Kuliah Akuntansi dan Keuangan di Australia

Selengkapnya tentang kuliah jurusan akuntansi dan keuangan di Australia yang penting untuk diketahui
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Kuliah Akuntansi dan Keuangan di Australia

Jurusan Akuntansi dan Keuangan (accountant and finance) adalah salah satu jurusan yang banyak dicari oleh mahasiswa dari seluruh dunia. Memilih jurusan akuntansi dan keuangan ternyata membawa prospek kerja yang cukup menjanjikan nantinya. Tidak hanya mendapat gaji yang terbilang tinggi, karir untuk pekerjaan bidang akuntansi dan keuangan juga terjamin.

Memilih jurusan Akuntansi dan Keuangan, kamu akan mendapatkan banyak pelajaran di dalamnya. Pelajaran dasar akuntansi seperti membuat laporan keuangan untuk organisasi dan perusahaan, laporan keuangan perpajakan, cara melakukan evaluasi terhadap anggaran, menghitung biaya operasional agar suatu usaha dapat berjalan dengan efektif dan efisien, serta masih banyak lagi. Tentu saja, belajar melakukan presentasi keuangan dan analisis keuangan yang tepat juga dibahas pada jurusan ini.

Spesialisasi Jurusan Akuntansi dan Keuangan

Dalam jurusan akuntansi dan keuangan, cakupan bidang ilmu yang dapat dipelajari cukup beragam. Spesialisasi ini biasanya dapat dipilih sesuai dengan minat dari mahasiswa itu sendiri. Ketika memasuki tahap pembelajaran awal, keseluruhan bidang spesialisasi akuntansi dan keuangan akan dipelajari. Setelah itu, baru kamu bisa memilih untuk fokus di cabang akuntansi yang diminati. Berikut ini beberapa  spesialisasi di jurusan akuntansi dan keuangan yang cukup beragam. Biasanya, antara satu universitas dengan  universitas yang lainya akan memiliki perbedaan:

  1. Akuntansi Keuangan
  2. Akuntansi Manajemen
  3. Akuntansi Biaya
  4. Akuntansi Perpajakan
  5. Akuntansi Audit
  6. Sistem Akuntansi
  7. Akuntansi Pemerintah
  8. Akuntansi Anggaran
  9. Akuntansi  Lembaga nirlaba
  10. Akuntansi Internasional

Mengapa Memilih Kuliah Akuntansi dan Manajemen Australia?

Untuk kamu yang sedang mempertimbangkan untuk kuliah di luar negeri dan mengambil jurusan akuntansi dan keuangan, namun masih ragu-ragu, berikut ini beberapa alasan mengapa harus memilih jurusan tersebut di Universitas luar negeri:

  • Memahami konsep keuangan dan Bisnis Secara Detail
  • Masuk dan kuliah di jurusan akuntansi dan keuangan di Universitas luar negeri, dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswanya mengenai konsep dasar keuangan dan bisnis dengan detail. Seringnya melakukan praktik di lapangan, akan memudahkan pemahaman mereka, sehingga mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari secara lebih real.

Prospek Pekerjaan yang Baik

Tidak membutuhkan waktu yang lama bagi lulusan akuntansi dan keuangan dalam mendapatkan pekerjaan sebagai akunting di perusahaan multinasional, seperti PricewaterhoseCoopers (PwC), kemudian Deloitte dan juga KPMG . Karir lulusan akuntansi dan manajemen dari universitas di luar negeri,  dapat merangkak naik dengan cepat. Rata-rata dalam jangka waktu 6 bulan, lulusan jurusan akuntansi dan keuangan luar negeri sudah bekerja sebagai karyawan level professional dalam bidang keuangan.

Seluruh Dunia Membutuhkan Akuntansi

Selama ada uang dan transaksi keuangan, Dunia ini akan membutuhkan seorang akunting. Mempelajari akuntansi dan keuangan, dapat membuat kamu bisa menggunakan keterampilan seperti komunikasi, menentukan strategi keuangan , kerja sama tim, pemecahan masalah hingga soal kepemimpinan dalam sebuah perusahaan.

Mengajari Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Memilih untuk kuliah jurusan akuntansi dan keuangan di luar negeri, seperti di Australia misalnya, dapat mengajari kamu untuk mengatur keuangan pribadi saat jauh dari orang tua. Jika mendapatkan beasiswa, buatlah uang beasiswa tersebut menjadi cukup untuk kuliah dan biaya hidup sehari-hari. Jika kamu mendapatkan program kuliah gratis, seperti di Negara Jerman misalnya, maka pengeluaran kamu bisa lebih hemat.

Menambah Rasa Percaya diri

Ketika hendak kuliah jurusan akuntansi dan keuangan di luar negeri, pastikan bahwa komunikasi diantara kamu dan teman disana selalu berjalan lancar. Komunikasi dengan menggunakan bahasa inggris tentunya akan membuat kita semakin bertambah wawasanya dan semakin percaya diri.

