kerumah, namun juga cukup jauh untuk disebut negeri sendiri.

Dibawah ini adalah daftar beberapa universitas terbaik di Malaysia yang menawarkan program kuliah untuk jurusan Culinary Arts beserta biayanya:

logo sunway university di malaysia

Sunway University (Le Cordon Bleu accredited)

Sunway University adalah satu-satunya di Malaysia yang mendapatkan akreditasi langsung dari Le Cordon Bleu. Tentunya, jika anda adalah seseorang yang tertarik dengan makanan dan dunia kuliner, anda tahu bahwa Le Cordon Bleu Prancis adalah salah satu institusi pendidikan yang cukup penting dan legendaris dalam dunia kuliner.

logo berjaya university college

Berjaya University College of Hospitality

Universitas swasta lokal Malaysia yang sangat terkenal dalam bidang perhotelan dan kuliner yakni Berjaya University College of Hospitality. Dengan begitu banyak penghargaan yang sudah dimenangkan seperti Kuala Lumpur Mayor’s Tourism Award 2017 dan World Gourmet Summit Award of Excellence, tentunya kita sudah tidak perlu meragukan eksistensi dan status Berjaya University College of Hospitality.

kdu university college

KDU University College

Tidak berbeda dengan Sunway University, KDU University College bekerjasama dengan ALMA Italia yang sudah sangat legendaris di dunia kuliner Italia. Selain itu, KDU juga menawarkan program internasional setelah atau pada masa kuliah untuk muridnya dimana mereka bisa mendapatkan pengalaman belajar di luar negeri, seperti Swiss, Italia, dan Prancis.

taylor's university di malaysia

Taylor’s University

Taylor’s University ialah salah satu universitas swasta yang paling terkemuka di Malaysia. Berlokasi di Subang Jaya, Taylor’s sangat dekat dengan area Sunway. Selain itu, sudah tidak kaget lagi kalau mendengar Taylor's menerima penghargaan bergengsi dalam bidang kuliner dan perhotelan. Selain itu, dalam tingkat penerimaan kerja untuk muridnya, Taylor’s menduduki posisi ke 4 di Asia.

Umumnya, jurusan Culinary Arts ini hanya tersedia hingga program Diploma (D3), sedangkan program Sarjana (S1) nya umumnya di barengi dengan studi manajemen kuliner. Tentunya saja universitas di atas tidak semuanya menyediakan D3 serta S1, jadi agar anda tidak kebingungan, jangan segan-segan hubungi EasyUni untuk sekedar bertanya-tanya.

Dibawah ini merupakan biaya perkiraan untuk program D3 dan S1 jurusan ini:

Program RM RP
Diploma D3 37 ribu - 50 ribu 135 jt - 180 jt
Sarjana S1 80 ribu - 110 ribu 285jt - 360 jt

Prospek Kerja di Bidang Culinary Arts

Culinary Arts adalah salah satu jurusan yang seringkali prospek kerjanya dianggap kurang bagus untuk masa-masa kedepannya. Meski seni kuliner meletakan fokus terbesarnya pada makanan beserta komponennya, koki bukanlah satu-satunya prospek pekerjaan yang ada untuk lulusan di bidang culinary arts ini. Jangan lupa pula, di jurusan ini juga diajarkan prinsip-prinsip bisnis, manajemen, dan marketing.

Dibawah ini adalah beberapa prospek pekerjaan di masa depan untuk lulusan culinary arts:

  • Chef

Meski pekerjaan ini sudah diprediksi dan sangat dominan dalam jurusan ini, jangan pernah menganggap bahwa chef hanyalah pekerjaan yang membuatmu memasak makanan-makanan tertentu. Chef di dunia kuliner juga terbagi dalam beberapa level, termasuk chef pribadi, chef de cuisine, dan sous chef yang memiliki posisi yang akan sangat dihargai oleh banyak orang yang mengerti mengenai dunia kuliner.

