Kuliah Jurusan Teknik di Australia

Berikut informasi lengkap mengenai kuliah teknik di Australia yang harus kamu tahu

Find your university

kuliah teknik di australia

Perkenalan
Apa itu jurusan Teknik?
Alasan kuliah jurusan Teknik di Australia
Karakter yang cocok untuk jurusan Teknik
Spesialisasi dalam jurusan Teknik
Yang dipelajari dalam jurusan Teknik
Persyaratan masuk universitas jurusan Teknik di Australia
Universitas terbaik jurusan Teknik serta biaya kuliahnya
Biaya kuliah jurusan Farmasi di Australia
Prospek kerja lulusan Teknik
Prospek gaji lulusan Teknik
FAQ atau Pertanyaan Umum

 

Kuliah jurusan teknik di luar negeri cukup diminati oleh para mahasiswa dan mahasiswi Internasional. Pasalnya, karir jurusan teknik masih menduduki posisi atas di tangga karir Australia. Simak selengkapnya mengenai kuliah teknik di Australia.

 

Apa Itu Kuliah Teknik di Australia?

apa yang dipelajari jurusan teknik

Sama hal nya seperti kuliah teknik di Singapura atau kuliah teknik di Malaysia, kuliah teknik di Australia merupakan kegiatan perkuliahan untuk meraih gelar sarjana, pascasarjana hingga doktor dalam bidang teknik.

Bidang teknik merupakan aktivitas rekayasa yang memungkinkan setiap individu untuk lebih kreatif saat menggunakan sains dan matematika.

Mahasiswa dan mahasiswi Teknik akan merancang dan mengoperasikan berbagai struktur, mesin dan proses yang berbeda.

Jurusan teknik menjadi bidang studi yang populer di Australia, salah satunya karena peluang kerja dan kompensasi yang diberikannya. Jurusan teknik akan banyak memberikan tantangan namun bermanfaat bagi kemudahan kehidupan manusia.

Para mahasiswa dan mahasiswi yang mengambil kuliah jurusan teknik di Australia, akan menemukan bahwa kuliah praktik menjadi lebih penting untuk menambah skill mereka di bidang teknik

Bidang teknik adalah mengenai rekayasa untuk menyelesaikan masalah serta membuat kehidupan lebih mudah dan lebih baik.

Bidang teknik akan banyak melakukan cara-cara inovatif untuk menciptakan banyak hal di dunia. Para insinyur akan bertindak seperti seorang pahlawan untuk bumi di masa depan.

Bidang teknik juga tersebar di berbagai industry, seperti teknik mesin, kimia , listrik hingga sipil. Dalam panduan ini, tim Easyuni akan membahas selengkapnya tentang kuliah teknik di Australia.

Baca juga tentang jurusan terkait: 

 

Apa Alasan Kuliah Teknik di Australia?

kenapa kuliah teknik di australia top

Kuliah jurusan Teknik di Australia memang dikenal telah meluluskan banyak insinyur yang memiliki pilihan karir yang baik dengan tingkat kepuasan kerja dan pendapatan yang tinggi.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan utama para mahasiswa dan mahasiswi mancanegara, memilih jurusan teknik di Australia. Adapun alasan lainnya untuk berkuliah di jurusan teknik di Australia sebagai berikut:

1. Berbagai Pilihan Kuliah Jurusan Teknik

Memilih untuk kuliah di Australia jurusan teknik, merupakan hal yang tepat. Pasalnya, beberapa universitas menawarkan berbagai program kuliah teknik, baik untuk pre university, gelar sarjana (S1) hingga pascasarjana (S2). 

Beberapa spesialisasi jurusan teknik yang ditawarkan juga sangat lengkap. Mulai dari jurusan teknik mekanik, listrik, telekomunikasi, computer, kimia, mekatronik, perminyakan, pertambangan dan lain sebagainya.

2. Peluang untuk Pindah ke Australia

Bidang teknik mengalami pertumbuhan yang cepat di Australia. Oleh sebab itu, lulusan jurusan teknik terbaik dari Australia, akan banyak dicari. Keistimewaan adalah Anda yang merupakan lulusan terbaik akan diprioritaskan untuk mendapatkan visa tinggal permanen.

