Kuliah Perhotelan dan Pariwisata di Luar Negeri

Perhatian pemerintah terhadap sektor pariwisata global mendorong banyak pelajar untuk kuliah Manajemen Perhotelan dan Pariwisata!
Share on Facebook Twitter WhatsApp

Apakah Anda termasuk pelajar yang menyukai dunia hiburan? Suka juga berlibur ke berbagai tempat? Apabila ingin tetap menikmati hobi Anda yang satu ini tanpa mengganggu akademis maka kuliah manajemen perhotelan dan pariwisata adalah program studi yang tepat untuk dipilih. Kuliah jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata akan membuat Anda seolah sedang kuliah sambil liburan. Asyik bukan?

Jika Anda seorang pelajar yang memiliki ketertarikan untuk kuliah di luar negeri pada jurusan Manajemen Pariwisata dan Perhotelan maka pilihan kuliah Manajemen Perhotelan dan Pariwisata bisa menjadi salah satu alternatif terbaik bagi Anda. Simaklah lebih lanjut informasi tentang panduan sebelum kuliah Manajemen Pariwisata dan Perhotelan di luar negeri.

Apa itu Ilmu Manajemen Perhotelan dan Pariwisata?

penjelasan jurusan perhotelan dan pariwisata luar negeri

Ilmu Manajemen Perhotelan dan Pariwisata adalah ilmu yang mempelajari tentang segala hal yang terkait dengan pariwisata, rekreasi, dan penginapan atau akomodasi. Pada program studi Ilmu Manajemen Pariwisata dan Perhotelan akan dipelajari mulai dari bagaimana cara merancang, menyusun, melakukan, dan mengevaluasi kegiatan di sektor pariwisata dan penginapan.

Secara kata, Ilmu Manajemen Perhotelan memiliki perbedaan definisi tersendiri yaitu ilmu yang mempelajari hal-hal yang terkait dengan penginapan atau akomodasi baik berupa hotel, villa, dan penginapan jenis lainnya yang ada di sekitar objek wisata.

Ilmu Pariwisata sendiri memiliki arti ilmu yang mempelajari segala sesuatu terkait pengelolaan objek wisata, interaksi terhadap wisatawan, dan mengelola jasa pelayanan wisata.

Adapun antara pariwisata dan perhotelan hampir tidak bisa dipisahkan karena kedua hal ini sangat erat kaitannya. Orang-orang yang ingin melakukan wisata terutama ke objek wisata yang jauh dari tempat tinggalnya pastilah membutuhkan akomodasi seperti hotel. Di sisi lain, meskipun para pengunjung hotel belum tentu wisatawan tetapi semakin hari semakin banyak pengunjung yang menjadikan hotel sebagai tempat liburan sejenak.

Mengapa Kuliah Manajemen Perhotelan dan Pariwisata?

Ada beberapa alasan yang membuat luar negeri cocok untuk dipilih sebagai negara tujuan kuliah jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata. Alasan-alasan inilah yang membuat banyak pelajar Internasional termasuk pelajar asal Indonesia yang memilih kuliah Manajemen Perhotelan dan Pariwisata.

Berikut ini adalah beberapa alasan umum mengapa memilih kuliah Manajemen Perhotelan dan Pariwisata:

1. Program studi yang menyenangkan

Para pelajar yang kuliah jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata merasa tidak seperti sedang belajar. Hal ini dikarenakan mata kuliah yang tersaji sangat erat kaitannya dengan dunia hiburan dan liburan. Kebanyakan mata kuliah bersifat praktik. Ini membuat para pelajar yang sedang kuliah Manajemen Perhotelan dan Pariwisata merasa seperti sedang liburan atau berekreasi.

2. Mendapatkan pendidikan berbasis industri

Berbagai universitas di luar negeri yang menawarkan jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata telah merancang kurikulum yang berbasis industri. Kurikulum manajemen perhotelan dan pariwisata sudah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di industri pariwisata masa kini. Anda akan mempelajari mata kuliah yang relevan.

Selain itu, metode kuliah yang diterapkan lebih banyak pada praktik. Hal ini bertujuan agar para pelajar cepat menguasai keterampilan yang dibutuhkan nanti saat memasuki dunia karir. Anda akan memahami teori dengan cepat karena sambil praktik. Sistem pendidikan ini akan membantu karir Anda kelak ketika bekerja nanti. Anda sudah memiliki gambaran dan menguasainya sehingga pekerjaan Anda menjadi lebih lancar.

