Panduan Kuliah di Luar Negeri

Keuntungan kuliah di luar negeri, Negara favorit tujuan pelajar Indonesia, dan informasi berguna lainnya.

Saat ini, semakin banyak pelajar Indonesia yang mempertimbangkan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Bahkan ada yang sudah sejak di bangku SMA bercita-cita melanjutkan pendidikan di luar negeri. Apakah kamu salah satunya?

Bagi kamu yang memiliki rencana maupun cita-cita untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, berikut ini ada panduan lengkap kuliah di luar negeri yang harus kamu ketahui.

Keuntungan Kuliah di Luar Negeri

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu rasakan ketika memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Berikut 3 diantaranya yang paling utama!

Kuliah di luar negeri

1. Mendapatkan Pengalaman Baru

Melanjutkan pendidikan di luar negeri akan memberi kamu banyak pengalaman dan juga melatih diri memiliki pemikiran yang terbuka terhadap berbagai hal. Tinggal jauh dari keluarga dan kenyamanan yang selama ini di dapat akan membuat kamu tumbuh menjadi pribadi yang lebih dewasa dan bijaksana dalam memandang kehidupan. Hal ini tanpa sadar memberikan soft skill baru yang akan membantu kamu menjadi pribadi yang sukses.

2. Pendidikan Berkualitas

Tak bisa dipungkiri jika banyak negara memiliki sistem pendidikan yang lebih maju dan didukung dengan staf pengajar dan juga teknologi yang mumpuni. Namun bukan berarti sistem pendidikan di Indonesia tidak baik lho ya! Namun, kuliah di luar negeri apalagi di universitas ternama kamu akan belajar menggunakan kurikulum internasional, laboratorium lengkap, sistem evaluasi yang bertaraf internasional dan masih banyak lainnya.

3. Prospek Karir yang Lebih Cerah

Lulusan dari universitas luar negeri biasanya memiliki ‘nilai lebih’ di mata perusahaan. Hal ini akan semakin membuat diri semakin ‘menjual’ untuk mendapat pekerjaan impian.. Selain di dalam negeri, kesempatan bekerja di luar negeri juga terbuka lebar lho! Dengan ijazah yang diakui di seluruh dunia dan jaringan yang dimiliki selama bangku perkuliahan bukan tidak mungkin kamu mengisi jabatan di salah satu top company di dunia!

Memilih Negara Tujuan Kuliah

Tak boleh sembarangan ketika memilih negara untuk tujuan kuliah kamu. Paling tidak pertimbangkan 6 hal berikut ketika memilih negara tujuan kuliah.

  1. Sistem Pendidikan. Setiap negara memiliki sistem pendidikan yang berbeda yang bisa jadi pertimbangan ketika memilih tujuan melanjutkan pendidikan. Pilihlah negara yang sistem pendidikannya memberikan banyak kesempatan dan didukung dengan teknologi dan sumber daya yang mumpuni.
  2. Program Studi. Pilihan program studi yang tersedia di universitas suatu negara juga harus dipertimbangkan, terutama jika kamu ingin mengambil jurusan yang.
  3. Universitas Impian. Setiap orang yang ingin kuliah ke luar negeri paling tidak memiliki beberapa universitas favorit yang ingin dituju. Hal ini juga bisa jadi pertimbangan penting ketika memilih negara untuk kuliah lho!
  4. Biaya kuliah rata-rata. Tak bisa dipungkiri biaya kuliah di luar negeri tentu lebih mahal daripada kuliah di dalam negeri. Oleh karena itu, pertimbangkan biaya kuliah rata-rata di suatu negara sebelum memutuskan mau kemana agar budget pendidikan sesuai dengan kemampuan.
  5. Bahasa Pengantar Kuliah. Apa jadinya jika kamu kuliah di kampus yang bahasa pengantarnya sama sekali tidak kamu mengerti? Tentu ilmu yang diajarkan oleh dosen tidak akan bisa diserap dengan baik karena perbedaan bahasa. Oleh karena itu sesuaikan kemampuan bahasa asing ketika memilih negara tujuan kuliah ya!
  6. Biaya Hidup. Biaya hidup juga perlu dipikirkan karena kamu akan menghabiskan sekitar 4 tahun di negara asing dan yang pastinya membutuhkan biaya besar. Perhitungkan komponen biaya hidup yang harus dikeluarkan sebelum memilih negara tujuan kuliah agar tidak melampaui kemampuan.

