Kuliah Perhotelan dan Manajemen Hotel di Australia

Membahas lengkap tentang kuliah jurusan perhotelan di Australia yang wajib diketahui.
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

jurusan perhotelan di australia

Bagaimana Kuliah Jurusan Perhotelan dan Manajemen Hotel di Australia?

Apakah salah satu mimpimu adalah bisa bekerja di hotel bintang 5 yang ada di Negara-negara besar seperti Australia, atau  Amerika?

Untuk mewujudkanya ternyata tidak cukup sulit. Kamu hanya tinggal meneruskan kuliah ke jurusan Perhotelan dan Manajemen Hotel  yang ada di luar negeri. Salah satu Negara pencetak lulusan jurusan perhotelan terbaik adalah Australia. Iklim pendidikan tingkat tinggi di negri kangguru ini memang tidak pernah sepi peminatnya, termasuk yang mendaftar ke jurusan perhotelan.

Secara garis besar, kuliah jurusan perhotelan dan manajemen hotel ini diperuntukan untuk menghasilkan lulusan bidang perhotelan atau hospitality terbaik, agar kemudian dapat berkarir  di beberapa sektor yang berkaitan dengan dunia perhotelan.

apa yang dipelajari di jurusan perhotelan

Mereka berpeluang untuk menjadi manajer restaurant, manajer hotel, manajer motel, manajer café, hingga manajer di bidang catering dan Coffee. Ketika kuliah, mahasiswa dan mahasiswi baru, akan belajar banyak teori dasar soal dunia perhotelan dan manajemen hotelnya.

Spesialisasi Jurusan Perhotelan dan Manajemen Hotel di Australia

Mungkin kamu sudah mengetahui bahwa tujuan kuliah di jurusan perhotelan adalah untuk bekerja di sektor hospitality. Tidak hanya di area perhotelan, lulusan jurusan perhotelan juga dapat bekerja di sektor pariwisata, agen perjalanan, resort, hingga di kapal pesiar. Lalu apa saja spesialisasi jurusan dalam perhotelan yang dapat dipilih? Berikut daftarnya:

  • Bisnis Perhotelan dan Pariwisata
  • Manajemen Perhotelan
  • Hotel Internasional dan Resort
  • Manajemen Kuliner Hotel
  • Perhotelan dan Pariwisata
  • Hotel Manajemen dan Perdagangan

Alasan Kuliah Jurusan Manajemen Hotel dan  Perhotelan di Australia

Salah satu hal  penting yang harus kamu pertimbangkan ketika akan kuliah di Australia, dengan memilih jurusan perhotelan adalah apa alasan yang memicu kamu untuk memilih kuliah di jurusan tersebut. Agar rencanamu semakin mantap, berikut ini beberapa alasan pendukung, mengapa harus  kuliah perhotelan di Australia:

Pendidikan diakui Secara Internasional

Lulusan dari jurusan perhotelan Australia dengan berbagai spesialisasi jurusan perhotelan, merupakan yang banyak dicari oleh industri di bidang tersebut. Bisa dibilang, lulusan jurusan perhotelan dari Australia diakui secara internasional. Itu berarti, kesempatan berkarir yang lebih baik di masa depan, di berbagai Negara , tentunya sudah di depan mata.

Kesempatan Kerja yang Luas

Mahasiswa dan mahasiswi yang sudah menyelesaikan pendidikan dari jurusan perhotelan  di Australia, memiliki kesempatan kerja yang luas. Dari mulai kerja di hotel, restaurant, agen travel wisata, serta tempat kelas atas seperti resort dan kapal pesiar. Kabar baiknya, Industri hospitality ini membuka kesempatan kerja hampir setiap tahun, dengan jumlah lowongan kerja perhotelan yang tinggi.

