Kuliah Jurusan Teknik di Australia Untuk Gelar Engineer Terbaik

Hal-hal penting tentang kuliah jurusan teknik/ engineer di Australia yang harus diketahui.
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Engineering merupakan Ilmu dalam bidang teknik yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama secara praktikal, untuk memudahkan manusia dalam melakukan sesuatu hal. Sejak dulu engineering memiliki kontribusi yang sangat besar  bagi kemajuan suatu Negara. Lihatlah beberapa contoh Negara maju seperti Amerika, Inggris atau Australia, mereka mengalami kemajuan pesat dalam bidang teknik, itulah sebabnya Negara mereka ini tidak pernah terbelakang.

Kemajuan dalam bidang teknik tersebut, tentunya tidak lepas dari peran orang-orang yang berjasa di dalamnya. Mereka adalah orang-orang yang menguasai skill dan pengetahuan dengan standar tinggi mengenai bidang keteknikan. Mereka tentunya merupakan lulusan dari jurusan teknik terbaik. Kamu ingin menjadi engineer seperti mereka? Salah satu caranya adalah dengan mengambil kuliah teknik yang berstandar tinggi di luar negeri, seperti kuliah engineer di Australia.

Spesialisasi Jurusan Teknik di Australia

Beberapa universitas ternama di Australia, banyak menawarkan jurusan teknik dengan berbagai spesialisasi yang bisa kamu pilih sesuai minat. Jurusan teknik yang ditawarkan sebenarnya hampir sama dengan jurusan teknik yang ada di universitas di tanah air. Berikut ini beberapa spesialisasi jurusan teknik dari berbagai universitas di Australia untuk Program S1 dan S2:

Program Sarjana (S1):

  • Teknik Mesin
  • Teknik Mekanika Aerospace
  • Teknik Perminyakan
  • Teknik Sipil
  • Teknik Kimia
  • Teknik listrik
  • Teknik Biomedikal
  • Teknik Mekatronika
  • Teknik Pertanian
  • Teknik Geologi
  • Teknik Industri
  • Teknik Bioteknologi

Program Pascasarjana (S2):

  • Teknik Secara umum
  • Teknik lingkungan
  • Teknik Sipil
  • Teknik Penerbangan

Alasan Kuliah Teknik di Australia

Jika kamu berencana untuk melanjutkan kuliah di jurusan teknik di Australia, maka ada banyak penawaran terbaik dari berbagai universitas teknik disana. Kuliah teknik di negri kangguru ini ternyata banyak diminati juga oleh pelajar dari mancanegara. Berdasarkan data dari ANET (Australian National Engineering Taskforce), para pelajar internasional yang mendaftar ke jurusan insinyur/ teknik ini mengalami kenaikan hingga 81.8 % sejak tahun 2002 hingga tahun 2010 lalu. Berarti sekitar 43% insinyur adalah lulusan universitas di Australia.
Mengapa harus kuliah teknik di Australia? Mari kita lihat beberapa keuntunganya berikut ini:

Jaringan Luas untuk Kursus Enginer

Australia banyak menawarkan jaringan yang luas untuk kursus teknik terlebih dulu di berbagai Negara. Kursus ini banyak diikuti para pelajar internasional, untuk mempermudah mereka memasuki jalur universitas di Australia. Beberapa jurusan engineer seperti teknik sipil, mesin, listrik, informatika, kimia, komputer, mekatronik , pertanian, minyak, geologi, industri, lingkungan dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang sudah lulus S1 teknik dan bekerja sebagai  insinyur , maka kamu bisa melanjutkan kuliah S2 (pascasarjana) dengan memilih jurusan seperti bisnis dan administrasi  dalam ruang lingkup teknik.

Prospek Kerja Terbaik

Sekarang ini, Australia adalah salah satu Negara yang berhasil menyebarkan lulusan teknik terbaiknya untuk memenuhi kebutuhan perusahaan teknik di Australia. Ini berarti, lulusan teknik dari berbagai universitas di negri kangguru ini, memiliki prospek yang kuat untuk menjadi karyawan terbaik dari jurusan teknik.  Menjadi insinyur di Australia juga akan mendapatkan gaji yang tinggi.

Karyawan ini rata-rata bisa mendapatkan hingga $60.705 setiap tahunya (data dari The Good Universities Guide 2013). Para insinyur yang telah lulus kuliah di luar negeri, banyak yang bekerja di sektor pabrik dengan peran mengawasi proses produk. Mereka juga bekerja di laboratorium dan area pertambangan yang tersebar di berbagai Negara.

