Kuliah MBA di Malaysia

Melanjutkan kuliah pasca sarjana untuk gelar MBA, dapat meningkatkan pendapatan, karir pekerjaan dan kesempatan jaringan pertemanan baru yang lebih luas
Share on Facebook Twitter WhatsApp

menaikkan standar gaji dengan kuliah S2
Sumber: Pixabay

Mengenai Kuliah MBA

Malaysia merupakan salah satu Negara yang dikenal dengan kualifikasi pendidikan tinggi terbaik, yang menawarkan program MBA secara penuh atau paruh waktu untuk  jangka waktu tertentu. Selain itu, alternatif pilihan kuliah lainya seperti program eksekutif, akselerasi dan kursus online MBA juga tersedia. Anda hanya tinggal memilih program kuliah MBA mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Selama kuliah dan mengambil program MBA di Malaysia, Anda akan terbiasa untuk belajar dan berdiskusi mengenai permasalahan nyata yang terjadi dalam dunia ekonomi secara keseluruhan, seperti akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, marketing, dan masih banyak lagi. Kuliah program MBA menawarkan mata kuliah yang lengkap bukan?

Bila melihat dari segi lokasi, kuliah MBA di negri jiran Malaysia ini juga sangat dekat dari Indonesia dibandingkan Negara lainya di wilayah Asia Selatan. Malaysia menjadi salah satu Negara yang memiliki banyak universitas dengan sistem edukasi terbaik dan wawasan Internasional yang up to date.

Mengapa Ambil MBA di Malaysia?

Melanjutkan study dengan memilih program MBA, biasanya banyak dilakukan oleh para lulusan sarjana (S1) yang akan melanjutkan kuliah program (S2) di jurusan tersebut. Selain itu, mereka yang bekerja di bidang  administrasi dan bisnis di sebuah perusahaan dengan bekal pengalaman kerja yang mumpuni, namun memerlukan pendidikan lebih lanjut agar bisa menyelesaikan pekerjaan dan mengambil keputusan dalam pekerjaan dengan tepat. Memilih Malaysia sebagai tempat kuliah program MBA tentunya memiliki alasan tersendiri. Apa saja alasan kuliah MBA di Malaysia? Berikut ini ulasannya:

1. Pilihan Universitas Terbaik Dunia

Malaysia sangat open minded, dalam artian Negara ini sangat terbuka untuk internasional dalam ruang lingkup pendidikan. Oleh sebab itu, beberapa universitas terbaik di dunia ada yang membuka cabang di Malaysia, sehingga orang tersebut tidak perlu kuliah jauh-jauh hingga ke Eropa atau Amerika untuk melanjutkan study MBA nya. Beberapa universitas yang menawarkan program MBA, seperti Universitas of Nottingham Malaysia, ada di luar negeri, tapi Anda hanya tinggal datang dan mendaftar kuliah di Malaysia saja.

2. Lebih Hemat Biaya Pendidikan

Kuliah MBA di Malaysia ternyata bisa jauh lebih hemat dalam hal uang kuliah. Pasalnya, Anda bisa saja mengambil kuliah MBA di beberapa negara lainya seperti Singapura, Australia, USA, UK dan Negara lainya yang menawarkan program MBA dengan biaya yang lebih tinggi. Namun di Malaysia, Anda bisa melihat perbandingan biaya pendidikan program MBA yang lebih terjangkau seperti yang terlihat pada tabel berikut ini:

Negara

Biaya Kuliah

Malaysia   

US$ 3.500 – 16.500

USA  

US$ 15.000 – 30.000

UK  

US$ 9.000

Australia  

US$ 20.000

Singapura

US$ 15.000 – 30.000

Walaupun kuliah MBA di Malaysia lebih terjangkau, bukan berarti kualitas pendidikannya lebih rendah dibandingkan Negara-negara tersebut. Pemerintah Malaysia memiliki standar tersendiri pada setiap institusi pendidikannya, dimana lulusan universitas di Malaysia harus selalu diperbarui sistem kuliahnya setara dengan kebutuhan industri yang ada saat ini dan berskala internasional.

