Kuliah Jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata di Malaysia

Informasi selengkapnya tentang kuliah jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata di Malaysia.
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Pada masa kini semakin banyak pelajar yang tertarik mengambil kuliah jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata. Pasalnya, jurusan pariwisata dan perhotelan ini termasuk jurusan yang memiliki banyak sisi menyenangkan bagi para pelajarnya.

Kuliah jurusan perhotelan dan pariwisata membuat kamu seperti sedang berlibur/ berekreasi. Karena kamu  akan belajar sambil praktik di berbagai tempat pariwisata seperti hotel, tempat rekreasi & liburan, restaurant, kapal pesiar, dan lainnya.

Selain faktor-faktor tersebut, jurusan ini juga memiliki prospek yang sangat cerah. Sektor pariwisata global dan Indonesia semakin hari semakin bertumbuh. Jadi, banyak sekali perusahaan terkait sektor pariwisata yang akan menanti kelulusanmu.

Tidak sedikit pelajar yang memilih kuliah di luar negeri untuk jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata. Hal ini dikarenakan lulusan luar negeri lebih berpeluang menjangkau karir Pariwisata global. Salah satu yang sering dipilih adalah Malaysia.

Alasan Memilih Kuliah Jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata di Malaysia

Bagi kamu yang sudah memutuskan untuk kuliah Perhotelan dan Pariwisata di luar negeri tetapi masih bingung memilih di negara mana. Yuk kita simak berbagai alasan menjatuhkan pilihan kuliah jurusan pariwisata dan perhotelan di Malaysia.

Inilah beberapa alasan memilih kuliah jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata di Malaysia:

  • Fasilitas tingkat dunia
  • Metode kuliah berbasis keterampilan
  • Kesempatan magang Internasional
  • Jumlah pelajar sedikit tiap kelas
  • Mendapatkan sertifikat ganda
  • Mendapat pendidikan berkualitas
  • Berkesempatan cepat bekerja di perusahaan ternama

Fasilitas tingkat dunia

Universitas jurusan perhotelan dan pariwisata di Malaysia menyediakan fasilitas berupa kelas-kelas simulasi tingkat Internasional bagi para pelajarnya. Kelas tersebut seperti restoran, dapur, kamar-kamar pariwisata, ruang acara, dan lainnya.

Fasilitas tersebut menjadikan para pelajar yang sedang kuliah jurusan pariwisata dan perhotelan terlatih bekerja di tempat kerjanya kelak. Para pelajar pun juga sudah memiliki bekal untuk bekerja di industri Pariwisata tingkat Internasional.

Metode kuliah berbasis keterampilan

Metode kuliah berbasis keterampilan yang ada di universitas jurusan pariwisata dan manajemen perhotelan di Malaysia juga turut memberikan alasan kuat.

Metode kuliah yang berbasis keterampilan membuat para pelajar memiliki keterampilan unggul sejak di bangku kuliah. Hal ini bisa menjadi bekal saat nanti memasuki dunia kerja.

Kesempatan magang Internasional

Berbagai universitas jurusan perhotelan dan pariwisata di Malaysia memiliki kerjasama dengan perusahaan-perusahaan tingkat Internasional di industri pariwisata.

Kamu pun memiliki kesempatan magang di perusahaan Internasional. Melalui kesempatan ini, kamu akan mendapatkan pengalaman global. Ini merupakan nilai tambah untuk kamu nanti di dunia kerja.

Jumlah pelajar sedikit tiap kelas

Kelas-kelas kuliah di universitas jurusan Perhotelan dan Pariwisata  memiliki jumlah pelajar yang sedikit. Hal ini bertujuan agar para pelajar bisa mendapatkan perhatian yang lebih banyak dan lebih fokus menyerap ilmu.

Mendapatkan sertifikat ganda

Para pelajar yang kuliah jurusan Pariwisata dan Manajemen Perhotelan di Malaysia akan memperoleh sertifikat ganda.

