Cover Image

Kuliah Jurusan Hukum Internasional di Malaysia

Mengambil jurusan Hukum Internasional memberi kesempatan untuk mempelajari ilmu yang mempraktisi hukum tanpa latar belakang ilmu hukum.

Find your university

jurusan hukum internasional

Perkenalan
Tentang jurusan Hukum Internasional
Mengenai Hukum Internasional di Malaysia
Mata kuliah jurusan Hukum Internsional
Mengapa kuliah di Malaysia?
Biaya kuliah
4 universitas jurusan Hukum Internasional di Malaysia
Prospek kerja lulusan Hukum Internasional

 

Dari sekian banyak jurusan yang tersedia, hukum memang tak pernah sepi peminat. Hukum merupakan salah satu jurusan terfavorit pelajar di seluruh dunia.

Program studi ini mempelajari tentang hukum dari segi teori hingga praktik dan juga kasus-kasus hukum yang terjadi di dunia.

Jika Anda ingin mempelajari spesialisasi hukum yang lebih spesifik, hukum internasional bisa menjadi jurusan yang menarik dan juga memiliki prospek masa depan yang cerah.

Bagaimana tidak. Seiring dengan dinamika politik, ekonomi dan budaya dunia, ada banyak kemungkinan terjadinya sengketa yang melibatkan lebih dari satu negara yang membutuhkan ahli di bidang hukum internasional untuk menyelesaikannya.

Setiap negara memiliki hukum masing-masing untuk melindungi warga negaranya dan salah satu tugas lulusan hukum internasional ini adalah mencari solusi terbaik dilihat dari segi hukum untuk berbagai kasus antar negara yang terjadi.

Tertarik untuk kuliah jurusan hukum internasional di luar negeri? Kuliah di Malaysia bisa jadi pilihan terbaik. Berikut EasyUni kumpulkan informasi penting seputar kuliah di Malaysia yang harus Anda ketahui.

Panduan lengkap mengenai jurusan Hukum Internasional bisa dibaca disini.

 

Apa itu Jurusan Hukum Internasional?

apa yang dipelajari dalam ilmu hukum internasional

Hukum internasional merupakan salah satu spesialisasi ilmu hukum yang berfokus pada ilmu hukum dalam konteks global. Setiap negara di dunia memiliki sistem dan struktur yang berbeda yang masing-masing bertujuan untuk melindungi warga negaranya.

Mempelajari hukum internasional maka Anda akan dilatih untuk memandang hubungan internasional antar negara dari sisi yuridis.

Jurusan ini akan sangat menarik bagi Anda yang yang memiliki minat terhadap hubungan internasional setiap negara.

Mulai dari soal perdagangan, turisme hingga hak asasi manusia yang berhubungan dengan hukum yang berbeda-beda di setiap negara.

Mungkin ada yang sering salah kaprah mengira jurusan hubungan internasional itu sama dengan hukum internasional.

Meski sama-sama berfokus pada lingkup internasional, namun kedua jurusan ini memiliki fokus yang berbeda. Dimana hukum internasional berfokus pada sisi yuridis, sedangkan hubungan internasional lebih berfokus pada ilmu politik.

Baca juga: Semua hal mengenai jurusan Hukum

 

Mengenai Jurusan Hukum Internasional di Malaysia

Kuliah di jurusan hukum di Malaysia dengan gelar Bachelor of Laws umumnya berlangsung selama 3 tahun. Jika Anda memilih jurusan hukum yang dibarengi dengan profesi, maka perkuliahan akan berlangsung selama 4 tahun.

Batas waktu paling lama Anda menamatkan perkuliahan jurusan hukum adalah 6 tahun sejak mendaftar di universitas tersebut. 

Seperti disebutkan di atas, sebelum memilih jurusan hukum, pastikan program tersebut atau universitas yang diinginkan telah terakreditasi oleh Legal Profession Qualifying Board (LPQB) dan Malaysian Qualification Agency (MQA).

Baca juga: Mengenai jurusan Hukum Kriminal yang ditawarkan fakultas Hukum terbaik di Asia Tenggara

 

Mata Kuliah apa saja yang Dipelajari pada Jurusan Hukum Internasional?

mata kuliah jurusan ilmu hukum internasional

Setiap universitas di Malaysia yang menawarkan jurusan hukum internasional tentunya memiliki kurikulum masing-masing yang bisa berbeda satu sama lain.

Oleh karena itu Anda sangat disarankan untuk mencari sebanyak mungkin informasi / referensi sebelum memilih universitas di Malaysia yang menawarkan jurusan ini.

Meski demikian, berikut contoh beberapa mata kuliah yang biasanya dijumpai di perkuliahan jurusan hukum internasional.

  • Hukum Organisasi Internasional

  • Hukum Perjanjian Internasional

  • Hukum Udara dan Ruang Angkasa

  • Studi Kasus Hukum Internasional

  • Hukum Laut Internasional

  • Hukum Ekonomi Internasional

  • Hukum Diplomatik

  • Hukum Hak Asasi Manusia Internasional

  • Hukum Penyelesaian Sengketa Internasional.

