Kuliah Jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia & Organisasi di Luar Negeri

Di balik setiap perusahaan dan institusi yang sukses, terdapat tim pengelola sumber daya manusia yang handal yang mampu memenuhi setiap kebutuhan kesejahteraan karyawan di tempat kerja.
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Kuliah Jurusan Sumber Daya Manusia di Luar Negeri

Banyak institusi atau perusahaan yang menyatakan bahwa karyawan adalah aset yang paling berharga. Untuk itu, peran bidang sumber daya manusia menjadi sangat penting.

Di balik setiap perusahaan dan institusi yang sukses, terdapat tim pengelola sumber daya manusia yang handal yang mampu memenuhi setiap kebutuhan kesejahteraan karyawan di tempat kerja.

Bidang sumber daya manusia mampu menciptakan perubahan siginfikan dalam peningkatan produktivitas karyawan.

Bidang manajemen atau pengembangan sumber daya manusia berfokus pada bagaimana meningkatkan efektivitas dan efisiensi suatu institusi atau perusahaan.

Dalam suatu institusi atau perusahaan, bidang sumber daya manusia bertugas untuk menciptakan dan membina hubungan antara pekerja dan pemberi kerja.

Bidang sumber daya manusia juga bertanggung jawab dalam pengelolaan karyawan sebagai aset paling berharga suatu institusi atau perusahaan.

Umumnya, bidang sumber daya manusia dalam suatu institusi atau perusahaan bertanggung jawab dalam:

  1. Mengelola perekrutan karyawan baru dan promosi karyawan lama
  2. Mengembangkan program kesejahteraan karyawan
  3. Mengembangkan kebijakan internal yang berhubungan dengan karyawan
  4. Mendorong pengembangan karir dan kemampuan karyawan
  5. Menyediakan program orientasi untuk karyawan baru
  6. Menetapkan aturan kepegawaian

manajemen sumber daya manusia (HR)

Sumber: advancesystems.ie

Pentingnya bidang sumber daya manusia dalam daur kehidupan suatu institusi atau perusahaan inilah yang membuat permintaan akan lulusan jurusan Sumber Daya Manusia semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Setiap jenjang lulusan, baik diploma, sarjana, maupun magister menjadi kebutuhan setiap institusi dan perusahaan untuk dapat mengelola sumber daya manusianya dengan baik.

Jika anda memiliki minat untuk melanjutkan kuliah ke jurusan Sumber Daya Manusia, anda akan memiliki prospek karir yang sangat cemerlang.

Tidak lama setelah lulus, anda akan memperoleh pekerjaan dengan cepat. Selain itu, semakin tinggi jenjang kuliah yang anda ambil, semakin cepat juga karir anda di bidang sumber daya manusia akan berkembang.

Mengapa Kuliah di Jurusan Sumber Daya Manusia?

Setiap tahunnya, lulusan dari jurusan Sumber Daya Manusia memperoleh banyak tawaran kerja. Hal ini dikarenakan bidang sumber daya manusia adalah bidang yang dibutuhkan setiap institusi dan perusahaan.

Apabila anda memutuskan untuk melanjutkan kuliah pada jurusan Sumber Daya Manusia di luar negeri, kesempatan akan semakin lebar terbuka untuk anda. Berikut merupakan beberapa alasan untuk melanjutkan kuliah di jurusan Sumber Daya Manusia:

Posisi Strategis di Setiap Institusi dan Perusahaan

Apabila anda bekerja di suatu perusahaan atau institusi pada bidang Sumber Daya Manusia, anda akan berkesempatan untuk menentukan masa depan perusahaan atau institusi tersebut.

Selain itu, seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak pekerjaan yang dapat digantikan oleh komputer. Meskipun demikian, pekerjaan di bidang sumber daya manusia tidak semudah itu tergantikan oleh komputer karena sifatnya yang sangat berorientasi pada manusia. Terkecuali oleh jurusan yang tidak menggunakan banyak

Dapat Membantu Orang-Orang di Sekitar Anda

Apabila anda merupakan orang dengan jiwa sosial yang tinggi, karir di bidang sumber daya manusia akan mampu mengasah jiwa sosial anda.

Sebagai seorang profesional di bidang sumber daya manusia, anda bertanggung jawab untuk mengembangkan performa karyawan yang ada di tempat kerja anda.

Anda akan mempunyai banyak kesempatan untuk membantu orang-orang di sekitar anda mengembangkan diri dan karir mereka masing-masing.

Bidang yang Sangat Dinamis

Apabila anda tidak menyukai rutinitas dan pekerjaan yang bersifat monoton, maka pekerjaan di bidang sumber daya manusia cocok bagi anda.

Variasi dalam pekerjaan anda di bidang sumber daya manusia tidak akan membuat anda kebosanan.

Setiap hari anda akan mengerjakan hal yang berbeda, mulai dari mengembangkan program asuransi untuk kesejahteraan karyawan hingga menetapkan aturan masuk dan pulang kerja bagi perusahaan tempat anda bekerja.