  • Food Scientist

Cukup berbeda dengan chef, tapi siapa sangka jurusan culinary arts juga bisa mengambil pekerjaan sebagai seorang ilmuwan? Yes, tepatnya ilmuwan makanan. Sebagai seorang ilmuwan makanan, yang anda teliti ialah makanan; nutrisi dan komposisi makanan, mencari sumber pangan yang baru, serta meneliti bagaimana agar makanan olahan bisa dikonsumsi dengan lebih sehat.

  • Baking and pastry

Dengan kata ‘baking’ tentunya kamu sudah tahu bahwa pekerjaan ini banyak melibatkan roti, serta kue-kuean yang terlihat enak dan menarik. Dalam jurusan culinary arts, selain studi tentang makanan dan minuman, anda juga akan mempelajari roti dan kue-kuean. Jadi, jangan risau jika anda lebih tertarik pada dunia baking dan pastry karena anda pun akan mempelajarinya dalam jurusan ini.

  • Entrepreneur

Jangan pernah lupa bahwa meskipun anda menempuh jurusan culinary arts, anda juga akan mendapatkan pengetahuan umum mengenai bisnis, marketing, dan manajemen serta studi mengenai pengoperasian dapur, makanan, dan minuman. Nah dari sini anda bisa memiliki sedikit pandangan untuk menjadi seorang wirausahawan. Contohnya saja, anda bisa berencana untuk membuka usaha rumah makan/cafe anda sendiri.

Selain itu, dibawah ini adalah beberapa tokoh yang dihargai di dunia perkulineran dunia dan juga Indonesia:

  • Gordon Ramsay
  • Anthony Bourdain
  • Vindex Tengker
  • Juna Rorimpandey
  • Chandra Yudaswara

Dokumen-dokumen apa saja yang diperlukan untuk memenuhi syarat berkuliah di Malaysia?

Sama dengan mendaftar ke universitas-universitas di Indonesia, mendaftar kuliah di Malaysia pun harus dibarengi dengan dokumen-dokumen sebagai persyaratan kuliah. Persyaratan kuliah untuk warga asing pun berbeda dengan warga Malaysia sendiri.

Berikut persyaratan yang dibutuhkan untuk berkuliah di Malaysia:

Sarjana (S1)

  • Fotokopi paspor (identitas + semua halaman)
  • Transkrip nilai Ujian Akhir/ Ujian Nasional SMA
  • Sertifikat bahasa Inggris dengan skor min. -- IELTS: 5.5 - 6.0, TOEFL: 60-78 (iBT), 450 - 500 (PBT), 190-213 (CBT)

Magister (S2)

  • Fotokopi paspor (identitas + semua halaman)
  • Transkrip nilai hasil program S1
  • Sertifikat bahasa Inggris dengan skor min. -- IELTS: 6.5 - 7.0, TOEFL: 563 dan TOEFL minimum 550 - 613 (PBT), 79 - 103 (iBT), 213 - 240 (CBT)

Meskipun kami sudah menjelaskan dokumen persyaratan pendaftaran di atas, tentunya dokumen persyaratan di setiap universitas akan berbeda-beda. Kalau anda ingin tahu lebih lanjut mengenai persyaratannya, kamu bisa klik disini.

Berapa Lama Durasi yang Diperlukan untuk Pendaftaran Mahasiswa Baru di Malaysia?

Proses pendaftaran mahasiswa baru dapat dilakukan secara online melalui situs resmi dari universitas pilihan anda. Untuk mengantisipasi situasi agar anda bisa menyelesaikan pendaftaran tepat waktu, anda bisa melakukan pendaftaran dari sekarang hingga Juni 2019. Namun jangan lupa ya, setiap universitas memiliki periode semester yang berbeda-beda.

Kalau informasi yang diinginkan tidak dapat anda temui, jangan segan-segan untuk menghubungi kami.

Advertisement

Universities with courses in Seni Kuliner

See more related universities

You might be interested in...

Advertisement

This website uses cookies to ensure you get the best experience. By using this site, you acknowledge that you have read and understand our Cookie Policy , Privacy Statement and Terms & Conditions .

Maximum 6 courses for comparison!

Chat on WhatsApp

Courses selected for comparison