Sertifikat yang akan didapat bukan hanya dari universitas Malaysia tetapi juga universitas yang menjadi partner dari universitas tersebut. Sertifikat ganda membuat para pelajar memiliki akreditasi pendidikan yang lebih dipandang oleh perusahaan.

Mendapat pendidikan berkualitas

Kementerian Pariwisata dan Kementerian Sumber Daya Manusia di Malaysia telah meluncurkan Pusat Pendidikan Pariwisata dan Perhotelan Malaysia (MyCenTHE).

Pusat Pendidikan khusus Pariwisata dan Perhotelan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan pariwisata dan perhotelan melalui kemitraan kolaboratif antara sektor publik dan swasta.

Dukungan yang diberikan Pemerintah Malaysia ini merupakan bukti bahwa universitas jurusan Perhotelan dan Pariwisata di Malaysia bersungguh-sungguh untuk memberikan pendidikan yang berkualitas bagi para pelajarnya.

Berkesempatan cepat bekerja di perusahaan ternama

Sudah disinggung sebelumnya bahwa universitas jurusan Pariwisata dan Perhotelan di Malaysia telah menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan global ternama di industri pariwisata.

Dan kabar baiknya lagi, pemerintah Malaysia pun turut mendukung kerjasama ini. Kamu yang memilih kuliah jurusan Perhotelan dan Pariwisata di Malaysia akan memiliki kesempatan untuk cepat terkoneksi dengan perusahaan-perusahaan ini.

Spesialisasi Jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata

Universitas jurusan Perhotelan dan Pariwisata di Malaysia memiliki spesialisasi yang beragam. Keanekaragaman spesialisasi yang tersedia ini membuat kamu leluasa untuk memilih spesialisasi yang sesuai dengan minat dan bakat kamu.
 
Berikut ini adalah contoh spesialisasi di jurusan Perhotelan dan Pariwisata yang ada di universitas di Malaysia:

  • Hotel Management
  • Tourism Management
  • Hospitality Management
  • Travel & Recreation Management
  • Event Management
  • Food Service Management
  • Culinary Arts
  • Culinology
  • Hospitality Entrepreneurship
  • Dan lainnya

Silahkan menghubungi EasyUni untuk berkonsultasi dengan Penasihat profesional kami agar kamu bisa mengetahui spesialisasi yang sesuai. Konsultasi ini tidak dipungut biaya.

Universitas Terbaik di Malaysia untuk Jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata

Di Malaysia telah banyak berdiri universitas yang menawarkan jurusan Perhotelan dan Pariwisata. Universitas-universitas ini memberikan kualitas pendidikan dan lingkungan yang baik untuk para pelajarnya.

Berikut ini adalah daftar universitas jurusan Pariwisata dan Perhotelan terbaik di Malaysia:

  • Curtin Univeristy
  • BERJAYA University College of Hospitality
  • Taylor's University
  • Sunway College Johor Bahru
  • INTI International College Subang
  • KDU University College
  • UNITAR International University
  • Asia Pacific University of Technology and Innovation       
  • FTMS Global College
  • UCSI University
  • Dan lainnya

Biaya Pendidikan (Tuition Fees)

Biaya kuliah di Malaysia untuk jurusan Pariwisata dan Perhotelan memiliki perbedaan di setiap universitas. Hal ini tergantung dari jenis universitas, program pendidikan, durasi kuliah, spesialisasi, dan lainnya.
 
Biasanya untuk menempuh program pendidikan Sarjana jurusan Perhotelan dan Pariwisata di Malaysia membutuhkan waktu selama 3 tahun sedangkan untuk prorgram Magister berkisar 2 tahun.

Biaya kuliah Perhotelan dan Pariwisata di Malaysia bisa dilihat di bawah ini.

Sarjana (S1)

Jenis universitas Biaya pendidikan
Lokal Rp 170 - 470 juta
Asing Rp 250 - 300 juta

Magister (S2)

Jenis universitas Biaya pendidikan
Lokal Rp 100 - 240 juta
Asing -

Persyaratan Masuk

Setiap universitas jurusan Pariwisata dan Perhotelan di Malaysia menetapkan syarat masuk yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari kebijakan masing-masing universitas.
 