Jam Kerjanya fleksibel

Alasan lain yang cukup menarik untuk kerja di bidang perhotelan adalah kamu akan memiliki jam kerja yang fleksibel. Tidak harus datang ke kantor pada jam 7 pagi, lalu pulang jam 5 sore. Waktu kerja di bidang perhotelan biasanya menggunakan sistem shift yang dapat dibagi menjadi shift pagi atau shift malam. Kamu bisa akan dijadwalkan di dua waktu shift tersebut.

Pendapatan Extra

Memang benar, karyawan hotel bekerja dengan pendapatn yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, mereka juga bisa mendapatkan extra income atau pendapatan tambahan dalam beberapa kondisi, di luar gaji pokok mereka.

Bisa Jadi Master Chef

Khusus untuk kamu yang memiliki hobi masak dan mencintai dunia kuliner, menjadi karyawan hotel lulusan luar negeri pastinya akan membuat kamu, dapat mewujudkan mimpi menjadi master chef  yang professional. Beberapa universitas perhotelan di Australia ada yang menawarkan program kursus memasak juga, bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang kuliah di jurusan perhotelan. Dengan menjadi master chef, kamu bisa memasak dan mencicipi berbagai makanan dari seluruh dunia.

Memiliki Ijasah Kuliah dan Sertifikat Keahlian

Untuk membantu mahasiswa dan mahasiswi internasional, dalam mewujudkan mimpi mereka bekerja di bidang perhotelan yang berkelas di Australia dan Negara lainya, beberapa pihak universitas di Australia juga melengkapi lulusanya dengan program kursus  diploma, sarjana hingga pascasarjana di bidang perhotelan atau hospitality. Sehingga, ketika mereka bekerja, pihak perusahaan akan lebih mengutamakanya.

Universitas Terbaik Untuk Kuliah Jurusan Perhotelan dan Hotel Manajemen

Setelah kamu tahu seputar dunia kuliah perhotelan di Australia, kini saatnya kamu mengetahui juga universitas yang direkomendasikan dan terbaik untuk kamu berkuliah disana, dan mengambil jurusan perhotelan dan  manajemen  hotel. Daftar universitas dibawah ini membuka program kuliah perhotelan untuk diploma, sarjana dan pascasarjana. Beberapa Universitas terbaik itu adalah:

  • Blue Mountains International  Hotel Management School
  • Bond University
  • Le Cordon Bleu Australia
  • University Of Quessland
  • Murdoch University
  • Griffith University
  • Edwith Cowan University
  • Victoria University
  • The Hotel School Sydney
  • La Trobe University
  • William Blue College Of Hospitality Management
  • Torrens University Australia
  • Melbourne Polytechnic

Biaya Kuliah Jurusan Perhotelan dan Manajemen Hotel

Biaya kuliah jurusan perhotelan dan manajemen hotel ini,   biasanya tergantung dari program yang diambil. Beberapa program yang tersedia untuk jurusan hospitality di Australia adalah diploma, sarjana dan pascasarjana. Sebagai contoh, kita lihat biaya kuliah dari The Hotel School Sydney dan Melbourne, yang membuka ketiga program kuliah di jurusan perhotelan dan hotel manajemen tersebut.Berikut ulasanya:

Diploma (D3)

Kamu yang kuliah di jurusan perhotelan di Australia dengan mengambil program Diploma, akan menjalani masa perkuliahan selama 1.5 tahun atau sekitar 78 minggu. Untuk program diploma jurusan  internasional turis dan hotel manajemen di universitas ini,  rata-rata biaya yang dibutuhkan untuk tahun ajaran 2018 sekitar  AUD$ 3.110 per unit atau AUD$ 37.320/tahun. Jika dirupiahkan, sekitar Rp. 397 jutaan per tahunya. Biaya tersebut akan berbeda masing-masing universitas.

