Kuliah Ilmu Komputer dan Teknik Informatika di Malaysia

Selengkapnya mengenai kuliah jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika di Malaysia.
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika (IT) merupakan jurusan yang tepat dipilih pada masa kini. Pasalnya, jurusan tersebut sesuai dengan tren zaman masa kini yaitu era teknologi.

Jadi, tepat sekali untuk memilih kuliah jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika di era teknologi ini karena banyak peluang emas yang akan kamu temukan.

Jika kamu sudah yakin untuk kuliah di jurusan Ilmu Komputer dan IT maka langkah selanjutnya adalah memilih di negara mana kamu akan kuliah.

Banyak orang yang memilih untuk kuliah di luar negeri dalam rangka menghadapi tantangan global. Salah satu negara yang sering dijadikan pilihan kuliah adalah Malaysia.

Alasan Memilih Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer di Malaysia

Malaysia sering kali dijadikan pilihan oleh pelajar asal Indonesia untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Apa sajakah alasan yang membuat banyak pelajar asal Indonesia memilih kuliah di Malaysia? Yuk kita simak beberapa alasannya di bawah ini.

  • Kualitas pendidikan tinggi
  • Program pendidikan yang lengkap
  • Tersedia banyak pilihan universitas berkualitas
  • Beragam pilihan spesialisasi
  • Memiliki gelar International berdasarkan spesialisasi
  • Terlatih dengan lingkungan global
  • Kesempatan magang di perusahaan ternama
  • Memiliki kemungkinan besar bekerja di Malaysia
  • Memungkinkan berpenghasilan tinggi

Kualitas pendidikan tinggi

Kamu tidak perlu meragukan lagi kualitas pendidikan tinggi di Malaysia. Hal ini dikarenakan pendidikan tinggi di Malaysia selalu diawasi oleh Kementerian Pendidikan Pemerintah Persekutuan.

Pemerintah Malaysia serius melakukan pengawasan di setiap universitas agar setiap institusi mencapai mutu pendidikan yang tinggi sehingga para lulusan yang dihasilkan pun memiliki kualitas tinggi.

Program pendidikan yang lengkap

Program pendidikan di Malaysia untuk jurusan IT dan Ilmu Komputer memiliki tingkatan yang lengkap.

Dimulai dari program Foundation/ Diploma yang setingkat akademi, program Bachelor setingkat Sarjana, Master setingkat Magister dan PhD setingkat Doktor.

Jadi kamu masih tetap bisa melanjutkan program pendidikan jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika di Malaysia sampai tingkat Magister dan PhD.

Tersedia banyak pilihan universitas berkualitas

Malaysia menyediakan pilihan universitas berkualitas yang banyak untuk jurusan Informatika dan Ilmu Komputer.

Setiap universitas menawarkan spesialisasi yang bervariasi pada jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika ini. Kamu bisa memilih universitas terbaik yang menawarkan spesialisasi pilihanmu.

Beragam pilihan spesialisasi

Kamu memiliki beragam pilihan spesialisasi Ilmu Komputer dan Teknik Informatika bila memilih kuliah di Malaysia. Hal ini dikarenakan banyaknya universitas yang hadir ditambah dengan keanekaragaman spesialisasi yang berbeda di setiap universitas.

Kamu pun bisa mendalami spesialisasi yang sesuai dengan minat kamu sedari duduk di bangku kuliah tingkat Sarjana agar kamu bisa memiliki kemampuan yang cukup sebagai bekal di dunia kerja.

Contoh spesialisasi di jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer seperti Jurusan Sistem Informasi, jurusan Informatika/ jurusan IT, jurusan Ilmu Komputer, dan lainnya

Memiliki gelar International berdasarkan spesialisasi

Bila kamu memilih kuliah di Indonesia untuk jurusan IT dan Ilmu Komputer biasanya kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Komputer (S.Kom)/ Sarjana Teknik (S.T)/ Sarjana Sains (S.S) tergantung dari nama Fakultas yang menaungi jurusan IT dan Ilmu Komputer tersebut.

