Kuliah di Malaysia

Berikut ini adalah informasi lengkap mengenai kuliah di Malaysia yang perlu kamu ketahui.

Persaingan di era global semakin lama semakin ketat. Kenyataan ini membuat banyak orang tua yang mendorong anaknya untuk kuliah di luar negeri agar mampu bersaing menghadapi tantangan di era global ini.

Malaysia merupakan salah satu negara yang sering dipilih sebagai negara tujuan menimba ilmu. Ada lebih dari 9.000 mahasiswa asal Indonesia yang saat ini kuliah di Malaysia. Negara ini jadi favorit karena uang kuliahnya yang lebih terjangkau, biaya hidup yang relatif murah dibandingkan negara di Eropa maupun Australia, lokasinya juga dekat dengan Indonesia dan menawarkan banyak pilihan universitas terbaik dengan jurusan yang lengkap. Mari kita simak segala informasi tentang kuliah di Malaysia.

12 Alasan Mengapa Memilih Kuliah di Malaysia

Malaysia sering kali dipilih oleh banyak pelajar Internasional sebagai negara tujuan untuk kuliah di luar negeri. Mereka memiliki berbagai alasan memilih kuliah di Malaysia.

Beragam alasan mengapa banyak pelajar memilih kuliah di Malaysia bisa kita lihat di bawah ini:

  1. Mendapatkan pendidikan bermutu tinggi
  2. Biaya kuliah yang terjangkau
  3. Tersedia berbagai jenis jenjang pendidikan tinggi
  4. Persaingan masuk universitas tidak terlalu ketat
  5. Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris
  6. Tersedia berbagai universitas asing dengan biaya lebih murah
  7. Bertukar wawasan budaya antar negara
  8. Biaya hidup yang murah
  9. Kemudahan proses pembuatan visa
  10. Memiliki kesempatan magang di Perusahaan Multinasional
  11. Rekreasi dan variasi makanan yang berlimpah
  12. Lingkungan yang aman dan kondusif

1) Mendapatkan Pendidikan Bermutu Tinggi

Pemerintah Malaysia berkomitmen untuk memberikan mutu pendidikan tinggi kepada para pelajar Internasional yang sedang kuliah di Malaysia.

Seluruh insititusi pendidikan tinggi selalu dipantau oleh Kementerian Pendidikan Pemerintah Persekutuan. Hal ini bertujuan agar setiap institusi pendidikan tinggi memberikan mencapai mutu pendidikan dengan standar yang tinggi.

Para pelajar dan orang tua pun tidak merasa khawatir dengan mutu pendidikan bila memilih kuliah di Malaysia.

2) Biaya Kuliah yang Terjangkau

Biaya kuliah di Malaysia termasuk murah dan bisa dijangkau oleh para pelajar Indonesia dari kalangan biasa.

Jadi, bila Anda memilih kuliah di Malaysia maka Anda akan mendapatkan mutu pendidikan tinggi dengan dengan biaya kuliah yang terjangkau.

Apalagi biaya kuliah di Malaysia sudah mencakup biaya pendaftaran, uang spp (uang pendidikan), biaya laboratorium, biaya perpustakaan, deposit, biaya ujian, pemeriksaan medis, dan premi asuransi kesehatan dan kecelakaan.

3) Tersedia Berbagai Jenis Jenjang Pendidikan Tinggi

Pendidikan tinggi yang tersedia di Malaysia memiliki berbagai jenis jenjang. Banyaknya jenis jenjang pendidikan ini menjadikan Malaysia cukup diminati di kalangan pelajar Internasional.

Jenjang pendidikan tersebut diantaranya adalah Pre-U, Foundation, Diploma, S1, S2, S3, Gelar Ganda, Sertifikasi, dan lainnya.

4) Persaingan Masuk Universitas Tidak Terlalu Ketat

Bila Anda memilih kuliah di Malaysia maka Anda tidak perlu memiliki kekhawatiran tinggi perihal tingkat persaingan masuk ke universitas yang dituju sebagaimana di Indonesia.

Hal ini dikarenakan jumlah populasi di Malaysia yang jauh lebih sedikit daripada di Indonesia. Apalagi, Malaysia memiliki universitas dengan jumlah yang banyak.

5) Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Bahasa Inggris sering kali dijadikan nilai tambah atau syarat mutlak yang ditetapkan perusahaan saat membuka lowongan kerja.

Bila Anda memilih kuliah di Malaysia maka Anda bisa meningkatkan dan melancarkan kemampuan berbahasa Inggris sehingga kesempatan mendapatkan pekerjaan lebih besar.

Hal ini dikarenakan penggunaan bahasa Inggris di universitas di Malaysia lebih sering digunakan sebagai bahasa pengantar. Bahkan bahasa Inggris merupakan satu-satunya bahasa yang digunakan sebagai bahasa pengantar pada universitas asing di Malaysia.

