Kuliah Jurusan Psikologi di Malaysia

Salah satu jurusan terfavorit yang dipilih pelajar Indonesia saat kuliah di Malaysia adalah psikologi... ..
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Jurusan yang berhubungan dengan perilaku dan kesehatan mental manusia ini merupakan topik menarik yang bisa diaplikasikan langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, terbuka lebarnya peluang bekerja bagi lulusan psikologi di berbagai industri semakin menambah tinggi minat pelajar mengambil jurusan ini.

cantiknya pemandangan lanskap kuala lumpur
Sumber: Pexels

Dalam jurusan psikologi, Anda akan mempelajari mengenai perilaku manusia, kebiasaan, kesehatan mental dan juga interaksi manusia dengan manusia lainnya maupun kelompok.

Dalam jurusan ini Anda juga akan mempelajari alasan-alasan rasional yang mendasari berbagai tindakan manusia. Ada banyak bahan teori serta penelitian menarik yang akan dipelajari selama kuliah di jurusan ini.

Dilansir dari QS World University Rankings 2018 untuk jurusan psikologi, Malaysia memiliki banyak universitas terbaik untuk jurusan ini. Jadi tak heran jika banyak yang memilih Malaysia sebagai tujuan kuliah di luar negeri.

Sebagai negara serumpun dan bertetangga, Malaysia juga dikenal sebagai negara yang ramah terhadap mahasiswa asing dari berbagai aspek, mulai dari uang kuliah, biaya hidup, menu makanan yang hampir mirip, bahasa yang tidak jauh berbeda dan tentu saja lokasinya yang lumayan dekat dari Indonesia. Tak heran jika banyak pelajar Indonesia yang memutuskan untuk kuliah di Malaysia dan mengambil jurusan psikologi, baik untuk jenjang S1 maupun S2.

Mengapa Pilih Kuliah Psikologi di Malaysia?

Ada banyak alasan yang bisa mendasari mengapa banyak pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di Malaysia dan mengambil jurusan psikologi. Berikut 5 alasan yang seringkali diutarakan dan jadi pertimbangan mengapa memilih kuliah di Malaysia.

1. Pilihan Universitas Terbaik

Seperti disebutkan di atas, Malaysia memiliki banyak pilihan universitas terbaik yang menawarkan jurusan psikologi, baik untuk jenjang S1 maupun S2. Sebut saja University of Malaya, Monash University, University of Nottingham dan lainnya. Hal ini tentu saja memberikan pengalaman belajar dan kurikulum terbaik sesuai dengan standar pendidikan Malaysia yang dikenal sebagai salah satu yang terbaik di kawasan Asia.

2. Kesempatan Magang

Mahasiswa yang kuliah di Malaysia memiliki kesempatan magang di perusahaan / instansi berkelas internasional. Hal ini tentu saja berguna untuk semakin memantapkan pemahaman mahasiswa terhadap jurusan psikologi dan pengaruhnya terhadap kehidupan profesional dan sehari-hari. Selain itu kesempatan magang di perusahaan/instansi internasional ini akan menjadi pengalaman berharga yang dapat membantu mahasiswa mengerti dunia kerja yang sebenarnya dan menjadi lebih siap untuk bekerja saat lulus nantinya.

wanita berbicara dalam diskusi
Sumber: Pexels

3. Pengakuan Internasional

Banyak universitas di Malaysia yang menawarkan jurusan psikologi berasal dari universitas asing yang membuka cabang di Malaysia. Hal ini menawarkan dua keuntungan secara langsung bagi pelajar Indonesia karena di satu sisi mendapatkan kualitas belajar level internasional dengan kurikulum terbaik, di sisi lain bisa kuliah dan mendapatkan ijazah yang diakui dunia internasional dengan biaya lebih murah dibanding kuliah di universitas tersebut di negara asalnya.

4. Karir Global

Tak sedikit universitas di Malaysia yang menjalin kerjasama dengan instansi maupun perusahaan besar untuk merekrut karyawan dari universitas tertentu yangs esuai dengan kualifikasi dan juga kebutuhan perusahaan. Selain bekerja di Malaysia, lulusan psikologi di Malaysia juga bisa bekerja di negara lain menggunakan ijazah dan juga kemampuan yang dimiliki.

