Kuliah di Amerika Serikat

Kuliah di Amerika Serikat
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

kuliah di amerika serikat

Perkenalan
Mengapa kuliah di Amerika?
Pendidikan Tinggi di Amerika
10 Universitas Terbaik di Amerika
Biaya untuk Kuliah di Amerika
Cara Mendaftar Kuliah di Amerika
Syarat Masuk Universitas di Amerika
Peluang Kerja Setelah Lulus Kuliah di Amerika
Visa Pelajar di Amerika
Kehidupan Mahasiswa di Amerika

 

Amerika Serikat memiliki populasi mahasiswa internasional terbanyak di dunia, dengan lebih dari 1 juta mahasiswa yang memilih untuk memperluas pengalaman akademiknya di Amerika. 

Faktanya, hampir 5% dari jumlah siswa terdaftar dalam institusi pendidikan tinggi di Amerika adalah siswa internasional.

Amerika merupakan destinasi untuk menimba ilmu yang tersohor dengan alasan-alasan yang terbaiknya. Ada lebih dari 4,700 universitas di Amerika yang memberikan program terkemuka dalam berbagai bidang. 

Mungkin banyak dari apa yang Anda tahu atau tidak tahu tentang Amerika ada secara rinci dalam panduan kami untuk belajar di Amerika. 

Baca panduan ini untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pendidikan di Amerika Serikat.

 

Apa alasan kuliah di Amerika Serikat?

mengapa kulia di amerika

Berkat program ilmu sains yang kuat dan sistem yang diimplementasikan oleh ilmu kesenian, Amerika Serikat berhasil menghasilkan siswa yang terdidik dalam berbagai ilmu pengetahuan. 

Berikut adalah 7 alasan kuliah di Amerika dan bagaimana sistem universitas disana membedakannya dengan universitas di negara lain.

1. Keunggulan akademis universitasnya

Amerika Serikat memiliki berjejer dengan universitas yang membanggakan, yang mana selalu menempati peringkat terbaik di dunia. Institusi di Amerika dikenal memiliki standar akademis yang tinggi, mengikuti praktek peningkatan mutu yang ketat untuk mempertahankan kualitasnya.

Menurut QS World Ranking 2020, 33 institusi dari top 100 universitas terbaik dunia berasal dari Amerika Serikat. Serupa demikian, Times Higher Education Ranking juga berisi dengan 7 universitas Amerika dalam daftar universitas top 10.

2. Support system yang baik untuk mahasiswa internasional

Universitas di Amerika mengerti kesusahan yang dialami mahasiswa internasional dan, maka dari itu, mengadakan program orientasi, workshop, dan training secara reguler untuk menawarkan bantuan. 

Bahkan, pusat mahasiswa internasional sering membantu mahasiswanya untuk membiasakan diri ke lingkungan baru - baik secara akademik, kultur, atau sosial.

3. Kehidupan kampus yang menyenangkan

Bukan hal baru lagi bahwa kehidupan kampus di Amerika tidak bisa dibandingkan. Tak terpengaruh universitas mana, Anda akan menemukan diri Anda berada dalam pengalaman dengan budaya yang baru dan ‘American way of life’.

4. Kebebasan mengambil kelas mata kuliah umum 

Universitas di Amerika menawarkan berbagai mata kuliah dan program yang dapat dipilih. Anda mendapatkan kebebasan untuk tidak hanya memilih mata kuliah, tapi juga strukturnya. 

Dalam jenjang S1, Anda berhak mengambil mata kuliah sebelum Anda memilih jurusan Anda di tahun kedua. Ini membantu anda untuk menjelajahi mata kuliah yang lebih sesuai dengan ketertarikan Anda sebelum memilih. 

5. Penekanan akan magang dan karir siswa

Program magang ditawarkan pada setiap universitas di Amerika sebagai prasarana untuk membentuk karir profesional anda. Banyak mahasiswa yang menempuh magang saat masa kuliahnya untuk memanfaatkan pengalaman sembari mendapatkan akses ke pekerjaan dengan penghasilan yang lebih baik nantinya. 

6. Komunitas yang beragam

Amerika merupakan salah satu negara dengan budaya yang paling beragam di dunia. Mahasiswa internasional berdatangan dari berbagai negara untuk kuliah di sana. Nah, kalau Anda kuliah di Amerika, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk belajar bahasa baru, bertemu teman baru dan mengalami budaya baru setiap harinya!

