Cover Image

Kuliah Jurusan Farmasi di Malaysia

Selain dokter, ada lagi lho jurusan menarik yang bisa jadi pilihan kamu yang ingin melanjutkan pendidikan dalam bidang kesehatan.

Find your university

jurusan farmasi di luar negeri

Perkenalan
Apa itu jurusan Farmasi?
Mengenai jurusan Farmasi?
Spesialisasi dalam jurusan Farmasi
Yang dipelajari dalam jurusan Farmasi
Alasan kuliah jurusan Farmasi
Biaya kuliah jurusan Farmasi di Malaysia
Pilihan universitas terbaik
Prospek kerja lulusan Farmasi
FAQ atau Pertanyaan Umum

 

Apakah Anda memiliki ketertarikan dengan dunia kesehatan dan juga obat-obatan? Jika ya, maka mengambil jurusan farmasi sangat cocok untuk Anda pilih jika ingin melanjutkan pendidikan ke bangku perkuliahan.  

Program studi yang termasuk dalam cabang ilmu kesehatan ini juga termasuk jurusan populer di kalangan pelajar, selain kedokteran maupun keperawatan. Tak hanya di dalam negeri, jurusan ini juga populer di berbagai universitas di luar negeri.

Jika Anda tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri dan kuliah di jurusan farmasi, Malaysia bisa menjadi pilihan negara yang menarik untuk dipertimbangkan. Berikut EasyUni kumpulkan informasi penting seputar kuliah farmasi di Malaysia yang harus Anda ketahui.

 

Apa itu Jurusan Farmasi?

apa itu jurusan farmasi

Farmasi adalah program studi yang masih termasuk dalam ilmu kesehatan ini berfokus pada obat-obatan, baik yang alami maupun sintetis. Jurusan ini merupakan ilmu interdisipliner karena berhubungan dengan ilmu lain, seperti biologi, kimia hingga manajemen. 

Meski tak sepopuler jurusan kedokteran, namun jurusan farmasi juga tak kalah menariknya karena antara kesehatan dan juga obat-obatan sangat dekat hubungannya. Selama perkuliahan, mahasiswa akan menganalisis, mengidentifikasi dan juga menciptakan obat yang dibutuhkan oleh orang banyak.

Selain itu mahasiswa jurusan ini juga akan mempelajari cara aman penggunaan obat-obatan untuk penyembuhan suatu penyakit. Anda juga akan mempelajari bagaimana cara pemasaran obat yang tepat untuk orang banyak.

 

Mengenai Jurusan Farmasi di Malaysia

mengenai jurusan farmasi

Bagi Anda yang tertarik kuliah jurusan farmasi di Malaysia, yang terpenting adalah memilih jurusan yang sudah diakui/diakreditasi oleh Pharmacy Board of Malaysia dan Malaysian Qualifications Agency (MQA). 

Jika universitas yang Anda pilih tidak terdaftar di dua lembaga ini, ada kemungkinan Anda tidak bisa mendaftar menjadi full apoteker di Malaysia. 

Mahasiswa yang sudah menyelesaikan perkuliahan di jurusan farmasi selama 4 tahun dapat mendaftar menjadi apoteker di Malaysia. Namun harus mengikuti proses panjang yang sudah ditetapkan.

Setelah lulus Anda harus mengikuti pelatihan selama 1 tahun di tempat pelatihan yang diakui oleh Pharmacy Board Malaysia.

Setelah itu Anda harus mengikuti dan lulus ujian Pharmacy Jurisprudence Examination selama waktu pelatihan berlangsung. Setelah lulus, Anda akan mendapatkan status Fully Registered Pharmacist (FRP).

Jika ditotal, durasi untuk menjadi apoteker teregistrasi di Malaysia akan memakan waktu selama 6 tahun. 

 

Spesialisasi Jurusan Farmasi di Malaysia

spesialisasi jurusan farmasi

Sama seperti jurusan lainnya, jurusan farmasi juga memiliki beberapa spesialisasi yang bisa dipilih sesuai dengan minat maupun tujuan karir ke depannya.

Khusus di Malaysia, terdapat beberapa spesialisasi farmasi/apoteker yang bisa dipilih bagi Anda yang kuliah di negara ini.

1. Academic Pharmacy

Spesialis di bidang ini umumnya menjadi pengajar. Selain itu spesialis ini juga mengadakan riset, seperti misalnya menganalisa hasil studi klinis terbaru. 

