Kuliah Bisnis dan Manajemen di Australia

Membahas lengkap tentang berbagai hal yang perlu diketahui untuk kuliah bisnis dan manajemen di Australia.
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Jurusan bisnis dan manajemen merupakan jurusan populer dalam program studi Ekonomi, yang banyak diminati oleh para calon mahasiswa hampir setiap tahunya. Permasalahan ekonomi memang akan selalu berkembang, oleh sebab itu dibutuhkan putra putri bangsa yang menguasai ilmu ekonomi, untuk kemajuan ekonomi Negara kita di masa yang akan datang. Jurusan bisnis dan manajemen rupanya yang paling digemari, sebab banyak orang berpendapat bahwa masuk ke jurusan ini, kita tidak akan sulit mendapat kerja, bahkan kita bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri.

Bisnis dan Manajemen sebenarnya merupakan dua hal yang berbeda fokus dan tujuanya, namun jika dipelajari secara bersamaan, maka akan membentuk suatu kesatuan yang diperlukan setiap perusahan dan bidang apapun, untuk menjadi lebih maju dan sukses. Kamu yang sedang galau memilih jurusan kuliah, sebaiknya pilih jurusan bisnis dan manjemen saja, terlebih jika punya rencana untuk mengambil jurusan ini di universitas yang ada di Australia.

Alasan Kuliah Bisnis dan Manajemen di Australia

Dilansir dari okezone.com, Australia ternyata banyak dipilih oleh para calon mahasiswa dari Indonesia, yang hendak melanjutkan kuliah jurusan bisnis dan manajemen. Negara Australia memang dikenal sebagai tempat dimana banyak kampus-kampus kelas dunia yang menjamin masa depan cerah bagi para lulusanya, termasuk lulusan dari jurusan bisnis dan manajemen. Berikut ini beberapa alasan mereka memilih kuliah jurusan bisnis dan manajemen di Australia :

Belajar Skill Tentang Bisnis Lebih Dalam

Seorang Program Manager University of Technology Sydney, yang bernama Greg Cunningham mengatakan, bahwa motivasi mayoritas mahasiswa dari Indonesia yang memilih jurusan bisnis dan manajemen di universitanya adalah mempelajari skill di bidang bisnis. Hal tersebut dilakukan agar bisa memajukan usaha keluarga mereka di Indonesia. Menjalankan bisnis di Indonesia tentu sangat menjanjikan, mengingat Negara kita termasuk market yang baik untuk berbagai jenis produk dan jasa yang ditawarkan sebuah bisnis.

Praktek secara Langsung

Proses perkuliahan dan belajar di jurusan bisnis dan manajemen yang ada di Australia, dapat mengantarkan para mahasiswanya untuk belajar membuat dan menganalisis laporan bisnis dengan tepat. Mereka juga diajarkan untuk terbiasa melakukan presentasi bisnis, berkomunikasi secara baik, serta berpikir dengan lebih kritis dalam penyelesaian masalah. Dengan begitu, tidak hanya bekal akademis saja yang mereka dapatkan, tetapi praktik langsung juga harus mereka kuasai.

Jaringan Pertemanan yang Luas

Jika kamu berkuliah di jurusan bisnis dan manajemen Australia, kamu akan mendapatkan kualitas pendidikan terbaik dan bisa memiliki jaringan yang luas dengan teman-teman lainya dari berbagai Negara di dunia. Semakin luasnya jaringan, tentu kamu tidak akan kesulitan saat akan mencari kerja di perusahaan yang ada di Australia, maupun di Indonesia.

Kesempatan Magang dan Bekerja

Beberapa universitas di Australia yang membuka program jurusan bisnis dan manajemen, sudah banyak yang bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar, sehingga para mahasiswa dan mahasiswinya dididik untuk siap bekerja dan mencetak lulusan yang menguasai bidang bisnis serta manajemen perusahaan. Kamu juga bisa mengikuti program magang di perusahaan tertentu selama 6 bulan, dan dapatkan pengalaman bekerja yang tidak akan terlupakan.