Sedangkan bila kamu memilih kuliah di Malaysia kamu bisa mendapatkan gelar Bachelor of Science (B.Sc)/ Bachelor of Engineer (B. Eng), dan gelar Internasional yang menunjukan spesifikasi dari spesialisasi kamu.

Contohnya seperti: Bachelor of Computer Science (Hons), Bachelor of Information Technology (Hons), Bachelor of Software Engineering (Hons), Master of Computer Science, Master of Information Technology dan lainnya.

Terlatih dengan lingkungan global

Di Malaysia, terdapat lebih dari 170.000 pelajar Internasional dan 9.000 diantaranya merupakan pelajar asal Indonesia.

Banyaknya pelajar Internasional yang berasal lebih dari 100 negara ini menjadikan universitas di Malaysia beratmosfir global.

Selain itu, bahasa Inggris yang digunakan sebagai bahasa pengantar turut andil terciptanya lingkungan global di Malaysia sehingga para pelajar pun terlatih untuk menghadapi iklim global sejak di kampus.

Kesempatan magang di perusahaan ternama

Banyak perusahaan ternama di Malaysia yang menawarkan kesempatan magang bagi para pelajar lokal dan Internasional dan memberikan bayaran sekitar Rp 1.750.000 - Rp 3.500.000,- bahkan lebih besar dari itu.

Selain menambah uang saku, kesempatan magang ini juga bermanfaat untuk menambah pengalaman dan relasi di dunia kerja kelak. Kamu akan memiliki peluang lebih besar untuk segera bekerja dengan pengalaman dan relasi yang dimiliki.

Memiliki kemungkinan besar bekerja di Malaysia

Pelajar yang merupakan lulusan dari universitas-universitas di Malaysia berpeluang lebih besar untuk bekerja di Malaysia. Hal ini dikarenakan perusahaan-perusahaan di Malaysia memandang positif akan kualitas dari lulusan tersebut.

Jadi, kalau kamu ingin bekerja di Malaysia dan mendapatkan gaji yang cukup menggiurkan maka kuliah di Malaysia merupakan pilihan tepat.

Sebagai contoh, rata-rata gaji seorang Konsultan IT di Malaysia sekitar Rp 25.000.000,- per bulan. Wah cukup menggiurkan yah.

Memungkinkan berpenghasilan tinggi

Memilih kuliah di Malaysia menjadikan kamu sebagai lulusan luar negeri dengan bukti gelar Internasional yang didapat. Apalagi dengan mutu pendidikan tinggi di Malaysia yang diakui secara Internasional.

Status lulusan luar negeri berpengaruh positif terhadap akreditasi dan mutu pendidikan yang bermanfaat kelak bagi kamu di dunia kerja.

Kamu pun berpeluang untuk bisa bekerja di negara manapun sehingga kamu bisa memiliki penghasilan tinggi yang tinggi.

Spesialisasi Ilmu Komputer dan Teknik Informatika

Pada jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika, kamu bukan hanya terdapat pilihan Ilmu Komputer atau Informatika saja lho. Tapi ada beberapa spesialisasi lainnya seperti jurusan Sistem Informasi, dan lainnya.

Pada umumnya, universitas di Malaysia untuk jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika memiliki beberapa spesialisasi yang berbeda-beda jenis dan jumlahnya.

Berikut ini adalah contoh spesialisasi di jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika yang ada di Asia Pacific University of Technology and Innovation:

  • Information Technology (Teknik Informatika)
  • Information System Security
  • Database Administration
  • Cloud Computing
  • Network Computing
  • Mobile Technology
  • Business Information Systems
  • Internet of Things (IoT)
  • Software Engineering (Sistem Informasi)
  • Computer Science (Ilmu Komputer)
  • Data Analytics
  • Intelligent Systems

Silahkan menghubungi EasyUni untuk berkonsultasi dengan Penasihat profesional kami agar kamu bisa mengetahui spesialisasi yang sesuai. Konsultasi ini tidak dipungut biaya.

m.me/easyuni
halo@easyuni.co.id
02129264124
0812-80472845

Universitas Terbaik Jurusan Ilmu Komputer dan IT di Malaysia

Di Malaysia telah banyak berdiri universitas baik lokal maupun asing yang menyediakan jurusan Informatika dan Ilmu Komputer.

