Tak Harus Negeri Aja, Ranking 4 Kampus Swasta Malaysia Ini Menyaingi Yang Lain!

By Mutiara | Last modified 29 Jan 2019
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Negara-negara Eropa dan Amerika cenderung mendominasi Daftar Universitas Terbaik di Dunia  yang dirilis pertahunnya oleh lembaga perankingan Quacquarelli Symonds (QS). Tapi, ada banyak kejutan di edisi ke-15 kali ini.

Penilaian ini berdasarkan indikator pada rasio jumlah siswa terhadap pengajar, jumlah mahasiswa asing, sitasi publikasi dan penelitian dan, pastinya – reputasi akademik.

Tidak kurang dari 450 universitas di Asia telah masuk ke daftar itu. Dan Malaysia kini terus mewarnai daftar tersebut dengan adanya 13 universitas yang berhasil menempatinya.

Berikut pemeringkatan universitas terbaik di Malaysia:

universitas di malaysia ranking terbaik 2019

Rata-rata nama universitas di sini sudah tidak terdengar asing lagi. Tapi, beberapa baru masuk ke dalam daftar ini seperti: UCSI University, Taylor’s University, Universiti Tenaga Nasional, dan Multimedia University. Ke-4 nya adalah universitas swasta!

1. UCSI University

kampus swasta terbaik di malaysia UCSI university
Sumber: The Smart Local

Universitas swasta ini memiliki cabang di beberapa lokasi. Dengan kampus utama di Kuala Lumpur dan kampus lainnya di Sabah dan Serawak.

Ngaku calon anak bisnis? Kamu harus tahu juga bahwa UCSI terkenal sebagai pembawa pertama konsultasi bisnis yang menerapkan teknik Blue Ocean Strategy. Strategi ini dipetik dari buku best-seller yang membekalkan cara kreatif dan sistematis dalam mewujudkan nilai tinggi dengan pengeluaran rendah.

Dengan urutan ranking 481 di dunia, UCSI University kian sukses menjadi universitas swasta terbaik di Malaysia.

Bahkan, beberapa universitas ternama lainnya seperti Singapore Management University (Singapura), Iowa State University (AS), dan York University (Kanada) telah dibuat keok oleh peringkat ini.

Banyaknya kolaborasi yang dilakukan dengan universitas di kalangan Ivy League dan Universitas Grup 8, Australia. Di sini, mahasiswanya berasal lebih dari 80 negara. UCSI juga bermitra dengan lebih dari 2,300 perusahaan di seluruh dunia, membukakan kesempatan ke siswa dan juga staffnya.

Kampus ini terkenal sama program-programnya yang dari disiplin beragam:

  • Farmasi
  • Kedokteran
  • Bisnis
  • Arsitektur
  • Psikologi
  • Ilmu komputer.

2. Taylor’s University

universitas swasta top di malaysia jurusan perhotelan
Sumber: foodnframe

Tak jauh dari Kuala Lumpur adalah wilayah Selangor yang ditempati oleh banyak universitas lainnya.

Tapi di antaranya, yang terbaik adalah Taylor’s University yang mempunyai ranking terbaik dalam segi employability, alias kelayakan kerja untuk para lulusannya.

Dibuktikan bahwa Universitas ini telah membobol urutan 4 se-Asia untuk segi employability-nya. Kalau dibandingkan oleh kawasan dunia, ranking ke-216 atau dalam cakupan 1% di atas di antara insitusi yang memang disokong perusahaan-perusahaan.

Hal ini ditinjau dari segi koneksi antar siswa dan perusahaan, employment rate (lulusan yang langsung mendapat kerjaan setelah lulus), dan reputasi perusahaannya tersendiri.