Dengan begitu, Anda dapat bekerja di beberapa perusahaan bidang teknik di Australia dan memiliki pengalaman kerja dengan standar yang tinggi.

Hal tersebut tentunya dapat berpengaruh pada pendapatan Anda, saat bekerja di bidang teknik di masa depan.

Baca juga: 

3. Prospek Kerja yang Terbuka Luas

Dilansir dari studiesinaustralia, Australia di wilayah barat dan Queensland, umumnya banyak membutuhkan para insinyur yang ahli di bidangnya, khususnya untuk bekerja di area pertambangan dan sumber daya. 

Permintaan yang cukup tinggi tersebut, menyebabkan prospek kerja bagi para mahasiswa dan mahasiswi mancanegara yang sudah lulus sangat terbuka luas. Tidak hanya berpeluang kerja  di Australia, tetapi juga di mancanegara.

4. Akreditasi Profesional

Para insinyur yang sudah lulus dari beberapa universitas di Australia juga sudah mendapatkan akreditasi program teknik yang resmi di Negara Kangguru ini. Artinya, Anda merupakan lulusan terbaik dengan standar kuliah teknik yang tinggi.

Keuntungan lain dari programa akreditasi ini adalah gelar yang Anda dapatkan, nantinya dapat digunakan di berbagai dunia seperti Kanada, Afrika selatan, Selandia baru hingga Inggris.

Memiliki akreditasi tentunya juga berpengaruh pada tingkat pendapatan Anda nanti.  

Baca juga: Kalau Habis Lulus Mau Langsung Kerja, Emangnya Bisa?

 

Apa Saja Karakter yang Cocok untuk Kuliah Teknik?

skill yang diperlukan jurusan teknik

Sudah memutuskan untuk kuliah jurusan teknik di Australia? Belum lengkap jika Anda belum mengetahui karakter pribadi Anda yang memang cocok untuk kuliah jurusan teknik.

Mengetahui karakter pribadi seperti ini, dapat membuat Anda lebih fokus kuliah dan mengejar karir terbaik untuk masa depan. Berikut ini beberapa karakter yang cocok untuk kuliah jurusan teknik:

  1. Harus teliti

  2. Harus observan

  3. Menyukai Tantangan

  4. Berpikiran independen

  5. Suka menganalisa

  6. Berpikiran rasional

  7. Bersikap tekun

  8. Berpikir terstruktur

  9. Menyukai angka dan berhitung

  10. Suka memecahkan masalah

 

Apa Saja Spesialisasi Jurusan Teknik yang Ditawarkan di Australia?

apa saja spesialisasi jurusan teknik

Jurusan teknik merupakan suatu jurusan yang memiliki beberapa spesialisasi yang lebih khusus bidangnya. Di Amerika serikat, beberapa universitas terbaiknya, menawarkan program kuliah teknik dengan spesialisasi yang umumnya seperti:

  • Teknik Listrik

  • Teknik Sipil

  • Teknik Kimia

  • Teknik Mekatronik

  • Teknik Komputer 

  • Teknik Lingkungan

  • Teknik Energi Pembaruan (Renewable Energy)

  • Teknik Aeronautika dan Astronot

Memilih kuliah di jurusan teknik, maka Anda juga harus mengetahui spesialisasi jurusan yang memang sesuai dengan minat Anda, agar proses kuliah di Australia berjalan lancar.

 

Apa yang Dipelajari di Jurusan Teknik di Australia?

Mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan teknik pada beberapa universitas di Australia, tergantung dari spesialisasi mata kuliah yang diambil.

Namun umumnya, di keseluruhan kuliah jurusan teknik, beberapa mata kuliah ini akan dipelajari di semester pertama:

Semester Pertama

  • Manajemen Resiko

  • Matematika Dasar Teknik

  • Aljabar Linier

  • Kimia dasar

  • Statistik dan Probabilitas

  • Kalkulus

  • Fisika dasar

  • Bahasa Inggris

  • Dasar Pemrograman

  • Dasar Mekanika

Mata kuliah di atas, hanya sebagai contoh beberapa mata kuliah di semester awal jurusan teknik.

