Prasangka dan mitos mengenai studi pertanian

Dibawakan oleh Universiti Putra Malaysia (UPM)

Kuliah di bidang Pertanian sebenarnya lebih dari menanam biasa dan banyak yang tidak mengetahui bahwa sektor ini sebenarnya menawarkan pilihan karir yang cukup luas. Bagi kamu yang tertarik kuliah Pascasarjana di bidang Pertanian ini, mencakup, Agribisnis, Ekonomi Pertanian, Teknologi Pertanian, Perilaku dan Kesejahteraan Hewan Ternak, Produksi Ternak, Ilmu Hewan, Budidaya, Ilmu Perikanan Genetika dan Pemuliaan, Hortikultura, Manajemen Sumber Daya Lahan, Patologi Tanaman, Ilmu Tanaman dan Ilmu Tanah.

Kuliah pascasarjana di bidang pertanian akan membantu dalam mengembangkan industri pertanian dengan pilihan penelitian yang cukup luas pada ilmu tanaman dan produksi ternak produksi hingga ilmu tanah, pengendalian hama, lingkungan, tanah dan masalah air, ekonomi pertanian, dan bisnis pertanian yang akan menciptakan perkembangan dan pertumbuhan di lapangan.

Perkembangan melalui Studi Pascasarjana Pertanian

Melalui proyek penelitian, mahasiswa diuji untuk mencoba menemukan solusi sebuah masalah yang termasuk genetika, pemuliaan tanaman, dan bioteknologi. Mereka di haruskan fokus dalam memecahkan masalah karena hal sekecil apapun mungkin akan memberikan dampak yang besar pada produksi pertanian. Proyek penelitian ini dapat membantu untuk meningkatkan pengetahuan, serta untuk membantu perkembangan tanaman dan studi ternak mahasiswa di sektor pertanian.

Pada tahun 2013, tim peneliti dari Universiti Putra Malaysia memperkenalkan generasi perkembangbiakan ayam yang disebut Akar Putra. Hasil penelitian Akar Putra ini dapat mempercepat pertumbuhan ayam dan tentunya daging ayam akan terlihat lebih besar dibandingkan jenis ayam kampung lokal. Karena proses pertumbuhan yang lebih cepat, memberikan potensi yang besar untuk penggunaan komersial dan memiliki dampak yang besar pada pasar lokal dan internasional. Inti dari penelitian pascasarjana di bidang pertanian adalah untuk menyelesaikan masalah yang bersangkutan dengan ekonomi pertanian dan usaha melalui perbaikan tanaman dan ternak.

Dalam beberapa kasus, mahasiswa Ph.D. diharuskan untuk menyelesaikan masalah tentang peraturan dan kebijakan di mana mereka akan berkolaborasi dengan badan pemerintah maupun badan swasta contoh seperti, Mahasiswa akan bekerjasama dengan Malaysian Agricultural Sector Modeling (MAgPA) yang merupakan proyek yang akan membahas tentang apa yang akan terjadi di masa depan dan kapasitas sektor pertanian dengan menggunakan sistem ekonometrik.

Kebanyakan dari kamu pasti membayangkan mahasiswa yang mengambil jurusan pertanian akan berdiri di tengah-tengah teriknya sebuah peternakan atau sawah tapi sebenarnya mahasiswa pascasarjana pertanian,terutama mereka mengejar Ph.D. akan menghabiskan sebagian besar dari waktu mereka di laboratorium atau di perpustakaan bekerja dan mempelajari proyek penelitian mereka.

Menurut Prof. Dr. Abdul Shukor Juraimi, Dekan Fakultas Pertanian di Universiti Putra Malaysia (UPM), bagi mereka yang ingin mengejar pertanian di Ph.D. diharapkan untuk memiliki pelatihan formal di daerah melalui di program gelar Sarjana di bidang pertanian. Namun, bagi yang telah memperoleh pemahaman dasar tentang pertanian dan memiliki keterampilan yang diperlukan tanpa mempunyai gelar dalam bidang pertanian juga dapat dipertimbangkan untuk bergabung dalam program pascasarjana ini.

Terkenal dengan ketekunan disiplin, dan berpikir kritis, Mahasiswa Ph.D. mendedikasikan keahlian mereka dan itulah yang dapat menunjukkan pertumbuhan dalam sektor ini yang terus berkembang.

