Kuliah Jurusan Teknik Kimia di Malaysia

Suka banget sama pelajaran matematika dan kimia? Inilah jurusan yang tepat untuk kamu!
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Kuliah di Malaysia tentunya merupakan salah satu investasi terbaik untuk masa depan, terlebih jika memilih jurusan teknik kimia.

Pasalnya, Malaysia merupakan Negara maju karena sektor industri kimianya juga terus berkembang pesat.

Melihat hal ini, tentu saja negeri jiran juga memerlukan banyak sumber daya manusia terbaik dari Malaysia maupun mancanegara untuk bekerja sama mengembangkan industri kimianya.

Mengenai Jurusan Teknik Kimia

mengambil jurusan teknik kimia jadi kerja di lab
Sumber: Pixabay

Teknik kimia adalah salah satu bidang yang di dalamnya banyak mempelajari tentang suatu proses dalam mengubah bahan baku atau bahan mentah, dengan memanfaatkan bahan kimia dan menjadi suatu produk tertentu yang lebih bernilai harganya dan dapat dikomersilkan.

Mengingat akan banyak manfaatnya di masa depan, Teknik kimia kini banyak dipelajari khususnya di tingkat perguruan tinggi di Malaysia. Mahasiswa dari seluruh mancanegara termasuk Indonesia banyak yang mempelajari teknik kimia di Malaysia.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Teknik Kimia?

Jurusan kuliah teknik kimia ini bisa dibilang merupakan salah satu jurusan yang unik yang ada dalam cabang teknik. Di dalamnya, terdapat perpaduan antara fisika, biologi, matematika bahkan ekonomi. Sementara itu, hasil dari teknik kimia ini muncul berupa bahan kimia, material dan energi. Mungkin Anda masih bingung dengan jurusan teknik kimia, berikut ini beberapa mata kuliah yang akan dipelajari di dalamnya :

Semester Awal umumnya akan mempelajari tentang:

  • Kimia Dasar

  • Fisika Dasar

  • Kimia Fisika

  • Kalkulus

  • Bahasa Inggris

  • Analisa dan Pengolahan Data

  • Matematika Teknik Kimia

  • Seni dan Pemrograman

Semester Menengah dan Akhir akan mempelajari tentang:

  • Manajemen pabrik kimia

  • Teknologi Material

  • Mikrobiologi

  • Kimia analis

  • Pengantar ilmu lingkungan

  • Teknologi pengolahan hasil pertanian

  • Teknologi Energi dan Petrokimia

Beberapa mata kuliah di atas biasanya akan Anda temui di program sarjana (S1) saat mengambil jurusan Teknik kimia. Adapun mata kuliah yang lebih lengkapnya, bisa didapatkan setelah mengikuti perkuliahan jurusan teknik kimia di Malaysia.

Mengapa Kuliah Jurusan Teknik Kimia di Malaysia?

Para lulusan dari jurusan teknik kimia Malaysia, nantinya akan bekerja dan berhubungan dengan konstruksi, operasi pabrik, implementasi, termasuk pemeliharaan proses kimia dalam manufaktur dalam tingkat makro. Untuk itu, ada beberapa alasan yang kuat mengapa harus mengambil kuliah jurusan teknik kimia di Malaysia. Berikut beberapa alasan tersebut:

  • Pilihan Pekerjaan yang Luas, lulusan dari jurusan teknik kimia ternyata kesempatan yang luas untuk bekerja di berbagai bidang dalam Industri. Beberapa pilihan pekerjaan yang cocok seperti bidang pertambangan, minyak dan gas, manajerial produksi serta manufaktur secara umum. Anda bisa melamar kerja apa saja yang berkaitan dengan bahan kimia.

  • Mengubah Dunia, seorang insinyur dari teknik kimia akan bekerja untuk meningkatkan kualitas kehidupan dari lingkungan, manusia serta barang-barang yang digunakan setiap hari. Para insinyur kimia akan selalu dibutuhkan untuk upaya pengembangan teknologi yang akan membantu mengurangi masalah kelaparan, penyakit, polusi serta efek gas rumah kaca.

  • Menjadi Lebih Pintar dalam Hitungan, jurusan teknik kimia akan membuat Anda terbiasa dengan berhitung. Sebagian besar mata kuliah akan banyak berhitung seperti menghitung neraca energy, neraca massa dan lainya. Dengan selalu terbiasa, Anda bisa menjadi seorang ahli hitung bidang kimia.

  • Bisa menjadi wirausaha, ada banyak peluang usaha yang bisa dibuat oleh seorang lulusan teknik kimia. Anda bisa membuat berbagai jenis produk kebutuhan sehari-hari seperti pembersih lantai, sabun mandi, parfum, pelicin pakaian dan lain sebagainya.

Bagaimana Karakter yang Cocok & Kuliah di jurusan Teknik Kimia?