Adapun pada semester berikutnya, akan disesuaikan dengan kebutuhan spesialisasi jurusan yang diambil. Anda juga dapat mengeceknya informasi mata kuliah Anda, melalui website universitas masing-masing.

 

Apa Saja Persyaratan Kuliah Jurusan Teknik di Australia?

syarat masuk universitas di australia

Persyaratan kuliah jurusan teknik di Australia tentunya menjadi hal penting yang harus disiapkan oleh para calon mahasiswi dan mahasiswa internasional, termasuk Indonesia. 

Pada umumnya, jika ingin melanjutkan kuliah meraih gelar sarjana (S1) dan (S2) di Australia akan memerlukan:

  • Sertifikat kemampuan Bahasa inggris seperti IELTS atau TOEFL

  • Ijazah sekolah menengah atas (SMA) dengan nilai rata-rata keseluruhan minimal 80% dengan bukti lulus ujian nasional pastinya

Adapun informasi syarat-syarat masuk atau pendaftaran dari beberapa universitas di Australia serikat seperti berikut:

Gelar Sarjana (S1)

Ujian Nasional (UN)

Lulus ujian nasional SMA dengan nilai Minimal 80% di pelajaran Matematika, Fisika Biologi dan Kimia, A Level 

IELTS

Skor 6.0 

TOEFL

PBT   570 - 600

Gelar Magister (S2)

Program kuliah (S1) 

Lulus dari gelar sarjana (S1) dengan IPK minimal 2.75 - 3.00

IELTS

Skor Minimal 6.0 

TOEFL 

Minimal 570 - 600

lainya

Pengalaman kerja atau lulus dari jurusan teknik yang sama sebelumnya

Komponen lain yang penting sebagai persyaratan kuliah di Australia adalah Paspor dan visa pelajar Australia yang wajib dimiliki.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai proses pembuatan visa pelajar untuk kuliah di luar negeri, silahkan mengunjungi website universitas pilihan Anda, atau bertanya langsung kepada tim EasyUni melalui aplikasi yang tersedia.

 

Apa Saja Universitas Terbaik untuk Kuliah Jurusan Teknik di Australia?

Australia menjadi salah satu negara tujuan favorit untuk kuliah di luar negeri. Banyak universitas terbaik khususnya untuk program kuliah jurusan teknik yang memiliki reputasi yang tinggi di mancanegara.

Adapun  kuliah jurusan teknik yang direkomendasikan di Australia, dilansir dari university rankings yaitu:

1. University of New South Wales

jurusan teknik di unsw australia

Kampus UNSW ini merupakan kampus terbaik untuk kuliah jurusan teknik di Australia. Dilansir dari situs unsw.edu.au bahwa kebanyakan para insinyur di Australia merupakan sarjana dan magister lulusan dari University of New South Wales dibandingkan universitas lainnya.

Beberapa program kuliah teknik yang ditawarkan seperti teknik kimia, teknik sipil dan lingkungan, teknik listrik dan telekomunikasi, teknik komputer, teknik pertambangan, teknik perminyakan dan teknik energi pembaruan.

Durasi Kuliah

Rata-rata 4 - 5 Tahun

Application Deadline

Februari dan September

Estimasi biaya kuliah 

AUD $ 46.230

2. RMIT University, Melbourne

rmit australia untuk jurusan teknik

RMIT university merupakan pilihan universitas terbaik ke-2 untuk kuliah jurusan teknik di Australia. Kuliah di kampus ini akan banyak memberikan Anda pengalaman praktik di bidang teknik, yang akan berguna untuk menambah skills dan meningkatkan kreativitas di bidang teknik.

Beberapa program kuliah jurusan teknik yang ditawarkan seperti Teknik Kimia, Teknik Listrik dan Elektronik, Teknik Mekatronik dan Manufaktur, Teknik Sipil, Biomedical, Teknik komputer dan Teknik Lingkungan.