Malaysia mengharapkan kemajuan dalam sektor Pertanian

Selain dikenali sebagai negara tropis, Malaysia juga memiliki sejarah yang luar biasa dalam bidang pertanian. Hari ini, pertanian menjadi salah satu sektor ekonomi yang paling penting bagi bangsa Malaysia dan memberikan kontribusi 9,2% terhadap PDB nasional negara sesuai dengan Statistik Malaysia Departemen pada akhir 2014. Selain itu, pertanian juga menyediakan lapangan kerja bagi 16% dari populasi. Pada pemerintahan Inggris, perkebunan berskala besar telah didirikan dan telah memproduksi tanaman yang dapat menjadi peluang bisnis seperti karet, kakao dan kelapa sawit - produk ini terus-menerus mendominasi pasar ekspor sampai sekarang.

Sementara itu, pasaran lokal juga memberikan kesempatan yang cukup untuk pertumbuhan bidang ini. Pangan merupakan sumber yang penting untuk negara dan konsumen menuntut lebih dari produsen lokal. Namun, pertumbuhan populasi, perubahan iklim, dan sumber daya yang terbatas sperti lahan dan air dapat mempengaruhi sektor pertanian untuk memenuhi permintaan yang terus menerus-meningkat.

Masalah ini selalu menjadi topik pembahasan berbagai bidang penelitian seperti perbaikan dalam tanaman atau ternak hasil, pupuk dan serapan pupuk, tanah dan pengendalian lingkungan, strategi dan kebijakan pengaruh pada ketahanan pangan, pertanian modern dan teknologi pertanian perkotaan. Pendalaman tentang hal-hal seperti ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana pentingnya masalah keamanan makanan, dan dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk kemajuan masa depan.

Pascasarjana untuk Masa Depan Pertanian Malaysia

Mahasiswa pascasarjana terus memberikan penelitian yang membantu untuk menemukan solusi untuk masalah dan isu-isu di bidang pertanian. Melalui studi perkembangan pertanian Malaysia baik dalam perjalanan untuk memenuhi tantangan utama yang dihadapi setiap negara maupun permintaan global untuk makanan.

Setelah melakukan penelitian intensif di program pascasarjana, mahasiswa diantisipasi untuk memiliki karir yang sukses karena mereka menjadi dilengkapi dengan pengetahuan dasar dan keterampilan dalam bidang keahlian mereka.

Sebagai industri mengembang, pertanian menawarkan berbagai peluang karir untuk pemegang gelar pascasarjana di lapangan. Kebanyakan PhD di bidang pertanian bergabung akademisi dan terus melakukan penelitian saat mengajar kelas di daerah tertentu. Beberapa dari mahasiswa bergabung dengan lembaga penelitian dan lembaga lain-lainnya yang berguna sebagai pembuat peraturan dan kebijakan dengan Departemen Pertanian. Sejak banyak lapangan menawarkan kesempatan pekerjaan yang bervariasi seperti bekerja dalam produksi, ekonomi, pemasaran, agribisnis, teknologi, atau penjualan, antara lain.

Jika kamu ingin mengejar gelar pascasarjana Pertanian, hubungi Fakultas Pascasarjana Universiti Putra Malaysia (UPM).

Pertama kali didirikan sebagai Sekolah Pertanian pada tahun 1931, UPM telah kemudian berubah menjadi lembaga multidisiplin pendidikan tinggi yang diakui oleh pemerintah Malaysia sebagai Universitas Riset. Fakultas Pertanian saat ini menduduki peringkat ke-45 di Terbaik Universitas Global untuk Ilmu Pertanian US News & World Report College & University Ranking dan peringkat di atas 100 di seluruh dunia untuk Pertanian dan Ilmu Kehutanan di QS World University Ranking.

Kunjungi www.upm.edu.my or www.sgs.upm.edu.my untuk informasi lebih lanjut atau email rahwati@upm.edu.my untuk informasi lebih lanjut tentang Pascasarjana UPM.

 

 
Diposting pada 09 Okt 2017
Aplikasi Kuliah, Jurusan, Karir, Kehidupan Mahasiswa, Tips & saran

Bagikan ini