Cover Image

Kuliah Jurusan Keuangan di Malaysia

Hal-hal yang kamu perlu tahu sebelum kuliah jurusan Keuangan di Singapura

Find your university

 

kuliah jurusan keuangan di malaysia 2019

Jurusan keuangan adalah salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh orang di seluruh dunia dengan segala prospek kerja dan masa depannya. Dengan begitu jurusan ini juga merupakan salah satu jurusan yang paling kompetitif dari jurusan-jurusan lainnya.

Sedikit Tentang Jurusan Keuangan

Dari perspektif literal kata “keuangan” itu berarti anda akan mempelajari komponen-komponen yang bersangkut-paut dengan uang. Pada umumnya, komponen itu terbagi dua, yakni bagaimana mengatur keuangan dan bagaimana cara menjadi uang atau biaya yang dibutuhkan.

Jadi apa yang bisa anda harapkan dengan mengambil jurusan keuangan di kehidupan kuliah anda? Nah, anda bisa mengharapkan untuk mendapatkan informasi mengenai perbankan, aset, debit dan kredit, investasi dan beban. Selain itu anda juga akan mendapatkan wawasan umum mengenai pemasaran, manajemen, serta bisnis.

perbedaan jurusan keuangan dan akuntansi

Apa Bedanya Jurusan Keuangan dan Akuntansi?

Banyak sekali orang yang sering kebingungan untuk membedakan dua jurusan ini; keuangan dan akuntansi. Jika anda adalah salah satunya, maka anda membaca artikel yang tepat.

Jurusan keuangan adalah jurusan yang mempelajari sistem keuangan secara umum dengan ruang fokus yang luas. Jadi dalam jurusan ini, anda akan mempelajari bagaimana cara mengontrol dan mengatur keuangan. Sedangkan pada jurusan akuntansi, anda memang tetap mempelajari keuangan. Namun akuntansi meletakkan fokus pada aliran keuangan pada perusahaan.

Simpelnya, orang sering mengatakan bahwa bekerja di departemen keuangan berarti anda memfokuskan pandangan ke masa depan dan mendesain cara mendapatkan surplus dan meminimalisir pengeluaran/kerugian. Disisi lain, departemen akuntansi lebih fokus pada laporan keuangan yang sudah ada. Nah. Dari laporan itu akan diidentifikasi sesuai dengan standar perusahaan agar neraca keuangannya seimbang.

Jadi jika anda mengatakan belajar keuangan dan akuntansi sama saja, anda salah.

Apa Saja yang Bisa Diharapkan dalam Mempelajari Keuangan?

bidang yang terkait jurusan keuangan

Sebelum meneguhkan diri untuk mengambil jurusan ini, tentu saja anda ingin memastikan bahwa berkuliah jurusan keuangan sesuai dengan yang anda harapkan. Nah, sekarang kami akan membahas mengenai apa yang bisa anda harapkan dalam jurusan keuangan ini

  • Anda akan fokus pada manajemen keuangan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ketimbang berkutat dengan laporan dan neraca keuangan, anda akan lebih banyak berkutat dengan pikiran anda, serta kemampuan anda untuk mengatur keuangan. Contohnya saja dengan menyusun perencanaan keuangan, distribusi finansial, dan anggaran finansial untuk kedepannya.

  • Fokus mencari profit dan meminimalisir kerugian/pengeluaran

Berbeda dengan akuntansi yang fokusnya untuk menyeimbangkan neraca keuangan atau bisnis yang lebih fokus kepada pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan, disini anda akan lebih fokus kepada perencanaan, distribusi serta anggaran keuangan yang maksimal agar perusahaan anda tetap menghasilkan profit serta bagaimana caranya agar anda bisa meminimalisir pengeluaran atau kerugian.

  • Anda akan banyak berurusan dengan strategi

Area fokus di bidang keuangan sudah dijelaskan diatas. Nah, cara untuk mewujudkannya adalah dengan berbagai macam strategi yang maksimal. Tentu saja anda akan berkutat dengan banyak strategi agar anda bisa memaksimalkan pertumbuhan keuangan di perusahaan tersebut. Maka dari itu, anda juga harus kreatif dan memiliki inisiatif yang tinggi.

Karakter yang cocok untuk jurusan keuangan

karakter yang cocok untuk jurusan keuangan

Jurusan keuangan memiliki ketentuan karakter tersendiri. Berikut adalah karakter yang cocok untuk jurusan keuangan:

  • Teliti dan detil
  • Kritis
  • Suka berhitung
  • Senang melakukan riset dan analisis

Mengapa Malaysia Adalah Salah Satu Destinasi Berkuliah Terbaik?

