Kuliah Jurusan Manajemen Pariwisata di Malaysia

Pariwisata adalah salah satu sektor industri yang sedang naik-naiknya. Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang mulai menyukai konsep ‘travelling’ sehingga banyak negara yang mati-matian untuk memajukan industri pariwisata mereka, dan salah satu dari negara itu adalah Malaysia.
Sebarkan laman ini
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Manajemen Pariwisata. Dua kata ini rasanya sudah cukup untuk menggambarkan mengenai jurusan Manajemen Pariwisata ini.

Jurusan Manajemen Pariwisata adalah jurusan yang mempelajari pariwisata dari segi bisnisnya, spesifiknya; manajemen.

Meskipun banyak negara yang sudah bela-belaan memajukan sektor industri mereka, masih saja banyak orang yang berasumsi bahwa jurusan ini tidak ada penting-pentingnya.

Nyatanya, mereka hanya belum tahu persis apa yang akan dipelajari di jurusan ini. Namun jangan takut, di artikel ini kami akan mengupas informasi penting mengenai jurusan ini hanya untuk anda.

belajar turisme dan pariwisata membolehkan traveling
Sumber: Pexels

Apa Sebenarnya Jurusan Manajemen Pariwisata itu?

Jurusan ini bisa dikatakan sebagai hasil perkawinan antara bisnis, manajemen dan pariwisata, dimana anda akan mempelajari mengenai pariwisata, dan juga bagaimana manajemennya. Selain itu anda juga akan mempelajari pariwisata lewat perspektif bisnis.

Jadi pada akhirnya, anda akan mendapatkan pengetahuan pada dunia pariwisata, sektor operasional, bisnis, dan manajemennya serta teori, prinsip dan topik-topik lainnya yang bersangkut paut dengan kepariwisataan.

Adanya jurusan ini dikarenakan oleh industri pariwisata yang selalu berkaitan dengan 3 komponen yang berkaitan berat dengan bisnis:

  • Akses, seperti perencanaan perjalanan, transportasi publik, perkapalan, dan penerbangan.

  • Akomodasi, seperti hotel, motel, resort, area camping, kabin, dan banyak lagi.

  • Atraksi, seperti aktivitas pada taman rekreasi, tempat bersejarah, dan pemandangan alam.

Mata Kuliah Apa yang Akan Dipelajari di Jurusan Tourism Management?

Mengingat bahwa jurusan ini bisa diartikan sebagai hasil perkawinan dari jurusan bisnis manajemen dengan pariwisata, anda akan mempelajari mata kuliah yang mewakili keduanya. Pengetahuan dasar mengenai bisnis dan pariwisata juga diharuskan agar anda memiliki pengetahuan yang spesifik mengenai bidang ini.

Seperti penjelasan diatas, berikut mata kuliah yang akan dipelajari pada semester awal:

  • Hukum Bisnis

  • Manajemen

  • Marketing

  • Pariwisata, perhotelan, dan event

  • Ekonomi pariwisata

  • Manajemen pelayanan pariwisata

  • Pendidikan pariwisata

Selain mata kuliah yang terbilang umum tersebut, dibawah ini ada juga mata kuliah yang lebih spesifik, yang umumnya dipelajari di jurusan ini:

  • Manajemen operasional pariwisata dan hiburan

  • Pemasaran (marketing) tujuan dan pengalaman pariwisata

  • Penjualan dan distribusi pariwisata

  • Kebijakan dan perencanaan pariwisata

  • Kode etik pariwisata

  • Manajemen pariwisata strategis

Mengapa Kuliah Jurusan Manajemen Pariwisata itu Menarik?

Selain informasi yang akan dijelaskan, disini kami juga akan memberitahu anda mengapa mengambil jurusan manajemen pariwisata itu menyenangkan:

Kombinasi pekerjaan dan leisure (waktu santai)

Dalam jurusan ini, anda akan banyak terlibat dengan proses operasional pariwisata, seperti hotel, rumah makan, tujuan rekreasi dan lainnya. Dan tidak heran juga jika anda akan tinggal atau berpartisipasi dalam kegiatan menyenangkan yang melibatkan komponen pariwisata. Jadi kalau anda berharap bisa tinggal di hotel bintang lima tanpa harus mengeluarkan begitu banyak uang, atau masuk ke taman rekreasi bergengsi dengan gratis, inilah jurusan yang tepat.

Bukan berarti tanpa usaha pun anda akan mewujudkannya. Dalam jurusan ini anda harus pandai-pandai memilah-milah keputusan dan pilihan yang tepat agar bisa mendarat mulus di tempat yang anda inginkan.

Bisa belajar soal kebudayaan lain

Dalam industri pariwisata, berpindah tempat tinggal bukanlah sesuatu yang mengherankan, malahan wajar. Dengan begini, anda memiliki kesempatan untuk mengetahui lebih dalam mengenai kebudayaan orang lain.

Kalau anda menargetkan untuk terjun ke dunia pariwisata internasional, anda bahkan berkesempatan untuk mempelajari budaya all around the world yang pasti akan sangat berguna untuk kedepannya, sebagai referensi kerja ataupun yang lainnya.

Kesempatan bertemu banyak orang baru

Dalam industri pariwisata, banyak orang asing dari asal dan latar belakang yang berbeda. Dan dengan terjun ke dunia ini, anda memiliki kesempatan untuk menggunakan waktu anda untuk mengenal banyak orang asing.

