Kuliah Teknik Material di Malaysia

Informasi lengkap tentang kuliah Teknik Material di Malaysia yang wajib diketahui
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan , pembangunan serta Industri saat ini, memungkinkan seorang engineer yang bekerja di bidang material akan banyak dibutuhkan oleh perusahaan di berbagai Negara.

Malaysia merupakan salah satu Negara maju yang mengalami perkembangan di bidang industri dan science, sehingga bidang material ini dibutuhkan dalam setiap pengambilan keputusan bidang tersebut. Namun, jumlah lulusan universitas di bidang material ini masih kurang maksimal, sedangkan kebutuhan perusahaan di bidang material cukup tinggi. Lulusan teknik material juga memiliki prospek kerja yang baik dan gaji yang tinggi.

Mengenai Jurusan Teknik Material

Material merupakan salah satu bidang ilmu yang bersifat multidisipliner serta dinamis yang ada dalam ruang lingkup teknik. Memilih jurusan teknik material, Anda akan banyak menggali ilmu tentang adanya hubungan antara struktur proses dan performa suatu material dengan tujuan untuk mengembangkan material jenis baru atau membuat material sintesis. Bidang teknik material juga mempelajari adanya proses ekstraksi serta pemurnian material dan mineral.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Teknik Material?

Teknik material sebenarnya bukan hal yang baru dalam dunia teknik. Pasalnya, cabang ilmu teknik cukup banyak dan hampir semua cabang tersebut bisa dipelajari. Teknik material biasanya akan mempelajari beberapa hal yang berkaitan seperti mempelajari polimer, komposit, material elektronik serta keramik. Adapun yang dipelajari dari mata kuliah teknik material ini tentunya sangat penting untuk mendukung masa depan di bidangnya. Apa saja yang dipelajari dalam kuliah teknik material, berikut urutanya:

Pada semester awal akan dipelajari beberapa mata kuliah dasar seperti:

  • Analisis teknik dasar

  • Gambar teknik

  • Mekanika material

  • Gambar mesin praktikum CAD

  • Analisis numeric

  • Termodinamika material

  • Material polimer

  • Bahan baku keramik

  • Prinsip perancangan material

Pada semester berikutnya, beberapa mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan teknik material seperti:

  • Sifat mekanika material

  • Statika struktur

  • Karakterisasi material

  • Kimia fisik

  • Kimia polimer

  • Material keramik

  • Material logam

  • Material elektronik dan magnetic

  • Metode komputasi dan teknik material

Kuliah di jurusan teknik material ini, Anda akan lebih banyak menemui mata kuliah praktikum dibandingkan dengan mata kuliah teori. Anda yang ingin sekali mempelajari tentang proses pembuatan material termasuk yang ramah lingkungan sangat cocok memilih jurusan teknik material.

Mengapa Kuliah Jurusan Teknik Material di Malaysia?

Ketika memutuskan untuk kuliah di luar negeri, tentunya Anda harus sudah yakin dengan pilihan jurusan yang akan dipilih. Hal tersebut dapat mendukung proses perkuliahan ke depan nya agar lancar dan tidak menemui hambatan. Memilih Malaysia sebagai Negara tujuan kuliah tentunya memiliki banyak keuntungan, terlebih jika memilih jurusan teknik material yang memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan. Berikut ini beberapa alasan memilih kuliah jurusan teknik material di Malaysia:

  • Memiliki Cakupan yang Luas, seperti telah dijelaskan di awal bahwa teknik material ini memiliki cakupan ilmu yang luas dan dapat bersinggungan dengan bidang teknik lainya, seperti metalurgi, kimia, fisika , biologi dan lain sebagainya.

  • Terkait dengan Ilmu Komputer, Ilmu komputer biasanya menjadi minat sebagian besar orang karena kecanggihannya dalam membantu pekerjaan bidang teknik. Begitu juga dengan teknik material, dibutuhkan ilmu komputer khusus untuk melakukan komputasi material agar bisa melihat struktur molekul material.

