5 Alasan Mempertimbangkan Malaysia Untuk Studi MBA

Melebihi beberapa tahun yang lalu, kualitas MBA Malaysia telah mampu bersaing dengan negara luar lainnya. Reputasi MBA Malaysia diantara perusahaan-perusahaan telah mendapatkan tempatnya. Ternyata, sekarang gelar ini telah diakui sebagai gelar yang sangat dinginkan dan memiliki reputasi, anda harus melihat beberapa manfaat dari berkuliah MBA di Malaysia
 

1) Lokasi – Pengaksesan, Budaya dan Ekonomi
 

Bagi mahasiswa yang tinggal di Malaysia atau negara tetangga lainnya, berkuliah di Malaysia tidak hanya lebih raktis, akan tetapi juga lebih logis. Negara ini sebagian besar memiliki budaya Tionghoa, India dan Melayu dan banyak budaya minoritas lainnya. Malaysia juga merupakan tempat yang bagus untuk memahami perbedaan budaya, gaya bisnis dan interaksi antara komunitas yang berbeda. Keahlian ini pastinya merupakan sesuatu yang hanya bisa anda dapatkan dengan berkuliah di negara ini. Ini merupakan manfaat utama karena banyak perusahaan di Asia, Eropa dan Amerika ingin memperluas bisnis mereka di pasar Asia. Sebagai salah satu negara dengan ekonomi terkuat, Malaysia merupakan lokasi yang pas untuk mendapatkan pengalaman dengan perekonomiannya yang berkembang meskipun selalu mempertahankan fokus internasional.
 

2) Lebih Dekat Dengan Kampung Halaman
 

Bagi orang-orang Malaysia dan sebagian besar orang Asia lainnya karena lebih dekat dengan kampung halaman, berkuliah MBA di Malaysia lebih masuk akal. Ini memberikan anda manfaat akan gelar asing tanpa harus meninggalkan rumah, keluarga dan teman-teman anda. Juga, untuk lokasinya, Malaysia memiliki banyak keuntungan. Negara ini merupakan negara dengan perekonomian terbesar ke-29 di seluruh dunia dan ke-20 diantara perkonomian yang paling kompetitif, seperti yang bisa anda lihat di Forum Perekonmian Dunia untuk Tahun 2014 – 2015. Negara ini memiliki kekayaan bahan yang natural dan industri ekspor dan manufaktur yang kuat.

(Source:alsglobal.com)
 

3) Familiar – Suasana Budaya, Makanan dan Kenyamanan
 

Jika anda adalah penduduk Malaysia, berkuliah di negara ini pas dengan zona nyaman anda. Ini merupakan manfaat utama, karena anda menghadapi tantangan dari gelar yang ketat dan belajar lagi, akan sangat membantu untuk memiliki lingkungan yang familiar. Dengan lebih sedikit hal yang harus anda sesuaikan, anda akan memilki distraksi yang lebih sedikit yang bisa dihilangkan dari gelar sarjana anda. Masalah utama yang dihadapi banyak mahasiswa yang berkuliah di luar negeri adalah rindu-rumah. Hal ini karena kurangnya makanan rumah. Memiliki makanan dan kefamiliaran negara anda sendiri akan mengurangi tingkat stess yang anda hadapi secara keseluruhan. Karena MBA merupakan gelar yang intensif dan ketat, ini akan membantu anda untuk fokus dan memahami gelar anda tanpa harus mengalami stress tentang perbedaan budaya atau rindu rumah sehingga anda tidak bisa fokus pada pekerjaan anda
 

4) Efisien – Hemat Biaya dan Waktu
 

Manfaat tambahan dari berkuliah di Malaysia adalah biayanya yang lebih ekonomis.Gelar yang didapatkan secara lokal lebih bisa dijangkau, dan bisa mencapai sekitar RM 30,000 (atau hanya USD 8,570). Faktor lainnya yang mengurangi biayanya adalah biaya hidup. Biaya ini lebih rendah di Malaysia; keperluan dasar seperti, biaya sewa, makanan, dan transportasi lebih rendah di Malaysia dibandingkan dengan negara-negara barat seperti AS dan Inggris. Kesimpulannya, meskipun biaya gelar sarjana anda dapat dicicil, kualitas pendidikannya tetap terjamin.
 

Cara lain untuk berkuliah MBA di Malaysia untuk meningkatkan efisiensi adalah pilihan MBA paruh waktu. Dengan bekerja di Malaysia, anda bisa juga bekerja dan mengambil gelar sarjana paruh waktu. Ini cukup efisien karena anda tidak perlu mengorbankan dukungan financial anda atau membuat keluarga anda repot. Ini mengizinkan anda untuk mendapatkan pengalaman dan lanjut menyediakan dukungan untuk diri anda diikuti dengan meningkatkan prospek masa depan anda.

(Source:campusmalaysia.com)
 

5) Reputasi dan Gaji
 

MBA merupakan sebuah investasi bagi diri anda sendiri. Reputasi MBA di Malaysia telah dikokohkan beberapa tahun belakangan ini. Kualitas akademik dan fasilitas di negara ini telah meningkat dan memenuhi standart internasional. Kelas-kelas menjadi ketat dan banyak kurikullum telah diatur oleh institusi-institusi barat. Reputasi MBA juga telah meningkatkan gaji. Secara global, sebagian besar pemegang MBA melihat gaji mereka meningkat sebesar 80% sampai pada 120% dibandingkan dengan gaji rata-rata di seluruh industri sebelum mereka mengikuti sekolah bisnis. Bahkan gaji awal lulusan MBA cenderung lebih tinggi daripada gelar lainnya. Menurut Payscale, karyawan Malaysia dengan MBA sains, gelar yang sangat diminati ini, mendapatkan bayaran berkisar dari 48,000 sampai 156,000, tergantung pada pekerjaan, industri dan pengalaman; karyawan dengan gelar sarjana bisa mendapatkan sekitar 42,000 sampai 294,000 di Kuala Lumpur, dan sekitar 414,000 di Johor Bahru. Bayaran ini lebih tinggi 2 sampai 3 kali lipat.
 

MBA program di Malaysia ditawarkan oleh institusi-institusi yang bervariasi dari universitas negeri Malaysia, universitas swasta yang melakukan program sarjana gabungan dengan universitas lokal dan internasional dan cabang kampus dari universitas luar negeri. INTI (International University & Colleges) contohnya, menawarkan program S2 mereka sendiri, dan gelar yang bekerja sama dengan Universitas UK’s Coventry dan Universitas Australian of Wollongong. Kedua universitas ini telah menduduki peringkat tinggi dan kompetitif. Coventry memperkerjakan 94% lulusan dan memperluas angka pembelajaran. Universitas ini telah menduduki 4% peringkat institusi unggul di dunia menurut peringkat universitas dunia QS. Universitas Wollongong Sydney sekolah bisnis telah menduduki peringkat ke-48 di manajemen internasional dunia menurut laporan sekolah bisnis QS. SBS-UOW menduduki peringkat ketiga di Australia. Dengan INTI, anda bisa belajar gelar Australia yang terkenal ini di Malaysia.

Diposting pada 09 Okt 2017
Kuliah di Luar Negeri, Magister, Tips & saran

Bagikan ini