Kuliah Jurusan Arsitektur di Malaysia

Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Punya ketertarikan yang besar terhadap berbagai bangunan dengan desain menarik di seluruh dunia?

Sebut saja Sydney Opera House, Marina Bay Sands Singapore, Menara Kembar Petronas, Taipei 101, Burj Khalifa, dan sebagainya. Gedung-gedung tersebut masuk dalam list bangunan dengan arsitektur terbaik di dunia.

Tak hanya terlihat wah dari luar, bangunan ini juga fungsional dan menggunakan teknologi terbaru.

petronas twin tower di malaysia bentuk hasil karya arsitektur
Sumber: Pexels

Jika Anda tertarik dengan hal-hal seperti ini, kuliah di jurusan arsitektur bisa menjadi pilihan tepat. Ingin kuliah arsitektur di luar negeri? Malaysia bisa jadi negara tujuan belajar yang menyenangkan!

Apa itu Jurusan Arsitektur?

Secara umum, arsitektur adalah program yang mempelajari proses desain, perencanaan dan rancangan konstruksi bangunan.

Jurusan ini lebih cenderung pada memvisualisasikan ide, konsep dan juga desain di atas kertas, sedangkan untuk realisasi pembangunannya menjadi urusan teknik sipil.

Banyak yang sering salah kaprah tentang jurusan arsitektur karena berpikir jika mahasiswa di jurusan ini hanya akan belajar menggambar desain bangunan. Padahal ada banyak hal yang akan dipelajari mahasiswa di jurusan ini.

Dalam jurusan arsitektur, mahasiswa akan belajar mengenai fungsi bangunan (utilitas), kekuatan bangunan (firmitas) dan tentu saja estetika bangunan (venustas). Mahasiswa juga akan mempelajari berbagai unsur penting dalam sebuah konstruksi bangunan, seperti misalnya beton, baja, kaca, kayu, aspal dan sebagainya.

Mahasiswa juga akan mempelajari dasar-dasar rancangan arsitektur sebuah bangunan selama perkuliahan.

Selain itu, jurusan ini juga menggabungkan antara seni dan juga teknik bangunan yang meliputi hal-hal seperti perencanaan, survei, konstruksi hingga hal-hal dari segi dekoratif.

Tak melulu soal desain bangunan, jurusan arsitektur juga meliputi desain interior, landscape hingga perencanaan kota.

Luasnya bidang arsitektur tentu saja memberikan banyak peluang pekerjaan di masa depan. Selain itu, kebutuhan terhadap pembangunan juga terus meningkat. Jadi tak heran jika jurusan arsitektur masuk dalam radar salah satu pilihan jurusan favorit mahasiswa di dunia.

Mata Kuliah apa saja yang Dipelajari pada Jurusan Arsitektur?

Setiap universitas yang menawarkan perkuliahan di bidang arsitektur tentu memiliki kurikulum masing-masing, apalagi jika Anda memilih kuliah di luar negeri.

Beda negara, bisa jadi beda teknologi arsitektur maupun spesialisasi yang ditawarkan tentu bisa berimbas pada mata kuliah yang akan dipelajari selama masa perkuliahan.

Namun umumnya jurusan arsitektur akan mempelajari hal yang sama. Sebagai referensi, mata kuliah yang akan dipelajari jika Anda mengambil kuliah jurusan arsitektur adalah sebagai berikut.

  • Fisika

  • Matematika

  • Pendidikan Seni Visual

  • Kalkulus

  • Tata Ruang

  • Arsitektur dan Lingkungan

  • CAD (Computer Aided Design) & 3D Modelling

  • Desain Arsitektur

  • Sejarah dan Kebudayaan Arsitektur

  • Material & Konstruksi

  • Sustainable Design

  • Teknologi Bangunan

  • Gambar Teknik

  • Ilmu Bahan Bangunan

  • Azas & Metode Perancangan

  • Struktur & Konstruksi

  • Fisika Bangunan

  • Teknologi Bahan

  • Utilitas

  • Dan lain sebagainya

Spesialisasi Jurusan Arsitektur

Sama seperti bidang ilmu lainnya, jurusan arsitektur juga memiliki spesialisasi atau fokus keahlian yang bisa dipilih sesuai minat dan juga karir yang ingin dikejar saat lulus nantinya.

Bidang spesialisasi untuk jurusan arsitektur sangat beragam, dan bisa berbeda dari satu universitas dan universitas lainnya.

bidang arsitektur yang bercabang ke urban planning
Sumber: Curbed Chicago

Namun, secara umum berikut fokus keahlian jurusan arsitektur yang bisa Anda pilih saat kuliah di jurusan ini.

  • Landscape Architecture

  • Visual Arts

  • Urban Planning

  • Architectural Engineering

  • Interior Architecture

  • Architectural History

  • Industrial Design

  • Urban Design

  • Landscape Architecture

Mengapa Pilih Kuliah Arsitektur di Malaysia?