  • Berhubungan dengan Ilmu Biologi, teknik material juga berhubungan dengan ilmu biologi dimana di dalamnya akan mempelajari serta mengkaji mengenai produksi biomaterial. Biomaterial merupakan bahan yang berinteraksi langsung dengan jaringan biologis dari bagian tubuh makhluk hidup atau biasa disebut implan.

  • Eksplorasi Potensi Material, dengan memilih jurusan teknik material di Malaysia, Anda dapat belajar sekaligus mengeksplorasi potensi material seperti tambang dan batubara serta perminyakan di Malaysia maupun di Indonesia. Khususnya di Indonesia, hal ini sangat penting karena di masa depan mungkin saja anak bangsa sendiri yang dapat mengelola sektor ini untuk kemakmuran bersama.

  • Prospek kerja Menjanjikan dengan Tawaran Gaji Tinggi, hampir semua jurusan teknik memang memiliki prospek kerja yang menjanjikan di masa depan, jika kita tekun dalam mempelajarinya selama kuliah. Tawaran gaji yang tinggi di bidang teknik material tentunya tidak akan disia-siakan.

Bagaimana Karakter yang Cocok Kuliah di Jurusan Teknik Material ?

Setelah memiliki gambaran tentang jurusan teknik material di Malaysia, saatnya Anda mencocokan karakteristik Anda dengan jurusan teknik material ini. Memiliki karakter yang cocok dengan jurusan kuliah adalah suatu nilai plus yang dapat mengantarkan Anda pada jalan kesuksesan setelah lulus kuliah nanti. Berikut beberapa karakter yang cocok kuliah di jurusan teknik material:

  • Teliti

  • Terstruktur

  • Detail

  • Suka menganalisis

  • Suka memecahkan masalah

  • Berpikir rasional

  • Tekun

  • Suka dengan hitungan

  • Suka melakukan riset

Informasi selengkapnya tentang kuliah teknik di luar negeri, apa saja spesialisasi dari jurusan teknik bisa dilihat disini.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Material di Malaysia Seperti Apa?

Hampir semua benda yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, tersusun dari suatu material. Oleh sebab itu, rata-rata bidang industri membutuhkan tenaga kerja di bidang teknik material. Pekerjaan untuk lulusan teknik material tentunya berkutat di seputar teknik material itu sendiri seperti peran dalam proses produksi hingga pengembangan material . Bagi Anda yang masih bingung mengenai prospek kerja lulusan teknik material, berikut beberapa gambaran prospek kerja jurusan ini:

  • Ahli Kimia, bertugas untuk melakukan duplikasi dan memperbaiki produk alam yang sudah ada. Ahli kimia juga melakukan inovasi produk alam tersebut agar bisa dibuat menjadi produk buatan untuk dimanfaatkan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

  • Analis Kontrol Kualitas, memiliki tugas untuk melakukan pengujian serta menentukan kualitas bahan baku dari produk jadi dan produk setengah jadi. Tugas lainya adalah melakukan tes stabilitas sampel bahan.

  • Manajer Kontrol Kualitas Sistem, memiliki tugas untuk mengarahkan, merencanakan serta mengkoordinasi program dari jaminan kualitas. Tugas lainya adalah untuk merumuskan kebijakan kontrol kualitas serta mengontrol langsung kualitas dari laboratorium produksi.

  • Ahli Tambang dan Geologi, tugasnya untuk melakukan survey, identifikasi & lapisan pada permukaan tanah atau situs pertambangan yang dikira potensial. Melakukan pemeriksaan kondisi geologi, peralatan serta kondisi kerja yang kurang aman dengan program keselamatan tambang.

  • Ahli Pengeboran Bumi (Non Migas), bertugas untuk mengoperasikan beberapa jenis bor agar dapat mengakses dan mengeksplorasi mineral serta uji tanah. Selain itu, juga memfasilitasi penggunaan bahan peledak yang diperlukan untuk pengeboran bumi. Bertindak juga sebagai operator mesin.