Berikut ini adalah contoh persyaratan masuk program pendidikan Sarjana untuk jurusan Pariwisata dan Perhotelan di Asia Pacific University of Technology and Innovation (APU):

  • Ijazah SMA dengan nilai rata-rata 7 - 9; atau
  • Ijazah D3
  • Nilai minimum TOEFL: 550 (Tes Berbasis Kertas), 213 (Tes Berbasis Komputer), 79-80 (Tes Berbasis Internet);
  • Nilai minimum IELTS: 6.0

Berikut ini adalah contoh persyaratan masuk program pendidikan Magister untuk jurusan Pariwisata dan Perhotelan di UNITAR International University:

  • Ijazah S1
  • Setidaknya 35 tahun pada tanggal 1 Januari tahun aplikasi
  • Pengalaman kerja minimal 5 tahun di bidang yang relevan
  • Nilai minimum TOEFL: 450; atau
  • Nilai minimum IELTS: 4.0

Untuk informasi yang tepat tentang biaya kuliah dan persyaratan masuk silahkan menghubungi EasyUni.

Biaya Hidup dan Akomodasi

Pelajar Indonesia sering kali memilih kuliah di Malaysia dikarenakan biaya hidup dan akomodasi yang terjangkau. Silahkan menyimak kuliah di Malaysia lebih lanjut untuk mengetahui rincian biaya hidup dan akomodasi pelajar di Malaysia.

Proses Aplikasi dan Masalah Visa

Kamu perlu mengetahui informasi terkait proses aplikasi dan masalah visa Bila kamu ingin kuliah di Malaysia. Hal ini merupakan syarat dan prosedur yang harus dipenuhi oleh setiap pelajar Internasional. Pelajari lebih lanjut dalam panduan berikut.

Peluang Kerja Lulusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata

Kuliah jurusan Pariwisata dan Perhotelan nanti akan jadi apa? Pastinya hal itu terbesit di benak kamu yah.

Kami akan memberikan penjelasan tentang peluang kerja yang bisa kamu pilih selepas kuliah jurusan Pariwisata dan Perhotelan. Yuk kita simak penjelasannya.

Berikut ini adalah beberapa peluang kerja lulusan jurusan Perhotelan dan Pariwisata yang banyak dicari dan mendapatkan penghasilan tinggi.

1) Chef
   
Bila kamu mengambil kuliah jurusan Pariwisata dan Perhotelan dengan spesialisasi Culinary Arts maka kamu memiliki peluang kerja untuk menjadi chef.

Profesi ini memiliki tanggung jawab terhadap kelancaran proses penyelenggaraan makanan. Tugasnya mulai dari merencanakan menu-menu, membuat standar resep, sampai membuat laporan.

Posisi chef memiliki beberapa tingkatan dimulai dari Cook Helper hingga tingkatan tertinggi yaitu Chef de Cuisine/ Executive Chef/ Head Chef. Seorang memiliki penghasilan tinggi tergantung pengalaman dan perusahaan tempat ia bekerja.

2) Peneliti & Pengembang Makanan dan Minuman

Kuliah jurusan Pariwisata dan Perhotelan dengan spesialisasi Culinology membuat kamu memiliki peluang kerja untuk menjadi seorang peneliti dan pengembang makanan dan minuman.

Profesi ini adalah scientistnya lulusan Pariwisata dan Manajemen Perhotelan karena gelar kamu adalah Bachelor of Science (B.Sc). Tugasnya adalah melakukan penelitian dan pengembangan terhadap produk-produk makanan dan minuman.

3) Pemandu Wisata

Siapa yang ingin jalan-jalan ke tempat-tempat wisata sekaligus dibayar? Profesi pemandu wisata lah jawabannya. Tugas pemandu wisata adalah menemani para wisatawan selama perjalanan wisata.

Kalau kamu menjadi seorang pemandu wisata sebaiknya ambillah spesialisasi Tourism Management. Apalagi bila pemandu wisata untuk wisata Internasional, kamu akan memiliki gaji yang cukup menggiurkan.