Bekerja di Berbagai Sektor Industri

Lulusan akuntansi dan keuangan dari luar negeri, tentu saja dapat melamar pekerjaan ke berbagai Industri atau perusahaan yang ada di Indonesia, maupun di luar negeri. Selama kamu sudah memahami tentang dasar akuntansi keuangan dan memahami informasi keuangan perusahaan ,  maka kamu akan diterima di berbagai sektor perusahaan terbaik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Profesi yang Terhormat

Bekerja menjadi seorag akunting dan ahli keuangan, menggunakan ijasah dari universitas di luar negeri,  tentunya akan menjadi profesi yang terhormat dan bergengsi,  serta terus dipercaya oleh masyarakat dan organisasi tertentu.

Karakter yang Cocok Berkuliah di Jurusan Akuntansi dan Keuangan

Ketika kamu ingin kuliah di luar negeri dan mengambil jurusan akuntansi dan keuangan, maka sebaiknya atas kesadaran sendiri. Dalam hal ini, diperlukan adanya kecocokan antara jurusan yang kamu pilih dengan karakter yang dimiliki. Dengan begitu, ketika mulai kuliah nanti, kamu akan lebih semangat dalam mempelajarinya.

Berikut ini beberapa karakter yang cocok untuk mengambil kuliah di luar negeri, dengan jurusan akuntansi dan keuangan:

  • Suka Bekerja dengan Data dan Angka. Jika kamu memiliki karakter suka dengan data dan angka, kemudian suka dengan kegiatan berhitung, maka karaktermu ini cocok untuk masuk kuliah di jurusan akuntansi dan keuangan
  • Menyukai Matematika. Kamu yang suka berhitung, sudah pasti menyukai pelajaran matematika. Kemampuan berhitung seperti ini akan dibutuhkan saat mempelajari akuntansi dan keuangan, malah perhitungan yang dilakukan tidak akan serumit pelajaran matematika.
  • Menyukai Keteraturan serta Kerapihan. Berdasarkan pada pekerjaan seorang akuntansi yang cenderung selalu teratur dan rapi, jika kamu memiliki karakter yang suka akan kerapihan dan keteraturan, maka disarankan untuk memilih jurusan akuntansi dan keuangan saja.
  • Mudah Memperhatikan Detail. Dalam dunia akuntansi dan keuangan, beberapa perhitungan harus dilakukan secara detail. Misalnya dalam membuat laporan keuangan perusahaan, informasi tersebut harus bisa menjabarkan apakah perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian. Kamu yang suka segala sesuatu dengan detail, cocok kuliah di jurusan ini.
  • Orang yang cekatan dan efisien. Seorang akuntan yang professional, akan bekerja dengan efisien dan cekatan. Hal ini dikarenakan, informasi keuangan dalam sebuah perusahaan atau sebuah bisnis sangat penting dan diperlukan setiap waktu. Jadilah orang yang cekatan dan efisien, agar cocok kuliah di jurusan akuntansi dan keuangan.
  • Suka Bekerja dengan Panduan yang jelas. Kebanyakan orang-orang yang bekerja sebagai akuntan dan bagian keuangan, memerlukan sebuah ruangan khusus dengan panduan kerja yang jelas. Mereka tidak bisa bekerja tanpa data –data keuangan yang konkrit. Oleh sebab itu, ketika hendak kuliah di jurusan akuntansi dan keuangan, pastikan kamu adalah orang suka dengan panduan kerja yang jelas.

Persyaratan Kuliah Jurusan Akuntansi dan Keuangan di Australia

Jurusan akuntansi dan keuangan di luar negeri, khususnya di Negara Australia, membuka untuk program Akuntansi dan keuangan untuk S1 atau S2. Beberapa universitas mensyaratkan beberapa hal yang mungkin berbeda untuk calon mahasiswa dari Indonesia. Namun, secara umum, berikut ini persyaratan  yang harus dipenuhi untuk kuliah di jurusan akuntansi dan keuangan di Australia:

Program sarjana (S1)

Kamu yang sedang berencana untuk  pendidikan sarjana dengan memilih jurusan akuntansi dan keuangan di Australia, sebaiknya memiliki nilai yang cukup maksimal untuk rata-rata mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Untuk gelar sarjana, salah satu universitas di Australia yang membuka program jurusan akuntansi dan keuangan mensyaratkan nilai 8.0 untuk semua pelajaran.

Program S2 (master)

Setelah melanjutkan kuliah S1 di universitas yang ada di Australia, dengan jurusan akuntansi dan keuangan, jika berminat melanjutkan ke jenjang S2 maka syarat mutlak yang harus dipenuhi adalah sudah  lulus S1 akuntansi dan keuangan di Australia. Nilai yang disyaratkan adalah H1 atau H2A (setara dengan 80-100).

