Tertarik ingin kuliah di Malaysia? Kamu berada di tempat yang tepat! Dari mana pun asal kamu, kami akan membantu universitas atau college yang tepat sesuai dengan mimpi kamu untuk kuliah di Malaysia. Tapi sekarang berikan kami waktu untuk memperkenalkan bagaimana rasanya menjadi mahasiswa di Malaysia. 

Perkenalan
Budaya dan Masyarakat
Biaya Hidup
Edukasi Malaysia
Biaya
Universitas di Malaysia
Top 10 Universitas di Malaysia
Persyaratan Pendaftaran
Student pass dan visa
Waktu Luang

Perkenalan

Malaysia

Malaysia adalah negara yang memilki total 30 juta penduduk, terletak di pusat dari Asia Tenggara. Meskipun, Malaysia sebenarnya lebih seperti dua negara, di satu sisi ada Peninsula (Semenanjung) yang kaya arsitektur kolonial, perkebunan teh damai dan pantai dengan air yang jernih. Di sisi lain terletak Borneo Malaysia, rumah bagi suku-suku terpencil dan orangutan, Anda juga dapat menemukan hutan hujan liar dan pegunungan yang tidak tersentuh. Orang-orang di Malaysia berbicara bahasa Melayu, Cina atau India, dan dengan hampir semua orang Anda akan dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Makanan di Malaysia adalah surga, dan Malaysia senang berbicara tentang hal itu. Karena sejarah dapur Malaysia yang kaya telah dipengaruhi oleh berbagai negara. Anda tidak akan pernah mencari lama untuk menemukan tempat makan, pastikan untuk mencoba Nasi Lemak, Roti Canai dan Dorian, si raja buah.

Jangan biarkan perbedaan antara Malaysia dan negara asal Anda menakut-nakuti Anda, orang-orang lokal akan menyambut Anda dengan tangan terbuka dan Anda akan merasa di rumah dalam waktu singkat. Selanjutnya, Bandara Kuala Lumpur memiliki beberapa penerbangan masuk dan keluar setiap hari untuk lokasi yang tak terhitung jumlahnya. Negara asal Anda hanya akan selalu menjadi penerbangan pergi dan keluarga Anda selalu dipersilakan untuk datang dan mengunjungi.

 

Budaya dan Masyarakat

Dan sekarang Malaysia membuka pintu untuk siswa internasional yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Malaysia. Kombinasi pemandangan perkotaan dan daerah pedesaan, siswa dapat menikmati kenyamanan hidup di kota dan menghabiskan hari-hari dengan alam setelah mereka memilih untuk menetap dan belajar di Malaysia.

Selain keindahan luar biasa, budaya beragam Malaysia adalah salah satu alasan utama mengapa Malaysia adalah salah satu tujuan terbaik bagi mereka yang ingin belajar di luar negeri. Dengan tiga etnis utama - Melayu, Cina, dan India - ditambah campuran dari bangsa lain menyebut Malaysia adalah rumah mereka. Hal ini tidak mengherankan bahwa pada tahun 2015, sebanyak 63.625 siswa internasional yang tertarik melanjutkan pendidikan mereka di Malaysia dan menjadi bagian dari campuran besar ini orang.

 

Biaya Hidup

Biaya hidup di Malaysia lebih ekonomis dibandingkan dengan tujuan studi populer lainnya. Dengan begitu banyak pilihan untuk dipilih - untuk makanan, pakaian, dan akomodasi - siswa diyakini untuk menemukan sesuatu yang sesuai anggaran dan keinginan mereka.

Di bawah ini Anda dapat menemukan daftar item yang kebanyakan siswa menemukan penting, sehingga Anda kira-kira bisa menghitung pengeluaran bulanan Anda. Ini adalah harga rata-rata, jika Anda melihat untuk itu Anda pasti dapat menemukan alternatif yang lebih murah.