Negara Favorit Tujuan Pelajar Indonesia

Berdasarkan data statistik dari UNESCO per tahun 2016, jumlah pelajar Indonesia yang melanjutkan studi ke luar negeri terus mengalami kenaikan di setiap tahunnya - terdapat 46.232 pelajar Indonesia di luar negeri. 10 negara favorit tujuan pelajar Indonesia menurut data UNESCO adalah sebagai berikut.

1. Australia

kuliah di Australia

Letaknya yang tak begitu jauh dari Indonesia dan sistem pendidikan yang mumpuni membuat Australia menjadi tujuan favorit pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi. Terdapat banyak universitas terbaik dengan pilihan program studi yang bisa dipilih. Pelajari lebih lanjut mengenai kuliah di Australia dalam panduan berikut.

2. Amerika Serikat

Meski biaya hidup tergolong tinggi, namun Amerika Serikat memiliki banyak sekali universitas top dunia yang jadi kampus impian banyak pelajar Indonesia. Tak heran jika banyak pelajar yang memilih Amerika Serikat untuk melanjutkan pendidikan. Pelajari lebih lanjut mengenai kuliah di Amerika Serikat dalam panduan berikut.

3. Malaysia

Ada lebih dari 9.000 mahasiswa asal Indonesia yang saat ini kuliah di Malaysia. Negara ini jadi favorit karena uang kuliahnya yang lebih terjangkau, biaya hidup yang relatif murah dibandingkan negara di Eropa maupun Australia, lokasinya juga dekat dengan Indonesia dan menawarkan banyak pilihan universitas terbaik dengan jurusan yang lengkap. Pelajari lebih lanjut mengenai kuliah di Malaysia dalam panduan berikut.

4. Inggris

Inggris juga menjadi negara favorit pelajar Indonesia untuk menempuh pendidikan lanjutan. Sistem pendidikan yang terstandar dan juga pilihan banyak universitas top dunia, seperti University of Oxford membuat Inggris masuk dalam list negara terfavorit bagi pelajar Indonesia. Pelajari lebih lanjut mengenai kuliah di Inggris dalam panduan berikut.

5. Jepang

Masih berada di kawasan Asia, Jepang juga ternyata jadi tujuan favorit pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi. Sistem pendidikannya yang mumpuni serta pilihan universitas terbaik dengan jurusan yang beragam, membuat Jepang populer di kalangan pelajar Indonesia.

6. Mesir

Banyak juga pelajar Indonesia yang memilih melanjutkan studi ke Mesir. Meski situasi politik terkadang tidak stabil, negara ini tetap menarik bagi pelajar Indonesia karena pilihan universitas dan juga bidang studi yang beragam.

7. Jerman

Dikenal memiliki banyak universitas top kelas dunia, Jerman juga jadi negara favorit pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan. Tersedianya banyak beasiswa ke Jerman juga jadi salah satu daya pikat negara ini. Pelajari lebih lanjut mengenai kuliah di Jerman dalam panduan berikut.

8. Arab Saudi

Negara di Asia Barat ini juga jadi tujuan banyak pelajar Indonesia lho! Ada banyak univeritas top di Arab Saudi beserta bidang studi yang begitu beragam.

9. Kanada

Dikenal sebagai negara multikultural, Kanada juga masuk dalam pilihan negara favorit bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi. Sistem pendidikannya yang berkelas dan pilihan universitas top menjadi daya tarik tersendiri bagi pelajar Indonesia. Pelajari lebih lanjut mengenai kuliah di Kanada dalam panduan berikut.

10. Korea Selatan

Negara yang akhir-akhir ini booming karena pengaruh K-Pop juga jadi tujuan melanjutkan favorit bagi pelajar Indonesia. Pilihan universitas terbaik, jurusan yang beragam serta meningkatnya popularitas Korea Selatan di bidang tourism membuat negara ini begitu menggoda bagi pelajar Indonesia. Biaya hidupnya juga masih terjangkauu lho!

Tips Memilih Jurusan Kuliah Terbaik

Tips Memilih Jurusan Kuliah Terbaik

1. Jurusan sesuai passion

Karena ini berhubungan dengan masa depan, pilihlah jurusan yang sesuai dengan passion kamu! Jangan memilih jurusan kuliah cuma karena jurusan itu terlihat lebih bergengsi dari jurusan lainnya.