2. Community Pharmacy

Bidang farmasi ini bertugas melayani penebusan obat di toko-toko kesehatan retail. Spesialis ini lebih banyak berhadapan langsung dengan customer/pasien.

3. Hospital Pharmacy

Spesialis ini biasanya berurusan dengan pemberian obat-obatan. Selain itu spesialis ini juga berpartisipasi dalam urusan pembelian dan menguji obat-obatan yang digunakan di rumah sakit.

4. Industrial Pharmacy

Spesialis ini berkecimpung dalam pembuatan obat-obatan untuk perusahaan obat, jamu maupun kosmetik. Spesialis ini bertugas untuk memastikan jika produk yang dihasilkan berkualitas tinggi dan aman dikonsumsi oleh orang banyak.

 

Mata Kuliah Apa Saja yang Dipelajari Pada Jurusan Farmasi?

mata kuliah dipelajari jurusan farmasi

Setiap universitas di Malaysia yang menawarkan jurusan farmasi tentunya memiliki kurikulum masing-masing yang bisa berbeda satu sama lain. Oleh karena itu Anda sangat disarankan untuk mencari sebanyak mungkin informasi / referensi sebelum memilih universitas di Malaysia yang menawarkan jurusan ini.

Meski demikian, berikut contoh beberapa mata kuliah yang biasanya dijumpai di perkuliahan jurusan farmasi. 

  • Organic Chemistry

  • Microbiology

  • Pharmacology

  • Human Anatomy & Nervous System

  • Nervous System & Pharmacotherapy

  • Physical Chemistry

  • Mechanism of Drug Actions

  • Medicinal Chemistry

  • Immunology

  • Biochemistry

  • Antimicrobial Therapy

  • Pharmacy Practice

  • Marketing for Pharmacy

  • Pharmacy Management

 

Mengapa Pilih Kuliah Farmasi di Malaysia?

Calon mahasiswa asal Indonesia yang memilih untuk melanjutkan kuliah hukum internasional ke Malaysia memiliki alasan masing-masing mengapa memilih negara ini sebagai tujuan kuliah di luar negeri. Beberapa alasan yang paling sering diutarakan adalah sebagai berikut.

1. Kualitas Pendidikan

Sudah bukan rahasia lagi jika Malaysia termasuk dalam negara di kawasan Asia yang dikenal memiliki sistem pendidikan yang berkualitas. 

Selain itu Malaysia memiliki badan resmi pemerintahan dibawah Kementerian Kesehatan yaitu Pharmacy Board of Malaysia yang bertanggungjawab memastikan masyarakat mendapatkan akses ke produk kesehatan dan obat-obatan yang aman dan berkualitas serta menerapkan aturan terkait. 

Universitas di Malaysia yang menawarkan jurusan farmasi umumnya telah terdaftar dan diawasi oleh badan ini sehingga mahasiswa tak perlu khawatir mengenai kurikulum maupun kualitas karena telah secara resmi diawasi negara.

2. Kesempatan Magang

Sama seperti jurusan-jurusan lainnya, jurusan farmasi juga membuka kesempatan magang di berbagai institusi kesehatan. Hal ini akan memberikan pengalaman kerja sekaligus mempraktekkan kemampuan mahasiswa di dunia kerja yang sebenarnya. 

3. Banyak Kegiatan Praktikum

Farmasi merupakan ilmu praktikal yang mengharuskan mahasiswanya banyak melakukan praktek di laboratorium untuk menganalisa hingga menghasilkan formula obat baru yang bisa bermanfaat bagi kesehatan orang banyak. Hal ini tentu membuat lulusan farmasi memiliki kompetensi yang unggul di bidangnya.

4. Dukungan Peralatan Canggih

Seperti disebutkan di atas, jurusan farmasi akan banyak menghabiskan waktu praktikum di laboratorium. Laboratorium di universitas-universitas Malaysia biasanya sudah dilengkapi dengan peralatan canggih dan terkini, sehingga mahasiswa bisa bebas bereksperimen dan melakukan penelitian terhadap obat-obatan.

5. Biaya Hidup Terjangkau

Malaysia juga dikenal sebagai negara dengan biaya hidup yang tergolong terjangkau untuk mahasiswa asing. Universitas di Malaysia biasanya menyediakan akomodasi housing board di lingkungan kampus dengan harga terjangkau untuk para mahasiswa. 