Karir yang Stabil dan Mudah Berkembang

Sebagai salah satu bidang yang dibutuhkan oleh setiap institusi dan perusahaan, bidang sumber daya manusia tidak akan mengalami banyak “guncangan” dalam dinamika perputaran tenaga kerja. Apabila anda bekerja di bidang sumber daya manusia, dapat dikatakan posisi anda dalam perusahaan cukup aman dan karir anda di bidang sumber daya manusia akan mudah berkembang relatif dibandingkan bidang lainnya.

Apa Saja yang Akan Dipelajari di Jurusan Sumber Daya Manusia?

Mata kuliah yang anda akan pelajari pada jurusan Sumber Daya Manusia di perguruan-perguruan tinggi terbaik di dunia pada jenjang sarjana secara umum di antaranya:

  • Komunikasi Bisnis

  • Berpikir Kritis

  • Pengantar Aplikasi dan Sistem Komputer

  • Pengantar Manajemen

  • Etika dan Tanggung Jawab Sosial

  • Pengembangan Organisasi

  • Dasar-Dasar Manajemen Sumber Daya Manusia

  • Manajemen Strategis Sumber Daya Manusia

  • Peningkatan Kesejahteraan Karyawan

  • Kompensasi dan Manfaat

manajemen sumber daya manusia (HRD)

Sumber: knowledge.wharton.upenn.edu

Selain mengambil mata kuliah tersebut, beberapa perguruan tinggi di luar negeri juga mewajibkan mahasiswanya untuk melakukan praktek lapangan.

Praktek lapangan ini penting agar mahasiswa dapat mengetahui bagaimana bidang sumber daya manusia dipraktekkan secara langsung di lapangan sehingga mahasiswa kelak siap untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Bagaimana Karakter yang Sesuai untuk Kuliah di Jurusan Sumber Daya Manusia?

Apabila anda memiliki minat untuk menempuh perkuliahan di jurusan Sumber Daya Manusia, anda akan menghadapi lingkungan yang dipenuhi dengan interaksi dengan orang lain secara intens. Berikut adalah karakteristik ideal mahasiswa jurusan Sumber Daya Manusia yang akan membantu anda untuk berkembang, baik secara akademis maupun profesional:

Memiliki Kemampuan untuk Berempati

Karir di bidang sumber daya manusia akan menuntut anda untuk mampu mengidentifikasi kebutuhan emosional seluruh karyawan di tempat anda bekerja.

Untuk itu, diperlukan rasa empati yang tinggi. Dengan rasa empati, anda akan dapat mengerti kebutuhan serta nilai-nilai emosional karyawan serta menyesuaikannya dengan arah berkembangnya institusi atau perusahaan.

Mampu Mengatasi Konflik

Suatu institusi atau perusahaan tidak akan pernah luput dari konflik, baik konflik antar karyawan maupun konflik antara karyawan dengan atasan.

Sebagai bidang yang bertanggung jawab atas hubungan antara personil di tempat kerja, bidang sumber daya manusia perlu memiliki kemampuan untuk mengatasi konflik tersebut.

Jika anda berminat melanjutkan kuliah ke jurusan Sumber Daya Manusia, sifat ini perlu anda miliki.

Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Jika anda berminat untuk berkarir di bidang sumber daya manusia, pekerjaan anda akan banyak berkaitan dengan orang lain. Untuk dapat mengetahui kebutuhan emosional dan bagaimana memenuhi kesejahteraan karyawan dengan baik, cara paling mudah dan murah adalah dengan melalui komunikasi.

Mampu Membuat Keputusan dengan Tepat

Apabila anda berminat untuk berkarir di bidang sumber daya manusia, anda akan dihadapi dengan banyak keputusan. Mulai dari program apa yang mampu meningkatkan kesejahteraan karyawan secara optimal, bagaimana mengatur karyawan agar bekerja dengan lebih baik, serta mengatur manfaat yang diperoleh karyawan ketika pensiun kelak. Untuk itu, diperlukan kemampuan pengambilan keputusan yang baik.

Mampu Bersikap Kooperatif

Sebagai bidang yang menyangkut seluruh karyawan lainnya yang ada di tempat kerja, bidang sumber daya manusia perlu mengerti kebutuhan emosional dan kesejahteraan karyawan. Untuk itu, jika anda berminat untuk mengembangkan karir di bidang sumber daya manusia, anda perlu bersikap mudah bekerja sama dengan karyawan lainnya sehingga mereka dapat lebih bersikap terbuka dengan anda.

Jika anda merasa memiliki seluruh karakter yang disebutkan di atas, anda adalah orang yang tepat untuk menjalani perkuliahan di jurusan Sumber Daya Manusia.

Anda memiliki potensi untuk dapat diterima oleh jurusan Sumber Daya Manusia serta dapat lulus dengan hasil yang memuaskan, juga dapat berkembang dengan baik dalam karir di bidang Sumber Daya Manusia.