3. Adanya fasilitas tingkat dunia di dalam kampus

Bidang pariwisata memiliki banyak peralatan atau benda-benda khas yang mendukung aktivitas hiburan dan liburan. Tentunya, benda-benda atau peralatan ini tidak bisa didapatkan di sembarang tempat. Namun, Anda memerlukan fasilitas serupa guna mempelajarinya agar Anda bisa melakukan pekerjaan Anda dengan baik.

Di luar negeri, banyak kampus atau institusi kuliah yang telah menyediakan berbagai fasilitas terkait perhotelan dan pariwisata. Jadi, Anda tidak akan canggung lagi ketika kelak Anda bekerja karena Anda sudah tahu cara menggunakannya sewaktu masih kuliah. Selain itu, fasilitas pariwisata dan perhotelan yang ada di kampus-kampus dengan fasilitas tingkat dunia. Ini juga dukungan untuk karir global Anda pada bidang perhotelan dan pariwisata.

4. Memiliki kesempatan mendapatkan pengalaman global

Para pelajar pariwisata penting untuk memiliki pengalaman yang banyak dan luas di berbagai negara. Ini dikarenakan sektor pariwisata erat kaitannya dengan wilayah. Jika Anda memilih kuliah Manajemen Perhotelan dan Pariwisata maka Anda akan mendapatkan kesempatan untuk magang di industri pariwisata tertentu yang ada di luar negeri.

Dengan demikian, Anda akan memiliki pengalaman tingkat global pada sektor pariwisata. Pengalaman ini sangatlah penting dan mendatangkan manfaat saat nanti di dunia kerja. Selain itu, pengalaman magang di luar negeri ini juga membuka peluang untuk mendapatkan jaringan atau koneksi para profesional yang bekerja di bidang pariwisata dan perhotelan. Tak mustahil jika perusahaan tempat Anda magang akan merekrut Anda segera setelah lulus.

5. Peluang mendapatkan sertifikat ganda

Alasan lain yang membuat luar negeri patut untuk dijadikan pilihan kuliah Manajemen Perhotelan dan Pariwisata adalah karena adanya jalinan kerjasama dengan universitas lain di luar negeri. Kerjasama ini akan memberikan manfaat tersendiri bagi para pelajar. Manfaat tersebut adalah para pelajar akan mendapatkan sertifikat kelulusan dari universitas yang ada di luar negeri tersebut. Ini bisa meningkatkan reputasi CV Anda.

6. Peluang cepat mendapatkan pekerjaan di perusahaan ternama

Setelah Anda mengetahui beberapa alasan yang telah disebutkan sebelumnya maka seharunya Anda sudah yakin bahwa Anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan peluang bekerja. Tidak mungkin bila banyak perusahaan ternama di bidang pariwisata yang ingin merekrut Anda untuk bekerja di perusahaannya. Anda pun akan memiliki peluang untuk bergaji tinggi bila bisa bekerja di perusahaan bidang industri ternama.

Karakter seperti apa yang perlu dimiliki jika ingin kuliah Manajemen Perhotelan dan Pariwisata?

Kepribadian yang ramah dan bisa membuat orang-orang sekitar merasa nyaman adalah yg utama di karir ini. Selain itu, penyelesaian masalah yang tanggap juga harus diperlukan, teliti dalam merencanakan perjalanan.

Berbicara mengenai karakter, berikut adalah yang perlu dimiliki oleh para pelajar jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata:

  • suka dengan dunia hiburan dan liburan

  • memiliki pengetahuan atau wawasan luas

  • mampu bersikap ramah dan bersedia membantu

  • mampu berkomunikasi efektif dan solutif

  • memiliki keterampilan interpersonal yang bagus

  • mempunyai citarasa seni yang terkait dengan unsur pariwisata

Kesukaan untuk mempelajari bahasa asing di bidang ini akan memberikan kamu banyak kesempatan untuk praktek dan belajar.

Apa saja jenjang program pendidikan yang tersedia pada jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata?

Program studi Manajemen Perhotelan dan Pariwisata memiliki jenjang program pendidikan yang sangat lengkap. Mulai dari jenjang foundation hingga program pascasarjana doktor pada jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata. Lebih lengkapnya, Anda bisa melihat daftar jenjang pendidikan tersebut di bawah ini.

Berikut ini adalah beberapa jenjang program pendidikan jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata:

  • Foundation

  • Diploma

  • Advance Diploma

  • Sarjana (S1)

  • Magister (S2)

  • Doktor (S3)

  • Pelatihan

  • Dan lainnya

Apa saja spesialisasi jurusan atau peminatan yang ada pada bidang Manajemen Perhotelan dan Pariwisata?