3. Biaya Hidup yang Terjangkau

Malaysia merupakan pilihan negara terbaik untuk kuliah program MBA. Faktanya, Malaysia yang beribu kota di Kuala Lumpur, sebenarnya bukan kota yang termahal di dunia. Buktinya, dalam  bidang pendidikan, Malaysia di klaim sebagai kota yang ramah untuk para pelajar di tahun 2018. Selain itu, Kuala lumpur ibu kota Malaysia ini juga masuk dalam urutan ranking ke-37 dari 101 kota dalam kategori kota untuk para pelajar berkuliah berdasarkan survey. Kota yang memiliki rangking cukup tinggi seperti ini, diindikasikan sebagai kota yang paling positif untuk perkembangan para siswa kedepannya.

Jika Anda memilih Malaysia sebagai tempat untuk kuliah MBA, Anda hanya membutuhkan estimasi biaya hidup sekitar USD 5.000 atau IDR 72 jutaan untuk setiap tahunya( selama kuliah). Namun, tergantung dengan gaya hidup Anda selama kuliah disana. Jika pandai mengatur keuangan, fokus untuk kuliah MBA sekaligus menikmati seputar kota Kuala Lumpur dan berbagai keindahanya.

Mulai dari bersantai di sekitaran landmark kota, mencoba makanan dari berbagai negara dengan berbagai variasi harga yang bisa disesuaikan. Berbagai club, bars serta kafe yang bisa menghubungkan Anda dengan banyak warga lokal disana. Bahasa inggris merupakan bahasa wajib kedua di Malaysia, jadi Anda tidak perlu khawatir akan merasa canggung saat berkomunikasi.

4. Spesialisasi MBA yang Ditawarkan

Program MBA yang ditawarkan adalah secara umum dan lebih spesifik. Spesialisasi program MBA ini penting agar siswa dapat lebih terarah dan disesuaikan kebutuhanya dengan industri saat ini. Agar setelah menjadi karyawan, siswa memiliki pengetahuan yang luas, maka ia harus belajar dengan lebih spesifik. Sekedar informasi, beberapa program spesialisasi MBA yang cukup banyak diminati hingga saat ini adalah MBA IT Technology, MBA Finance, MBA Marketing, MBA Human Resource dan MBA Internasional. Maka dari itu, tentukan spesialisasi apa yang ingin Anda pelajari saat ini yang sesuai bidang pekerjaan Anda.

5. Keakraban

Salah satu hal yang menjadi aspek penting ketika memutuskan kuliah di luar negeri adalah rasa nyaman. Kebanyakan mahasiswa dan mahasiswi internasional yang kuliah di luar negeri mengalami Homesick dan merasa tidak betah di negara baru tempatnya berkuliah. Belum lagi masalah makanan yang kurang cocok, budaya yang berbeda dan lain sebagainya. Untuk memecahkan masalah seperti ini, Anda hanya harus lebih akrab dengan lingkungan dan budaya di sekitar tempat tinggal yang baru selama kuliah. Jadikan itu sebagai pengalaman baru dan belajar untuk menghargainya, Anda akan mulai terbiasa.

6. Jaringan yang Luas dan Kesempatan Karir

Tidak perlu khawatir bahwa jaringan pertemanan akan menjadi lebih terbatas saat melanjutkan kuliah pasca sarjana atau MBA di Malaysia. Faktanya, setiap tahun jumlah siswa dari kategori internasional selalu bertambah. Itu berarti, jaringan pertemanan akan semakin terbuka luas. Anda bisa terhubung tidak hanya dengan orang lokal, tetapi juga dengan orang-orang dari mancanegara. Begitu juga dengan kesempatan karir yang begitu luas. Malaysia memiliki market pekerjaan untuk lulusan MBA yang sangat potensial.

Malaysia juga menjadi pilihan yang tepat untuk melanjutkan kuliah MBA dan bekerja di bidang tersebut karena beberapa hal berikut:

  1. Pertumbuhan ekonomi nasional yang cenderung sudah stabil, terlebih pada masa pemerintahan baru

  2. Mahasiswa dan Mahasiswi menjadikan Malaysia seperti rumah bagi pendidikan mereka, terbukti dari meningkatnya jumlah calon siswa setiap tahun. DI tahun 2013 sekitar 81.000 siswa kuliah di Malaysia. Kemudian meningkat di tahun 2017 lalu sekitar 136.293 siswa.