Setelah Anda mengetahui tentang jurusan teknik kimia secara umum, mungkin sudah mulai berminat untuk pilihan program sarjana (S1) atau Pascasarjana (S2) jurusan ini, Anda perlu mencocokan beberapa karakter di bawah ini yang cocok untuk kuliah jurusan teknik kimia:

  • Teliti

  • Tekun

  • Detail

  • Terstruktur

  • Menyukai observasi

  • Memiliki wawasan yang luas

  • Menyukai untuk melakukan riset

  • Menyukai angka dan perhitungan

  • Suka menganalisis

  • Suka untuk memecahkan masalah

Menentukan karakter yang cocok dalam memilih program kuliah tertentu sangat penting agar kuliah bisa dijalani dengan maksimal hingga lulus nanti. Informasi selengkapnya mengenai jurusan teknik kimia di Malaysia bisa Anda lihat disini.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Kimia di Malaysia Seperti Apa?

ilmu apa yang dipelajari dari jurusan teknik kimia
Sumber: Pixabay

Point mengenai prospek kerja ini tentunya yang paling penting dan tidak boleh dilewatkan oleh para calon mahasiswa dan mahasiswi yang akan mengikuti kuliah jurusan teknik kimia di Malaysia. Perlu Anda ketahui, bahwa karir teknik kimia ini termasuk salah satu yang bergengsi dan menawarkan gaji yang cukup tinggi di bidangnya. Adapun beberapa prospek kerja yang dapat dipilih sebagai berikut:

  • Analis Kimia, seorang analis kimia atau ahli kimia ini memiliki tugas untuk memperbaiki proses senyawa kimia, menganalisis tingkat keamananya dan membuat suatu produk seperti obat-obatan, elektronik, kosmetika dan lain sebagainya untuk digunakan dalam kehidupan manusia.

  • Manufacturing engineer, Memiliki pekerjaan dengan tugas sebagai perencana praktek suatu manufaktur atau pabrik. ME juga harus meneliti serta mengembangkan alat,mesin, proses serta fasilitas yang ada di pabrik agar menghasilkan produk berkualitas tapi dengan modal optimal.

  • Manajer Pengawasan Mutu (quality control), & melakukan pengawasan terhadap mutu dari produk yang dihasilkan, memperhatikan operasional bahan baku produksi, serta memastikan bahwa pelanggan tidak kehabisan stok produk

  • Staff Research and Development Manufacturing, memiliki tugas untuk mengembangkan produk baru serta perbaikan dalam produksi produk, serta melakukan riset pasar dan riset produk untuk R & D.

  • Guru pelajaran kimia, menjadi guru atau dosen dalam mata kuliah kimia di Universitas atau sekolah menengah

  • Bekerja di BUMN untuk bidang Minyak dan Gas, bekerja di beberapa perusahaan BUMN dengan tawaran gaji yang tinggi di Indonesia

Beberapa perusahaan besar yang selama ini menjadi tujuan bekerja untuk para lulusan teknik kimia dari Indonesia seperti: Exxon Mobil, Shclumberger, Halliburton, Chevron, Pertamina. Sementara di Malaysia, beberapa perusahaan besar yang bisa menjadi tujuan bekerja untuk lulusan teknik kimia seperti : Lotte Chemical Titan, Euro Chemo Pharma sdn bhd dan Petronas. Berikut ini beberapa profesi di bidang teknik kimia serta rincian gaji perbulannya:

Analis kimia junior

Rp. 5 juta - 8 juta

Analis kimia berpengalaman

Rp. 8 juta - 15 juta

Manajer Quality Control Junior

Rp. 10 juta

Manajer Quality Control berpengalaman

Rp. 20 juta

Supervisor Research and Development

Rp. 7 juta

Chevron Junior staff

Rp. 15 juta

Conoco Philips (Offshore)

Rp. 12 juta

Petronas Malaysia

Rp. 500 juta

Apa Saja Universitas Terbaik di Malaysia untuk Jurusan Teknik Kimia?

Saatnya mengetahui informasi seputar pilihan universitas terbaik di Malaysia, yang menawarkan program kuliah Diploma (D3), Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2) jurusan teknik kimia. Berikut daftar universitas terbaik tersebut:

  1. Universitas Teknologi Petronas (UTP) Perak

  2. Curtin University Malaysia Sarawak

  3. Universitas Kuala Lumpur Malaysia

  4. Universitas Malaysia Sabah

  5. Tati University College Kuala Lumpur

  6. Universitas Putra Malaysia

  7. Admal Aviation College Selangor

  8. Segi University Kota Damansara Petaling Jaya

Malaysia memiliki dua kategori pilihan universitas yaitu swasta dan negeri. Usahakan Anda mendaftar di universitas negeri terlebih dulu yang memang menerima mahasiswa asing atau internasional. Ciri universitas negeri biasanya menggunakan Malaysia sebagai nama universitasnya. Untuk informasi lebih lengkap, bisa dilihat disini, atau hubungi tim EasyUni untuk bantu mencarikan unversitas negeri di Malaysia yang sesuai keinginan Anda,

Berapa Lama Durasi Kuliah Teknik Kimia di Malaysia?