7. Penggunaan teknologi dan fasilitas yang canggih

Amerika memiliki kebanggaan tersendiri akan kemajuan teknologinya dan telah memastikan bahwa semua spektrum dalam sektor pendidikan dilengkapi dengan teknologi terkini.

Ini membuat kehidupan mahasiswanya lebih mudah dengan adanya akses akan data dan teknologi. 

 

Pendidikan Tinggi di Amerika

Perguruan tinggi dan universitas di Amerika bervariasi dengan tujuannya: beberapa menekankan pada bidang vokasi, bisnis, teknik dan yang lainnya menekankan kurikulum kesenian. 

Jenis Institusi

Di Amerika, pendidikan tersier (tingkat tinggi) tersedia pada tiga jenis institusi.

Universitas 

universitas di amerika

Universitas berorientasi pada riset untuk program sarjana dan pascasarjana. Beberapa universitas memiliki unit profesionalnya, seperti sekolah bisnis, sekolah jurnalisme, sekolah hukum dan sekolah kedokteran. Universitas juga dikenal dengan sebutan ‘college’ di Amerika. 

  • Institusi negeri - besar, dibiayai negara bagian dan biaya kuliah lebih murah dengan kapasitas siswa lebih banyak. Biaya kuliah bagi mahasiswa internasional lebih mahal. 

  • Institusi swasta - lebih kecil, dibiayai oleh donasi swasta, tuition fee dan sokongan dari swasta atau pemerintah. Terbalik dengan institusi negeri, biaya kuliah lebih tinggi dengan jumlah siswa lebih sedikit. Biaya untuk mahasiswa internasional sama dengan mahasiswa lokal. 

Terdapat 8 institusi dalam kategori ‘Ivy League’, kelompok universitas bergengsi: 

- Brown University (Rhode Island)

- Columbia University (New York)

- Cornell University (New York)

- Dartmouth College (New Hampshire)

- Harvard University (Massachusetts)

- University of Pennsylvania (Pennsylvania)

- Princeton University (New Jersey)

- Yale University (Connecticut) 

Community college

community college di amerika

Community college hanya berlangsung selama dua tahun, pada umumnya. Pendaftarannya dilakukan secara terbuka dan biaya kuliahnya jauh lebih rendah dibanding universitas swasta atau negeri. 

Struktur tingkat gelar di Amerika

Sarjana

Ada 2 jenis sarjana yang ditawarkan di Amerika: 

  • Associates degree - diselesaikan dalam 2 tahun dan ditemukan dalam community atau junior college. Mahasiswa dapat men-transfer ijazahnya untuk gelar S1. 

  • Bachelor’s degree - diselesaikan dalam 4 tahun. 

Pascasarjana

Ada 2 jenis pascasarjana yang ditawarkan di Amerika:

  • Academic/riset - biasanya selesai dalam 2 tahun (1 tahun untuk beberapa bidang studi). Lulusan gelar riset umumnya melanjutkan karir dalam bidang akademia atau riset.

  • Professional - dibuat untuk menyiapkan siswanya untuk beberapa bidang profesi. Biasanya memerlukan 2 tahun untuk selesai. 

Kualitas pendidikan universitas di Amerika

Tak hanya kuat dalam penerimaan mahasiswa internasional, universitas di Amerika juga berjejer dalam tabel peringkat internasional dengan adanya jalinan komunitas akademik yang luas. 

Amerika dikenal akan lulusannya yang telah menjadi ilmuwan, bankir, dan peneliti terbaik di dunia. 

Apabila Anda tidak yakin dengan jurusan untuk diambil, berikut adalah beberapa jurusan yang diincar di Amerika:

Bidang studi

% Jumlah mahasiswa internasional mengambil jurusan ini

Teknik

20.8

Manajemen Bisnis

19.2

Matematika & Ilmu Komputer

13.6

Ilmu Sosial

7.8

Sains

7.2

Kesenian

5.7

Bahasa Iggris

3.9

Kesehatan

3.3

Komunikasi/ Jurnalistik

2.0

Pendidikan

1.9

Humaniora

1.7

Hukum

1.4

Agrikultur

1.2

Oiya, mahasiswa internasional juga boleh mengambil jurusan kedokteran di Amerika. Hanya saja akan diperlukan adaptasi ketika siswa memutuskan untuk praktik di Indonesia karena adanya perbedaan antara ilmu akan penyakit-penyakit dan prosedur medis dari berbagai negara.