Berbisnis di Australia

Inilah keunggulan mengambil jurusan bisnis dan manajemen, jika memang memiliki minat lain selain bekerja di perusahaan besar di Australia, atau perusahaan multinasional di tanah air, kamu juga bisa bergabung dengan teman-teman lainya untuk membentuk tim dan mendirikan sebuah rencana bisnis baru, yang bisa jadi sukses kedepanya jika dijalankan dengan serius.

Prospek Kerja Lulusan Bisnis dan Manajemen Australia

Berbicara soal prospek kerja lulusan dari jurusan bisnis dan manajemen di Australia, tentunya memiliki peluang yang besar seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi yang semakin berkembang saat ini. Lulusan dari jurusan bisnis dan manajemen di Australia, diharapkan dapat menguasai bidang bisnis secara menyeluruh, juga mengerti akan tugas manjemen yang semestinya.

Memiliki gelar bisnis dan manajemen secara umum, sudah banyak lulusan yang meniti karir di bidang yang hampir dibutuhkan oleh berbagai perusahaan besar, baik dalam kategori makanan, retail, fashion, kesehatan, pariwisata, manufaktur dan lainya. Lulusan bisnis dan manajemen banyak bekerja bidang:

  • Rekrutmen
  • Perbankan
  • Pemasaran
  • Sumber daya manusia
  • Industri
  • Teknik
  • IT
  • Desain
  • Industri E commerce

Bahkan perusahaan besar sekelas Microsoft dan NBCUniversal pun, sering mencari seorang manajer bisnis agar bisa membantu perusahaan dalam mengeluarkan kebijakan , mengarahkan bisnis keseluruham, traning karyawan, mengontrol kualitas kerja para pekerja dan lain sebagainya.

Yang Dipelajari dalam Kuliah Bisnis dan Manajemen

Bagi kalian, calon mahasiswa baru atau yang sudah memiliki rencana untuk melanjutkan study jurusan bisnis dan manajemen di Negri kangguru ini, sebaiknya kalian sudah mempersiapkan segala keperluan, agar bisa lebih fokus dalam belajar. Setelah itu, Supaya lebih mantap kuliah di jurusan ini, kita akan membahas secara singkat apa saja yang banyak dipelajari dari jurusan bisnis dan manjemen di luar negeri, berikut ulasanya:

Kebanyakan para calon mahasiswa yang akan melanjutkan kuliah di Australia dan memilih jurusan bisnis dan manajemen, masih belum bisa membedakan antara kedua bidang tersebut. Bisnis dan manajemen memang berjalan beriringan, namun yang menjadi fokus dari keduanya sebenarnya berbeda.

1) Kuliah Bisnis

Dalam kuliah bisnis, intinya kita akan belajar menjalankan sisi bisnis dalam perusahaan dan bisnis yang kita bisa ciptakan sendiri nantinya (entrepreneur). Kita akan banyak difokuskan dalam mempelajari beberapa hal seperti:

  • Cara memulai sebuah bisnis.
  • Pengetahuan dasar mengenai hal yang berkaitan dengan sebuah bisnis atau usaha, seperti pemasaran, akuntansi, administrasi, proyek kerja dan lain sebagainya Dampak-dampak Usaha yang dijalankan, dilihat dari sisi lingkungan sosial, hukum serta peraturan pemerintah.
  • Adapun tujuan dari program perkuliahan bisnis adalah Agar mahasiswa dan mahasiswi mengetahui tentang strategi bisnis yang detail dan tepat, serta diharapkan dapat mengaplikasikanya dalam dunia bisnis yang nyata atau dalam bidang kewirausahaan, seperti startup yang telah banyak bermunculan saat ini.

2) Kuliah Manajemen

Kuliah manajemen lebih fokus kepada bagaimana agar dapat memajukan perusahaan, dengan:

  • Belajar melaporkan pertanggungjawaban kinerja perusahaan dan kondisi perusahan kepada para investor atau stakeholders yang berkepentingan.
  • Belajar menggunakan laporan keuangan serta informasi akuntansi yang penting bagi perusahaan.
  • Mempelajari bagaimana cara menyediakan informasi untuk pihak internal perusahaan terkait atau tim manajemen dari perusahaan tersebut.

Tujuan kuliah manajemen adalah agar manajer, dapat meramalkan serta melaporkan kemajuan perusahaan di masa depan.