Sarjana (S1)

Bagi kamu yang memilih program sarjana untuk jurusan perhotelan dan manajemen hotel, waktu perkuliahan yang ditempuh selama 3 tahun. Jika memilih kuliah jurusan perhotelan di The Hotel School Sydney dan Melbourne, maka biaya pendidikan jurusan perhotelan untuk tahun 2018 sebesar AUD$3.225 per unit atau AUD$ 38.700 pertahun. Jika dirupiahkan sekitar Rp. 412 juta pertahun. Biaya tersebut akan berubah sewaktu-waktu.
 
Pascasarjana (S2)

Tidak berhenti sampai disitu, Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah untuk gelar master di jurusan perhotelan, maka kalian bisa memilih program pascasarjana internasional turis dan manajemen, dengan biaya kuliah yang hampir sama dengan program diploma, sebesar AUD$ 3.110 per unit. Jika dirupiahkan, nilainya setara dengan biaya kuliah program diploma, sekitar Rp.397 jutaan pertahun. Biaya tersebut akan berbeda di masing-masing universitas.

Syarat Wajib Kuliah Jurusan Perhotelan dan Manajemen Hotel di Australia

Syarat wajib kuliah di Australia umumnya meliputi berkas-berkas penting seperti nilai mata pelajaran di sekolah menengah, untuk yang mengambil program diploma atau sarjana, dengan standar nilai internasional yang disesuaikan pihak universitas. Dilengkapi juga dengan sertifikat bahasa inggris  seperti IELTS atau TOEFL dengan nilai yang maksimal. Berikut Syarat lengkapnya:

Diploma(D3)

Untuk calon mahasiswa dari Indonesia, lampirkan nilai rapor terakhir kelas 12 SMA atau SMK atau sederajat. Kamu harus berusia minimal 18 tahun saat akan masuk kuliah.Sertakan juga nilai kemampuan bahasa inggris jenis IELTS dengan nilai minimal 6.0. Jika nilai kamu kurang, biasanya kamu harus mengikuti kelas bahasa inggris terlebih dulu, dengan biaya diluar biaya kuliah.
 
Sarjana (S1)

Kamu yang mengambil program sarjana perhotelan dan hotel manajemen di Australia, wajib melampirkan berkas seperti nilai rapor kelas 12 SMA/SMK atau sederajat. Sertakan juga sertifikat kemampuan bahasa inggris IELTS dengan nilai minimal 6.0 untuk program sarjana dan diploma. Saat mendaftar, usia minimal masuk kuliah adalah 18 tahun.

Pascasarjana (S2)

Untuk melanjutkan kuliah jurusan perhotelan dan meraih gelar Master of International Tourism and Hospitality Management,  syarat wajibnya adalah lulus sarjana dari universitas jurusan perhotelan atau diluar jurusan perhotelan di Australia, dengan GPA minimum 4.0 (skala 7.0). Menyertakan nilai kemampuan bahasa inggris IELTS dengan nilai minimum 6.5 atau TOEFL PBT dengan nilai 575. Syarat yang diminta setiap universitas mungkin akan berbeda.

Biaya Hidup dan Biaya Akomodasi Kuliah Perhotelan di Australia

Biaya kuliah di Australia, dikenal cukup tinggi. Namun, hal tersebut sebanding dengan apa yang akan kamu dapatkan ketika selesai kuliah di jurusan perhotelan Australia dan berkarir di negeri kangguru tersebut nantinya. Biaya hidup dan akomodasi kuliah di Australia bisa jadi sangat tinggi, bila kamu menjalankan gaya hidup yang cukup boros. Yang pasti, siapkan keuangan dengan maksimal, agar bisa kuliah di Australia. Selengkapnya tentang biaya hidup dan biaya akomasi, dapat dilihat disini: Kuliah di Australia.