  • Asisten Peneliti Laboratorium, membantu proyek penelitian yang dilakukan di laboratorium. Pekerjaan ini cocok untuk fresh graduate di bidang teknik material.

  • Engineer Researcher , tugasnya adalah melakukan analisis kebutuhan pengguna (masyarakat atau market tertentu), survey bahan material proyek, serta mendesain dan memanufakturkan suatu proyek. Melakukan pengembangan manajemen tim serta aktifitas sales juga dilakukan profesi ini.

  • Entrepreneur di bidang teknik material, Anda juga bisa memilih profesi sebagai entrepreneur di bidang teknik material. Salah satunya seperti menjadi supplier spare part kereta api (KAI) atau jenis proyek lainya.

Meskipun tergolong salah satu jurusan yang kurang banyak diminati, namun jurusan teknik material ini sebenarnya sangat dibutuhkan beberapa perusahaan besar seperti Schlumberger, Geothermal PLN, Geothermal Pertamina hingga badan LNG. Di Malaysia sendiri, lulusan jurusan teknik material ini banyak bekerja di perusahaan seperti Kossan Latex Industries.Berikut ini beberapa profesi di bidang teknik material beserta gajinya :

Material Engineer Experienced (Malaysian Company)

RM 66.000/ tahun   

Rp. 19 jutaan/ bulan

Petronas Group Engineer Material

RM 63.911/ tahun  

Rp. 18.4 jutaan/ bulan

Schlumberger Group Laboratory Technician

USD 41.902 - 72.392/tahun

PLN Geothermal (Teknik Material) experienced

Rp. 8 jutaan/ bulan

Asisten Laboratorium

Rp. 2 juta - 4 jutaan/ proyek

Pertamina Geothermal Teknik Material (experienced)

Rp. 19.5 jutaan/ bulan

Apa Saja Universitas Terbaik di Malaysia untuk Jurusan Teknik Material?

Apakah Anda sudah mantap untuk memilih jurusan kuliah teknik material ini? Jika iya, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui beberapa pilihan universitas terbaik di Malaysia, yang menawarkan program diploma, sarjana dan program pasca sarjana untuk jurusan teknik material ini. Berikut ulasanya:

  1. Universitas Teknologi Malaysia

  2. The University of Nottingham Malaysia Campus

  3. Universitas Tunku Abdul Rahman, Kampar Malaysia

  4. University of Kuala Lumpur

  5. International Islamic University of Malaysia

  6. Universitas Teknologi Petronas Malaysia

  7. Universitas Sains Malaysia (USM)

Untuk pilihan universitas terbaik, sebaiknya Anda memilih universitas yang masuk ke dalam kategori kampus paling populer di Malaysia. Dengan begitu, peluang untuk bisa kuliah jurusan teknik material terbaik bisa didapatkan. Untuk informasi lebih lanjut, mengenai kuliah jurusan teknik di Malaysia bisa dilihat disini. Anda juga bisa menghubungi tim EasyUni untuk bantu mencarikan universitas terbaik yang sesuai keinginan Anda.

Berapa Lama Kuliah Teknik Material di Malaysia ?

Untuk mengetahui seberapa lama durasi waktu yang dihabiskan selama kuliah di jurusan teknik kimia di Malaysia ini, Anda bisa tentukan dari program kuliah yang Anda ambil. Jika memilih program studi sarjana (S1) maka waktu kuliah yang dihabiskan sekitar 4 tahun. Untuk yang mengambil program pasca sarjana (S2), masa kuliah bisa dihabiskan sekitar 2 hingga 3 tahun.

Bagaimana Persyaratan Kuliah Jurusan Teknik Material di Malaysia?