Karakter yang Cocok Kuliah di Jurusan Bisnis dan Manajemen

Mengenali karakter diri kamu yang sebenarnya, sangat penting agar kamu tidak salah mengambil program dan jurusan kuliah nanti. Kamu bisa melakukan tes kepribadian terlebih dulu, agar lebih memahami hal apa yang senang kamu lakukan dan tidak senang untuk dilakukan. Khusus untuk jurusan bisnis dan manajemen, berikut ini beberapa karakter orang yang cocok untuk kuliah di jurusan ini:

Cerdas

Orang yang cocok kuliah di jurusan bisnis dan manajemen adalah orang yang cerdas. Tidak hanya cerdas secara akademis, tapi juga secara sosial. Ia tahu betul, bagaimana cara untuk memanfaatkan situasi sosial di sekitarnya, menjadi sebuah peluang yang dapat bermanfaat untuk dirinya dan lingkunganya.

Suka Membangun Networking

Jangan heran jika mahasiswa dan mahasiswi jurusan bisnis dan manajemen adalah mereka yang punya banyak teman. Bagi mereka, jaringan atau networking itu sangat penting untuk kesuksesan bisnis atau usaha yang akan dirintis atau sedang dirintisnya saat ini.

Pandai Berkomunikasi

Memiliki teman yang banyak, tentu karena mereka adalah orang-orang yang pandai berkomunikasi. Bisa dibilang, obrolan atau pembicaraan yang mereka lontarkan selalu berhasil untuk menarik perhatian teman di sekitarnya.

Tidak Mudah Menyerah

Orang yang selalu semangat dalam menjalani kehidupan serta tidak mudah menyerah dan putus asa, sudah pasti cocok untuk kuliah di jurusan bisnis dan manajemen.

Kreatif

Dunia bisnis adalah dunia yang terus berkembang dan akan terus begitu, dengan didukung oleh kreatifitas yang ada. Kamu yang memiliki jiwa kreatif tentunya sangat cocok kuliah di jurusan bisnis dan manajemen yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri.

Pandai Mengatur Waktu dan Penampilan

Dalam mengatur perusahaan sekaligus bisnis, tentunya kita harus bisa mengatur waktu secara pintar. Orang yang sukses dalam bisnisnya, rata-rata adalah orang yang menghargai waktu. Kamu yang ingin sukses sebagai pengusaha di masa depan, sebaiknya belajar mengatur waktu dari sekarang. Penampilan kamu juga harus selalu rapi dan meyakinkan.

Persyaratan Kuliah Bisnis dan Manajemen di Australia

Mencari universitas yang membuka program kuliah di jurusan bisnis dan manajemen di Australia, bisa dibilang mudah. Ada banyak rekomendasi tempat kuliah yang bisa dipertimbangkan oleh para orang tua yang ingin putra-putrinya melanjutkan study bidang tersebut di luar negeri. Tidak hanya secara offline dengan mengikuti perkuliahan setiap semesternya, beberapa universitas juga menawarkan kursus online untuk jurusan bisnis dan manajemen yang lebih luas untuk kamu dengan waktu yang lebih flexible.

Untuk mendaftar di salah satu universitas yang ada di Australia, khususnya dalam jurusan bisnis dan manajemen, berikut syarat –syarat yang harus dipenuhi:

Program Sarjana (S1)

Syarat utama untuk bisa melanjutkan kuliah program Sarjana di salah satu universitas Australia adalah nilai mata pelajaran yang ada kaitanya dengan jurusan bisnis dan manajemen dengan angka yang cukup tinggi (rata-rata 8.0). Jika kamu lulus dari jurusan IPS semasa SMA, maka nilai akuntansi dan ekonomi kamu harus maksimal. Selain itu, karena Australia mewajibkan mahasiswa dan mahasiswinya berbahasa inggris, maka harus memiliki sertifikat IELTS dengan nilai 6.0.

Program Pascasarjana (S2)

Jurusan bisnis dan manajemen ini memang berpeluang untuk melanjutkan study sarjananya ke tingkat pascasarjana. Untuk bisa melanjutkan kuliah S2 di Australia maka syarat mutlak adalah telah lulus S1 bisnis dan manajemen di Australia, dengan nilai yang maksimal (mendapat A-B). Selain itu, ada juga beberapa universitas yang membandingkan pengalaman kerja dari calon mahasiswa terlebih dulu, sebelum diterima di program pascasarjana. Tidak lupa, seritifkat dengan nilai 6.0 untuk IELTS juga harus ada.