Deskripsi Biaya di MYR Biaya di US$
Akomodasi (1 Kamar tidur di luar pusat kota) 300 - 1,250 75 - 310
Transportasi (kawasan antara 2 stasiun) 1.20 0.30
Makan (siang) 10 2.50
Tiket Bioskop 15 3.75
Paket Internet (1.5GB for 1 month) 30 7.50
Pakaian (1 pasang Levis jeans) 230 57.50
Trip 2 malam & 3 hari ke pulau (Contoh. Langkawi, Tioman, Redang, dll) dari 350  dari 90

 

Edukasi Malaysia

Memilih sistem Pendidikan Malaysia adalah pilihan utama dimana banyak siswa internasional telah membuat sebelum Anda, studi Malaysia adalah reputasi dan biaya kuliah yang rendah. Juga, setelah pendidikan tinggi di Malaysia semakin populer yang berarti Anda akan berakhir di kelas penuh dari orang-orang dari seluruh dunia.

 

Biaya

Bagi sebagian besar siswa internasional biaya pendidikan adalah kekhawatiran terbesar itu sebabnya di website kami Anda dapat membandingkan biaya kuliah untuk menemukan studi yang Anda suka dan mampu. Namun, untuk yang sudah memberikan gambaran umum tentang biaya kuliah dari Universitas Malaysia Anda dapat melihat rentang per tingkat di bawah ini.

Tingkat Kuliah Biaya, Per Tahun dalam MYR Biaya, Per Tahun dalam US$
Foundation / Pre-U Diantara 8,000 - 23,000 2,000 - 5,750
Diploma Diantara 6,000 - 30,000 1,500 - 7,500
Sarjana (S1) Diantara 9,000 - 40,000 2,250 - 10,000
Magister Diantara 13,000 - 40,000 3,250 - 10,000

 

Universitas di Malaysia

Siswa internasional dapat memilih untuk belajar baik di sekolah swasta atau publik terletak di Semenanjung Malaysia (Malaysia Timur) atau di Malaysia Borneo (Malaysia Barat) . Sebuah kota yang hidup di Kuala Lumpur, rumah dari Petronas Twin Towers yang terkenal di dunia, memiliki banyak universitas peringkat tinggi, termasuk Universiti Malaya (UM), Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Universiti Putra Malaysia (UPM), International Islamic University Malaysia (IIUM) dan Universiti Teknologi MARA (UiTM). Kota santai dari selatan, Johor Bahru memiliki Universiti Teknologi Malaysia (UTM), sedangkan "Mutiara dari Timur" Penang memiliki Universiti Sains Malaysia (USM). Universitas Curtin Australia dan Swinburne University of Technology telah menemukan rumah di Sarawak eksotis, sementara "Land Below The Wind" Sabah memiliki Tunku Abdul Rahman University College dan Universiti Malaysia Sabah.

 

Top 10 Universitas di Malaysia

10 universitas Malaysia yang tercantum dalam infografik di bawah ini. Lima dari mereka bahkan di atas 100 universitas di Asia menurut QS University Rankings: Asia 2016.

 

Persyaratan Pendaftaran

Untuk belajar di Malaysia Anda harus berbicara bahasa Inggris, karena program akan diberikan dalam bahasa Inggris. Juga, beberapa universitas meminta Anda untuk membuat sebuah tes kemahiran bahasa Inggris seperti TOEFL atau IETLS, dimana Anda juga dapat mengambil tes di negara asal Anda. Jangan khawatir jika bahasa Inggris Anda tidak begitu baik lagi, sebagian besar perguruan tinggi di Malaysia menawarkan kelas kemampuan bahasa Inggris untuk meningkatkan bahasa Inggris Anda lebih lanjut. Selain itu, tidak ada cara yang lebih baik untuk belajar bahasa selain dikelilingi oleh penutur bahasa Inggris di Universitas Malaysia Anda.

Universitas di Malaysia umumnya tidak mengharuskan mahasiswa internasional untuk membuat tes masuk. Anda dapat menerapkan menggunakan ijazah SMA / sertifikat dan surat rekomendasi.

 

Student pass dan Visa

Ada beberapa hal yang harus kamu urus agar menjadi mahasiswa di Malaysia. Untuk mausk ke Malaysia sebagai siswa internasional Anda harus menunjukkan surat persetujuan Student Pass ke imigrasi. Setelah aplikasi Anda untuk belajar di universitas diterima, universitas akan mengajukan permohonan student pass untuk Anda. Imigrasi akan melihat aplikasi ini dan mereka akan mengirimkan surat persetujuan ke Anda. Dengan surat ini Anda siap untuk naik pesawat menuju Malaysia, tapi sebelum Anda melakukannya Anda harus mengirim rincian penerbangan Anda ke universitas Anda.