Calon mahasiswa asal Indonesia yang memilih untuk melanjutkan kuliah arsitektur ke Malaysia memiliki alasan masing-masing mengapa memilih negara ini sebagai tujuan kuliah di luar negeri. Beberapa alasan yang paling sering diutarakan adalah sebagai berikut.

1. Kualitas Pendidikan

Malaysia termasuk negara di kawasan Asia yang dikenal memiliki kualitas pendidikan yang baik. Pemerintah Malaysia dikenal ketat dalam memonitor kualitas pendidikan di negaranya, sehingga mahasiswa asing tentu saja dijamin mendapatkan kualitas pendidikan yang baik.

Misalnya untuk jurusan arsitektur, Malaysia memiliki badan pemerintah khusus yaitu Lembaga Arkitek Malaysia (LAM) yang menjadi badan akreditasi bagi lulusan arsitektur di Malaysia untuk bisa mendapatkan gelar arsitek profesional.

2. Inspirasi Arsitektur Modern

Malaysia memiliki banyak bangunan dengan arsitektur megah dan mengagumkan.

Sebut saja Menara Kembar Petronas, Dataran Merdeka dan sebagainya. Bangunan-bangunan di Malaysia tak hanya menarik dari segi desain rancang bangunannya, tetapi juga fungsi serta teknologi yang dipakai.

Hal ini tentu bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa untuk menciptakan desain bangunan yang modern, fungsional dan juga futuristik di kemudian hari.

Dengan kuliah arsitektur di Malaysia, mahasiswa akan mendapat lebih banyak kesempatan untuk melihat dan belajar mengenai berbagai arsitektur tradisional maupun modern yang bisa menjadi inspirasi selama perkuliahan.

jurusan arsitektur untuk kaum wanita
Sumber: Pexels

3. Afiliasi Global

Universitas di Malaysia seringkali menjalin kerjasama dengan berbagai universitas top dunia untuk pertukaran mahasiswa hingga pelatihan dan juga magang.

Sebut saja Inggris, Australia, Amerika Serikat, China, New Zealand, Jerman, Belanda dan masih banyak lainnya.

Hal ini tentu akan membantu mahasiswa memiliki kesempatan berkarir dan juga koneksi global yang pastinya sangat berguna saat lulus kuliah nantinya.

Baca juga: Panduan lengkap kuliah di Malaysia 2019

4. Ekskursi Global

Selain mempelajari teori di kelas dan desain di studio, mahasiswa jurusan arsitektur juga akan sering mengikuti ekskursi atau studi lapangan untuk mengunjungi berbagai bangunan dengan arsitektur fenomenal, pusat-pusat arsitektur dunia untuk melihat langsung berbagai arsitektur bangunan dan juga tata letak ruang yang bisa menjadi sumber ide, inspirasi dalam menghasilkan hasil rancangan sendiri.

Tak hanya di Malaysia, kegiatan ekskursi ini juga bisa dilakukan ke negara lain yang dapat memberikan mahasiswa insight terhadap tren arsitektur dunia dan soft skill lainnya di bidang arsitektur dan juga desain.

5. Kesempatan Magang

Arsitektur merupakan ilmu praktikal yang membuka kesempatan magang di berbagai perusahaan konstruksi/arsitek asing di Malaysia.

Pengalaman kerja langsung ini sangat penting untuk membantu mahasiswa memahami dunia kerja yang sebenarnya, baik itu dari segi pengaplikasian teori yang dipelajari selama kuliah, etika kerja hingga membangun koneksi.

Berapa Biaya Kuliah di Malaysia?

Biaya kuliah di luar negeri selalu menjadi poin penting yang harus selalu diperhatikan ketika memutuskan ingin kuliah ke luar negeri. Nah jika Anda memilih untuk kuliah di Malaysia, jangan khawatir soal biaya kuliah di negeri yang satu ini.

Pasalnya dibandingkan dengan negara lain yang lokasinya berdekatan dengan Indonesia, biaya kuliah di Malaysia bisa dikatakan lebih terjangkau dan juga bisa disesuaikan dengan keadaan keuangan.

Ada pilihan universitas negeri maupun swasta yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan juga kemampuan biaya.

Sangat disarankan untuk selalu menanyakan biaya kuliah secara detail ke universitas yang dituju agar mengetahui total biaya kuliah dengan pasti.

Hal ini karena terkadang biaya kuliah di setiap universitas bisa berbeda-beda, terutama untuk mahasiswa asing. Mungkin juga ada biaya-biaya tambahan yang harus dibayar per semesternya.

Berikut ini merupakan perkiraan rata-rata biaya pendidikan untuk program gelar sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) di Malaysia bagi mahasiswa asing yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

Kualifikasi Universitas Negeri & Nasional Universitas Swasta
S1 30-100 juta / semester 30-150 juta / semester
S2 45-100 juta / semester 50-300 juta / semester

Universitas Terbaik di Malaysia untuk Kuliah Arsitektur

Kuliah ke luar negeri tentunya akan menghabiskan banyak dana dan akan sia-sia jika Anda tidak memilih kuliah di universitas terbaik untuk jurusan yang Anda kehendaki.