 

Mengapa Pilih Kuliah Hukum Internasional di Malaysia?

Calon mahasiswa asal Indonesia yang memilih untuk melanjutkan kuliah hukum internasional ke Malaysia memiliki alasan masing-masing mengapa memilih negara ini sebagai tujuan kuliah di luar negeri. Beberapa alasan yang paling sering diutarakan adalah sebagai berikut.

1. Kualitas Pendidikan

legal profession qualification board malaysia

Sudah bukan rahasia lagi Malaysia termasuk dalam negara di kawasan Asia yang dikenal memiliki sistem pendidikan yang berkualitas.

Pemerintah Malaysia dikenal ketat dalam memonitor kualitas pendidikan di negaranya lewat berbagai badan resmi di bawah pengawasan pemerintah, sehingga mahasiswa asing pun dijamin mendapatkan kualitas pendidikan terbaik selama belajar di negara ini. 

Spesial untuk jurusan hukum, ada Legal Profession Qualifying Board (LPQB) yang mengatur akreditasi jurusan serta ujian untuk menjadi seorang pengacara.

Baca juga: Siapa Saja yang Berkuliah di Malaysia?

2. Biaya Hidup Terjangkau

Malaysia juga dikenal sebagai negara yang terjangkau untuk mahasiswa asing untuk urusan biaya hidup.

Universitas di Malaysia biasanya menyediakan akomodasi housing board di lingkungan kampus dengan harga terjangkau untuk para mahasiswa.

Harga sewa apartemen maupun rumah di Malaysia juga tergolong terjangkau dibandingkan negara-negara lainnya.

Baca juga: [Update] Biaya Hidup di Malaysia Ala Mahasiswa

3. Kesempatan Magang

Sama seperti jurusan-jurusan lainnya, jurusan hukum juga membuka kesempatan magang di berbagai kantor hukum/pengacara di Malaysia.

Hal ini akan memberikan pengalaman kerja sekaligus mempraktekkan kemampuan di bidang hukum yang telah dipelajari.

4. Twinning Program

twinning program yang membolehkan kuliah di malaysia dan inggris

Ada banyak universitas di Malaysia yang menawarkan twinning program dimana proses perkuliahan dilakukan sebagian di Malaysia dan sebagian lagi di universitas luar negeri yang menjalin kerjasama.

Biasanya twinning program ini dilakukan ke universitas rekanan di Australia, New Zealand hingga Inggris.

5. Karir Global

Kuliah di luar negeri tentu saja membuka kesempatan untuk Anda berkarir di negara idaman Anda.

Hal ini karena universitas di Malaysia memiliki sertifikat kelulusan yang diakui di berbagai negara, sehingga akan memudahkan jika setelah lulus Anda melamar pekerjaan di negara impian atau bahkan di Malaysia sendiri.

 

Berapa Biaya Kuliah di Malaysia?

Dibandingkan negara lain, biaya kuliah di Malaysia masih bisa dikatakan terjangkau dibanding negara lain yang posisinya dekat dengan Indonesia, seperti Singapura, Korea Selatan dan Australia.

Anda tetap disarankan untuk mencari info detail mengenai biaya kuliah di universitas yang dipilih.

Hal ini karena terkadang biaya kuliah di setiap universitas bisa berbeda-beda, terutama untuk mahasiswa asing. Ada juga biaya-biaya tambahan yang mungkin timbul per semesternya.

Berikut ini merupakan perkiraan rata-rata biaya pendidikan untuk program gelar sarjana (S1) dan pascasarjana (S2) di Malaysia bagi mahasiswa asing yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

Kualifikasi

Universitas Negeri & Nasional

Universitas Swasta

S1

30-100 juta

30-150 juta

S2

45-100 juta

50-300 juta

 

4 Universitas Terbaik di Malaysia untuk Kuliah Hukum Internasional

taylor's university malaysia jurusan hukum

Malaysia sendiri memiliki banyak sekali universitas terbaik yang menawarkan perkuliahan di jurusan hukum.

Berikut adalah 4 universitas terbaik di Malaysia yang menawarkan jurusan hukum yang bisa Anda pilih. 

1. Taylor University

Universitas ini menawarkan perkuliahan jurusan hukum internasional yang disampaikan dalam bahasa Melayu dan Inggris.

Untuk mendukung proses belajar mahasiswanya, Taylor University menawarkan banyak fasilitas menarik, seperti kunjungan lapangan ke Parlemen, Palace of Justice, Legal Aid Centre, penjara, firma hukum dan sebagainya.

Universitas ini juga mengharuskan mahasiswa hukum-nya mengikuti magang wajib selama 4 minggu untuk mengembangkan kemampuan yang relevan dengan studi hukum yang ditempuh. Taylor University juga menjalin kerjasama dengan universitas di Inggris Raya untuk program transfer.

Jadi Anda bisa memilih transfer ke universitas yang telah bekerja sama di Inggris pada tahun pertama atau kedua.