  3. Pemerintah Malaysia memberikan ijin untuk para mahasiswa dan mahasiswi internasional yang ingin bekerja paruh waktu di negara Malaysia tersebut. Selain itu, ketersediaan kartu Student Pass sangat menguntungkan siswa, sehingga tidak perlu lagi memperpanjang visanya. Untuk waktu bekerja paruh waktu, hanya saat libur saja.

Apa Saja Mata Kuliah yang Dipelajari pada Program kuliah MBA?

Anda yang mungkin sudah penasaran dengan kuliah MBA, sebaiknya mengetahui tentang mata kuliah apa saja yang akan dipelajari pada program MBA secara umum. Berikut ulasanya:

Pada Semester 1

  • Marketing Management

  • Operation Management

  • Business Economic

  • Accounting

Pada Semester 2

  • Strategic Decision Making and Negotiation

  • People in Organization

  • Finance

Pada Semester Pendek

  • Bisnis Strategy

  • Business Ethic and Law

Semester 3 (Tergantung pada Peminatan)

  • General MBA

  • Finance Depth

  • Marketing Depth

  • Operation Dept

  • Business Strategy Depth

Mata kuliah program MBA secara keseluruhan memang mempelajari seluk beluk tentang bisnis secara lebih detail. Program peminatan di semester akhir akan lebih spesifik, sehingga Anda harus benar-benar mengetahui minat Anda dalam spesialisasi MBA tersebut.

Apa Saja Universitas Terbaik untuk Kuliah MBA di Malaysia?

Anda sudah siap untuk melihat daftar universitas di Malaysia yang menawarkan program kuliah MBA terbaiknya? Berikut ini setidaknya 10 daftar universitas dengan program MBA terbaik:

  1. Universitas Malaya (UM)

  2. Asia School of Business (ASB)

  3. Strathclyde Business School

  4. Universitas Kebangsaan Malaysia

  5. Universitas Sains Malaysia

  6. Universitas Teknologi Malaysia

  7. Taylor’s University

  8. Nottingham University Malaysia Campus

  9. Reding University

  10. Heriot Watt University

Mungkin Anda akan bertanya mengenai bahasa sehari-hari yang digunakan ketika kuliah maupun dalam berinteraksi bersama teman internasional lainya. Anda tidak perlu khawatir, karena bahasa pengantar di setiap mata kuliah sudah menggunakan bahasa inggris. Jika belum terlalu paham bahasa inggris, beberapa universitas juga menawarkan program les tambahan atau private untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris Anda. Selengkapnya mengenai kuliah di Malaysia bisa dilihat disini.

>> Bergabunglah dengan grup WhatsApp ini tempat kami berbagi berita dan informasi tentang uni & perguruan di Malaysia, beasiswa, intakes, dll. Hanya 1 post perharinya kok, dijamin anti spam! https://chat.whatsapp.com/KjezOnxQPsRCDv85EB0ZWT (tautan berfungsi di ponsel saja)

Siapa Saja yang Bisa Mendaftar Kuliah Program MBA di Malaysia?

Program MBA di Malaysia ini sebetulnya memiliki cakupan yang luas dari setiap lembaga pendidikan yang menawarkanya. Jika ditanya siapa saja yang bisa kuliah di jurusan MBA Malaysia, maka siswa atau calon mahasiswa dan mahasiswi tersebut adalah lulusan sarjana (S1) yang memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik dengan dibuktikan TOEFL atau IELTS. Selain itu, Jika calon mahasiswa atau mahasiswi ternyata bukan dari lulusan program (S1) sarjana, maka bisa menggunakan pengalaman kerja untuk melamar kuliah di program MBA Malaysia.

Berapa Biaya Kuliah Program MBA di Malaysia?

Biaya kuliah menjadi salah satu pertimbangan yang penting, saat akan memutuskan untuk melanjutkan kuliah MBA di Malaysia. Biaya kuliah yang tercantum di beberapa website universitas terbaik dengan program kuliah MBA di Malaysia, biasanya belum termasuk dengan biaya hidup sehari-hari. Anda juga harus memperhitungkan mengenai biaya hidup, transportasi dan biaya tak terduga lainya. Untuk lebih jelasnya mengenai biaya hidup di Malaysia bisa dilihat disini.