Kesempatan Untuk Pindah Ke Australia

Bidang teknik mengalami pertumbuhan yang cepat di Australia. Bidang teknik juga merupakan kebutuhan sektor ekonomi di Negara tersebut. Mahasiswa dan mahasiswi internasional yang sudah lulus dan memiliki kualifikasi terbaik sebagai insinyur, akan dipertimbangkan dan menjadi prioritas untuk mendapatkan visa tinggal di Australia. Ini berarti ada kesempatan untuk menetap di Australia bagi para mahasiswa internasional setelah bekerja nanti. masalah sponsor, Perusahaan tempat bekerja karyawan dari internasional ini akan menjamin.

Mendapatkan Kesempatan  Kerja dan Pengalaman Magang

Khusus untuk lulusan teknik yang berasal dari luar Australia, kalian juga akan mendapatkan berbagai kesempatan magang di perusahaan bidang teknik terbaik di Australia. Kalian akan diberikan kesempatan untuk magang selama 12 bulan, setelah itu kalian memiliki kesempatan untuk menjadi pegawai tetap dari berbagai perusahaan terbaik di Australia. Pastikan skill teknik kalian sudah benar-benar mumpuni.

Akreditasi professional

Jika kamu mengambil kuliah jurusan teknik di Australia, setelah lulus nanti kamu tidak hanya mendapatkan gelar insinyur, tapi Australia sudah menjamin bahwa lulusan teknik akan mendapatkan akreditasi professional. Akreditasi ini semacam perkumpulan insinyur yang memiliki standar tinggi dengan bekal pengetahuan dan skill di bidang teknik yang mumpuni. Adanya akreditasi ini dapat membuat gelar insinyur kamu diakui juga di beberapa Negara seperti Amerika, Inggris, New Zealand, Afrika selatan dan Canada.

Universitas Teknik Terbaik Australia

Ada 20 universitas di Australia yang membuka program kuliah jurusan teknik atau engineer, termasuk pada spesialisasi jurusan teknik seperti teknik penerbangan, teknik mesin, teknik kelistrikan dan teknik civil serta teknik lainya yang menggunakan matematika dan pengetahuan alam untuk memecahkan masalah. Urutan universitas terbaik ini berdasarkan rating yang memiliki spesialisasi teknik terbanyak. Berikut daftar universitas yang membuka program untuk bidang teknik:

  • University Of New South Wales
  • University Of Technology Sydney
  • University Of Adelaide
  • Monash University
  • Curtin University Of Technology
  • University Of Queensland Australia
  • RMIT University Melbourne
  • University Of Sydney
  • University Newcastle
  • University Of Melbourne
  • University Of Western Australia
  • Australian National University
  • University Of Wollongong
  • Deakin University
  • Griffith University
  • Swinburne University Of Technology

Tuition Fees (Biaya Pendidikan)

Berdasarkan laporan dari HSBC di tahun 2013 menyebutkan bahwa, biaya kuliah di Negara Australia adalah yang paling tinggi dibandingkan Negara-negara lainya di dunia. Walau begitu, minat para pelajar internasional untuk kuliah di Australia cukup maksimal.  Jika kamu memilih untuk kuliah di Austrlia, khususnya ke jurusan teknik, kamu harus tahu mengenai tuition fees. Tuition fees adalah biaya pendidikan  yang dikenakan oleh lembaga pendidikan di Australia, untuk petunjuk kuliah dan keperluan pelayanan lainya.

Seperti tuition fees yang berlaku di  The University Of Sydney. Untuk mahasiswa internasional yang mengambil program S1 dan S2, biaya ini akan dibayarkan pada tiap semester, jika mahasiswa sudah menyelesaikan 24 SKS setiap semesternya, atau 48 SKS dalam waktu satu tahun perkuliahan. Jika mahasiswa menyelesaikan beban SKS kurang atau lebih dari itu, maka tuition fees yang berlaku akan berbeda jumlahnya.

Program Sarjana (S1)
Bebas biaya kuliah untuk program sarjana tergantung dari wilayah dan universitas terkait. Umumnya uang pendidikan yang harus dibayarkan sekitar AU$15.000 hingga AU$ 33.000 setiap tahun, atau jika dikonversikan ke rupiah sekitar Rp. 156 juta hingga 344 juta. Biaya tersebut belum termasuk biaya kursus dan obat-obatan.

Program Pascasarjana (S2)
Untuk pascasarjana, Masing-masing universitas akan mentarget tuition fees yang berbeda untuk program S2.  Uang yang harus dibayarkan Rata-rata adalah AU$ 14.000 hingga AU$ 37.000 per tahun atau sama dengan Rp. 146 juta hingga Rp. 386 jutaan per tahun.

Mahasiswa Indonesia juga bisa mengcover pembayaran biaya pendidikan ini agar lebih ringan, melalui beasiswa atau sponsor, jika memang tersedia.

Persyaratan Masuk Jurusan Teknik Australia

Persyaratan masuk ke jurusan teknik di beberapa Universitas di Australia, diperlukan untuk mempermudah mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai Negara, untuk masuk ke universitas jurusan teknik yang mereka inginkan. Persyaratan masing-masing berbeda untuk program sarjana dan pascasarjana.