Jika anda termasuk orang yang suka dengan tantangan, maka salah satu tantangan yang baik adalah dengan berkuliah di luar negeri. Meski terkadang anda atau orang tua anda sendiri agak takut, namun ini adalah salah satu keputusan yang baik untuk pertumbuhan mental anda. Salah satu tujuan kuliah paling populer di Indonesia ialah Malaysia.

Nah, sekarang mari kita bahas mengapa Malaysia adalah salah satu tujuan berkuliah terbaik.

  • Biaya hidup yang terbilang cukup rendah

Dibandingkan dengan tempat lainnya, biaya hidup di Malaysia bisa terbilang lebih murah. Bahkan jika anda mengkalkulasikan biaya kuliah sampai lulus di Malaysia dan di Indonesia, totalnya tidak jauh berbeda. Anggaran makan untuk satu porsi pada umumnya akan dikenai biaya maksimal RM7-RM8 yang kira-kira Rp32.000 bila ditotalkan. Sedangkan tempat tinggal untuk satu orang bisa bervariasi harganya, namun standarnya akan dikenai biaya RM550 yang kira-kira Rp2.2 jt per-bulannya.  

Baca juga: Betul apa tidak: Pengeluaran di Malaysia sama dengan di Indonesia?

  • Program pendidikan yang fokus pada karir

Dengan di monitor berdasarkan hukum-hukum dan legislasi lainnya, universitas di Malaysia menawarkan pendidikan yang berbasis fokus pada karir para muridnya. Universitas di Malaysia juga menawarkan mata kuliah yang up-to-date serta relevan dengan keadaan dan permintaan pasar. Maka dari itu, berkuliah di Malaysia bukan saja akan memberikan anda pengetahuan baru, namun juga pengetahuan akan dunia kerja, meski hanya dasar-dasarnya saja.

  • Bekerja sambil berkuliah

Di Malaysia, memang legal di mata hukum di Malaysia jika pemegang visa pelajar di Malaysia berkuliah sambil bekerja. Dengan begini, anda memiliki kesempatan untuk menghasilkan pendapatan ekstra. Menurut kutipan dari Nottingham University, batas waktu yang ditentukan yaitu 20 jam per minggu untuk seorang pelajar bekerja paruh waktu di Malaysia pada liburan semester.

Baca juga: Cara cari uang tambahan saat kuliah di luar negeri

Selain tiga hal diatas, masih banyak lagi alasan untuk hijrah berkuliah ke Malaysia. Contohnya saja berbagai budaya yang bisa ditemukan disini dalam satu tempat yang ama. Meskipun Indonesia terdiri dari sangat banyak ras dan suku, namun Malaysia adalah tempat yang padat dengan banyaknya budaya yang dapat ditemukan dalam satu tempat yang sama.

Selain itu, lokasi Malaysia yang terbilang strategis dan dekat dengan Indonesia juga menjadi salah satu alasan untuk berkuliah di Malaysia. Karena jaraknya yang dekat dan dapat dicapai dalam beberapa jam saja, orang tua juga tak perlu khawatir akan anak mereka yang berkuliah di negeri tetangga ini.

Kampus Terbaik Malaysia yang Menawarkan Jurusan Keuangan

Setelah kami meyakinkan anda untuk berkuliah di Malaysia, kini kami juga akan membantu anda untuk memilih universitas tujuan anda. Dibawah ini adalah beberapa universitas terbaik di Malaysia yang menawarkan jurusan keuangan. Beberapa universitas yang tertulis dibawah adalah universitas swasta, dan beberapa lainnya universitas negeri.

  • Taylor's University

  • Sunway University

  • Universiti Teknologi MARA

  • Universiti Tunku Abdul Rahman

  • INTI International University

  • Asia Pacific University

  • Universiti Kebangsaan Malaysia

Nah, jika universitas yang anda inginkan tidak ada diatas, silahkan akses disini. Lebih baik jika kita bisa membandingkan semua universitas yang ada agar anda tidak salah pilih, loh.

Mata Kuliah pada Jurusan Keuangan

Jika kamu memang tertarik dengan hal-hal yang berbau studi keuangan, kamu pasti kurang lebih sudah tau mata kuliah apa saja yang kira-kira akan dipelajari. Subjek-subjek seperti bisnis, perbankan dan pembelajaran strategi tentunya akan mendominasi jurusan ini.