Jika ingin menyewa rumah maupun apartemen juga masih tergolong terjangkau dibandingkan negara-negara lain yang juga jadi tujuan kuliah pelajar Indonesia.

 

Berapa Biaya Kuliah di Malaysia?

Dibandingkan negara lain, biaya kuliah di Malaysia masih tergolong terjangkau dibanding negara lain yang posisinya dekat dengan Indonesia, seperti Singapura, China dan Australia.

Namun Anda tetap disarankan untuk mencari info detail mengenai biaya kuliah di universitas yang dipilih. Hal ini karena terkadang biaya kuliah di setiap universitas bisa berbeda-beda, terutama untuk mahasiswa asing. Ada juga biaya-biaya tambahan yang mungkin timbul per semesternya.

Berikut ini merupakan perkiraan rata-rata biaya pendidikan untuk program gelar sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) di Malaysia bagi mahasiswa asing yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

Kualifikasi

Universitas Negeri & Nasional

Universitas Swasta

S1

30-100 juta

30-150 juta

S2

45-100 juta

50-300 juta

 

Universitas Terbaik di Malaysia untuk Kuliah Farmasi

universitas terbaik di malaysia untuk jurusan farmasi

Malaysia sendiri memiliki banyak universitas terbaik yang menawarkan perkuliahan di jurusan farmasi. Berikut adalah universitas terbaik di Malaysia yang menawarkan jurusan farmasi yang bisa Anda pilih. 

 

Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Jurusan Farmasi?

apa saja prospek kerja jurusan farmasi

Sebagai info, lulusan jurusan farmasi tidak akan langsung menjadi apoteker secara default. Masih ada proses selanjutnya yang terdiri dari pelatihan atau sekolah profesi dan ujian yang harus diikuti sebelum mendapat gelar sebagai apoteker.

Nah, selain menjadi apoteker, lulusan fresh graduate farmasi juga bisa masih tetap bisa melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan/industri untuk posisi yang berhubungan dengan kesehatan, seperti di lembaga milik pemerintah (BPOM, Kemenkes, dan sebagainya).

Bisa juga melamar ke industri obat, makanan dan jamu yang biasanya membutuhkan peracik maupun pengembang obat-obatan/produk kosmetik dan juga manajemen mutu.

Jika Anda sudah mendapat status sebagai registered pharmacists di Malaysia, ada beberapa pilihan pekerjaan menarik yang bisa dipilih, seperti:

  • Pharmacologist

  • Toxicologist

  • Hospital Pharmacist

  • Academic Pharmacist

  • Veterinary Pharmacist

  • Community Pharmacist

  • Research Pharmacist

  • Industrial Pharmacist


 

FAQ atau Pertanyaan Umum Seputar Jurusan Farmasi

1. Apakah lulusan farmasi bisa langsung menjadi apoteker?

Tidak bisa. Lulusan jurusan ini masih harus mengikuti berbagai proses untuk bisa menjadi apoteker teregistrasi.

2. Mengapa harus pilih kuliah jurusan farmasi?

Meski masih kalah populer dari jurusan di bidang kesehatan lainnya, namun farmasi juga termasuk jurusan populer dengan potensi karir yang menjanjikan di masa depan.

3. Apakah kuliah farmasi di Malaysia butuh persyaratan khusus?

Seperti pada umumnya, mahasiswa asing yang ingin mendaftar ke universitas Malaysia harus memberikan dokumen yang dibutuhkan, termasuk transkrip nilai. Salah satu nilai mata pelajaran yang harus tinggi adalah kimia karena jurusan ini banyak berhubungan dengan bidang kimia. Selain itu pastikan juga Anda memenuhi persyaratan bahasa, visa dan sebagainya.

Sudah siap untuk kuliah farmasi di Malaysia? Atau masih ingin tahu lebih lanjut mengenai informasi lengkap kuliah di Malaysia? Jangan ragu untuk menghubungi EasyUni jika Anda memiliki pertanyaan atau butuh referensi lebih banyak mengenai hal ini, ya! Konsultasi ini tidak dipungut biaya kok.

Advertisement

Universities with courses in Farmasi

See more related universities

You might be interested in...

Advertisement

This website uses cookies to ensure you get the best experience. By using this site, you acknowledge that you have read and understand our Cookie Policy , Privacy Statement and Terms & Conditions .

Maximum 6 courses for comparison!

Chat on WhatsApp

Courses selected for comparison