 2. Universiti Malaya

Universitas pertama yang didirikan di Malaysia ini telah berdiri sejak tahun 1949. Universitas ini memiliki 12 fakultas yang salah satunya adalah fakultas hukum.

Universitas ini menempati peringkat 24 dalam list QS University Rankings: Asia 2018. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Universitas terbaik di Malaysia ini, baca selengkapnya disini

3. Universiti Kebangsaan Malaysia

Universitas yang berdiri pada tahun 1970 ini memiliki 10 fakultas dan 13 lembaga penelitian unggulan dalam bidang pendidikan.

Universitas ini menempati peringkat 184 dalam list QS World University Rankings 2019 yang mengukuhkan posisi universitas ini sebagai salah satu universitas top dan bergengsi di Malaysia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Universitas ini, baca selengkapnya disini

4.  Brickfields Asia College

Brickfields Asia College (BAC) merupakan institusi yang dikenal sebagai jembatan tercepat dan terbaik untuk mencapai lebih dari 100 gelar dari Inggris.

Melalui kerjasama dan afiliasi dengan lebih dari 25 Universitas top di Inggris beserta organisasi profesional lainnya, BAC menawarkan akses kepada lebih dari 100 kualifikasi profesional dan sarjana kelas dunia yang dapat ditempuh baik secara lokal atau di luar negeri.

 

Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Jurusan Hukum Internasional?

prospek kerja lulusan hukum tidak hanya menjadi lawyer

Lulusan hukum internasional memiliki prospek kerja yang terbuka lebar, baik di dalam maupun luar negeri karena globalisasi membutuhkan ahli hukum internasional untuk mengatasi berbagai sengketa/masalah warga negara di negara lain. 

Namun perlu diingat bahwa saat lulus dari jurusan hukum internasional Anda tak langsung menyandang status sebagai ‘pengacara’ karena ada banyak proses maupun ujian sertifikasi/profesi yang harus dilakukan untuk mendapatkan gelar tersebut.

 Bagi fresh graduate hukum internasional, Anda masih tetap bisa melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan/industri untuk posisi yang berhubungan dengan hukum, seperti

  • Koroner

  • Penasihat Hukum Pengadilan

  • Court Reporter

  • Crown Prosecutor

  • Mediator Keluarga

  • Petugas Imigrasi

  • Legal Executive

  • Pengacara Hak Paten

  • Polisi

  • Probation Officer

  • Victim Care Officer

  • Jurnalis

  • Penulis

  • Tenaga pengajar


 

FAQ atau Pertanyaan Umum Seputar Jurusan Hukum Internasional

pentingnya hukum internasional bagi organisasi PBB

1. Apakah hukum internasional termasuk jurusan favorit?

Dibanding pilihan jurusan hukum lainnya, seperti hukum pidana atau hukum perdata, hukum internasional masih tergolong baru dan masih kalah populer.

Namun dengan tingginya kebutuhan akan ahli di bidang ini, tentu jurusan ini memiliki potensi karir yang menjanjikan di masa depan.

2. Mengapa harus pilih kuliah jurusan hukum internasional?

Meski masih kalah populer dari spesialisasi hukum lainnya, namun kebutuhan terhadap tenaga ahli di bidang ini terus meningkat.

Selain itu gaji untuk pekerjaan di bidang hukum termasuk tinggi dan tergolong pekerjaan elit dan prestisius, sehingga bisa dijadikan sebagai pilihan karir yang menjanjikan di masa depan.

3. Apakah lulusan hukum internasional bisa langsung menjadi pengacara?

Tidak bisa. Lulusan jurusan ini masih harus mengikuti berbagai proses untuk bisa menjadi pengacara dan bisa membuka praktek kantor, baik di Indonesia dan luar negeri. 

4. Kapan saya bisa mendaftar jurusan hukum internasional di Malaysia?

Masing-masing universitas memiliki tanggal pendaftaran yang berbeda. 

Namun, secara umum, universitas di Malaysia memiliki 2 hingga 3 pendaftaran pertahunnya. 

5. Apakah universitas di Malaysia menggunakan bahasa Melayu dalam pendidikannya?

Dalam pendidikan tersier, universitas di Malaysia menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Apalagi kalau anda mengikuti program yang berasosiasi dengan gelar asing (Inggris, Australia). 

Sudah siap untuk kuliah hukum internasional di Malaysia? Atau masih ingin tahu lebih lanjut mengenai informasi lengkap kuliah di Malaysia? Jangan ragu untuk menghubungi EasyUni jika Anda memiliki pertanyaan atau butuh referensi lebih banyak mengenai hal ini, ya! Konsultasi ini tidak dipungut biaya.

Advertisement

Universities with courses in Hukum Internasional

See more related universities

You might be interested in...

Advertisement

This website uses cookies to ensure you get the best experience. By using this site, you acknowledge that you have read and understand our Cookie Policy , Privacy Statement and Terms & Conditions .

Maximum 6 courses for comparison!

Chat on WhatsApp

Courses selected for comparison