2. Target Waktu Lulus

Lama waktu studi di setiap negara berbeda-beda. Misalnya jenjang S1 di Eropa bisa diselesaikan dalam waktu sekitar 3 tahun dan untuk jenjang S2 bisa ditempuh dalam 1-2 tahun. Jadi bagi kamu yang memiliki target lulus kuliah, pastikan pilih negara yang lama studinya sesuai dengan tujuan kamu ya!

3. Prospek Karir Masa Depan

Bidang studi juga akan menentukan karir kamu di masa depan. Jadi jangan asal memilih jurusan cuma agar diterima di universitas impian, namun pertimbangkan bagaimana bidang studi tersebut akan membawa kamu ke masa depan yang sukses dan cemerlang.

Beasiswa Pemerintah ke Luar Negeri Terpopuler

Mencari beasiswa memang menjadi salah satu cara untuk bisa mewujudkan keinginan untuk kuliah ke luar negeri. Dari sekian banyak beasiswa yang tersedia untuk pelajar Indonesia, beasiswa luar negeri dari pemerintah termasuk populer di kalangan pelajar. Berikut 3 beasiswa luar negeri yang diberikan pemerintah untuk pelajar Indonesia yang bisa kamu apply:

1. Beasiswa LPDP

Beasiswa yang diberikan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini jadi favorit di kalangan pelajar Indonesia. Terdapat 5 jenis beasiswa LPDP yaitu: Beasiswa Magister/Doktoral (dalam dan luar negeri), Beasiswa Tesis/Disertasi (dalam dan luar negeri), Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis (dalam negeri), Beasiswa Presiden Republik Indonesia dan Beasiswa Afirmasi. Untuk informasi yang lebih lengkap, silahkan kunjungi website resmi LPDP berikut.

2. Beasiswa DIKTI

Beasiswa ini merupakan program beasiswa untuk jenjang S1, S2 hingga S3 untuk dalam dan luar negeri. Terdapat 6 jenis beasiswa DIKTI, yaitu: Beasiswa Bidik Misi (beasiswa untuk pelajar dengan keterbatasan ekonomi di dalam negeri), Program Beasiswa Pendididikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU), Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri, Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri dan Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI). Untuk informasi yang lebih lengkap, silahkan kunjungi website resmi DIKTI berikut.

3. Beasiswa Unggulan

Beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Kemendikbud) ini diberikan untuk jenjang studi S1 hingga S3 di dalam maupun luar negeri. Terdapat 4 jenis Beasiswa Unggulan, yaitu: Beasiswa Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Pegawai Kemendikbud, Beasiswa Unggulan 3T dan Beasiswa Bantuan (Non-Degree). Untuk informasi yang lebih lengkap, silahkan kunjungi website Beasiswa Unggulan berikut.

Estimasi Biaya Kuliah di Luar Negeri Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah ke luar negeri, berikut ini ada informasi mengenai estimasi biaya kuliah di luar negeri berdasarkan negara tujuan terfavorit pelajar Indonesia yang dikutip dari berbagai sumber.

Negara Estimasi biaya kuliah per tahun Estimasi biaya akomodasi per tahun Estimasi biaya hidup per tahun
Australia 250juta – 336juta 18juta – 300juta 189juta
Amerika 137juta – 750juta 40juta – 164juta 110juta – 165juta
Malaysia 65juta – 120juta 12juta – 60juta 80juta
Inggris 174juta – 500juta 60juta – 132juta 174juta
Jepang 58juta – 300juta 36juta – 60juta 42juta - 60juta
Singapura 136juta – 420juta 50juta – 370juta 90juta – 250juta
Jerman 15juta - 280juta 72juta – 90juta 72juta – 110juta
Korea Selatan 64juta – 180juta 77juta – 160juta 40juta – 60juta

 

Catatan:

  • Semua biaya disajikan dalam Rupiah
  • Menggunakan kurs yang berlaku saat guide ini dibuat
  • Biaya bervariasi dan bisa berubah-ubah tergantung pilihan kota, universitas, jurusan yang diambil dan kurs yang berlaku

Apakah anda siswa atau orang tua?

Bicaralah dengan konselor siswa kami tentang kebutuhan masuk universitas Anda. Gratis!

halo@easyuni.co.id
02129264124
0812-80472845