Kalender akademik universitas di Amerika

Dengan beberapa pengecualian, tahun akademik di Amerika dibagi dalam 2 semester; musim gugur dan musim semi yang berlangsung selama sekitar 15 minggu. Biasanya akan tersisa periode ujian akhir pada minggu terakhir di setiap semester. 

  • Musim gugur: Agustus/ September

  • Musim semi: Januari

  • Libur musim panas: 12 minggu

  • Libur musim dingin (Hari Raya Natal): 3 minggu

 

Daftar Universitas Terbaik di Amerika

daftar ranking universitas di amerika serikat 2019

Dengan pertumbuhan kukuh, rangking negara paling populer untuk kuliah akan dipanjat oleh Amerika. Secara utuh, hal ini tidaklah mengejutkan. 

Banyaknya universitas Amerika yang menempati peringkat terbaik di dunia menurut standar pendidikan tinggi globalnya.

Universitas di Amerika dihargai akan keberagaman program studinya, kondisi yang unggul, fasilitas modern, staf pengajar tingkat dunia, dan kesempatan bekerja. 

Universitas berikut berada dalam ranking top 10 di dunia:

Universitas

QS Ranking 2020

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

 

 

1

Stanford University

 

2

Harvard University

 

3

California Institute of Technology (Caltech)

5

University of Chicago

10

Universitas berikut berada dalam peringkat top 25 di dunia: 

Universitas

QS Ranking 2020

Princeton University

 

13

Cornell University

 

14

University of Pennsylvania

 

15

Yale University

 

17

Columbia University

 

18

University of Michigan

 

21

Johns Hopkins University

 

24

Pada umumnya, universitas di Amerika memiliki reputasi yang baik akan kualitasnya. Sebagai mahasiswa internasional yang berada di Amerika, Anda akan diterima secara baik oleh perusahaan. 

 

Berapa biaya yang diperlukan untuk kuliah di Amerika?

Ketika mempertimbangkan biaya kuliah, Anda harus meninjau biaya kuliah dan biaya hidup bulanan seperti makan dan akomodasi. Kami telah membaginya dalam beberapa rincian di bawah ini. 

Berapa rata-rata biaya kuliah di Amerika?

Hal ini akan bergantung dengan jurusan yang Anda ambil dan fasilitas bidang spesialisasi yang anda perlukan dalam setiap bidang (contoh: mahasiswa teknik memerlukan ruangan workshop). 

Tingkat Studi

Biaya per Tahun (USD)

Biaya per Tahun (IDR)

Sarjana - S1
(Universitas Negeri)

25.000

350 juta

Sarjana - S1
(Universitas Swasta)

35.000

500 juta

Community College

3.000

45 juta

Pascasarjana - S2
(Universitas Negeri)

20.000 - 30.000

300 - 450 juta

Pascasarjana - S2
(Universitas Swasta)

40.000

560 juta

Doktor - S3

28.000 - 40.000 

400 - 560 juta

*Biaya dalam Rupiah adalah subjek akan nilai tukar di November 2019

Bagaimana biaya kehidupan mahasiswa di Amerika? 

asrama mahasiswa di amerika

Adalah sebuah fakta bahwa hidup di Amerika memiliki sinonim dengan kata ‘mahal’. Namun, perlu untuk diketahui bahwa ada tawaran beasiswa dari beberapa institusi untuk mahasiswa internasionalnya!

Rincian

Harga dalam USD (per bulan)

Harga dalam IDR (per bulan)

Akomodasi

200 - 400

2,8 juta - 5,6 juta

Transportasi 

45 - 100

600 ribu - 1,4 juta

Makan

250 - 600

3,5 juta - 8,5 juta

Asuransi kesehatan (sekali bayar)

700 - 1.100

10 juta - 16 juta

Paket internet, HP

50

700 ribu

Pakaian

45

600 ribu

Rekreasi, hiburan

100

1,4 juta

Total

690 - 1.295

9,8 juta - 18 juta

Sama dengan negara lain, biaya hidup bergantung pada kota dan lokasi karena beberapa kota di Amerika merupakan pusat atraksi untuk turisme, seperti New York, California. 