6) Tersedia Berbagai Universitas Asing Dengan Biaya Lebih Murah

Beberapa universitas asing asal negara maju seperti Australia, Inggris, Amerika Serikat, dan lainnya telah membuka cabang kampus di Malaysia.

Cabang-cabang universitas asing yang ada di Malaysia ini memiliki kualitas yang sama seperti di negara asal akan tetapi memiliki biaya yang lebih murah.

7) Bertukar Wawasan Budaya Antar Negara

Lebih dari 170,000 pelajar Internasional sedang menjalani kuliah di Malaysia. Hal ini membuat pelajar yang sedang kuliah di Malaysia berasal dari berbagai negara.

Keanekaragaman asal negara di kalangan para pelajar di Malaysia ini membuat mereka bisa saling bertukar wawasan budaya dan tradisi antar negara. Wawasan ini bisa memberikan manfaat di kemudian hari.

8) Biaya Hidup yang Murah

Bila Anda memilih kuliah di Malaysia, Anda tidak hanya akan mendapatkan biaya kuliah yang murah, tetapi juga biaya hidup yang murah.

Inilah satu alasan yang sangat menarik para pelajar Internasional memilih kuliah di Malaysia. Biaya hidup di Malaysia dalam rupiah bagi seorang pelajar sebesar Rp 4.000.000 - 7.000.000,- per bulan.

9) Kemudahan Proses Pembuatan Visa

Pemerintah Malaysia sangat mendukung kedatangan para pelajar Internasional yang ingin kuliah di Malaysia. Salah satu bentuk dukungan ini bisa terlihat dari adanya kemudahan proses pembuatan visa.

Setiap universitas di Malaysia bersedia membantu dalam proses aplikasi visa ini bagi setiap pelajar Internasional yang telah diterima di universitas tersebut.

10) Memiliki Kesempatan Magang di Perusahaan Multinasional

Para pelajar Internasional memiliki kesempatan magang/ internship di perusahaan-perusahaan ternama yang ada di Malaysia. Program magang untuk para pelajar Internasional ditawarkan oleh beberapa perusahaan multinasional di Malaysia.

Perusahaan tersebut akan memberikan bayaran sekitar Rp 1.750.000 - Rp 3.500.000,- per bulan. Perusahaan ternama tertentu di Malaysia, bahkan membayar lebih dari itu.

Anda akan bukan hanya mendapatkan tambahan uang saku tapi juga ilmu, dan relasi di dunia kerja.

11) Rekreasi dan Variasi Makanan yang Berlimpah

Di Malaysia terdapat banyak sekali ragam makanan baik makanan lokal maupun makanan Internasional. Para pelajar Internasional pun tidak mengalami kesulitan dalam mendapatkan makanan.

Selain makanan, beraneka rekreasi menarik pun juga tersedia di Malaysia. Ragam rekreasi yang ada di Malaysia berupa rekreasi modern, suasana alam, cagar budaya dan sejarah, dan lainnya.

Bila Anda kuliah di Malaysia maka Anda memiliki banyak pilihan tempat rekreasi untuk melepas penat dan lelah sejenak.

12) Lingkungan yang Aman dan Kondusif

Malaysia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki kondisi negara yang aman dan kondusif.

Hal ini dikarenakan Malaysia memiliki peraturan yang tegas bagi siapa saja yang melakukan tindakan kriminal.

Para pelajar Internasional pun bisa menimba ilmu dengan tenang tanpa ada gangguan eksternal.

Daftar Universitas Terbaik di Malaysia

Malaysia memiliki banyak universitas yang bagus di mata dunia. Pada tahun 2018 ini, Times Higher Education magazine telah merilis QS World University Rankings.

Berdasarkan data tersebut, inilah Daftar Universitas Terbaik di Malaysia:

  • Universiti Malaya (UM)
  • Universiti Putra Malaysia (UPM)
  • Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)
  • Universiti Sains Malaysia (USM)
  • Universiti Teknologi Malaysia
  • Universiti Teknologi Petronas (UTP)
  • Universiti Utara Malaysia (UUM)
  • Taylor's University
  • Universiti Teknologi MARA (UiTM)
  • International Islamic University Malaysia (IIUM)
  • Multimedia University (MMU)
  • UCSI University
  • Management and Science University (MSU)
  • Limkokwing University of Creative Technology
  • dan lain-lain

Biaya Kuliah di Malaysia

Total biaya kuliah di Malaysia berbeda-beda. Perbedaan tersebut tergantung pada jurusan yang Anda pilih dan jenis universitasnya.

Jurusan kedokteran memakan biaya paling mahal disusul oleh jurusan pariwisata & perhotelan, IT, Teknik, dan Bisnis. Selain daripada itu memerlukan biaya yang lebih murah.