Seorang wakil dari universitas Anda akan menunggu Anda di imigrasi check-point di bandara di Malaysia. Di sana Anda akan diberikan Visa yang akan berlaku selama enam bulan. Departemen imigrasi juga akan mengeluarkan Special Pass khusus untuk Anda dimana Anda membutuhkan itu untuk menerima Student Pass Anda. Dalam waktu dua minggu setelah kedatangan, Anda dapat mengunjungi Departemen Imigrasi terdekat untuk menerima Anda Student Pass.

Universitas Anda diwajibkan menyerahkan beberapa dokumen penting untuk mengajukan Student Pass. Dokumen-dokumen mereka akan meminta adalah:

  • Surat resmi penerimaan dari Universitas Anda.
  • Formulir aplikasi yang sudah diisi.
  • 3 foto Anda, ukuran paspor.
  • 2 fotokopi paspor Anda.
  • Salinan laporan pemeriksaan kesehatan medis Anda.
  • Bukti bahwa Anda cukup stabil secara finansial untuk membiayai pendidikan dan biaya hidup.
  • Sebuah Obligasi Pribadi (Personal Bond) yang telah ditandatangani oleh Universitas Anda, Anda harus membayar untuk biaya dokumen (antara 200 dan 2.000 RM, tergantung pada negara mana Anda berasal dari). Untuk Indonesia seharga RM500.

Ini semua mungkin tampak sedikit rumit, tapi jangan khawatir, universitas Anda akan membantu Anda melalui seluruh proses ini dan pastikan Anda tidak akan kehilangan langkah apapun.

 

Waktu Luang

Setelah semua kuliah dan jam belajar sendiri, Anda mungkin akan ingin bersenang-senang juga. Sudah cukup untuk dilihat dan dilakukan di kota-kota Malaysia, Kuala Lumpur misalnya, di siang hari Anda dapat menjelajahi China Town, naik menara Petronas atau pergi berbelanja di salah satu mega mal. Jika Anda suka berpesta Anda juga datang ke tempat yang tepat, Changkat dan Bangsar adalah setiap malam penuh dengan orang-orang yang bernyanyi karaoke, menari atau hanya nongkrong.

Jika kehidupan kota semakin sedikit terlalu banyak Anda dapat dengan mudah melarikan diri dengan sebuah bus perjalanan ke kultural Malaka, makanan surga Penang atau menikmati teh-bidang yang indah dari Cameron Highlands. Ada juga hutan dan pegunungan di mana Anda dapat pergi hiking dan mengalami pandangan yang paling unik. Dan jangan khawatir jika Anda tidak ke hal-hal itu, ada cukup pantai yang indah dengan air jelas di mana Anda bisa menghabiskan tanning akhir pekan Anda, snorkeling atau diving.

Perjalanan sedikit lebih jauh juga sangat mudah, maskapai Malaysia Air Asia menawarkan penerbangan murah ke negara-negara terdekat seperti Singapura, Thailand, Kamboja dan Vietnam. Harga kadang-kadang serendah 80 RM untuk perjalanan pulang-pergi, dikombinasikan dengan waktu penerbangan singkat ini adalah kesempatan besar untuk akhir pekan atau liburan jauh.

Ada begitu banyak yang harus dilakukan dan melihat, Anda tidak akan menemukan waktu yang membosankan selama waktu Anda di Malaysia!

Tujuan kami satu-satunya adalah untuk membantu Anda menemukan studi dan universitas yang terbaik dan cocok untuk Anda, melihat-lihat di website kami dan bandingkan universitas dan kursus dengan satu sama lain dan berlaku untuk informasi lebih lanjut. Untuk melanjutkan studi masa depan Anda di luar negeri merupakan langkah besar, kita tahu semua itu dengan baik, itu sebabnya kami di sini untuk membantu Anda dengan proses ini. Anda juga dapat belajar di Malaysia!