Universitas Terbaik Mana Saja di Luar Negeri yang Menawarkan Jurusan Sumber Daya Manusia?

Beberapa perguruan tinggi di dunia yang menyediakan program Sumber Daya Manusia terbaik menurut QS Universities pada tahun 2019 di antaranya:

Universitas Negara Ranking Dunia (QS Universities)
King’s College London Inggris 31
London School of Economics and Political Science (LSE) Inggris 38
The University of Queensland Australia 48
Ludwig-Maximilians-Universität München Jerman 62
The University of Western Australia Australia 91
Lund University Swedia 92
University of Technology Sydney Australia 160
Universitat De Barcelona Spanyol 166
Waseda University Jepang 203
Macquarie University Australia 250

Selain itu, beberapa negara favorit lainnya di dunia yang menjadi negara tujuan untuk melanjutkan kuliah pada jurusan Sumber Daya Manusia di antaranya:

  1. Malaysia

  2. Kanada

  3. Singapura

  4. Selandia Baru

  5. Amerika Serikat

  6. Irlandia

  7. Belanda

Bagaimana Prospek Karir Lulusan Jurusan Sumber Daya Manusia?

Beberapa prospek karir yang dimungkinkan bagi lulusan jurusan Sumber Daya Manusia di antaranya:

  • Manajer sumber daya manusia

  • Manajer jasa administratif

  • Manajer kompensasi dan manfaat

  • Analis sumber daya manusia

  • Analis tenaga kerja

  • Manajer pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia

strategi rekrutmen pada posisi manajemen sumber daya manusia (SDM HRD)

Sumber: kissflow.com

Gaji yang dapat anda peroleh sebagai lulusan jurusan Sumber Daya Manusia cukup tinggi. Di Amerika Serikat, pada pekerjaan di tingkat manajer gaji lulusan jurusan Sumber Daya Manusia dapat mencapai 133,000 USD. Sebagai contoh, berikut merupakan jenis pekerjaan yang umum ditempuh oleh lulusan jurusan Sumber Daya Manusia di Amerika Serikat beserta kisaran gajinya menurut PayScale:

Pekerjaan Kisaran Gaji
Manajer sumber daya manusia 45,000 - 92,000 USD per tahun
Manajer administratif 38,000 - 82,000 USD per tahun
Manajer kompensasi 66,000 - 133,000 USD per tahun
Analis sumber daya manusia 41,000 - 76,000 USD per tahun
Manajer pelatihan dan pengembangan SDM 48,000 - 112,000 USD per tahun

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan untuk Kuliah di Jurusan Sumber Daya Manusia?

Waktu yang akan anda perlukan untuk kuliah di jurusan Sumber Daya Manusia di luar negeri bervariasi, bergantung pada pilihan perguruan tinggi dan negaranya. Untuk program studi sarjana (S1), diperlukan waktu kuliah sekitar 3 tahun, sedangkan untuk program studi magister (S2), umumnya diperlukan waktu 1 - 3 tahun untuk program penuh waktu.

Bagaimana Persyaratan untuk Dapat Diterima di Jurusan Sumber Daya Manusia?

Masing-masing universitas di Singapura memiliki persyaratan yang berbeda-beda untuk dapat menerima mahasiswa baru di jurusan Sumber Daya Manusia. Persyaratan ini bergantung kepada kebijakan masing-masing universitas di berbagai negara. Umumnya, untuk jenjang diploma diperlukan ijazah SMA serta sertifikat IELTS dengan skor minimal 5.0. Untuk jenjang sarjana (S1) dibutuhkan ijazah SMA serta sertifikat IELTS dengan skor minimal 6,0. Untuk jenjang magister (S2), diperlukan ijazah tingkat sarjana dan sertifikat IELTS dengan skor minimal 6,5.

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Kuliah Jurusan Sumber Daya Manusia?

Biaya kuliah jurusan Sumber Daya Manusia bervariasi, bergantung pada pilihan universitas dan negaranya. Berikut merupakan perkiraan biaya kuliah program jenjang sarjana jurusan Sumber Daya Manusia di beberapa kampus pilihan di dunia:

Perguruan Tinggi Negara Biaya Kuliah
University at Buffalo, New York Amerika Serikat USD 24,600
University of Alberta Kanada CAD 28,500
University of Western Australia Australia AUD 37,300
Universiti Teknologi Malaysia Malaysia RM 12,600
Massey University Selandia Baru NZD 28,500

Biaya tersebut hanya merupakan biaya kuliah dan tidak termasuk biaya hidup. Biaya hidup yang dibutuhkan untuk kuliah di luar negeri sangat bervariasi, tergantung pada negara tujuan dan gaya hidup anda masing-masing.


Jika anda sudah membulatkan tekad untuk melanjutkan kuliah pada jurusan Sumber Daya Manusia di luar negeri, anda dapat langsung menyiapkan dokumen dan persyaratan untuk proses pendaftaran mulai dari sekarang.

Jangan sungkan untuk menghubungi konselor kami untuk mendapatkan tuntunan dalam pendaftarannya!