Memilih universitas terbaik sangat penting untuk proses belajar dan juga karir di masa depan.

Malaysia sendiri memiliki banyak sekali universitas terbaik yang menawarkan perkuliahan di jurusan arsitektur. Berikut adalah 5 universitas terbaik di Malaysia yang menawarkan jurusan arsitektur  yang bisa Anda pilih.

logo universiti malaya

1. Universiti Malaya

University of Malaya atau Universiti Malaya dalam bahasa Melayu merupakan universitas tertua dan paling bergengsi di Malaysia.

Universitas yang terletak di pinggir Kuala Lumpur ini didirikan pada tahun 1949 yang merupakan gabungan dari King Edward VII College of Medicine dan Raffles College.

Pada 2018, Universiti Malaya berada di urutan 87 universitas terbaik di dunia versi QS World University Rangkings, urutan ke-19 di Asia  serta urutan ke-3 di Asia Tenggara dan merupakan lembaga pendidikan tinggi populer di Malaysia.

Dari 12 fakultas yang ada di universitas ini, jurusan arsitektur berada di bawah Faculty of Built Environment dan tersedia untuk S1 hingga PhD.

Baca juga: Minat Kuliah di Malaysia? Ini 10 Kampus Terbaiknya!

logo universiti kebangsaan malaysia

2. Universiti Kebangsaan Malaysia

National University of Malaysia merupakan universitas negeri yang berlokasi di Selangor yang dikenal sebagai salah satu universitas terbaik di Malaysia dan juga ternama di Asia Tenggara.

Universitas yang pertama kali dibuka secara umum pada tahun 1970 ini memiliki fakultas yang pas bagi Anda yang ingin mengambil jurusan arsitektur, yaitu Faculty of Engineering and Built Environment.

universiti sains malaysia logo

3. Universiti Sains Malaysia

Universitas yang berada di George Town, Penang ini juga merupakan salah satu universitas bertaraf universitas riset dan populer di Malaysia. Universiti Sains Malaysia ini sudah berdiri sejak 1969 dan saat ini memiliki 24 fakultas.

Salah satunya adalah arsitektur dengan gelar yang akan diberikan adalah Bachelor of Science (Housing, Building and Planning) dengan spesialisasi di arsitektur.

logo universiti teknologi malaysia

4. Universiti Teknologi Malaysia

Universiti Teknologi Malaysia (UTM) merupakan universitas riset yang berfokus pada teknik, science dan juga teknologi. Universitas yang terletak di Skudai, Johor ini memiliki mahasiswa asing dari lebih 120 negara lho!

Departement of Architecture (Bahasa Malaysia: Jabatan Senibina) Universiti Teknologi Malaysia merupakan salah satu fakultas arsitektur tertua di Malaysia. Jurusan arsitektur ini berada di bawah Faculty of Built Environment.

logo infrastructure university kuala lumpur

5. Infrastructure University Kuala Lumpur (IUKL)

Universitas yang dulunya dikenal dengan nama Kuala Lumpur Infrastructure University College ini merupakan universitas infrastruktur pertama di Malaysia.

Terletak di Kajang, Selangor, IUKL menawarkan enam fakultas yang bisa dipilih, diantaranya adalah Faculty of Architecture Engineering and Built Environment untuk jurusan arsitektur.

Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Jurusan Arsitektur?

Seiring dengan selalu meningkatnya kebutuhan pembangunan berbagai bangunan dan juga infrastruktur di setiap negara, tenaga profesional dari lulusan arsitektur tentu selalu dibutuhkan.

Hal ini menciptakan banyak lowongan pekerjaan untuk lulusan jurusan ini, baik di dalam maupun luar negeri.

Beberapa contoh pekerjaan yang bisa ditekuni oleh lulusan arsitektur di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Arsitek

  • 3D Visualizer

  • Kontraktor

  • Site Manager

  • Konsultan Arsitektur

  • Konsultan Desain

  • Project Manager

  • Quantity Surveyor

  • Manajer Konstruksi

  • Arsitek Tata Ruang

  • Arsitek Konseptual Resort/Hotel

  • Arsitek Perencanaan Kota

  • Project Associate

  • Pelaksana Proyek

  • Perencana Struktur

  • Desainer Interior

  • Surveyor

  • Drafter

  • Peneliti Bidang Urban Development

  • Dan sebagainya


Sudah siap untuk kuliah arsitektur di Malaysia? Atau masih ingin tahu lebih lanjut mengenai serba serbi kuliah di Malaysia? Jangan ragu untuk menghubungi EasyUni jika Anda memiliki pertanyaan atau butuh referensi lebih banyak mengenai hal ini, ya!

You might be interested in...