Berikut adalah rata-rata biaya di Amerika berdasarkan kotanya:

  • Pennsylvania: USD 800-1,300

  • Georgia, Washington, Louisiana, Michigan, Texas: USD 1.200-1.500

  • California, Massachusetts, Florida: USD 1.500-2.500

Apakah mahasiswa internasional dapat bekerja di Amerika?

Ya, mahasiswa internasional diperbolehkan untuk bekerja selama masa studinya di Amerika. Kapasitas maksimal yang diberikan untuk mahasiswa bekerja yaitu 120 hari per tahun, 20 jam per minggu. 

Bekerja di luar kampus tidak diperbolehkan untuk mahasiswa internasional tahun pertama. Namun, siswa internasional yang memiliki visa M-1 atau F-1 dapat bekerja dalam kampus. Contohnya, bekerja di perpustakaan, kantin, atau pusat informasi. 

Anda juga dapat mengikuti beberapa program pencarian pekerjaan setelah menamatkan studi Anda. Salah satu contoh programnya yaitu Optional Practical Training (OPT). Program ini membolehkan mahasiswa internasional untuk bekerja secara temporer selama 12 bulan.

 

Bagaimana cara mendaftar kuliah di Amerika?

universitas

 

Syarat masuk universitas di Amerika

mendaftar kuliah di jerman

Berikut adalah langkah-langkah untuk kuliah di Amerika:

1. Kualifikasi penerimaan universitas

Anda memerlukan transkrip dan ijazah dalam bahasa Inggris dari SMA atau universitas. 

2. Kemampuan bahasa Inggris

Program kuliah di Amerika menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Anda perlu mengikuti tes kemampuan berbahasa Inggris untuk itu. Umumnya, tes TOEFL cenderung lebih diterima oleh universitas di Amerika dibanding IELTS. 

3. Visa Pelajar

Berbeda dengan visa turis ke Amerika, pelajar internasional di Amerika wajib memiliki visa F-1 yang berlaku semasa studinya.

Langkah pertama adalah diterima oleh universitas yang diakui oleh Student and Exchange Visitor Program (SEVP), membayar biaya proses SEVIS, kemudian Anda harus mempersiapkan dokumen yang diperlukan.

Pada umumnya berikut adalah dokumen-dokumen yang dibutuhkan:

  • Paspor yang masih berlaku

  • Bukti pembayaran biaya SEVIS

  • Formulir DS-160 melalui pendaftaran visa online 

  • Surat perjanjian wawancara

  • Biometriks

  • Bukti ketersediaan dana untuk biaya hidup (laporan koran buku tabungan)

  • Konfirmasi pertanggungan asuransi

  • Konfirmasi pendaftaran dari universitas

  • Konfirmasi penerimaan dari universitas

Biaya pembuatan visa pelajar Amerika sebesar EUR 75.

4. Asuransi kesehatan

Berbeda dengan negara lain, Anda tidak perlu memiliki asuransi kesehatan untuk mendapatkan izin tinggal di Amerika. 

 

Visa Pelajar Amerika

Visa F-1

Apabila Anda ingin kuliah di Amerika, jenis visa yang perlu dimiliki adalah F-1. Visa ini khusus diberikan untuk mahasiswa. 

Berapa lama proses pembuatan visa pelajar Amerika?

Pastikan anda memberikan kelonggaran waktu sebelum membuat visa. Segera memproses visa setelah anda terdaftar dalam universitas pilihan anda. 

Anda setidaknya memerlukan waktu 3 bulan untuk memproses visa sebelum program kuliah anda dimulai. 

Langkah-langkah yang diperlukan untuk permohonan visa pelajar Amerika:

Pastikan semua dokumen anda telah lengkap saat anda membuat appointment dengan imigrasi. Anda dapat menghadiri interview/ wawancara dan mengambil biometrik anda saat itu.

Apa saja dokumen yang diperlukan untuk pembuatan visa pelajar Amerika?

Saat memproses visa pelajar, salah satu hal yang paling penting adalah bukti bahwa Anda mampu membiayai program studi dan kehidupan di Amerika. 

Untuk negara Amerika, anda diperlukan untuk memiliki bukti mampu membayar biaya hidup yang sesuai dengan biaya kuliah dan kehidupan di kota yang Anda pilih, baik lewat sumber dari luar atau dalam rekening bank anda. 

