Kuliah Teknik di Luar Negeri

Berikut informasi lengkap mengenai kuliah teknik di luar negeri yang harus kamu tahu

Kuliah Teknik di Luar Negeri

Teknik merupakan salah satu jurusan terfavorit di dunia. Bagaimana tidak, ilmu ini mempelajari mengenai implementasi dari berbagai teknologi baru dalam sektor teknik yang bertujuan untuk memudahkan hidup manusia.

Ada banyak sekali spesialisasi jurusan teknik yang bisa diambil sesuai dengan minat. Bahkan ada beberapa spesialisasi yang hanya tersedia di negara-negara tertentu yang memang kompeten di bidang itu. Tak hanya di Indonesia, lulusan teknik banyak dicari untuk berbagai pekerjaan di luar negeri.

Spesialisasi Jurusan Teknik

Seperti sudah disebutkan di atas, cakupan bidang ilmu teknik sangat banyak sehingga memiliki spesialisai yang bisa dipilih pelajar. Beberapa spesialisasi jurusan teknik yang bisa kamu pilih diantaranya:

  • Teknik Perminyakan & Gas (Oil & Gas Engineering)
  • Teknik Nuklir (Nuclear Engineering)
  • Teknik Kedirgantaraan (Aerospace Engineering)
  • Teknik Otomotif (Automotive Engineering)
  • Teknik Mekatronika & Robotik (Mechatronics & Robotics Engineering)
  • Teknik Nanoteknologi (Nanotechnology Engineering)
  • Bioteknologi (Biotechnology)
  • Teknik Pertambangan (Mining Engineering)
  • Teknik Kimia (Chemical Engineering)
  • Teknik Mesin (Mechanical Engineering)
  • Teknik Elektro (Electrical Engineering)
  • Teknik Lingkungan (Environmental Engineering)
  • Teknik Material (Material Engineering)
  • Teknik Sipil (Civil Engineering)
  • Teknik Elektronika (Electronic Engineering)
  • Teknik Kelautan (Marine Engineering)
  • Teknik Metalurgi (Metallurgy)
  • Teknik Biomedis (Biomedical Engineering)
  • Teknik Perkapalan (Naval Architecture and Marine Engineering)

Mengapa Pilih Kuliah Teknik di Luar Negeri?

Selalu ada alasan logis mengapa memilih kuliah teknik di luar negeri. Berikut 4 diantaranya alasan kenapa pilih kuliah teknik di luar negeri.

  1. Termasuk Bidang STEM. Teknik merupakan salah satu bidang STEM yang sangat vital untuk perkembangan berbagai sektor STEM adalah singkatan dari Science, Technology, Engineering & Mathematics yang memiliki transferable skills yang selalu dibutuhkan di semua sektor. Lulusan STEM sangat dicari di negara-negara besar, seperti Amerika, Inggris, Australia dan Malaysia.
  2. Banyak Lapangan Kerja. Teknik memiliki banyak bidang spesialisasi yang selalu dibutuhkan pelaku bisnis / usaha di seluruh dunia. Sistem perkuliahan yang menggabungkan antara teori dan penerapan riil yang interdisipliner membuat lulusan bidang STEM memiliki skill yang selalu berkembang dan mengikuti jaman. Hasilnya, lulusan teknik tidak akan kesulitan dalam mencari pekerjaan karena perusahaan selalu membutuhkan profesional di bidang teknik dalam menjalankan usahanya.
  3. Ilmu dan Terapannya Luas. Ilmu teknik memiliki terapan luas yang tak hanya berguna saat memasuki dunia kerja, tetapi juga membentuk karakter yang bisa diandalkan. Lulusan teknik mesin tak hanya bisa mendesain produk, tetapi bisa juga melakukan pengembangan produk baru maupun. Lulusan teknik informatika bisa mengaplikasikan ilmunya untuk bidang IT, pengembangan software, pembuatan aplikasi dan sebagainya.
  4. Berdaya Saing Tinggi. Sarjana teknik atau sering juga disebut insinyur merupakan salah satu gelar prestise ketika melamar pekerjaan, apalagi jika lulusan universitas terbaik di luar negeri. Hal ini karena lulusan teknik memiliki hard dan soft skill  yang kuat, sehingga memberi kesan tahan banting dan lebih siap bekerja.

Karakter yang Cocok Kuliah Jurusan Teknik

Sebelum memutuskan untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri dan mengambil jurusan teknik, ada baiknya tidak hanya dipengaruhi oleh prospeknya yang baik di masa depan, tetapi juga harus sesuai dengan minat dan kepribadian.

Secara umum, karakter pelajar yang cocok untuk mengambil kuliah di jurusan teknik adalah sebagai berikut.