Bila Anda memilih universitas negeri maka Anda akan mengeluarkan biaya paling murah disusul oleh universitas swasta lokal dan kemudian universitas swasta asing yang memakan biaya kuliah paling mahal.

Hampir di setiap universitas di Malaysia memiliki biaya kuliah yang sudah mencakup banyak hal seperti biaya pendaftaran, uang pendidikan, premi kesehatan, biaya laboratorium, dan biaya lainnya.

Rata-rata Biaya Kuliah di Malaysia untuk Program Sarjana (S1), rata-rata durasi 3 tahun:

Jurusan Universitas Swasta Asing Universitas Swasta Lokal Universitas Negeri
Bisnis Rp 180 - 330 jt Rp 115 - 160 jt Rp 30 jt
Teknik Rp 290 - 550 jt (4 tahun) Rp 170 - 200 jt Rp 45 - 50 jt
IT Rp 180 - 350 jt Rp 120 - 170 jt Rp 30 - 35 jt
Pariwisata & Perhotelan Rp 180 - 255 jt Rp 165 - 200 jt Rp 30 - 35 jt

Rata-rata Biaya Kuliah di Malaysia untuk Program Master (S2):

Jurusan Universitas Swasta Asing Universitas Swasta Lokal Universitas Negeri
Bisnis Rp 125 - 195 jt Rp 75 - 110 jt Rp 45 - 90 jt
Teknik Rp 260 - 450 jt Rp 200 - 350 jt Rp 80 - 130 jt
IT Rp 200 - 400 jt Rp 150 - 320 jt Rp 80 - 85 jt
Pariwisata & Perhotelan Rp 320 - 500 jt Rp 200 - 360 jt Rp 80 - 130 jt

Persyaratan Masuk Untuk Bisa Kuliah di Malaysia

Malaysia menetapkan syarat masuk yang tidak terlalu sulit. Persyaratan masuk antar universitas tidaklah sama. Apalagi untuk jenis jurusan tertentu yang membutuhkan syarat khusus. Akan tetapi persyaratan masuk tersebut memiliki poin-poin umum.

Berikut adalah poin-poin umum sebagai persyaratan masuk yang tentukan oleh sebagian besar universitas yang ada di Malaysia.

Persyaratan Masuk Program Sarjana (S1) di Malaysia

  • Ijazah SMA dengan nilai rata-rata 7-9
  • Ijazah D3 yang relevan IPK min 2.5
  • Nilai minimum IELTS: 4-6.5
  • Nilai minimum TOEFL: 450-550
  • Lulus program Foundation/ GCE/ O Level / IB
  • Dan syarat khusus lainnya untuk jurusan tertentu

Persyaratan Masuk Program Master (S2) di Malaysia

  • Ijazah S1
  • Nilai minimum IELTS: 6.0
  • Nilai minimum TOEFL: 550
  • Bukti surat pengalaman kerja (bila ada) Bukti karya ilmiah, jurnal ilmiah (bila ada)
  • Dan syarat khusus lainnya untuk jurusan tertentu

Biaya Akomodasi dan Hidup di Malaysia dalam Rupiah

Biaya akomodasi dan biaya hidup di Malaysia berbeda-beda tergantung dari lokasi, gaya hidup, dan faktor lainnya. Pada umumnya biaya akomodasi dan biaya hidup di Malaysia tidak berbeda jauh dengan di Indonesia.

Perkiraan rincian biaya akomodasi dan biaya hidup di Malaysia dalam rupiah bisa dilihat pada tabel di bawah ini:

Jenis Pengeluaran Jumlah Pengeluaran (mulai dari)
Akomodasi Rp 1 juta
Tagihan utilitas (listrik, air) Rp 200.000
Transportasi Rp 200.000
Pulsa Rp 100.000
Internet Rp 200.000
Makan 3x sehari Rp 2 juta
Jasa laundry Rp 200.000
Total Pengeluaran Rp 4 juta

Bagaimana Cara Mendaftar Kuliah di Malaysia?

Kamu bisa mencari tahu, membandingkan, dan mendaftar ke universitas di Malaysia di situs ini. Jika kamu memiliki kesulitan, kamu bisa menghubungi EasyUni dan penasihat profesional kami akan membimbing kamu. Ini semua tidak dipungut biaya.

Apabila Anda sudah menerima Offer Letter maka Anda harus segera mengurus pembuatan visa.

Proses Pembuatan Visa Studi ke Malaysia

Bagi Anda yang ingin kuliah di Malaysia perlu mengetahui lebih dulu bagaimana proses pembuatan visa studi.