Durasi Kuliah

Rata-rata 4 (full time)

Application Deadline/ Intake

Februari - Juli

Estimasi biaya kuliah 

AUD $ 37.440

3. Curtin University, Perth

curtin university di australia

Jurusan teknik di Universitas Curtin Australia, menawarkan berbagai spesialisasi dari jurusan teknik terbaiknya. Dengan dukungan pengalaman kerja para alumninya, teknologi yang tinggi hingga penguasaan konsep teknik yang modern.

Beberapa spesialisasi jurusan teknik yang bisa Anda pilih di kampus ini, diantaranya Teknik sipil dan konstruksi, Teknik Kimia, Teknik Industri dan sistemnya, Teknik Metalurgi hingga Teknik Perminyakan dan Pertambangan.

Durasi Kuliah

Rata-rata 4 (full time)

Application Deadline/ Intake

Agustus 

Estimasi biaya kuliah 

AUD $ 33.040

4. Monash University

monash university di australia
 

Ingin menjadi lulusan sarjana dan pascasarjana jurusan teknik terbaik, Anda juga dapat memilih kuliah di Monash University. Bagi para mahasiswi, Monash University memiliki komunitas Woman Engineering yang bisa memperluas jaringan pertemanan Anda.

Beberapa program kuliah jurusan teknik yang ditawarkan seperti Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Robotik dan Mekatronik, Teknik Sumber Daya hingga Teknik Software (perangkat lunak).

Anda dapat memilih program  Double degrees, dimana Anda dapat lulus dengan dua gelar sekaligus. Lulusan dari dual degrees seperti ini tentunya akan menambah wawasan dan membuka pintu karir yang lebih baik di bidang teknik.

Durasi Kuliah

Rata-rata 4 (full time)

Application Deadline/ Intake

 

Estimasi biaya kuliah 

AUD $ 24.500

5. Swinburne University of Technology

Kuliah teknik di kampus ini, Anda akan mendapatkan banyak teori komprehensif serta keterampilan praktis yang akan berguna saat telah bekerja di bidang teknik nanti. 

Beberapa spesialisasi jurusan teknik seperti Teknik sipil, Biomedical, Teknik Listrik hingga Teknik perangkat lunak, dapat membekali Anda skills untuk bekerja di berbagai bidang teknik yang penting untuk masa depan.

Durasi Kuliah

Rata-rata 4 (full time)

Application Deadline/ Intake

 

Estimasi biaya kuliah 

AUD $ 31.220

Selain rekomendasi universitas di atas, beberapa universitas lain yang juga menawarkan jurusan teknik di Australia diantaranya:

 

Karir dan Pekerjaan Apa Saja yang Ditawarkan untuk Lulusan Teknik di Australia?

pekerjaan yang sesuai lulusan teknik

Pada umumnya, karir atau pekerjaan yang ditujukan untuk lulusan teknik, akan banyak dibutuhkan di berbagai bidang kehidupan. Maka dari itu, lulusan jurusan teknik paling banyak dicari. 

Adapun karir atau pekerjaan yang cocok untuk lulusan teknik dari Universitas di Australia, dengan berbagai spesialisasi jurusan dan  gelar (S1) dan (S2) sebagai berikut:

  • Computer Engineer, Bertugas untuk Meneliti, merancang, mengembangkan, serta menguji sistem dan komponen komputer seperti router, jaringan hingga perangkat memori.

  • Environmental Engineering, Bertugas sebagai penyeimbang alam dengan cara menyeimbangkan sebab akibat Antara industri dan teknologi serta dampaknya terhadap lingkungan

  • Construction Management, Bertugas untuk merencanakan, mengarahkan dan mengkoordinasikan beberapa pekerjaan terkait konstruksi

  • Aerospace Engineer, bertugas di industri pesawat terbang untuk mendesain atau membangun pesawat, rudal, hingga pesawat luar angkasa

  • Chemical Engineer, bertugas untuk mengubah keadaan kimia, biokimia dan fisik suatu substansi dan mengubahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk kehidupan

  • Material Engineering, bertugas untuk memberikan pengarahan kerja, menentukan titik pemboran, membuat analisa data hingga identifikasi geologi di kawasan proyek

  • Electrical Engineer, bertugas untuk membuat konseptual desain, perkiraan biaya hingga menentukan spesifikasi dan rencana instalasi

 

Berapa Ekspektasi Pendapatan Lulusan Teknik di Australia?