  • Anda tidak diwajibkan untuk mengikuti medical test (tes kesehatan) sebelum tiba di Amerika.

  • Anda perlu mempersiapkan biometrik anda saat proses pendaftaran visa. Biometrik yang diperlukan termasuk identifikasi ekstra (sidik jari dan foto).

  • Anda harus mengikuti wawancara saat proses pendaftaran visa.

Biaya proses pembuatan visa pelajar di Amerika untuk mahasiswa Indonesia adalah sebesar USD 360 atau sekitar IDR 5 juta.

Kesempatan bekerja setelah lulus di Amerika

Kalau Anda bermaksud untuk bekerja di Amerika setelah lulus, perpanjangan residence permit perlu dilakukan. Visa ini bisa diperpanjang hingga 18 bulan yang mana dapat digunakan oleh mahasiswa untuk mencari pekerjaan.

Sekalinya Anda mendapatkan tawaran pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda, Anda dapat langsung mendaftar untuk visa tipe H1. 

Namun, kalau Anda berniat untuk tinggal secara permanen di Amerika, maka Anda dapat mendaftar untuk settlement permit setelah dua tahun Anda mendapat Green Card anda. 

Dokumen yang diperlukan:

  • Paspor yang berlaku

  • Ijazah S1 dari universitas yang diakui

  • Bukti dana yang tersedia untuk membiayai kehidupan selama tinggal di Amerika

  • Bukti penempatan pekerjaan dari perusahaan yang mensponsori visa H1B 

 

Kehidupan Mahasiswa di Amerika

Gaya hidup yang berkualitas hampir menjanjikan untuk sebagian besar siswa yang memutuskan untuk belajar di sana.

Di antara banyak hal lainnya, mungkin hal yang paling dikenal di Amerika adalah Oktoberfest tahunan di Munich, alias festival rakyat terbesar di dunia. 

Hidup di Amerika pasti menjadi kesenangan, dengan pendidikan bersubsidi kelas dunia, masa depan yang menjanjikan kerja, bentuk-bentuk hiburan yang tak terhitung, apakah itu festival atau bepergian, antara kegiatan menarik lainnya, dan seluruh kualitas kehidupan yang baik.

Budaya dan kesenian

kehidupan mahasiswa indonesia di amerika

Budaya di Amerika amatlah beragam. Anda dengan mudahnya akan menemukan orang dari berbagai negara. 

Dari New York ke Hawaii ke Alaska, AS memiliki beragam iklim, lingkungan, kepentingan, dan orang-orang untuk menawarkan pendatang baru, di mana orang dapat dengan mudah menemukan dan memilih tempat tinggal mereka seperti diantara kolam renang besar.

Karena popularitas negara di dunia, banyak orang asing yang tertarik untuk menetap dan mulai kehidupan baru di sana, sehingga menimbulkan masyarakat yang multikultural, baik dalam kebangsaan, ras, budaya, atau agama.

Umumnya, orang akan dapat menemukan kecocokan dari orang di AS, karena masuknya terus menerus individu membuat jalan mereka di sana, baik untuk bekerja atau belajar.

Waktu luang

festival coachella di amerika

Universitas dan perguruan tinggi di Amerika Serikat memiliki kehidupan malam yang sangat jelas, apakah itu termasuk pergi ke bar dan klub atau menghadiri pesta dengan sesama siswa.

Sebagian besar mahasiswa multikultural akan memungkinkan Anda untuk mencampur dengan kerumunan yang beragam dan memberikan Anda kemampuan untuk memilih dengan siapa Anda merasa paling nyaman, dan jenis kehidupan mahasiswa apa yang Anda inginkan.

Konser, festival adalah semua kegemaran di AS juga-negara menjadi pusat untuk semua jenis dan bentuk hiburan. Broadway adalah suatu keharusan untuk mengunjungi selama waktu Anda di sana, dan mengalami drama dan musikal terkenal dari seluruh dunia dengan mata Anda sendiri.

Tempat untuk melakukan perjalanan, dan tempat dari segala macam, apakah kota yang hidup seperti Las Vegas atau pantai di Miami biasanya dekat dengan tempat kenyamanan Anda - jadi pastikan untuk mengambil kesempatan dari istirahat Anda selama waktu Anda belajar di AS.

You might be interested in...