Berikut ini adalah universitas terbaik untuk jurusan Ilmu Komputer dan IT di Malaysia.

Biaya Pendidikan (Tuition Fees)

Biaya kuliah di Malaysia untuk jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika memiliki perbedaan di setiap universitas. Hal ini tergantung dari jenis universitas, program pendidikan, durasi kuliah, spesialisasi, dan lainnya.

Biasanya untuk menempuh program pendidikan Sarjana jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika di Malaysia membutuhkan waktu selama 3 tahun sedangkan untuk prorgram Magister berkisar 1-2 tahun.

Biaya kuliah jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika bisa dilihat di bawah ini.

Sarjana (S1)

Jenis universitas Biaya pendidikan
Lokal Rp 70 - 300 juta
Asing Rp 120 - 450 juta

Magister (S2)

Jenis universitas Biaya pendidikan
Lokal Rp 15 - 90 juta
Asing Rp 120 - 200 juta

Persyaratan Masuk Jurusan Ilmu Komputer dan IT di Malaysia

Setiap universitas dengan jurusan Ilmu Komputer dan IT di Malaysia menetapkan syarat masuk yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari kebijakan masing-masing universitas.

Berikut ini adalah contoh persyaratan masuk program pendidikan Sarjana untuk jurusan Ilmu Komputer dan IT di Universiti Kuala Lumpur:

  • Ijazah SMA dengan nilai rata-rata 7 - 9
  • Nilai minimum TOEFL: 500 (Tes Berbasis Kertas), 195 (Tes Berbasis Komputer), 70 (Tes Berbasis Internet);
  • Nilai minimum IELTS: 5,5

Berikut ini adalah contoh persyaratan masuk program pendidikan Magister untuk jurusan Ilmu Komputer dan IT di Multimedia University Cyberjaya:

  • Ijazah S1
  • Nilai minimum TOEFL: 551 (Tes berbasis kertas) atau 237 (Tes berbasis komputer) atau 92 (Tes berbasis internet); atau
  • Nilai minimum IELTS: 6,5

Untuk informasi yang tepat tentang biaya kuliah dan persyaratan masuk silahkan menghubungi EasyUni.

m.me/easyuni
halo@easyuni.co.id
02129264124
0812-80472845

Biaya Hidup dan Akomodasi

Malaysia kerap kali dipilih untuk melanjutkan pendidikan tinggi dikarenakan biaya hidup dan akomodasi yang terjangkau. Silahkan menyimak kuliah di Malaysia lebih lanjut untuk mengetahui rincian biaya hidup dan akomodasi pelajar di Malaysia.

Proses Aplikasi dan Masalah Visa

Bila kamu ingin kuliah di Malaysia maka kamu perlu mengetahui informasi terkait proses aplikasi dan masalah visa. Hal ini merupakan syarat dan prosedur yang harus dipenuhi oleh setiap pelajar Internasional. Pelajari lebih lanjut dalam panduan berikut.

Prospek Kerja Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

Seperti sudah disinggung sebelumya bahwa jurusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika memiliki prospek kerja yang cerah di era digital ini.

Berikut ini adalah beberapa peluang kerja lulusan Ilmu Komputer dan Teknik Informatika yang sering dibutuhkan perusahaan/ lembaga dan mendapatkan penghasilan tinggi.

1) Software Engineer

Software Engineer atau perekayasa perangkat lunak. Profesi ini semakin dibutuhkan karena tuntutan zaman yang di era digital. Semakin banyak pihak baik individu maupun perusahaan yang membutuhkan software untuk menunjang kebutuhannya.

Seorang Software Engineer bertugas untuk mengembangkan perangkat lunak yang berguna untuk tujuan tertentu seperti Software Akuntansi untuk keperluan terkait Akuntansi dan Keuangan.