Namun, agar lebih pasti lagi, kami juga sudah membantu anda dengan menyusun daftar mata kuliah yang umumnya dipelajari di jurusan keuangan ini. Disimak ya dibawah:

  • Ekonomi untuk bisnis

  • Prinsip-prinsip keuangan

  • Etika berbisnis

  • Pandangan global mengenai bisnis

  • Marketing

  • Keuangan untuk bisnis

  • Pasar dan instrumen keuangan

  • Makroekonomi dan mikroekonomi

  • Analisis keuangan

  • Lingkaran kehidupan bisnis

  • Pengelolaan individual

  • Mengambil keputusan keuangan

  • Strategi keuangan untuk perusahaan

  • Aspek keuangan untuk bisnis internasional

  • Behavioral finance

  • Isu-isu di perekonomian global

Jadi mata kuliah diatas adalah beberapa mata kuliah yang kerap kali ditemukan di jurusan keuangan. Namun masih banyak juga mata kuliah lain yang harus kalian ambil, contohnya saja mata pelajaran wajib seperti bahasa melayu, juga beberapa mata kuliah elektif yang akan membantu di dunia kerja nantinya seperti prinsip manajemen dan perbankan.

Biaya Kuliah Jurusan Keuangan di Malaysia

Sebagai calon mahasiswa yang ingin kuliah keluar negeri atau orang tua yang memiliki ancang-ancang untuk menguliahkan anaknya keluar negeri, tentu salah satu yang menjadi faktor pertimbangan dan keraguan adalah finansial.

Dan disini, kami akan menyediakan informasi mengenai perkiraan biaya yang harus anda persiapkan untuk melanjutkan kuliah di Malaysia. Meskipun biaya ini hanyalah sebuah perkiraan, anda setidaknya bisa tahu berapa banyak dana yang harus anda sisihkan. Selain itu, biaya di setiap universitas bisa berbeda, jadi ada baiknya jika anda mengkonfirmasi dengan bertanya pada institusi pendidikan yang dituju, atau bahkan sekedar mengecek di situs mereka atau disini.

Program

Biaya/tahun

Ringgit Malaysia (MYR)

Rupiah (IDR)

Sarjana (S1)

33 ribu

116 juta

Magister (S20

45 ribu

158 juta

Meski kami sudah memberikan perkiraan biaya diatas, janganlah terintimidasi sebab setiap universitas memiliki biaya yang berbeda. Hal ini bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, contohnya kedudukan universitas dalam dunia pendidikan, universitas negeri dan swasta, atau universitas dari negara maju yang membuka cabang/bekerja sama dengan institusi pendidikan di Malaysia. Karena dari itu, silahkan hubungi EasyUni untuk memastikan kembali biaya kuliah di kampus pilihan anda.  

Pengajuan Visa Pelajar untuk Berkuliah di Malaysia

Proses pengajuan visa pelajar di Malaysia walaupun terlihat rumit, sebenarnya tidak begitu susah. Kuncinya adalah dokumen-dokumen yang perlu dibawa saja agar anda tidak perlu bolak-balik.

Dibawah ini adalah beberapa dokumen yang harus anda bawa demi kelancaran pengajuan visa pelajar untuk berkuliah di Malaysia berdasarkan Menteri Pendidikan Malaysia:

  • Fotokopi paspor dan paspor lama (jika ada)

  • Pas foto ukuran 3,5cm x 4,5cm

  • Laporan medical check-up

  • Surat penerimaan dari universitas yang bersangkutan

  • Paspor dengan masa berlaku lebih dari 12 bulan

  • Dokumen/ transkrip akademik sesuai universitas tujuan (contohnya: nilai rapor dan sertifikat bahasa inggris IELTS/TOEFL sesuai standar dari universitas tujuan)

Dokumen yang tertulis diatas adalah dokumen utama yang diperlukan, namun seperti poin terakhir, Menteri Pendidikan Malaysia bisa saja meminta dokumen akademik sesuai dengan persyaratan dari universitas.

Nah, kalau sesuai langkah-langkah pengajuannya, anda bisa cek disini untuk tahu prosesnya secara detail.

Pendaftaran Mahasiswa Baru di Malaysia

Mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru terkadang cukup rumit bagi anda yang baru pertama kali mengurusnya. Namun jangan takut karena anda bisa menghubungi EasyUni untuk meminta informasi lebih lanjut mengenai persyaratan yang dibutuhkan.

Selain itu, mengenai masalah waktu, ada baiknya jika anda mendaftar lebih cepat. Proses pendaftaran bisa memakan waktu 2 minggu hingga sebulan tidak termasuk dengan persyaratan seperti medical check-up, serta pengajuan visa. Jadi silahkan cek kembali dengan universitas pilihan anda, baik melalui situsnya maupun melalui telepon.

Advertisement

Universities with courses in Keuangan

See more related universities

You might be interested in...

Advertisement

This website uses cookies to ensure you get the best experience. By using this site, you acknowledge that you have read and understand our Cookie Policy , Privacy Statement and Terms & Conditions .

Maximum 6 courses for comparison!

Chat on WhatsApp

Courses selected for comparison