4) Perencana Acara

Lulusan jurusan Perhotelan dan Pariwisata dengan spesialisasi Event Management memiliki peluang untuk menjadi seorang Perencana Acara (Event Planner). Tugasnya adalah merencanakan sebuah acara dari A sampai Z, dan memastikan kelancaran acara tersebut.

Bila kamu kuliah di Malaysia maka kamu berpeluang untuk bisa menjadi seorang Event Planner untuk sebuah acara tingkat Internasional. Pastinya bila acara Internasional kamu akan dibayar lebih besar.

5) Konsultan

Para pelajar jurusan Pariwisata dan Manajemen Perhotelan dengan spesialisasi apapun memungkinkan kamu untuk menjadi seorang Konsultan pada spesialisasi yang kamu.

Contohnya: spesialisasi Culinology bisa menjadi konsultan makanan dan minuman, spesialisasi Culinary Art bisa menjadi konsultan dapur, dan beragam jenis konsultan sesuai spesialisasinya.

6) Jurnalis

Sama seperti profesi konsultan, peluang kerja sebagai profesi Jurnalis juga bisa dimiliki oleh para lulusan jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata dari berbagai spesialisasi. Kamu bisa menjadi seorang jurnalis untuk tema sesuai spesialisasi kamu.

7) Manajer Hotel

Seorang manajer hotel biasanya adalah lulusan jurusan Pariwisata dan Manajemen Perhotelan dengan spesialisasi Hotel Management.

Semakin meningkat sektor pariwisata akan berimbas pada semakin banyak hotel-hotel. Dan itu artinya posisi Manajer Hotel akan semakin dibutuhkan.

Tugas seorang manajer hotel adalah mengontrol kualitas pelayanan dan makanan, dekorasi dan  interior, housekeeping, dan menetapkan aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh setiap karyawan hotel demi kepuasan para tamu hotel.

8) Manajer Restoran

Peluang Manajer Restoran bisa kamu miliki dengan mengambil spesialisasi Restauran Management/ Food Service Management. Posisi seorang Manajer Restoran hampir sama dengan posisi Manajer Hotel.

Tugasnya adalah mengontrol keseluruhan divisi di sebuah restoran demi kelancaran usaha tersebut. Mulai dari melakukan perekrutan karyawan,  membuat sebuah peraturan, melakukan pengawasan kinerja karyawan, mengontrol keuangan, dan mengembangkan Restoran tersebut.

9) Manajer Katering

Selain peluang Manajer Restoran, kamu juga berpeluang bekerja sebagai Manajer Katering apabila mengambil spesialisasi Catering Management/ Food Service Management.

Tugas seorang Manajer Katering hampir sama dengan Manajer Restoran. Tugas seorang Manajer Katering adalah melakukan perekrutan karyawan katering, mengawasi kinerja katering, menangani masalah dengan pelanggan, dan lainnya.

10) Manajer Resort

Kamu berpeluang menjadi seorang Manajer Resort dengan mengambil spesialisasi Resort Management. Tugasnya mirip-mirip Manajer Hotel, Restoran, dan Katering.

Manajer Resort bertugas mengelola keseluruhan Resort mulai dari merencanakan desain resort, merekrut dan membuat peraturan karyawan serta mengawasi kinerja, mengembangkan Resort, dan lainnya.

11) Manajer Tempat Rekreasi

Peluang kerja sebagai Manajer Tempat Rekreasi bisa kamu dapatkan dengan mengambil spesialisasi Recreation Management. Kamu akan bertanggung jawab untuk mengelola tempat rekreasi tersebut.

Sama seperti Manajer Resort hanya beda jenis tempatnya yaitu sebuah tempat rekreasi. Tugasnya mengelola tempat rekreasi tersebut demi kelancaran usaha dan kepuasan pengunjung.

12) Pengusaha

Peluang sebagai Pengusaha juga bisa kamu dapatkan apabila kuliah jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata apalagi dengan spesialisasi Hospitality Entrepreneurship. Kamu bisa mengembangkan jenis usaha di bidang Pariwisata dan Perhotelan.

 

You might be interested in...