Persyaratan masuk kuliah adalah suatu hal yang wajib dipenuhi oleh calon mahasiswa dan mahasiswi yang akan mendaftar kuliah di universitas yang sudah dipilihya. Umumnya, persyaratan masing-masing universitas di Malaysia bisa berbeda-beda tergantung dari kebijakan universitas masing-masing. Namun, umumnya, persyaratan masuk kuliah setiap program kuliah jurusan teknik material di universitas Malaysia sebagai berikut:

Program Sarjana (S1)

  • Menyertakan GCE level A untuk lulusan diploma yang akan melanjutkan kuliah sarjana

  • STPM dengan nilai minimal B dalam mata pelajaran Matematika, Kimia, Fisika dan Biologi dengan CPA 3.0

  • Memiliki kondisi fisik yang sehat dan normal (dibuktikan dengan medical report) sehingga mudah ketika bekerja praktik di lapangan

  • Nilai kemampuan bahasa inggris IELTS dengan skor minimal 6.0 atau TOEFL dengan skor minimal 550 dan dibuktikan dengan sertifikat

  • Menyerahkan fotokopi identitas (paspor) serta fotokopi dokumen pendidikan sebelumnya, seperti Ijazah dan raport untuk lulusan SMA di Indonesia

Program Pascasarjana (S2)

  • Menyertakan CV (curriculum vitae) atau resume untuk melanjutkan kuliah di universitas terkait

  • Sudah memiliki pengalaman kerja dalam bidang teknik material sebelumnya, minimal hingga 5 tahun pengalaman kerja

  • Seritifkat IELTS atau TOEFL dengan skor minimal 6.0 atau 550 dan dibuktikan dengan sertifikat

  • Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan medical report)

  • Sudah lulus sarjana (S1) dalam bidang teknik material atau jurusan yang ada kaitanya dengan program kuliah ini dari universitas yang ada di Malaysia atau universitas lainya

  • Menyertakan nilai akademik dengan rata-rata nilai B untuk mata kuliah yang berkaitan

Berapa Biaya Kuliah Jurusan Teknik Material di Malaysia?

Perlu Anda ketahui, bahwa kuliah di jurusan teknik memiliki biaya kuliah yang lebih mahal dibandingkan jurusan kuliah lainya, termasuk jurusan teknik material di Malaysia. Umumnya, biaya kuliah ini belum termasuk biaya hidup sehari-hari. Biaya kuliah akan dibedakan berdasarkan program kuliah yang dipilih, seperti berikut ini:

Program Sarjana (S1)

Jika Anda memilih kuliah teknik material dengan spesialisasi engineering mechanical material untuk program (S1) di University Technology Malaysia, biaya kuliah untuk program ini totalnya RM 55.232 atau sekitar Rp. 191 jutaan hingga lulus kuliah. (sumber : UTM Malaysia )

Program Pascasarjana (S2)

Jika Anda memilih kuliah teknik material dengan spesialisasi Material Engineering untuk program (S2) di University Sains Malaysia, biaya kuliah untuk program kuliah ini totalnya USD 4.621 atau Rp. 67 jutaan per tahunya. (sumber : Universitas Sains Malaysia )

Sekedar informasi untuk Anda calon mahasiswa dan mahasiswi baru yang ingin mengikuti program foundation atau Pre university, beberapa universitas di Malaysia menawarkan program ini. Program seperti ini bisa membuka wawasan Anda mengenai kuliah teknik material secara umum dan juga mempelajari tentang peluang prospek pekerjaannya di Malaysia. Selengkapnya tentang biaya kuliah di Malaysia bisa dilihat disini.

Durasi Pendaftaran Mahasiswa dan Mahasiswi Baru di Malaysia

Sudah mantap untuk daftar institusi kuliah di Malaysia? Kami informasikan bahwa pendaftaran untuk calon mahasiswa dan mahasiswi baru umumnya akan dibuka sekitar bulan Januari dan Februari 2019. Silahkan cek masing-masing website dari universitas yang dipilih atau hubungi tim EasyUni untuk membantu memilih tempat kuliah terbaik sesuai dengan keinginan Anda.

You might be interested in...