Sebagai acuan biaya kuliah program MBA di Malaysia, Anda bisa melihat dari profil dua universitas terbaik dengan program MBA di bawah ini:

  1. Universitas Putra Malaysia (UPM)

Universitas ini menawarkan program kuliah MBA dengan beberapa spesialisasi yang bisa dipilih oleh siswa seperti keuangan, pemasaran, sumber daya manusia dan lainya. Program kuliah MBA di universitas ini masuk dalam ranking yang cukup tinggi, yaitu ranking ke-20 untuk wilayah Asia Timur. UPM juga telah menerima penghargaan sebanyak 3 kali untuk kategori sekolah bisnis terbaik.

  • Durasi kuliah selama 1.5 tahun (penuh) atau sekitar 32 bulan (part time)
  • Pendaftaran bisa dimulai pada bulan Januari, Mei dan September
  • Estimasi biaya kuliah sekitar RM 27.050 hingga RM 33.050 atau Rp. 93 jutaan hingga Rp. 114 jutaan hingga lulus kuliah.

2. Universitas Sains Malaysia (USM)

Program kuliah di sini mencakup mata kuliah inti dan pilihan, serta proyek penelitian dan tesis pertahanan. Mahasiswa MBA yang mengambil spesialisasi dalam kuliah bisnis internasional, juga dapat berpartisipasi dengan program pertukaran luar negeri untuk memperluas pengalaman. Program MBA Double Degree yang berkolaborasi dengan universitas Glasgow juga memungkinkan siswa untuk memiliki dua gelar sekaligus yaitu MBA dan MSc (Master of Science).

  • Durasi kuliah sekitar 4 hingga 10 semester untuk waktu 2 hingga 5 tahun
  • Pendaftaran dan kuliah dimulai pada Februari dan September
  • Estimasi biaya kuliah sekitar RM 18.480 untuk MBA dan RM 127.682 untuk Double degree atau Rp. 63 jutaan dan Rp. 440 jutaan hingga lulus kuliah.

Apa Saja Persyaratan Masuk Kuliah MBA di Malaysia?

Persyaratan masuk kuliah untuk program MBA atau Pasca sarjana di jurusan Bisnis dan Administrasi pada universitas di Malaysia, memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Namun, pada umumnya syarat masuk kuliah paling umum adalah sudah lulus dari program sarjana (S1) dengan jurusan yang relevan. Adapun persyaratan lainya seperti:

  • CGPA atau nilai GPA atau IPK total minima 2,5 - 3,0 dari skala 4,0

  • Memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun dalam bidang pekerjaan yang relevan

  • Sudah memiliki sertifikat kemampuan bahasa inggris IELTS atau TOEFL dengan skor minimal 6.0 atau 550 (skor tergantung permintaan universitas terkait)

  • Batas usia tertentu (biasanya diminta oleh sebagian universitas di Malaysia)

Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Program Kuliah MBA di Malaysia?

Kuliah di luar negeri, khususnya di Malaysia juga membuat para siswa dan para lulusanya lebih mudah untuk mendapatkan kesempatan berkarir dengan lebih baik. Saat masih menjadi mahasiswa dan mahasiswi, mereka berkesempatan untuk mengikuti kerja paruh waktu. Setelah lulus kuliah dari program MBA beberapa peluang kerja dengan tawaran gaji yang maksimal tentunya juga bisa didapatkan. Berikut ini daftar profesi untuk lulusan MBA beserta rata-rata pendapatanya:

Pekerjaan

Rata-rata Pendapatan

Chief Executive Officer (CEO)

RM 305.000

Business Manager

RM 110.000

Operations Manager

RM 89.000

Business Analys IT

RM 71.000


Bagaimana, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran mengenai kuliah pascasarjana administrasi bisnis atau MBA ini? Untuk informasi selengkapnya, Anda dapat menghubungi tim EasyUni dan bertanya seputar kuliah MBA di Malaysia atau kuliah di luar negeri ya, kami tunggu!

You might be interested in...