Lulusan program kuliah gelar sarjana (S1) atau pasca sarjana (S2) dari jurusan teknik memiliki kesempatan untuk bisa bekerja di perusahaan besar yang membutuhkan tenaga teknik di dalamnya.

Umumnya perusahaan ini seperti perusahaan minyak dan gas, perusahaan listrik dan lain sebagainya.

Gaji masing-masing lulusan teknik juga tergantung dari bidang pekerjaan yang diambil dan lokasi perusahaan tempat bekerja.

Lalu berapa ekspektasi pendapatan bagi lulusan teknik dari universitas di Australia? 

Dilansir dari types of engineering degrees berikut ulasannya:

Pekerjaan

Rata-rata Pendapatan Per Tahun 

Gaji Dalam Rupiah

Computer Engineer (Starting  career) 

$ 63.970

Rp. 911 Juta Per Tahun

Environmental Engineer (Mid Career)

$ 72.903

Rp. 1 Miliar Per Tahun

Chemical Engineer (Starting career)

$ 58.830

Rp. 838 Juta Per Tahun

Aerospace Engineer (Starting)

$ 65.450

Rp. 932 Juta Per Tahun

Material Engineer (Starting)

$ 52.900

Rp. 753 Juta Per Tahun

*Sesuai Kurs Rupiah bulan Agustus 2019

Bagaimana? Sudah yakin untuk memilih kuliah jurusan Teknik di Australia? Jika Anda masih ragu, segera hubungi tim Easyuni yang akan selalu siap membantu Anda untuk berbagi informasi seputar kuliah di luar negeri.


 

FAQ Pertanyaan Umum Seputar Jurusan Teknik di Amerika Serikat

1. Bagaimana syarat untuk kuliah jurusan teknik di Universitas yang ada di Amerika?

Syarat umumnya, Anda harus sudah lulus SMA dan lulus UAN dengan nilai yang baik, terutama untuk beberapa mata pelajaran seperti Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia. 

Adapun syarat lainya, Anda hanya perlu memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris (IELTS atau TOEFL) dengan nilai minimal 7.0 atau minimal 570 untuk TOEFL serta  syarat lainnya yang diajukan oleh universitas terkait.

2. Spesialisasi Jurusan Teknik mana yang terbaik?

Jurusan teknik memiliki beberapa spesifikasi, keseluruhan spesifikasi jurusan tersebut sebenarnya memang dibutuhkan di berbagai sektor kehidupan.

Namun, jika diurutkan berdasarkan tingginya pendapatan yang akan diterima saat telah bekerja nanti,  maka spesifikasi jurusan teknik terbaik adalah Teknik Sipil, Teknik Kimia dan Perminyakan, Teknik Listrik, dan Teknik Mekanik.

3. Berapa Lama Durasi Kuliah jurusan Teknik yang harus Ditempuh?

Rata-rata kuliah jurusan teknik untuk gelar sarjana (S1) akan menghabiskan waktu perkuliahan selama 4 tahun hingga 5 Tahun. 2 tahun pertama merupakan kuliah umum tentang Teknik dan 2 tahun kedua merupakan kuliah spesifikasi (peminatan).

Sedangkan untuk Anda yang mengambil kuliah jurusan teknik gelar magister (S2), rata-rata durasi kuliah yang harus ditempuh sekitar 2 tahun hingga 3 tahun.

Advertisement

Universities in Australia with courses in Teknik

See more related universities

You might be interested in...

Advertisement

This website uses cookies to ensure you get the best experience. By using this site, you acknowledge that you have read and understand our Cookie Policy , Privacy Statement and Terms & Conditions .

Maximum 6 courses for comparison!

Courses selected for comparison

Compare