5. Dekat dari Indonesia

Posisi geografis Malaysia yang tidak terlalu jauh dari Indonesia menjadi salah satu pertimbangan penting ketika memutuskan ingin kuliah di negara ini. Mahasiswa maupun orang tua akan mudah untuk mengunjungi satu sama lain, biaya traveling dari Indonesia ke Malaysia yang masih terjangkau serta mudahnya akses menuju Malaysia dari berbagai daerah di Indonesia.

Universitas Terbaik di Malaysia untuk Kuliah Psikologi

Memilih universitas terbaik merupakan langkah utama yang penting saat memutuskan untuk kuliah di luar negeri agar mendapat pendidikan terbaik, sesuai dengan biaya yang akan dikeluarkan. Malaysia memiliki banyak universitas bergengsi yang menawarkan kuliah di jurusan psikologi.

Berikut ini adalah 5 universitas terbaik di Malaysia yang menawarkan jurusan psikologi.

1. University of Malaya

University of Malaya atau Universiti Malaya dalam bahasa Melayu merupakan universitas tertua dan paling bergengsi di Malaysia. Universitas yang terletak di pinggir Kuala Lumpur ini didirikan pada tahun 1949 yang merupakan gabungan dari King Edward VII College of Medicine dan Raffles College.

Psikologi merupakan satu dari 12 fakultas populer yang ada di universitas ini. Secara keseluruhan, Universiti Malaya menempati urutan 84 universitas terbaik di seluruh dunia pada 2018 versi QS World University Rangkings, urutan 19 di Asia, urutan ketiga di Asia Tenggara dan khusus untuk jurusan psikologi University of Malaya berada di range 251-300 di dunia.

Tokoh terkenal di Malaysia yang merupakan lulusan dari universitas ini diantaranya Mahathir Mohamad yang kini menjabat sebagai perdana menteri Malaysia dan Anwar Ibrahim, mantan wakil Perdana Menteri Malaysia tahun 1993-1998.

2. Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR)

Merupakan universitas swasta, Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR) termasuk dalam universitas bergengsi di Malaysia. Berdiri sejak tahun 2002, universitas ini kini terdiri dari 9 fakultas, 3 institut akademi, 3 pusat pendidikan dan 32 pusat penelitian.

UTAR memiliki dua kampus untuk fakultas yang berbeda-beda, yaitu kampus Sungai Long di Klang Valley dan kampus Kampar yang berada di Perak. Khusus untuk fakultas psikologi, perkuliahan dilakukan di Kampar Campus.

Semua fakultas di universitas ini sudah diakui oleh Ministry of Higher Education (MOHE) dan diakreditasi oleh Malaysian Qualifications Agency dan Jabatan Perkhidmatan Awam (JPA). UTAR juga diakui oleh pemerintahan dari berbagai negara, termasuk Indonesia yang menjadikan universitas ini pilihan banyak pelajar asing yang ingin kuliah di Malaysia.

3. Raffles University Iskandar Malaysia

Raffles University Iskandar (RUI) merupakan kerjasama antara pemerintah Malaysia (melalui Educity Iskandar Malaysia Sdn. Bhd.) dan Raffles Education Corporation (REC) yang merupakan sebuah perusahaan edukasi multi-nasional. Universitas ini secara resmi diakui oleh MOHE (Ministry of Higher Education Malaysia) pada Oktober 2011.

Universitas yang saat ini berada di Johor Bahru ini memiliki banyak fakultas, termasuk di antaranya fakultas psikologi. Universitas ini merupakan anggota dari Association of Commonwealth Universities (ACU); yaitu jaringan inter-university tertua di dunia dengan lebih dari 500 anggota di enam benua.

4. HELP University

HELP University merupakan universitas swasta di Kuala Lumpur, Malaysia yang berdiri tahun 1986. Universitas ini memiliki twinning program dengan University of Glamorgan, Wales, UK dan University of Southern Queensland, Australia. Universitas ini juga menjalin kerjasama dengan berbagai universitas di UK, Amerika Serikat, Selandia Baru, Kanada, Indonesia, Vietnam, China dan Eropa.

