Kuliah di Australia

Hal-hal yang kamu perlu tahu sebelum kuliah di Australia

Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai kuliah di Australia yang perlu Anda ketahui: alasan memilih, budaya, persyaratan masuk, biaya kuliah, daftar universitas terbaik, peluang kerja serta informasi gaji, dan segala proses yang diperlukan termasuk cara pembuatan visa pelajar.

Tertarik untuk kuliah di Australia? Anda berada di tempat yang tepat! Dari manapun asal Anda, kami akan membantu universitas atau college yang tepat sesuai dengan mimpi Anda untuk kuliah di Australia. Tapi sekarang berikan kami waktu untuk memperkenalkan bagaimana rasanya menjadi mahasiswa di Australia.

Mengingat biaya pendidikan relatif lebih rendah di Australia dibandingkan dengan Amerika Serikat dan Inggris, siswa dari seluruh dunia berdatangan untuk belajar di Australia. Di bawah ini rangkuman singkat keseluruhan apa yang diharapkan dalam hal pendidikan selama belajar di Australia.

Australia

Negara ini adalah rumah bagi beberapa kota paling layak huni di dunia, dan menempati ranking ketiga sebagai negara dengan siswa internasional terbanyak.

Australia terkenal dengan cita rasa makanan internasional dan cinta dari gaya hidup outdoor. Sebagai mahasiswa, Anda bisa menikmati lokasi dari pantai yang terkenal sampai dengan taman nasional dan stadium Australian Football League. Semua dapat diakses lewat transportasi umum yang substansial. Bahasa pemersatu di Australia adalah bahasa Inggris. Jadi, selama Anda mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris, Anda siap untuk tinggal di sana! Namun, mungkin memakan waktu cukup lama bagi Anda untuk membiasakan diri Anda dengan aksen khas Australia. Tapi, saat Anda tiba di Australia, mungkin aksen itu akan hanyut secara natural pada diri Anda sampai Anda selesai dengan studi Anda selama di sana.

Budaya dan Masyarakat

Masyarakat di Australia dikenal sebagai orang yang sangat sederhana, dan mereka menyambut orang lain dengan sopan; terlalu banyak memuji diri sendiri (narsis) akan membuat mereka mengerutkan kening. Namun, ini, dikarenakan oleh jumlah penduduk yang relatif sedikit. Kemungkinan Anda untuk membangun hubungan yang baik dan langgeng dengan sesama masyarakat di Australia serta orang asing lainnya terdapat merupakan sebuah kelebihannya.

Menonton olahraga khususnya sangat populer di Australia; meskipun pada umumnya penduduk di Australia tidak memiliki minat dalam olahraga, tetapi ketika pertandingan final di TV setiap orang cenderung ingin datang bersama-sama dan menonton acara. Beragam bahasa dari Australia membuat Anda harus membiasakan diri. Meskipun, pada umumnya, kata sehari-hari Anda dapat digunakan dengan menggunakan berbagai kata-kata slang. Hal-hal seperti ini lah yang membuat kehidupan mahasiswa Anda berwarna.

Biaya Hidup

Sama seperti biaya kuliah, biaya hidup tentunya memiliki kepentingan tersendiri sebelum memutuskan untuk berkuliah dan tinggal di negara ini - sama pentingnya untuk memprediksikan hal-hal utama seperti akomodasi/ tempat tinggal, makanan dan rekreasi. Demi mengeliminasi rasa terkejut dari diri Anda, apabila biaya hidup di Australia tidak seperti yang Anda harapkan. Seperti biasa, biaya hidup Anda tergantung pada gaya hidup Anda dan preferensi Anda. Berikut adalah rata-rata potensi biaya hidup sehari-hari Anda, baik di Dolar Australia dan Dolar AS:

Deskripsi

Biaya dalam AUD (Per Minggu)

Biaya dalam IDR (Per Minggu)

Akomodasi

AUD 70 - 400

Rp 750.000 - 4,3 juta

Transportasi

AUD 10 - 50

Rp 100.000 - 500,000

Makanan

AUD 80 - 200

Rp 800.000 - 2 juta

Tiket Bioskop

AUD 13

Rp 130.000

Paket Internet

AUD 20 - 50

Rp 200.000 - 500.000

Pakaian (1 pasang Levis jeans)

AUD 101

Rp 1 juta

Biaya Kuliah

Perhatian terbesar bagi siswa ketika mempertimbangkan masalah pendidikan di luar negeri tertimpa pada biaya kuliah tahunan, seperti yang tercantum di bawah ini. Namun, Anda harus menyadari bahwa ada perbedaan besar antara biaya-biaya kuliah antara mahasiswa Australia dan siswa internasional - di mana biayanya akan cenderung jauh lebih tinggi di Australia bagi mahasiswa internasional.

