Universitas di Malaysia dengan Program Sarjana (S1) Bisnis dan Manajemen

Malaysia × Bisnis dan Manajemen × Sarjana (S1) ×
DISTED College
George Town, Penang, Malaysia
1 Bisnis dan Manajemen courses

Mengapa Memilih Kuliah Bisnis dan Manajemen di Malaysia

Jurusan bisnis dan manajemen adalah salah satu pilihan melanjutkan pendidikan yang masih populer dan menjanjikan hingga saat ini. Belajar tentang bisnis dan manajemen artinya belajar tentang banyak hal terkait tata cara usaha, pengelolaan dan pengembangan bisnis, juga pengetahuan-pengetahuan penting lain yang akan sangat berguna di dunia kerja.

Ilmu manajemen disebut-sebut sebagai ilmu paling tua di dunia. Tidak berlebihan jika klaim tersebut santer terdengar. Pasalnya, manusia menerapkan ilmu ini sejak mengenal kehidupan berkelompok. Sekumpulan manusia akan merumuskan suatu rencana hidup bersama, mengatur, dan mengelola proses untuk mencapai tujuan. Ilmu manajemen juga diterapkan untuk pembagian peran dan tanggung jawab masing-masing anggota kelompok.

Saat ini, pengetahuan dan keterampilan tentang manajemen sangat diperlukan untuk mengatur jalannya bisnis. Kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengoordinasikan, dan mengontrol sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien adalah bagian dari manajemen bisnis. Oleh sebab itu, penerapan manajemen bisnis yang tepat akan memudahkan tercapainya tujuan perusahaan.

Komponen dari manajemen yang diperlukan dalam menjalankan bisnis antara lain adalah manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen pemasaran. Keterampilan manajemen keuangan penting untuk mengatur keuangan perusahaan agar berjalan stabil. Salah satu cara memastikannya adalah dengan mengatur pengeluaran dan memaksimalkannya untuk memperoleh keuntungan usaha. Selain itu, pencatatan keuangan yang baik juga termasuk dalam keterampilan manajemen yang penting dikuasai. Dengan pencatatan yang baik, akan mudah melakukan analisis bisnis untuk pengambilan keputusan yang lebih tepat.

Manajemen operasional penting dipelajari untuk mendapatkan keterampilan pengorganisasian kegiatan operasional agar berjalan sesuai rencana. Operasional perusahaan juga harus dipastikan agar sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Unsur penting dalam kesuksesan usaha yang juga harus dimanajemeni dengan baik adalah sumber daya manusia. Sebagai pemegang kontrol dalam berbagai kegiatan perusahaan, unsur manusia harus ditangani secara profesional agar bisa saling bekerja sama dengan baik agar tujuan perusahaan tercapai.

Selanjutnya adalah manajemen pemasaran yang penting untuk memastikan produk bisa sukses di pasaran. Kesuksesan suatu produk akan sangat bergantung pada promosi dan inovasi dari personel pemasaran. Oleh sebab itu, manajemen pemasaran penting untuk merumuskan strategi yang paling efektif untuk mencapai target pencapaian perusahaan.

Keuntungan Kuliah Jurusan Bisnis dan Manajemen

Mempelajari ilmu bisnis dan manajemen akan mendatangkan banyak keuntungan. Karena bisnis dan manajemen mencakup pengetahuan yang luas tentang kegiatan-kegiatan penting dalam usaha. Dengan bekal ilmu tersebut, lulusan ilmu bisnis dan manajemen akan mampu menggerakkan roda perusahaan dengan baik.

Hal ini juga didukung dengan perkuliahan di bidang bisnis dan manajemen yang umumnya berbasis kasus. Perguruan tinggi yang menerapkan sistem perkuliahan berbasis kejadian nyata di dunia kerja, akan membantu mahasiswanya untuk lebih siap mengaplikasikan ilmu yang dipelajari. Tentunya, perkuliahan bisnis dan manajemen yang baik harus didukung dengan teori dan praktik yang memadai. Pertimbangan lain untuk melanjutkan kuliah di jurusan ilmu bisnis dan manajemen adalah koneksi atau hubungan mutual yang terjalin antara pihak universitas dengan dunia bisnis, baik dalam skala nasional maupun internasional. Dengan demikian, mahasiswa akan mendapatkan kesempatan bekerja lebih luas setelah lulus dari universitas tersebut.

Tak hanya mempersiapkan lulusannya untuk bergabung dengan perusahaan-perusahaan sebagai karyawan, perkuliahan bisnis dan manajemen juga mengajarkan seseorang untuk memulai usahanya sendiri. Lulusan ilmu bisnis dan manajemen akan dibekali dengan kemampuan memimpin dan mengorganisasikan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan membangun bisnis.

Melanjutkan Kuliah Jurusan Bisnis dan Manajemen di Malaysia

Ada banyak universitas atau perguruan tinggi di Malaysia yang siap mencetak lulusan terbaik di bidang bisnis dan manajemen. Kebanyakan perguruan tinggi di Malaysia yang menyediakan perkuliahan untuk jurusan ilmu bisnis dan manajemen, memfasilitasi mahasiswanya dengan pendidik berkualifikasi minimal doktor dalam bidang bisnis, manajemen, dan akuntansi. Selain memberikan perkuliahan teori, universitas-universitas di Malaysia juga memfasilitasi penelitian mahasiswa dengan fasilitas yang lengkap. Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk berpartisipasi untuk program pertukaran mahasiswa untuk memperluas pengalaman dan jaringan.

Perguruan tinggi dengan program gelar sarjana ilmu bisnis dan manajemen tidak hanya memiliki target untuk menghasilkan pekerja atau karyawan unggul yang siap saing di skala global, namun juga mempersiapkan lulusannya untuk menjadi pemimpin. Perkuliahan didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan dan persyaratan perusahaan. Selain itu, ada beberapa universitas yang memiliki akreditasi khusus, seperti yang dikeluarkan oleh The Association to Advance Collegiate Schools of Business. Akreditasi serupa juga dimiliki oleh universitas ternama seperti Harvard, Yale, London Business School, dan University of Warwick.

Malaysia juga memiliki universitas dengan jurusan bisnis dan manajemen yang berskala internasional. Dengan lingkungan yang memiliki kultur beragam, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang kaya. Pengalaman menghadapi orang-orang dengan latar belakang budaya yang berbeda juga akan membantu mahasiswa kelak saat bekerja di perusahaan multinasional atau mengembangkan bisnis ke berbagai negara. Tak heran jika lulusan perguruan tinggi dari program gelar sarjana untuk ilmu bisnis dan manajemen di Malaysia banyak diperhitungkan di kancah internasional.

Pelajari lebih lanjut mengenai kuliah Bisnis dan Manajemen di Malaysia dalam panduan berikut.