  1. Antusias Tinggi. Untuk mempelajari berbagai bidang teknik, dibutuhkan rasa antusias yang tinggi karena berbagai mata kuliah hingga praktek langsung membutuhkan orang-orang yang selalu bersemangat, selalu ingin tahu dan juga penuh motivasi.
  2. Problem Solver. Jika kamu tipe orang yang memiliki sifat problem solver, teknik merupakan jurusan yang tepat karena teknik tidak lepas dari berbagai masalah, sehingga diperlukan daya analisis yang tinggi agar bisa berinovasi dan menyelesaikan masalah dari sudut pandang yang berbeda.
  3. Kreatif dan imajinatif. Orang-orang yang belajar di jurusan teknik juga diharuskan memiliki kreatifitas dan imajinasi yang tinggi karena perlu mencari ide yang kreatif dan orisinil saat merancang atau menghasilkan suatu produk.
  4. Tekun dan Tangguh. Berbagai mata kuliah dan praktek langsung yang akan dihadapi di bangku perkuliahan teknik membutuhkan orang-orang yang tekun dan tangguh.
  5. Team Player. Proyek dalam berbagai spesialisasi ilmu teknik umumnya melibatkan banyak pihak, sehingga orang-orang dengan kepribadian supel, mudah berkomunikasi dan team player akan pas mengambil jurusan ini.

Persyaratan Kuliah Jurusan Teknik di Luar Negeri

Bagi kamu yang memiliki minat untuk melanjutkan kuliah S1 maupun S2 jurusan teknik di luar negeri, ada beberapa hal umum mengenai persyaratan kuliah jurusan teknik yang harus kamu ketahui. Meski setiap universitas memiliki persyaratan masing-masing, at least ini beberapa hal umum yang perlu diperhatikan.

  1. Nilai Matematika dan Sains. Umumnya universitas dengan jurusan teknik yang bagus di luar negeri mensyaratkan para calon mahasiswa yang ingin mendaftar untuk memiliki nilai yang bagus untuk mata pelajaran matematika, fisika dan juga kimia.
  2. Kemampuan bahasa. Tergantung negara mana yang dituju, kamu diharuskan untuk memiliki kemampuan bahasa sesuai standar yang ditetapkan universitas. Misalnya jika memilih negara Eropa, Amerika dan Australia, kemampuan bahasa Inggris mutlak dibutuhkan, yaitu sertifikat TOEFL maupun IELTS dengan nilai yang sudah ditentukan.
  3. Ujian SAT. School Assesment Test (SAT) merupakan tes yang dibutuhkan ketika mendaftar kuliah S1 ke universitas di Amerika Serikat maupun universitas populer di dunia, seperti Cambridge dan Oxford. Ujian ini diadakan 6 kali setahun dengan dua bagian test utama; bahasa Inggris dan matematika. Nilai "aman" untuk tes ini adalah di atas 1600 agar kamu bisa diterima di universitas impian.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik

Seperti yang sudah disebutkan di awal, lulusan teknik terutama dari universitas luar negeri memiliki prospek kerja yang baik dan mencakup banyak bidang. Hal ini menjadi salah satu daya tarik jurusan ini meski proses perkuliahannya tidak mudah.

Lowongan kerja untuk lulusan teknik tidak terbatas karena ada banyak bidang yang tersedia dan berbagai posisi yang bisa diisi, seperti:

  • Analyst Production
  • Production Head
  • Head of Engineering
  • Head of PPIC / Warehouse
  • Cost Control Engineer
  • Quality Assurance Head
  • IT Staff / IT Supervisor / Head of IT
  • Software engineer
  • Web developer
  • Programmer
  • Analyst & Research
  • Logistik
  • Technical Writer
  • Guru / dosen
  • Dan lain-lain

Sementara itu, bidang yang bisa menjadi tempat bekerja pun sangat banyak, seperti misalnya di instansi pemerintah, perusahaan swasta, pertambangan, otomotif, komunikasi, manufaktur, properti, pendidikan, retail, e-commerce dan masih banyak lainnya.

Universitas Terbaik untuk Kuliah Teknik

Teknik merupakan salah satu jurusan favorit bagi pelajar di seluruh dunia. Saat ini juga ada banyak sekali universitas dunia yang masuk dalam list universitas terbaik untuk kuliah teknik di tahun 2018. Jika kamu mencari tempat terbaik untuk kuliah teknik, berikut top 10 universitas terbaik dunia untuk jurusan teknik berdasarkan QS World University Rangkings 2018.