Salah satu fakultas yang tersedia di universitas ini adalah behavioural science yang membawahi jurusan psikologi. HELP University merupakan universitas swasta pertama di Malaysia yang membuka jurusan psikologi pada pertengahan tahun 1990. Kini fakultas psikologi HELP University memiliki berbagai fasilitas lengkap penunjang mahasiswa yaitu CareerSense@HELP dan juga Centre for Psychological Counselling Services (CPCS) yang juga terbuka untuk staff dan umum.

5. University of Nottingham Malaysia

Universitas cabang University of Nottingham asal Inggris ini merupakan universitas asal Inggris pertama yang membuka cabang di Malaysia dan termasuk salah satu universitas di luar Inggris yang mendapat penghargaan Queen`s Awards for Enterprise 2001 dan Wueen`s Award for Industry (International Trade) 2006.

Salah satu fakultas yang menjadi favorit di universitas ini adalah psikologi. Universitas ini dibawah juridiksi Quality Assurance Agency for Higher Education. Saat lulus, mahasiswa akan diberikan ijazah keluaran University of Nottingham yang sejajar kualitasnya dengan universitas utama yang berada di Inggris. Gelar yang didapat pun sudah terakreditasi oleh Association of MBAs dan UK Engineering Council.

Universitas ini memiliki student career center yang bekerjasama dengan Wall Street Society yang paling tidak mengadakan company talk dengan berbagai perusahaan top dunia di setiap tahunnya. Ada juga workshop untuk menyiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja, seperti bagaimana cara menulis CV yang baik, cara menghadapi interview kerja dan sebagainya.

Banyak lulusan universitas ini yang bekerja di perusahaan bergengsi di Kuala Lumpur, seperti Shell, Petronas, MayBank, CIMB, P&G, Accenture, Affin Investment Bank, Nestle dan Boston Consulting Group.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Psikologi

Seperti telah disebutkan di atas, jurusan psikologi memiliki banyak peluang kerja di berbagai industri maupun organisasi. Hal ini karena jurusan ini berhubungan dengan perilaku manusia yang bisa diterapkan di berbagai bidang.

Kompetensi yang dimiliki lulusan jurusan psikologi ini bisa diterapkan hampir di mana saja. Jadi jangan khawatir jika memutuskan untuk mengambil jurusan ini karena prospeknya di masa depan masih cerah.

Beberapa contoh pekerjaan yang bisa ditekuni oleh lulusan psikologi di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Psikolog
  • Psikolog forensik
  • Staf/ manajer HRD
  • Staf/ manajer perekrutan
  • Konsultan karir
  • Penulis tentang psikologi
  • Psikolog
  • Terapis anak berkebutuhan khusus
  • Trainer
  • Ahli psikometri
  • Ahli intervensi sosial
  • Ahli riset
  • Guru bimbingan konseling
  • Market researcher
  • Research & Development
  • Guru
  • Dosen

Biaya Kuliah di Malaysia

Biaya yang harus dibayar untuk menempuh pendidikan S1 hingga S3 di Malaysia untuk jurusan psikologi tergantung pada universitas yang dipilih. Disarankan untuk selalu mengecek biaya kuliah secara terperinci di universitas yang dituju. Hal ini karena terkadang biaya kuliah di setiap universitas bisa berbeda-beda, terutama untuk mahasiswa asing.

Berikut ini merupakan perkiraan rata-rata biaya pendidikan untuk program gelar sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) jurusan psikologi di Malaysia bagi mahasiswa asing.

Kualifikasi Universitas Negeri Nasional Universitas Swasta
S1 30-100 juta / semester 30-150 juta / semester
S2 45-100 juta / semester 50-300 juta / semester

Sudah siap untuk kuliah psikologi di Malaysia? Atau masih ingin tahu lebih lanjut mengenai serba serbi kuliah di Malaysia? Jangan ragu untuk menghubungi EasyUni jika Anda memiliki pertanyaan atau butuh referensi lebih banyak mengenai hal ini, ya!

You might be interested in...