Pemerintah Malaysia memberlakukan peraturan baru sejak tahun 2014, bahwa Social Visit Visa tidak bisa dikonversi ke Student Pass/ visa studi. Visa yang bisa digunakan untuk kuliah di Malaysia adalah visa jenis kedua, yakni Single Entry Visa (SEV).

Visa jenis ini nantinya bisa dikonversikan menjadi Multi Entry Visa yang kemudian bisa digunakan untuk bisa mendapatkan visa studi (Student Pass).

Berikut ini adalah tahapan proses pembuatan Student Pass/ visa studi untuk bisa kuliah di Malaysia:

  1. Setelah mengantongi Offer Letter maka Anda harus mengurus pembuatan Visa Approval Letter (VAL) yang pengurusannya dilakukan di sebuah lembaga bernama Education Malaysia Global Service (EMGS).
  2. Setelah VAL Anda terbit, selanjutnya adalah mengurus pembuatan Single Entry Visa (SEV) dengan biaya kurang lebih Rp 900.000,-. Pembuatan dilakukan di kedubes Malaysia atau di kantor khusus visa Malaysia.
  3. Dokumen yang harus dibawa untuk pembuatan SEV diantaranya:
    • KTP asli
    • 1 lembar fotokopi KTP
    • Paspor asli
    • 1 lembar fotokopi paspor
    • Pas foto ukuran 35 x 55 mm dengan latar berwarna putih
    • Offer Letter
    • Visa Approval Letter (VAL)
  4. Setelah Anda mendapat Single Entry Visa (SEV) sesampainya di universitas kamu di Malaysi, berikan paspor kamu kepada orang yang bertanggung jawab terhadap visa pelajar di universitas kamu. Universitas kamu akan menindaklanjuti langkah terakhir untuk mengkonversi Single Entry Visa (SEV) kamu ke Multi Entry Visa (MEV, visa studi).

Apabila Anda telah berhasil mendapatkan Student Pass/ visa studi itu berarti Anda bisa menempuh pendidikan tinggi di Malaysia secara legal.

Kehidupan di Malaysia

Kehidupan di Malaysia bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan kehidupan di Indonesia. Mungkin ini yang membuat para pelajar asal Indonesia yang kuliah di Malaysia tidak terlalu merasakan perbedaan drastis.

Penduduk Malaysia

Penduduk Malaysia sebagian besar adalah keturunan Melayu (55%), lalu keturunan Cina (30%), India (8%), dan etnis lainnya (7%). Etnis lain ini juga termasuk orang Indonesia asal suku Jawa, Bugis, Sumatera, Dayak, dll yang merantau ke Malaysia.

Bahasa Sehari-hari

Bahasa sehari-hari yang sering digunakan adalah bahasa melayu. Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar utama di lembaga formal.

Walau memang bila ada di daerah yang didominasi etnis Cina dan India maka mereka akan menggunakan bahasa Mandarin dan Tamil sebagai bahasa sehari-hari sesama etnis mereka.

Makanan dan Budaya Mirip di Indonesia

Makanan dan kebudayaan yang ada di Malaysia sangat mirip dengan yang ada di Indonesia. Hal ini sangat erat kaitannya dengan fakta historis antar Indonesia dan Malaysia.

Di Malaysia, kita akan menemukan makanan Indonesia seperti lontong, ayam penyet, rending, nasi lemak (nasi uduk), dan lainnya. Kita juga akan menemukan kesenian dan budaya yang mirip dengan Indonesia.

Biaya Hidup Murah

Sudah dibahas sebelumnya bahwa biaya hidup di Malaysia terbilang murah. Standar biaya-biaya kebutuhan di Malaysia hampir mirip dengan di Indonesia.

Transportasi Aman dan Nyaman

Transportasi sehari-hari di Malaysia terdiri dari kereta listrik, monorel, bis, taksi, mobil, dan sepeda motor. Keamanan dalam berkendara di Malaysia terjaga. Selain itu, di Malaysia jarang sekali ada istilah macet.

Lingkungan Bersih, Rapi, dan Teratur

Lingkungan di Malaysia terlihat begitu bersih dan teratur. Perumahan tertata dengan rapi. Di Malaysia, jumlah pengemis hanya sedikit dan ditindak tegas.

Fasilitas umum terjaga kebersihan dan terawat. Anda pun akan sangat nyaman menikmati kehidupan sambil kuliah di Malaysia.

Banyak Tempat Rekreasi

Malaysia memiliki banyak sekali tempat untuk berekreasi. Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa Malaysia diminati para pelancong dan juga pelajar Internasional. Jenis rekreasi di Malaysia berbagai jenis seperti, rekreasi alam, modern, historis, dan lainnya.

Bagaimana? Apakah kamu sudah ada gambaran ingin kuliah di Malaysia? Jangan ragu untuk hubungi EasyUni jika ada pertanyaan seputar kuliah di luar negeri ya!

Related guides

Universitas unggulan