Program Sarjana (S1)
Syarat masuk ke universitas Australia untuk jurusan teknik, tentunya harus memiliki nilai yang maksimal dalam mata pelajaran yang berkaitan dengan ilmu teknik. Beberapa mata pelajaran yang harus memiliki bernilai maksimal seperti bahasa inggris, Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam (kimia, Fisika). Rata-rata nilai 8.0 untuk masing-masing pelajaran tersebut.

Program Pascasarjana (S2)
Untuk program pasca sarjana, syarat utamanya tentu ijasah atau sertifikat yang menyatakan sudah lulus sebagai engineer dari salah satu universitas jurusan teknik yang ada di Australia. Adapun nilai yang diperlukan untuk masuk program pascasarjana adalah nilai mata kuliah spesialisasi teknik yang diambil dengan rata-rata mendapat B.

Nilai Kemampuan Bahasa
Nilai bahasa inggris yang dibuktikan dalam bentuk sertifikat dari lembaga bahasa inggris resmi, diwajibkan jika ingin masuk dan berhasil mendaftar ke universitas di Australia dengan jurusan teknik atau engineer. Nilai kemampuan bahasa yang diminta seperti :

  • TOEFL iBT keseluruhan 90
  • TOEFL  PBT 80
  • IELTS  dengan nilai 6.0 – 6.5

Biaya Hidup dan Akomodasi

Berbicara mengenai biaya hidup dan akomodasi, jika kamu memilih kuliah di Australia maka akan tergantung dengan bagaimana kamu menjalankan gaya hidup saat berkuliah diAustralia. Umumnya, biaya kuliah dan biaya hidup di Australia cukup tinggi, namun hal tersebut sepadan dengan kualitas pendidikan yang akan kamu dapatkan, reputasi universitas yang baik serta kehidupan sehari-hari yang aman dan mapan.

Untuk akomodasi dan tempat tinggal, mahasiswa dan mahasiswi dari Indonesia sebenarnya bisa lebih hemat dengan memilih tempat tinggal di asrama kampus yang disediakan. Hindari untuk memilih tempat kost yang biayanya lebih besar. Adapun untuk transportasi sehari-hari, kalian bisa memilih untuk menggunakan bus untuk menuju kampus. Selengkapnya mengenai biaya hidup dan akomodasi kuliah di Australia, selengkapnya di sini: Kuliah di Australia.

Proses Aplikasi dan Masalah Visa

Untuk proses aplikasi permohonan masuk kuliah hingga mendapatkan visa kuliah di Australia, bisa dibilang tidak terlalu rumit. Mahasiswa internasional, termasuk dari Indonesia dapat melakukan proses permohonan masuk kuliah dengan syarat sudah memiliki nilai bahasa inggris  (TOEFL, IELTS) yang  tinggi, yang biasanya ditentukan standar nilainya oleh universitas terkait.

Semakin bagus reputasi universitas yang dipilih, kemungkinan untuk bisa diterima akan cukup sulit. Jika permohonan kamu dinyatakan lulus, maka pihak universitas terkait biasanya akan mengirim email konfirmasi yang dapat digunakan untuk membuat visa pelajar. Selengkapnya mengenai hal tersebut dapat dibaca di sini: Kuliah di Australia.

Kesempatan Bekerja Setelah Lulus Kuliah

Setelah lulus sebagai engineer program Sarjana (S1) dari jurusan teknik di salah satu universitas di Australia, maka ada beberapa kesempatan kerja yang bisa diikuti untuk sukses dalam karir sebagai engineer. Kamu bisa memulai karir dengan magang di perusahaan bidang teknik terbaik di Australia, untuk memperdalam skill dalam bidang teknik dan mendapatkan pengalaman kerja yang diperlukan saat melamar menjadi karyawan tetap nantinya.

Jabatan pekerjaan untuk seorang engineer, biasanya disesuaikan dengan spesialisasi yang dipilih saat kuliah. Misalnya, kamu lulusan teknik civil dari Australia, maka jabatan yang bisa dipilih  sebagai Design engineer, Building control surveyor dan Consulting Civil Engineer. Dari lulusan teknik dengan spesialisasi manapun, Seorang engineer yang bekerja di Australia mendapatkan gaji yang tinggi.

Jadi, bagaimana apakah sudah lebih mantap untuk melanjutkan kuliah di jurusan teknik yang ada di Australia? Pastikan kamu memperhatikan beberapa hal penting di atas, agar proses permohonan kuliah kamu akan semakin lancar. Silahkan menghubungi tim kami di EasyUni jika masih ada yang ingin ditanyakan, seputar kuliah jurusan teknik/engineer  di Australia. Semoga bermanfaat.

Hubungi kami sekarang!

m.me/easyuni
halo@easyuni.co.id
02129264124
0812-80472845

 

You might be interested in...