Software Engineering merupakan pemimpin atas software yang direkayasa bersama profesi IT lainnya. Penghasilan untuk posisi ini cukup besar.

2) Programmer

Profesi programmer akan bekerja sama dengan Software Engineer. Tugas seorang programmer adalah menulis kode-kode untuk bisa menghasilkan program di perangkat lunak (software) tertentu.

Programmer terbagi menjadi tiga jenis yaitu Desktop, Mobile, dan Web Programmer. Seorang programmer harus bisa menguasai Algoritma, Java, PHP, .NET, dan lainnya sesuai kebutuhannya. Penghasilan profesi ini juga cukup menarik.

3) Software Tester

Profesi Software Tester (Penguji Perangkat Lunak) juga akan bekerja sama dengan Software Engineer dan Programmer.

Dari namanya sudah jelas bahwa tugas seorang Software Tester adalah menguji fungsi dan kesesuaian dari software tersebut.

4) Games Developer

Games Developer bertugas mengembangkan permainan digital dengan menggunakan pemrograman tertentu. Produk games digital itu nantinya akan dikomersilkan untuk publik.

Para Games Developer saling berlomba untuk membuat permainan digital yang diminati banyak orang. Karena semakin diminati banyak orang maka games tersebut akan semakin menghasilkan keuntungan yang banyak.

5) Web Designer

Di zaman serba digital ini, pastinya semakin banyak pihak baik individu maupun perusahaan yang membutuhkan skil Web Designer. Web designer berbeda lho dengan web developer.

Web developer adalah seorang programmer berbasis web. Sedangkan web designer bertugas merancang tampilan website agar terlihat bagus dilihat. Seorang web designer harus bisa menguasai script HTML, CSS, Javascript, dan lainnya.

6) IT Consultant

Seorang Konsultan IT bekerjasama dengan sebuah perusahaan/ lembaga sebagai klien. Konsultan IT memiliki tugas untuk memberikan saran penggunaan IT agar bisa memecahkan masalah.

Selain itu, konsultan IT bertugas memperbaiki struktur dan efisiensid dari system IT yang digunakan oleh kliennya. Konsultan IT juga memiliki bayaran yang tinggi seperti profesi-profesi yang sudah disebutkan.

7) IT Manager

Hampir setiap perusahaan masa kini membutuhkan seorang pemimpin untuk urusan IT perusahaan. Hal inilah yang membuat profesi manajer IT semakin dicari perusahaan dan menawarkan gaji yang cukup tinggi.

Seorang manajer IT memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengontrol segala hal yang berkaitan dengan IT di dalam perusahaan. Tugas lainnya adalah mengembangkan system IT yang akan berguna untuk kemajuan perusahaan.

8) IT Officer

Posisi ini cocok untuk kamu yang baru lulus. Staf IT merupakan profesi yang dibawahi oleh seorang manajer IT. Tugas dari staf IT adalah melakukan hal-hal teknis terkait IT di dalam perusahaan. Selain itu, staf IT juga membantu manajer IT untuk mengembangkan sistem IT untuk kepentingan perusahaan.

9) Network Engineer

Di zaman serba internet ini membuat profesi Network Engineer semakin dibutuhkan dan mendapatkan penawaran gaji yang cukup besar. Profesi ini memiliki tanggung jawab untuk menganalisa, merancang, dan menghubungkan sistem jaringan.

Selain itu, Network Engineer juga bertugas untuk merencanakan integrasi dari jaringan internet dan mengembangkan implementasi untuk keamanan jaringan internet.

10) Network Administrator

Seorang Network Administrator bertugas memelihara dan mengoperasikan jaringan internet seperti LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network), Internet, dan Wireless (tanpa kabel).

Selain itu seorang Network Administrator juga bertanggung jawab untuk mengatur sistem untuk mendukung perangkat keras, mengarsipkan data, dan merawat komputer.

11) System Analyst

Sistem Analis memiliki tanggung jawab terhadap keseluruhan sistem. Dimulai dari perencanaan program IT yang nantinya akan dilaksanakan oleh programmer, lalu penerapannya, dan juga pemecahan masalah.

You might be interested in...