Tingkat Kuliah

Harga dalam AUD (Per Tahun)

Harga dalam IDR (Per Tahun)

Foundation / Pre-U

AUD 15.000 - 37.000

Rp 160 juta - 400 juta

Diploma

AUD 4.000 - 22.000

Rp 43 juta - 230 juta

Sarjana (S1)

AUD 15.000 - 33.000

Rp 160 juta - 350 juta

Magister

AUD 20.000 - 37.000

Rp 215 juta - 400 juta

Universitas di Australia

Meliputi berbagai bidang studi, Universitas di Australia merupakan negara yang memiliki institusi dengan reputasi tinggi di dunia. Universitas-universitas unggulan di Australia terbuat dengan kelompok bergengsi, dikenal sebagai Group of Eight yang meliputi:

  • Australian National University (Canberra)

  • University Sydney (Sydney)

  • University of New South Wales (Sydney)

  • University of Melbourne (Melbourne)

  • Monash University (Melbourne)

  • University of Western Australia (Perth)

Secara keseluruhan, universitas di Australia yang tersebar di seluruh negeri, maka memungkinkan Anda untuk bahkan memilih calon universitas berdasarkan dari kota mana di Australia yang kelihatannya cocok untuk Anda!

Universitas Terbaik di Australia

Persyaratan Pendaftaran

Persyaratan masuk paling minimum untuk para calon siswanya bergantung pada daya tingkat saing masing-masing universitas. Pada umumnya, tingkat kesulitan untuk penerimaan mahasiswa di sebuah universitas selaras dengan tingkat reputasi universitasnya. Berarti, semakin terkemuka sebuah universitas tersebut, semakin tinggi pula tingkat kesulitan untuk diterima. Seperti layaknya kebanyakkan universitas lainnya di seluruh dunia.

Namun, sebagai bangsa yang menggunakan bahasa Inggris, merupakan hal yang integral untuk menunjukkan bukti kemampuan berbahasa Inggris ketika Anda mengirim aplikasi ke universitas di Australia (misalnya, TOEFL atau A-Level bahasa Inggris, semua tes yang biasanya dapat diambil di negara asal Anda). Jika permohonan Anda berhasil, konfirmasi elektronik pendaftaran (eCoE) akan dikirim yang dapat digunakan untuk mengajukan permohonan visa pelajar.

Proses Pendaftaran

Supaya bisa belajar di Australia, Anda perlu menempuh sejumlah langkah termasuk mendaftar ke universitas dan juga mendapatkan visa pelajar dari Pemerintah Australia sebagai syarat utama untuk tinggal dan berkuliah di negara asing.

Infografis berikut menunjukkan langkah-langkah yang tepat untuk pendaftaran ke universitas-universitas di Australia:

Infografis Australia

Student Pass dan Visa

Bagi penduduk Selandia Baru (New Zealand), tidak diberlakukan untuk mengajukan permohonan visa ke Australia. Namun, siswa dari negara lain diperlukan untuk mendapatkan visa pelajar setelah konfirmasi penerimaan ke universitas pilihan mereka.

Semua dokumen yang dikirim untuk aplikasi visa pelajar Anda harus dalam bahasa Inggris. Syarat kelengkapan dokumen-dokumen untuk pembuatan visa tersebut adalah sebagai berikut:

  • Letter of Acceptance (LoA) yang berartikan surat penerimaan dari universitas yang terdaftar di Commonwealth Register of Institutions and Courses for Overseas Students (CRICOS) di Australia

  • Surat yang menunjukkan kestabilan ekonomi dalam jumlah tertentu, biasanya sebesar AUD 18.610 untuk menunjukkan bukti bahwa Anda akan mampu membayar biaya hidup untuk tahun pertama kuliah Anda.

  • Pembelian Overseas Student Health Cover (OSHC) untuk asuransi kesehatan, yang mungkin mengharuskan Anda untuk menyelesaikan pemeriksaan medis.

  • Kemampuan berbahasa Inggris melalui pendidikan menengah atau tes bahasa Inggris seperti IELTS atau TOEFL.

  • Bukti bahwa tidak ada riwayat tindakan kriminal.

  • Rapor akademis terakhir.

  • Formulir 157A

  • Empat (4) foto paspor.

Secara umum, ada tiga jenis visa yang tersedia untuk siswa yang berkeinginan untuk belajar di Australia:

  • untuk Pelatihan Keterampilan dan Pendidikan,

  • Pendidikan Tinggi, dan

  • Penelitian Pascasarjana.

Untuk keterangan lebih lanjut, Anda harus mengunjungi situs universitas pilihan Anda tentang bagaimana cara untuk pergi dengan aplikasi visa Anda, empat bulan sebelum dimulainya jurusan kuliah Anda.

Waktu Luang

Kegiatan di luar ruangan adalah kegemaran di "Land Down Under". Australia memiliki berbagai macam satwa liar, serta pantai dan matahari yang indah, sehingga membuat kegiatan seperti selancar, snorkeling, berlayar dan arung jeram menjadi sumber untuk bersenang-senang; atau kamu dapat bersantai di pantai, di Gold Coast Australia. Mendaki dan panjat tebing juga sangat populer di Australia. Bagi mereka yang menikmati adegan pesta, jangan khawatir karena sebagian besar kota-kota di Australia memiliki gaya hidup pestayang sangat aktif, dengan beberapa bar dan klub yang tersedia untuk malam yang baik keluar.

You might be interested in...

Universitas unggulan