Untuk mengetahui seberapa lama durasi waktu yang dihabiskan selama kuliah di jurusan teknik kimia di Malaysia ini, Anda bisa tentukan dari program kuliah yang Anda ambil. Jika memilih program studi sarjana (S1) maka waktu kuliah yang dihabiskan sekitar 4 tahun. Jika mengambil program diploma (D3) maka waktu kuliah akan dihabiskan sekitar 2 - 3 tahun. Untuk yang mengambil program pasca sarjana (S2), masa kuliah bisa dihabiskan sekitar 3 tahun.

Bagaimana Persyaratan Kuliah Jurusan Teknik Kimia di Malaysia ?

Persyaratan kuliah merupakan tahapan yang penting yang tidak boleh dilewati ketika kita akan mendaftar kuliah di Indonesia, maupun luar negeri. Persyaratan kuliah ini bisa berbeda-beda di setiap universitas di Malaysia, tergantung dari kebijakan yang digunakan masing-masing universitas. Adapun persyaratan kuliah jurusan teknik kimia umumnya seperti berikut:

Program (D3)

  • Sudah lulus dari sekolah menengah atas (SMA) dengan bukti Izasah dan nilai maksimal A untuk mata pelajaran Matematika dan IPA

  • Menyertakan fotokopi identitas calon mahasiswa atau mahasiswi bagi warga Negara Malaysia asli dan Paspor untuk siswa Internasional (termasuk Indonesia)

  • Mendapatkan IELTS dengan skor minimum 5.0 atau TOEFL dengan skor minimal 550 dibuktikan dengan sertifikat

Program (S1)

  • Sudah lulus dari sekolah menengah atas (SMA) dengan bukti Izasah dan nilai maksimal untuk mata pelajaran Matematika dan IPA , STPM minimal 3 kredit dengan skor A

  • Menyertakan fotokopi identitas calon mahasiswa atau mahasiswi bagi warga Negara Malaysia asli dan Paspor untuk siswa Internasional (termasuk Indonesia)

  • Mendapatkan IELTS dengan skor minimum 6. 5 atau TOEFL dengan skor minimal 550 dibuktikan dengan sertifikat

Program (S2)

  • Sudah lulus freshgraduate dengan IPK 3.0 minimal dari program (S1) jurusan yang sama atau sudah berpengalaman kerja di bidang teknik kimia akan lebih diutamakan

  • Menyertakan fotokopi identitas calon mahasiswa atau mahasiswi bagi warga Negara Malaysia asli dan Paspor untuk siswa Internasional (termasuk Indonesia)

  • Mendapatkan IELTS dengan skor minimum 6. 0 atau TOEFL dengan skor minimal 550 dibuktikan dengan sertifikat

Untuk informasi lebih lanjut mengenai persyaratan kuliah di Malaysia dan prosedur penting lainya, dapat Anda lihat disini.

Berapa Biaya Kuliah Jurusan Teknik Kimia di Malaysia ?

Berbicara mengenai biaya kuliah di jurusan teknik di negri jiran ini, memang terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan Negara Indonesia. Namun, hal ini sebanding dengan kualitas pendidikan bidang teknik kimia yang diberikan, praktikum yang memadai serta adanya fasilitas lain yang mendukung perkuliahan hingga selesai nanti. Biaya kuliah jurusan teknik kimia akan berbeda-beda di setiap programnya, berikut ulasanya:

  • Program Diploma (D3)

Biaya kuliah untuk jenjang D3 jurusan teknik kimia sekitar RM 15.000 atau IDR 52 jutaan per tahunnya (sumber : University Kuala Lumpur)

  • Program Sarjana (S1)

Biaya kuliah untuk jenjang S1 jurusan teknik kimia sekitar RM 118. 784 atau IDR 400 jutaan per tahunnya (sumber : Curtin university)

  • Program Pascasarjana (S2)

Biaya kuliah untuk jenjang S2 jurusan teknik kimia sekitar RM 70. 000 atau IDR 244 jutaan per tahunnya (sumber : University Teknologi Petronas)

Umumnya, biaya kuliah di Malaysia sudah termasuk dengan biaya yang mendukung perkuliahan tersebut, seperti biaya buku-buku kuliah dan praktikum laboratorium. Namun, biaya tersebut belum termasuk dengan biaya hidup sehari-hari disana. Ingin mengetahui biaya kuliah rata-rata di Malaysia bisa Anda lihat disini.

You might be interested in...