Beberapa universitas juga ada mempertimbangkan nilai H2B atau setara dengan (70 -74) agar bisa melanjutkan kuliah S2.  Adapun beberapa syarat khusus, tergantung kepada universitas yang dipilih, serta jurusan S2 yang diambil. Berikut ini beberapa program S2 yang tersedia, seperti di Universitas La Trobe Australia :

  • S2 Bisnis Akuntansi dan Keuangan
  • S2 Akuntansi dan Manajemen Keuangan
  • S2 Seni dalam Akuntansi dan Keuangan
  • S2 Commerce Akuntansi dan Keuangan
  • S2 Ekonomi Akuntansi dan Keuangan
  • S2 Analis Profesional Akuntansi

Program S3 (Doktor)

Berminat untuk  meneruskan kuliah  gelar S3 di bidang akuntansi dan keuangan? Maka persyaratan yang diperlukan adalah telah lulus dan mendapat gelar S2 dari Universitas di Australia, dengan nilai H1 dan H2A level, atau dalam skala nilai di Indonesia sama dengan 80 – 100.

Nilai Kemampuan Bahasa

Selain nilai akademis rata-rata yang diminta, hal penting lainya yang menjadi syarat kuliah di Australia adalah nilai kemampuan bahasa minimal, dalam hal ini bahasa inggris. Sebagai contoh, kita melihat persyaratan kemampuan bahasa yang diwajibkan oleh universitas La trobe Australia, untuk program S1, S2 dan S3:

  • GCE A Levels  nilai 6 – 11
  • IELTS keseluruhan dengan nilai  6.0
  • TOEFL PBT dengan Nilai keseluruhan 550 atau 5 dalam TWE (tes menulis bahasa inggris)
  • TOEFL IBT dengan nilai 64 (13 untuk membaca, 12 untuk mendengarkan, 18 untuk berbicara dan 21 untuk menulis) atau PTE dengan nilai 50
  • Cambridge Certified of Advanced English (jika punya) dengan nilai 169

Persyaratan kemampuan bahasa tersebut dapat dipilih salah satunya, Jika hanya memiliki TOEFL maka usahakan nilainya maksimal.

Prospek Kerja di Bidang Akuntansi dan Keuangan

Prospek kerja untuk lulusan dari jurusan akuntansi dan keuangan, banyak dibutuhkan untuk sektor keuangan dan bisnis. Jika kamu telah lulus dengan gelas sarjana akuntansi dan keuangan dari universitas di Australia, maka prospek kerja yang didapatkan akan lebih luas lagi.
Beberapa prospek kerja untuk lulusan akuntansi dan keuangan Australia diantaranya:

  • Chartered Accountant ( Akuntan Profesional) di berbagai perusahaan multinasional, dan lembaga pendidikan tinggi akuntansi
  • Chartered Management Accountant (akuntan dan manajemen professional) , untuk perusahaan atau organisasi tinggi
  • Chartered Public Management Accountant (akuntan dan manajemen public professional), untuk organisasi lokal maupun pemerintah, perusahaan yang sudah professional, perusahaan pribadi yang berfokus pada pelayanan publik.
  • Stock broker (pialang saham) yang bekerja untuk investor sebagai perantara dalam pembelian dan penjualan saham dalam lingkup bursa saham.

Selain itu, lulusan program S1 jurusan akuntansi dan keuangan juga dapat bekerja sebagai Analis data keuangan, konsultan manajemen, penasehat keuangan dan pajak , konsultan keuangan dan manager keuangan di berbagai perusahaan juga industri.

Universitas Terbaik Untuk Jurusan Akuntansi dan Keuangan di Australia

Di Australia sebenarnya banyak universitas yang membuka program akuntansi untuk para mahasiswa internasional yang berniat untuk menempuh pendidikan disana.

Jika kamu ingin memperdalam bidang akuntansi dan keuangan sekaligus, namun tidak dari kedua universitas tersebut, maka kamu bisa mengikuti kursus online dari beberapa universitas berikut ini, yang membuka program kuliah akuntansi dan keuangan:

  • University of Melbourne
  • University of Sydney
  • University of Queensland
  • Australian National University (ANU)
  • Monash University
  • University of New South Wales (UNSW)
  • Macquarie University
  • University of Adelaide
  • University of Western Australia (UWA)
  • University of Technology Sydney (UTS)

Kursus online dari beberapa universitas tersebut, dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang ingin belajar akuntansi dan keuangan, juga para professional yang ingin memperdalam ilmu akuntansi dan keuangan untuk meningkatkan karir di perusahaanya. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengakses masing-masing website dari universitas tersebut.

Apakah kamu sudah siap untuk kuliah akuntansi dan keuangan di Australia? Jika berminat, segera membuat rencana secara detail agar bisa berjalan lancar. Jika masih membutuhkan informasi lebih lengkap tentang kuliah akuntansi dan keuangan di luar negeri silahkan menghubungi EasyUni Indonesia, Kami siap membantu!

Hubungi Kami Sekarang!

m.me/easyuni
halo@easyuni.co.id
02129264124
0812-80472845

You might be interested in...