Aplikasi Pendaftaran dan Proses Visa

Sama seperti hal nya mendaftar kuliah di tanah air, kamu yang akan kuliah di salah satu universitas di Australia juga harus melakukan registrasi terlebih dulu. Jika kamu sudah menerima email konfirmasi dari pihak universitas, yang menyatakan kamu “lulus” dan diterima di universitas dengan program kuliah perhotelan, maka kamu harus melakukan pendaftaran segera. Hal tersebut juga akan mempermudah proses visa pelajar yang akan dibutuhkan agar bisa kuliah di Australia secara resmi.Selengkapnya simak disini: Kuliah di Australia.

Prospek Kerja Lulusan Perhotelan dan Manajemen Hotel Australia

Kuliah di jurusan perhotelan dan manajemen hotel di Australia, bisa dibilang sebagai investasi masa depan untuk kamu, agar mendapatkan karir yang cemerlang  dalam dunia perhotelan dan pariwisata. Bagi mahasiswa dan mahasiswi yang masih dalam proses study perhotelan, bahkan sudah bisa bekerja secara part time dan mendapatkan bayaran per jamnya. Sebelum lulus, kamu juga bisa memiliki pengalaman magang kurang lebih selama 6 bulan di beberapa hotel terbaik di Australia, dan berkesempatan untuk bisa direkrut menjadi karyawan tetap.

Jika sudah bekerja di Australia nanti, kamu juga bisa berkesempatan untuk menetap di Australia, tanpa harus bingung memikirkan pengaturan visa untuk tinggal di sana, sebab perusahaan atau hotel tempatmu bekerja akan menjadi sponsor. Apa saja prospek kerja untuk lulusan perhotelan dan manajemen hotel dari Australia?

Lulusan Diploma (D3)  

  • Front liner Hotel
  • House Keeping Supervisor
  • Food and Beverage Departmen
  • Chef

Lulusan Sarjana (S1) dan (S2)

  • Manajer restoran
  • Manajer Resort
  • Manajer Pengembangan Pariwisata
  • Konsultan Perjalanan
  • Manajer Hotel
  • Manajer dalam Maskapai Penerbangan
  • Manajer Event
  • Menjadi Pengusaha

Bagi lulusan perhotelan dan manjemen hotel dari Australia yang juga memiliki passion untuk membuka usaha sendiri, maka mereka dapat mengembangkan bisnis yang cukup menjanjikan, seperti bisnis kuliner misalnya. Dengan bekal menata makanan yang rapi ala hotel, dengan berbagai jenis menu andalan ala hotel berbintang, maka usaha makanan kamu bisa jadi yang unik dan diminati. Kamu bisa memulai usaha di Australia maupun di tanah air.

Kuliah Jurusan Perhotelan di Australia yang Terjangkau

Dilansir dari education one, Australia ternyata memiliki salah satu kampus  dengan jurusan perhotelan yang siap menerima pelajar internasional. Nilai plusnya, selain biaya kuliah yang terjangkau, tempat kuliah ini siap menempatkan lulusanya untuk bekerja selama 6 bulan ketika semester akhir. APSI atau kependekan dari Australia professional skill institute adalah nama kampus yang berlokasi di Perth dan dapat menjadi alternatif pilihan, untuk kuliah perhotelan  di Australia.

ASPI membuka program diploma of hospitality atau diploma perhotelan, untuk mahasiswa dan mahasiswi internasional. Biaya pendidikanya dapat diangsur selama 6 kali, selama menempuh perkuliahan.  Di akhir semester nanti, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja magang di hotel-hotel berbintang yang ada di Australia dan mendapatkan bayaran.

Bagaimana, kamu sudah faham tentang perkuliahan bidang perhotelan dan manajemen hotel di Australia? Jika sudah, segera lakukan persiapan sekarang juga. Jika masih membutuhkan informasi yang lebih lengkap, kamu bisa menghubungi tim EasyUni.co.id dan tim kami siap memberikan arahan untuk membantu kamu mewujudkan cita-cita kuliah di jurusan perhotelan dan manajemen hotel di Australia. Semoga bermanfaat!

 

You might be interested in...