  1. Massachusetts Institute of Technology
  2. Stanford University
  3. University of Cambridge
  4. ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology Zurich
  5. Nanyang Technological University
  6. Imperial College London
  7. National University of Singapore
  8. The University of Tokyo
  9. University of Oxford
  10. Tsinghua University

Sementara itu, dari website yang sama, top 10 universitas terbaik di Asia untuk kuliah teknik di tahun 2018 adalah sebagai berikut:

  1. Nanyang Technological University
  2. National University of Singapore
  3. The University of Tokyo
  4. Tsinghua University
  5. Tokyo Institute of Technology
  6. KAIST (Korea Advanced Institute of Science & Technology)
  7. Seoul National University
  8. The Hong Kong University of Science and Technology
  9. National Taiwan University (NTU)
  10. Peking University

Negara Terpopuler Pelajar Indonesia untuk Kuliah Teknik

Bagi kamu yang berencana melanjutkan kuliah S1 maupun S2 mengambil jurusan teknik di luar negeri, ada banyak negara yang menjadi tujuan populer pelajar Indonesia lho! Tak hanya berdasarkan kualitas maupun prestis universitas yang dipilih, tetapi juga berdasarkan uang kuliah, biaya hidup dan juga faktor lainnya.

Berikut adalah informasi tentang negara terpopuler pelajar Indonesia untuk kuliah teknik beserta pro dan kontra melanjutkan kuliah di negara tersebut.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat menjadi negara favorit tujuan kuliah teknik bagi pelajar internasional, termasuk Indonesia. Universitas yang terkenal untuk jurusan tekniknya misalnya adalah Massachusetts Institute of Technology, Harvard University, Stanford University dan Caltech.

Pro:

  • Fasilitas research dan laboratorium praktikum yang lengkap dan menggunakan teknologi terkini
  • Banyak proyek dan juga funding yang tersedia bagi mahasiswa
  • Banyak pilihan studi teknik yang bisa dipilih
  • Ada banyak training dan magang bagi mahasiswa di setiap semester

Kontra:

  • Uang kuliah yang mahal, berkisar $20.000-45.000 (275-600 juta) per tahun
  • Biaya hidup juga tergolong mahal di hampir semua negara bagian

2. Singapura

Kuliah teknik di Singapura juga banyak jadi pilihan pelajar dari Indonesia. Universitas yang populer jadi tujuan kuliah S1 maupun S2 teknik adalah Nanyang Technological University dan National University of Singapore.

Pro:

  • Biaya kuliah yang lebih terjangkau dibandingkan Amerika, yaitu berkisar S$24.000 - S$30.000 (250-300 juta) per tahun
  • Kurikulum menggunakan standar internasional
  • Dekat dengan Indonesia
  • Lulusannya banyak dicari perusahaan besar di seluruh dunia

Kontra:

  • Meski berada di Asia, namun biaya hidup di Singapura tergolong tinggi; terdiri dari biaya sewa apartemen/rumah, transportasi dan juga makan

3. Australia

Australia juga dikenal memiliki sistem pendidikan yang baik dengan penekanan pada pemberian pengalaman langsung dalam pembelajaran. Lulusan Australia juga diakui di seluruh dunia lho! Universitas dengan jurusan teknik terbaik di Australia misalnya

Pro:

  • Memiliki sistem pendidikan yang baik dan diakui dunia internasional
  • Tidak begitu jauh dari Indonesia

Kontra:

  • Mahasiswa asing harus membayar uang kuliah di muka
  • Uang kuliah berkisar 96-150 juta per tahun dan bisa berubah-ubah tergantung universitas, lokasi dan juga kebijakan kampus masing-masing

4. Jerman

Jerman masuk dalam list negara terfavorit pelajar Indonesia untuk melanjutkan kuliah teknik. Beberapa universitas populer di Jerman yang memiliki jurusan teknik terbaik adalah Technical University of Munich, Technical University of Berlin dan RWTH Aachen University.

Pro:

  • Banyak pinjaman yang bisa dimanfaatkan mahasiswa internasional untuk memudahkan pembiayan kuliahnya
  • Ada juga universitas negeri yang menggratiskan biaya kuliah bagi mahasiswa internasional
  • Tersedia banyak sekali jurusan teknik yang bisa dipilih
  • Praktikum di laboratorium dengan fasilitas dan dukungan lengkap
  • Kegiatan magang di perusahaan besar di Jerman sebagai salah satu syarat kelulusan
  • Mahasiswa asing bisa tinggal dan bekerja selama 1 tahun setelah lulus kuliah
  • Mahasiswa boleh bekerja sambilan

Kontra:

  • Biasanya beasiswa disponsori oleh institusi private dan hanya meng-cover biaya hidup dan uang buku
  • Kemampuan bahasa Jerman dibutuhkan, meski tidak wajib karena sebagian besar kelas disampaikan dalam bahasa Inggris

Bagi kamu yang ingin kuliah teknik di luar negeri, sudah bisa mulai merencanakannya dari sekarang. Butuh bantuan menemukan universitas terbaik sesuai keinginan, minat dan juga budget? Jangan ragu hubungi EasyUni ya! Kami akan siap membantu kamu mempersiapkan diri untuk kuliah di luar negeri.

Hubungi kami sekarang!

m.me/easyuni
halo@easyuni.co.id
02129264124
+60107872071