Spesialisasi Jurusan Bisnis dan Manajemen di Australia

Dalam jurusan bisnis dan manajemen di beberapa universitas Australia, terdapat beberapa spesialisasi jurusan yang bisa kamu ambil, sesuai dengan minat kamu. Jurusan yang direkomendasikan dalam lingkup bisnis dan manajemen:

Program Sarjana (S1)

  • Bisnis Internasional
  • Bisnis dan Manajemen
  • Bisnis manajemen dan Inovasi
  • Bisnis Perdagangan
  • Bisnis dan Keterampilan
  • Bisnis Rantai pasokan dan manajemen logistic
  • Bisnis keuangan dan resiko manajemen
  • Bisnis Sumber Daya Manusia
  • Bisnis Akuntansi

Program Pasca Sarjana (S2)

  • Master Manajemen
  • Bisnis Analisis
  • Master of Entrepenurship

Pilihan Universitas Terbaik Jurusan Bisnis dan Manajemen Australia

Jika kamu berminat dan sudah mempersiapkan persyaratan untuk masuk di salah satu universitas yang ada di Australia, tepatnya untuk jurusan bisnis dan manajemen, rata-rata perkuliahan akan diawali pada bulan Juli 2018. Adapun waktu perkuliahan yang harus ditempuh untuk program S1 selama 3 hingga 4 tahun. Untuk program S2 sekitar 2 tahun. berikut ini beberapa universitas terbaik di Australia yang membuka jurusan bisnis dan manajemen:

  • University Of Queensland
  • Melbourne Institut Of Technology
  • Kaplan Bussines School Of Australia
  • La Trobe University
  • University Of South Australia
  • University Of Tasmania Australia
  • Australian National University
  • The University Of Adelaide
  • Griffith University

Biaya Kuliah Jurusan Bisnis dan Manajemen di Australia

Poin yang satu ini, tentunya sangat penting untuk dipertimbangkan para orang tua, maupun kamu yang ingin kuliah di luar negeri, khususnya di Negara Australia. Kita akan mengambil contoh salah satu universitas terbaik dalam jurusan ini, yaitu University Of Queensland, menempuh pendidikan selama 3 tahun, dengan biaya rata-rata per tahun sekitar AUD 38.150 untuk program S1 dan AUD 33.540 untuk program S2, atau setara dengan Rp. 406 juta per tahun (S1) dan Rp. 357 juta per tahun . Biaya tersebut belum termasuk dengan biaya hidup sehari-hari dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Tips Mengambil Kuliah Jurusan Bisnis dan Manajemen di Australia

Sekarang kamu sudah mendapatkan gambaran umum tentang kuliah bisnis dan manajemen di Australia bukan? Agar tidak kebingungan saat harus memilih universitas terbaik yang membuka program jurusan ini, maka berikut beberapa tips yang bisa diikuti:

Ikuti Kursus Jalur Persiapan

Beberapa universitas terbaik yang direkomendasikan untuk kuliah bisnis dan manajemen di Australia, menyediakan kursus jalur persiapan. Jika ada tawaran seperti ini, sebaiknya kamu terima saja, agar kamu lebih mantap ketika hendak mulai berkuliah nanti.

Tentukan Spesialisasi Jurusan yang Diminati

Bagi kamu yang ingin mengambil jurusan bisnis dan manajemen dengan lebih spesifik, sebaiknya tentukan dari sekarang, untuk mendapatkan pilihanya, kamu bisa melihat spesialisasi jurusan bisnis dan manajemen yang tersedia di universitas terkait. Hal tersebut tentu akan mempermudah saat kamu hendak bekerja nanti.

Kuliah bisnis dan manajemen di luar negeri memang menjanjikan masa depan yang lebih baik, Namun tentu harus dibarengi dengan segala persiapan yang diperlukan, termasuk soal persyaratan masuk dan persiapan biaya yang dimiliki. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kami di EasyUni dan tim kami siap memberikan informasi lengkap tentang universitas terbaik di Australia untuk kuliah bisnis dan manajemen.

You might be interested in...