Salah satu alumni terkenal dari kampus ini adalah Youtuber lucu, “The Ming Thing”, yang suka melakukan collab dengan Nessie Judge, Chandra Liaow, dan Andovi da Lopez!

the ming thing youtuber collab sama chandra liow

Kampus yang amat modern alias pamor atas ‘state-of-the-art’ ini merupakan rumah bagi beragam jurusan. Jurusan keunggulannya meliputi:

  • Perhotelan
  • Kedokteran
  • Ilmu komputer
  • Arsitektur & interior
  • Culinary arts

3. Universiti Tenaga Nasional (UNITEN)

kampus universitas tenaga nasional di malaysia
Sumber: UNITEN

Masih dalam kawasan Selangor, UNITEN merupakan salah satu universitas swasta pertama di Malaysia dan dimiliki sepenuhnya oleh Tenaga Nasional Berhad (TNB), sebagai salah satu perusahaan penyedia kebutuhan listrik se-Asia Tenggara (kalau di Indonesia, ibarat PLN, gais).

UNITEN menyediakan baik program bersifat akademis dan praktis (dalam bentuk pelatihan) di bidang teknik, teknologi, bisnis manajemen, dan bidang yang terikat lainnya.

Kampus ini tak hanya mempersiapkan mahasiswanya untuk berkompeten dan berwawasan saja, tapi juga mengembangkan siswanya secara keseluruhan.

Hal ini dapat dibuktikan dari nilai tinggi yang diperoleh dalam kategori ‘industry outcome’ atau hasil kinerja lulusannya, yaitu 73,4 (dari skala 100).

UNITEN berdedikasi untuk mengembangkan pendidikan Malaysia di sektor energi. Karenanya, jurusan yang ditinjau paling bagus di kampus ini adalah:

  • Power engineering (teknik elektro)
  • Manajemen energi
  • Desain engineering (engineering design)
  • Bahasa dan komunikasi
  • Kelas pelatihan untuk kepemimpinan

4. Multimedia University

multimedia university kampus swasta terbaik di malaysia
Sumber: MMU

Multimedia University kali ini tidak hanya mempersembahkan kualitas jurusan ilmu komputer dan sistem informasinya saja. Secara garis besar, kampus yang berlokasi di kawasan Cyberjaya ini juga berhasil menjebolkan kebolehan lainnya dalam segi employability, siswa internsaional, dan kualitas fakultasnya!

Kalau kampus yang sebelumnya dimiliki sama perusahaan penyedia listrik, kali ini perusahaan penyedia internet terbesar di Malaysia lah yang mendirikan kampusnya sedari 1996.

Pamor kampus MMU memuncak di ranah jurusan Ilmu Komputer, Multimedia, dan Software Engineering. Terdapat juga jurusan-jurusan unik yang tidak ditawarkan terutama di kampus di Indonesia, diantaranya adalah Cinematic Arts (Seni Perfilman), Desain Multimedia, Bioinformatika, Security Technology.

Terlepas dari itu, MMU juga menawarkan jurusan Bisnis dan Manajemen juga Komunikasi

MMU percaya bahwa relevansi terhadap dunia pekerjaan di era commerce pada masa ini merupakan hal terpenting dalam membangun pendidikan.

Bahkan, uniknya, beberapa fakultas di kampus ini tidak menggunakan ujian sebagai faktor utama kelulusan mahasiswanya! Sebagai gantinya, modul pembelajaran mencondong ke pemahaman secara praktek.

Karenanya, MMU berhasil membuat kerjasama dengan para lulusannya untuk bekerja di industri kreatif. Bukti nyatanya adalah pencetus WAU Animation, yang memproduksi serial kartun terkenal seperti “Upin Ipin”, yang merupakan proyek para alumni MMU.

wau animation pencetus upin ipin kartun
Sumber: WAU



Pada akhirnya, status universitas yang negeri atau swasta bukanlah penentu segalanya. Apaagi kalau kamu sendiri tak serius berusaha di masa kuliah.

Yang paling penting adalah kamu sesuaikan semua dengan kebutuhan dan kekuatan yang kamu miliki.

Easyuni tidak pernah lelah mengingatkan untuk mempertimbangkan jurusan yang sesuai dengan minat bakat baru kemudian mencari universitas yang sesuai. Selamat berburu Kampus!

Diposting pada 28 Jan 2019
Aplikasi Kuliah, Berita, Kuliah di Luar Negeri