Manajemen Perhotelan dan Pariwisata termasuk jurusan yang memiliki cakupan yang cukup luas. Hal ini terlihat melalui peminatan atau spesialisasi jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata yang sangat beragam. Para pelajar yang memilih kuliah Manajemen Perhotelan dan Pariwisata cukup beruntung karena banyak universitas yang menawarkan beragam spesialisasi jurusan.

Apa saja sih spesialisasi jurusan Manajemen Pariwisata dan Perhotelan? Inilah beberapa pemfokusan (minor) jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata:

  • Hotel Management

  • Tourism Management

  • Hospitality Management

  • Travel & Recreation Management

  • Event Management

  • Food Service Management

  • Culinary Arts

  • Culinology

  • Hospitality Entrepreneurship

  • Dan lainnya

Silahkan menghubungi EasyUni untuk berkonsultasi dengan Penasihat profesional kami agar Anda bisa mengetahui spesialisasi yang sesuai. Konsultasi ini tidak dipungut biaya.

Bagaimana prospek kerja lulusan kuliah Manajemen Perhotelan dan Pariwisata yang telah lulus dari kampus-kampus?

Para pelajar yang berminat untuk memilih kuliah jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata tidak perlu khawatir mengenai prospek kerja. Para pelajar yang telah lulus kuliah jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata dari universitas memiliki prospek kerja yang cerah. Ini dikarenakan sektor pariwisata mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga banyak peluang kerja tersedia.

Apa saja peluang profesi bagi lulusan kuliah Manajemen Perhotelan dan Pariwisata?

jenjang karir ilmu perhotelan dan pariwisata luar negeri

Anda telah mengetahui bahwa prospek kerja lulusan kuliah Manajemen Perhotelan dan Pariwisata memiliki prospek yang cerah. Nah, selanjutnya hal yang mungkin ingin Anda ketahui adalah apa saja peluang kerja yang akan dimiliki oleh para lulusan kuliah Manajemen Perhotelan dan Pariwisata. Anda juga tak perlu khawatir mengenai peluang karir di masa depan karena ada banyak peluang karir untuk lulusan Manajemen Pariwisata dan Perhotelan.

Berikut ini adalah beberapa peluang profesi bagi lulusan kuliah jurusan keguruan dan pendidikan:

  • Chef

  • Pemandu Wisata

  • Konsultan

  • Jurnalis

  • Manajer Hotel

  • Manajer Restoran

  • Manajer Resort

  • Manajer Katering

  • Manajer Tempat Rekreasi

  • Pengusaha

  • Dan lainnya

Apa persyaratan masuk kuliah jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata?

Sebelum masuk kuliah jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata di sebuah universitas maka ada beberapa persyaratan masuk yang harus dipenuhi oleh setiap calon pelajar. Persyaratan masuk kuliah ini bisa jadi berbeda antara institusi kuliah yang satu dengan institusi kuliah lainnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengecek daftar persyaratan masuk yang ditetapkan oleh universitas pilihan Anda pada jurusan ini.

Berikut ini adalah contoh persyaratan masuk program pendidikan Sarjana untuk jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata di Asia Pacific University of Technology and Innovation (APU):

  • Ijazah SMA dengan nilai rata-rata 7 - 9; atau

  • Ijazah D3

  • Nilai minimum TOEFL: 550 (Tes Berbasis Kertas), 213 (Tes Berbasis Komputer), 79-80 (Tes Berbasis Internet);

  • Nilai minimum IELTS: 6.0

Berapa besar biaya kuliah Manajemen Perhotelan dan Pariwisata?

Biaya kuliah jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata di luar negeri memiliki kisaran antara Rp 40.000.000,- hingga Rp 400.000.000,- per tahun. Kisaran biaya pendidikan ini memang cukup jauh karena dipengaruhi oleh jenjang pendidikan yang diambil dan spesialisasi jurusan yang Anda pilih

Untuk informasi yang tepat tentang biaya kuliah silahkan menghubungi EasyUni.

Di mana universitas terbaik untuk kuliah jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata?

Selain prospek kerja dan peluang karir, ada lagi hal yang tidak perlu Anda khawatirkan. Satu hal tersebut adalah tempat kuliah. Ada banyak universitas terbaik yang menawarkan jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata. Anda pun memiliki banyak pilihan tempat kuliah untuk melanjutkan pendidikan pada jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata.

Berikut ini adalah beberapa institusi kuliah jurusan Manajemen Perhotelan dan Pariwisata:

Apakah panduan ini membuat Anda semakin tertarik untuk kuliah Manajemen Perhotelan dan Pariwisata di Malaysia? Jika Anda ingin berkonsultasi lebih jauh mengenai kuliah di luar negeri maka jangan ragu untuk menghubungi EasyUni ya!

You might be interested in...