Dengan begini anda pun bisa belajar mengenai industri ini lebih dalam lagi karena tentunya setiap orang memiliki latar belakang yang berbeda sehingga cerita yang mereka miliki pun akan berbeda.

Universitas di Malaysia yang Menawarkan Jurusan Tourism Management

Kalau anda memang tertarik dan sudah determined untuk berkuliah di Malaysia dan mengambil jurusan ini, kami juga sudah menyiapkan daftar universitas terbaik Malaysia yang menawarkan jurusan tersebut loh.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kampus diatas, anda bisa mengakses situs resmi mereka, namun anda juga bisa menghubungi kami untuk bertanya lebih lanjut jika anda menginginkan informasi yang lebih detail. Jangan segan-segan untuk kontak pihak EasyUni yah!

Prospek Kerja di Bidang Manajemen Pariwisata

manajemen pariwisata di luar negeri membolehkan kerja sambil jalan-jalan
Sumber: Pixabay

Nah, supaya anda tidak bingung untuk menjawab pertanyaan orang tua, teman, atau bahkan sanak saudara yang bertanya “jadi nanti kalau udah lulus bisa kerja apa?” kami juga sudah mempersiapkan beberapa jawabannya.

Meski terkadang dianggap remeh dan dikatakan “tidak memiliki prospek jangka panjang” ternyata jurusan manajemen pariwisata adalah jurusan yang bisa menjamin masa depan lulusannya loh.

Dibawah ini adalah prospek pekerjaan untuk para lulusan manajemen pariwisata:

Operasional hotel atau resort

Kamu bisa kerja di posisi apapun dalam bidang operasional hotel. Meski judulnya “operasional hotel” kamu juga bisa  bekerja di bidang manajemen spa dan wellness centre, food and beverages, restoran, serta konferensi.

Event Management

Selain itu, anda juga bisa bergabung dengan serunya mengkoordinasi dan me-manage event loh! Contohnya saja wedding reception, konferensi, dan event lokal maupun internasional. Dengan sejumlah koneksi yang sudah anda kumpulkan, hal ini akan mudah untuk anda!

Area lainnya

Area lainnya yang bisa anda pertibangkan yakni termasuk airlines, katering, atau melibatkan diri di kapal pesiar. Selain itu, kamu juga bisa menjadi konsultan pariwisata dan manajemen di industri food and beverages atau perhotelan.

Kesempatan lainnya yakni kamu juga bisa memulai bisnis sendiri, alias menjadi wirausahawan.

Berapa Biaya kuliah di Malaysia Untuk Jurusan Manajemen Pariwisata?

Setelah anda mengetahui begitu banyak informasi serta sudah mantap dengan pilihan anda untuk berkuliah di Australia, kini saatnya anda mengetahui biaya kuliahnya. Data-data harga biaya kuliah di bawah ini diambil dari situs universitas yang telah terdaftar di Australia.

Program Biaya per-tahun
(RM) (RP)
Sarjana (S1) 56 ribu - 88 ribu 190 jt - 300 jt
Magister (S2) 30 ribu - 103 ribu 101 jt - 354 jt

Namun jangan lupa ya, setiap universitas memiliki biaya pendaftaran dan biaya per-tahun yang berbeda-beda. Hal ini bisa dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti lokasi maupun status universitas (negeri/swasta).

Jadi jangan segan tanya-tanya lebih detail soal biaya kuliah ya!

Dokumen-dokumen apa saja yang diperlukan untuk memenuhi syarat berkuliah di Malaysia?

Sama dengan mendaftar ke universitas-universitas di Indonesia, mendaftar kuliah di Malaysia pun harus dibarengi dengan dokumen-dokumen sebagai persyaratan kuliah. Persyaratan kuliah untuk warga asing pun berbeda dengan warga Malaysia sendiri.

Berikut persyaratan yang dibutuhkan untuk berkuliah di Malaysia:

Sarjana (S1)

  • Fotokopi paspor (identitas + semua halaman)

  • Transkrip nilai Ujian Akhir/ Ujian Nasional SMA

  • Sertifikat bahasa Inggris dengan skor min. -- IELTS: 5.5 - 6.0, TOEFL: 60-78 (iBT), 450 - 500 (PBT), 190-213 (CBT)

Magister (S2)

  • Fotokopi paspor (identitas + semua halaman)

  • Transkrip nilai hasil program S1

  • Sertifikat bahasa Inggris dengan skor min. -- IELTS: 6.5 - 7.0, TOEFL: 563 dan TOEFL minimum 550 - 613 (PBT), 79 - 103 (iBT), 213 - 240 (CBT)

Meskipun kami sudah menjelaskan dokumen persyaratan pendaftaran di atas, tentunya dokumen persyaratan di setiap universitas akan berbeda-beda. Kalau anda ingin tahu lebih lanjut mengenai persyaratannya, anda bisa klik disini.

Pendaftaran

Proses pendaftaran mahasiswa baru dapat dilakukan secara online melalui situs resmi dari universitas pilihan anda. Untuk mengantisipasi situasi agar anda bisa menyelesaikan pendaftaran tepat waktu, anda bisa melakukan pendaftaran dari sekarang hingga Juni 2019. Namun jangan lupa ya, setiap universitas memiliki periode semester yang berbeda-beda.


Kalau informasi yang diinginkan tidak dapat anda temui, jangan segan-segan untuk menghubungi kami.

You might be interested in...